Bisnis

Apa itu Stock Opname dan Manfaatnya untuk Bisnis Retail

Pretty Angelia Wuisan-

05 Aug 2021

Apa itu Stock Opname dan Manfaatnya untuk Bisnis Retail

Di bisnis retail biasanya diadakan aktivitas stock opname. Kegiatan tersebut harus rutin dilakukan untuk menjaga ketersediaan barang yang akan dijual. Hal itu pun akan berpengaruh terhadap kegiatan bisnis perusahaan.

Anda yang berminat membuka bisnis retail harus paham lebih jauh tentang kegiatan stock opname ini. Di sini akan dijelaskan mengenai pengertian, manfaat, tujuan, waktu yang tepat untuk melakukannya, dan tahapannya.

 

Baca juga: Menjanjikan, ini Cara Menjalankan Franchise Indomaret

 

Pengertian Stock Opname

Stock opname merupakan aktivitas menghitung persediaan barang di gudang sebelum ditawarkan pada konsumen.

Jadi, sebelum dijual, barang-barang tersebut akan dihitung sesuai dengan jumlahnya. Perhitungannya dilakukan satu per satu dengan bantuan barcode yang biasanya sudah tersedia. Barcode tersebut yang membuat perhitungan jadi lebih mudah dan langsung direkam pada pencatatan.

Namun, perhitungannya harus pas dengan jumlah stok yang didata sebelumnya. Kalau perhitungannya sesuai, berarti sudah dilakukan dengan benar. Apabila tidak sesuai, harus dilakukan perhitungan kembali menurut prosedur yang ada.

 

Tujuan Stock Opname

Tujuan dari kegiatan perhitungan barang ada beberapa macam, tergantung dari jenis perusahaannya. Begini penjelasannya.

  1. Umumnya dilakukan untuk menyesuaikan catatan yang sudah disediakan dan persediaan barang yang tiba di gudang.
  2. Sebagai persediaan barang dan kas bagi perusahaan.
  3. Digunakan untuk kegiatan yang berhubungan dengan kas, utang, piutang, dan aset.
  4. Untuk usaha yang bergerak di bidang manufaktur, dilakukan untuk memastikan persediaan bahan baku, barang jadi dan setengah jadi, dan lainnya.

Selain itu, tugas ini dilakukan oleh tim audit yang bergerak secara independen. Pencatatannya pun akan dibuat seakurat mungkin dengan hasil laporan yang sesuai dengan keadaan di lapangan.

 

Manfaat Stock Opname

Ada beberapa hal yang akan perusahaan dapatkan ketika melakukan perhitungan stok secara rutin. Ini penjelasannya.

  1. Mengetahui apakah catatan barang dengan persediaan di gudang sudah pas atau belum. Jika belum, maka akan langsung bisa dicarikan solusinya.
  2. Meminimalisir kekosongan stok barang yang bisa menurunkan penjualan barang.
  3. Untuk mengetahui perkembangan perusahaan dengan membandingkan persediaan stok di periode sebelumnya. Apabila perusahaan bisa menaikkan stok penjualan, itu artinya perusahaan berhasil berkembang.
  4. Mengetahui apakah barang yang sudah tersedia layak dijual atau tidak.

 

Kapan Harus Melakukan Stock Opname?

Untuk melakukan perhitungan persediaan barang, masing-masing perusahaan punya kebijakannya. Waktu yang tepat untuk perhitungannya tidak bisa ditetapkan secara pasti.

Ada perusahaan yang melakukan kegiatan perhitungan sebulan sekali, 3 bulan sekali, ada yang 4 bulan sekali, dan sekali dalam satu tahun.

Waktu yang dipilih disesuaikan juga dengan jenis usaha perusahaan. Jika perusahaan menjual barang dalam jumlah yang besar, maka perhitungan sebulan sekali itu akan merepotkan. Mereka biasanya akan memilih menghitung persediaan barang tiga bulan sekali atau lebih.

 

Tahapan untuk Melakukan Stock Opname

Ada beberapa tahapan yang perlu Anda lewati untuk bisa melakukan perhitungan barang dengan rapi. Begini penjelasannya.

1. Tahap pertama

Tahap pertama ini bisa dikatakan sebagai tahapan awal yang cukup penting. Kegiatan ini perlu dilakukan sebagai fondasi untuk kegiatan utama. Begini penjelasannya.

  • Mempersiapkan tag atau stiker yang nanti akan direkatkan pada stok yang sudah masuk hitungan.
  • Mempersiapkan tag atau stiker khusus untuk barang yang tidak dihitung karena alasan tertentu.
  • Menjelaskan pada orang gudang untuk menyusun barang sesuai dengan jenis dan kodenya agar lebih mudah untuk dihitung.
  • Menyediakan barcode yang disesuaikan dengan ketentuan dari perusahaan untuk melancarkan proses perhitungan.

2. Tahap kedua

Tahap kedua ini adalah tahap persiapan yang perlu dilakukan sebelum jadwal stock opname dilakukan. Inilah yang perlu dipersiapkan.

  • Melakukan briefing bersama para petugas yang bertanggung jawab terhadap gudang supaya kegiatan perhitungan barang berlangsung sesuai rencana.
  • Memastikan pencatatan barang sudah selesai dilakukan.
  • Memastikan tidak ada mutasi barang dalam beberapa waktu sebelum dilakukan perhitungan barang hingga selesai.

3. Tahap ketiga

Tahap ketiga ini merupakan tahapan terakhir untuk perhitungan barang. Begini penjelasannya.

  • Memeriksa kembali apakah semua stok sudah tercatat di dalam catatan perusahaan.
  • Mempersiapkan dokumen catatan persediaan barang yang nanti akan digunakan oleh tim penghitung barang yang berasal dari tim audit.
  • Saat proses perhitungan barang dilakukan, jangan lupa menempelkan stiker yang sudah dipersiapkan di tahap satu untuk barang yang sudah dihitung.
  • Apabila terjadi kesalahan atau perbedaan catatan persediaan barang dengan perhitungan, harus dilakukan pengecekan lagi.
  • Hasil perhitungan persediaan barang diberikan pada akuntan untuk dibuat jurnal penyesuaian persediaan barang atau adjustment stock.

 

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Stock Keeping Unit (SKU)? Ini Tipsnya

 

Seperti itulah penjelasan mengenai stock opname. Walaupun kegiatannya cukup rumit dan membutuhkan waktu, Anda harus tetap melakukannya. Menjaga stok yang tersedia hanya bisa dilakukan dengan cara ini. Supaya kegiatannya bisa dilakukan dengan mudah, Anda perlu melakukannya dengan perencanaan yang rapi.

 

Pelaku UMKM, Yuk Kembangkan Bisnis Bersama Modal Rakyat

Pelaku UMKM yang ingin meningkatkan kinerja bisnisnya, tapi terkendala modal, dapat mengajukan pinjaman di Modal Rakyat. P2P Lending Modal Rakyat akan mempertemukan Anda dengan pendana yang bersedia meminjamkan dana untuk Anda. Anda dapat mengajukan pinjaman di Rp500 ribu sampai Rp2 miliar.

Tidak perlu mencemaskan besaran bunga karena bunga yang dibebankan pada Anda akan disesuaikan dengan risiko usaha. Proses pengajuan pinjaman termasuk mudah karena bisa dilakukan secara online, oleh karena itu prosesnya cenderung cepat. Modal Rakyat juga sudah memperoleh izin dari OJK, jadi aman dan terpercaya.

Anda bisa memulai pengajuan pinjaman dengan berkunjung ke tautan ini.

 

 



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru