Bisnis

10 Ide Jualan Makanan yang Laris di Kampung

Pretty Angelia Wuisan-

08 Jul 2021

10 Ide Jualan Makanan yang Laris di Kampung

Wirausahawan bisa sukses di mana saja. Tidak hanya di kota, mereka juga bisa sukses di kampung. Buktinya sebagian besar wirausahawan yang menjalankan usaha kecil di Indonesia berlokasi di pinggiran daerah. Sebagian besar dari mereka jualan makanan yang laris di kampung, yang membuat mereka punya penghasilan sendiri.

Ide jualan makanan yang mereka lakukan bisa apa saja. Uniknya, makanan yang dijual sangat khas Indonesia yang tentunya pas di lidah masyarakat lokal. Seperti inilah ide jualan makanan yang laris di kampung, yang juga bisa dijadikan sebagai contoh untuk Anda.

 

Baca juga: 10 Cara Menghasilkan Duit Banyak dari Rumah

 

1. Mie ayam dan bakso  

Mie ayam dan bakso pasti adalah salah satu makanan yang Anda suka. Bahkan seumur hidup, pasti Anda pernah sekali memakannya. Kedua makanan itu tentunya begitu dekat dengan kehidupan kita. Tidak hanya di kota, mie ayam dan bakso pun termasuk jenis jualan makanan yang laris di kampung.

Jadi, cukup wajar apabila potensi bisnis kuliner mie ayam dan bakso ini termasuk bagus. Kuncinya adalah di bumbu. Bentuk mie ayam dan bakso bisa sama, tapi jika Anda berhasil menemukan racikan bumbu yang beda dan lezat, dagangan Anda ini pasti diserbu banyak pembeli.


2. Jajanan pasar

Jajanan pasar biasanya berjenis kue basah seperti kue sus, kue pisang, kue lapis, lemper, dan lainnya. Pokoknya jenis kue khas Indonesia yang tidak ada duanya.

Anda yang pintar membuat kue, coba saja menjajakan jajanan pasar ini di lokasi yang ramai. Paling bagus Anda menjajakannya dari pagi karena jajanan pasar ini sering dijadikan sebagai makanan untuk sarapan. Anak-anak juga menyukainya.


3. Nasi goreng

Nasi goreng adalah salah satu makanan rumahan yang kadang kala Anda beli di luar. Tidak hanya dikonsumsi, nasi goreng bisa juga menjadi sumber penghasilan untuk Anda. Nasi goreng merupakan salah satu ide jualan makanan yang laris di kampung, yang bisa Anda andalkan.

Sudah banyak orang yang menjalankan bisnis ini. Namun, Anda bisa memasak sesuai dengan resep yang Anda temukan sendiri. Nasi goreng dengan rasa khas dan lezat yang biasanya akan cepat laku.


4. Ayam geprek

Ayam geprek juga termasuk jualan makanan yang laris di kampung. Bentuk ayamnya sangat unik, ayamnya digeprek sampai hancur baru dicampurkan sambal. Kunci utama dari makanan ini adalah ayam dan sambalnya.

Biasanya jenis sambal yang disuguhkan penjual adalah sambal khas dari daerahnya. Anda bisa menambahkan sambal yang berasal dari daerah Anda. Orang Indonesia mana saja pasti akan menyukainya.


5.  Pecel, gado-gado, karedok

Jenis makanan ini juga laku keras di kampung dan sangat mencirikan Indonesia. Makanannya juga menyehatkan karena terdiri dari sayur-sayuran. Siapa saja yang tidak terlalu suka sayur, pasti akan menyukai sayur-mayur yang dicampur dengan saus kacang ini.

Cara membuatnya juga tidak begitu sulit. Anda tinggal menyiapkan bahan dasar berupa berbagai macam sayuran dan kacang tanah yang ditumbuk sampai halus.

Paling bagus menjualnya ketika pagi hari karena masyarakat kita sering mengkonsumsinya untuk sarapan.


6. Nasi uduk

Makanan ini juga tidak hanya laris di kota, tapi juga di kampung. Nasi uduk adalah nasi yang rasanya gurih yang disuguhkan bersama berbagai macam lauk. Ditambahkan sambal membuatnya jadi lebih lezat.

Anda bisa mengandalkan jenis usaha ini untuk penghasilan sehari-hari. Paling bagus berjualan di tempat yang ramai agar pembeli dengan mudah menemukan usaha Anda ini.


7. Bubur

Bubur juga merupakan salah jualan makanan yang laris di kampung, yang sampai sekarang masih memiliki penggemar setia. Jenisnya pun bisa bermacam-macam tergantung dari kreasi yang Anda pilih. Atau Anda bisa juga mengikuti resep dari suatu daerah, misalnya bubur dari Manado.


8. Soto ayam dan daging

Soto ayam dan daging adalah jenis makanan yang punya sejuta fans. Orang Indonesia pasti setidaknya pernah sekali memakan soto ayam dan daging.

Anda bisa meracik bahan soto sendiri. Bisa juga mencontoh soto yang ragamnya ada banyak di Indonesia.

 

Baca juga: Cara Hidup Hemat dengan Mengandalkan Usaha Kuliner

 

9. Keripik khas Indonesia

Nah, makanan ini bisa menjadi teman waktu santai Anda. Cukup laku di pasaran lho karena rata-rata orang Indonesia hobi ngemil. Anda bisa menjual keripik singkong, keripik talas, keripik kentang, keripik kulit sapi, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa menjual secara online sampai mengirimkannya ke kota lain atau bahkan ke luar pulau.


10. Nasi Padang

Bukan berada di Padang pun, Anda akan mudah menemukan warung nasi asal Padang. Makanan khas Padang adalah makan yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Anda yang tahu bagaimana cara dan meracik bumbu masakan Padang, bisa mencoba mendirikan usaha ini.

 

Kesimpulan

Itulah ide jualan makanan yang laris di kampung yang patut dijadikan sebagai contoh. Usaha itu mungkin pernah Anda lihat di dekat Anda, tapi memang jenis makanan itu akan selalu ada. Tidak terkecuali di kampung yang usaha kecilnya tumbuh dengan pesat.

Alasan mengapa banyak UMKM di kampung karena orang-orang di sana berusaha untuk memenuhi kebutuhannya sendiri. Mereka ingin menjadi sosok yang mandiri dan tidak bergantung terus pada perkotaan, terutama karena jaraknya yang jauh dari perkotaan.

 

Memulai Usaha Makanan dengan Mengandalkan Modal Rakyat

Anda yang ingin merealisasikan ide usaha makanan, tapi terkendala modal, bisa mengajukan pinjaman di Modal Rakyat. P2P Lending Modal Rakyat akan mempertemukan Anda dengan pendana yang bersedia meminjamkan dana untuk Anda. Anda dapat mengajukan pinjaman di Rp500 ribu sampai Rp2 miliar.

Tidak perlu mencemaskan besaran bunga karena bunga yang dibebankan pada Anda akan disesuaikan dengan risiko usaha. Proses pengajuan pinjaman termasuk mudah karena bisa dilakukan melalui online, oleh karena itu prosesnya cenderung cepat. Modal Rakyat juga sudah memperoleh izin dari OJK, jadi aman dan terpercaya.

Anda bisa memulai pengajuan pinjaman dengan berkunjung ke tautan ini.

 



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru