Bisnis

15 Bisnis Online yang Menguntungkan dan Mudah Dijalankan

Pretty Angelia Wuisan-

05 Oct 2021

15 Bisnis Online yang Menguntungkan dan Mudah Dijalankan

Bisnis online yang menguntungkan saat ini termasuk banyak dan mudah dijalankan juga. Anda hanya perlu koneksi lancar untuk membantu bisnis Anda tersebut. Anda bisa melakukannya sendiri dan bekerja sama dengan yang lain untuk menjalankan bisnis itu. Untuk memulai bisnis online, dapat juga dilakukan tanpa modal.

Untuk menjadi pebisnis online bisa Anda mulai dari rumah. Tidak harus menyewa tempat karena Anda bisa melakukan hal ini setelah bisnis online Anda untung besar. Lalu, jenis bisnis apa saja yang dapat Anda lakukan secara online? Inilah daftarnya.


Baca juga: 10 Persiapan Sebelum Memulai Bisnis Online


1. Menawarkan Jasa Kursus Online

Bisnis online tanpa modal adalah menawarkan jasa kursus online. Jasa kursus yang Anda tawarkan bisa apa saja mulai dari mengajarkan mata pelajaran, mengajarkan keahlian seperti bermain alat musik, atau mengajarkan bahasa asing, pokoknya mengajarkan kegiatan yang menjadi keahlian Anda.

Membuat kursus ini Anda hanya perlu mempunyai internet yang bagus karena seluruh kegiatan kursus dilaksanakan online. Untuk mendapatkan murid pun Anda bisa melakukannya secara online dengan memasarkan produk kursus Anda melalui media sosial. 


2. Menjadi Reseller

Peluang bisnis online yang menguntungkan lainnya, menjadi reseller. Sebagian besar bisnis mandiri yang Anda lihat di luar sana, dimulai dari bisnis reseller. Dari bisnis ini Anda bisa memulai bisnis Anda nantinya.

Di sini Anda tidak perlu memikirkan produk karena Anda bisa menjualkan produk yang dimiliki supplier. Biasanya supplier akan bersedia memberikan harga lebih murah kepada reseller yang bekerja sama dengannya. Jadi, Anda bisa membeli produk dari supplier dengan harga miring.

Anda bisa mendapatkan keuntungannya dari harga jual yang Anda tinggikan sedikit dibandingkan ketika Anda membeli produknya. 

 


3. Menulis Artikel

Ide bisnis online yang menguntungkan selanjutnya adalah bisa dilakukan oleh Anda yang punya hobi menulis. Anda bisa menawarkan jasa menulis artikel untuk blog-blog yang dimiliki resmi oleh perusahaan. Saat ini cukup banyak perusahaan yang membutuhkan konten-konten tulisan paling baru supaya pengunjung di situsnya meningkat.

Perusahaan itu tentunya mencari penulis yang sudah mahir menulis. Perusahaan juga bersedia memberikan bayaran yang layak pada penulisnya. Anda yang punya kemampuan menulis, perlu mencoba kesempatan ini untuk bisnis online yang menguntungkan.

Anda bisa menentukan tema khusus yang Anda geluti. Misalnya Anda mahir menulis di tema kesehatan, bisnis, investasi, olahraga, gadget, dan lainnya. Dengan tema khusus ini Anda akan lebih mudah mencari perusahaan yang kontennya sesuai dengan preferensi Anda.


4. Blogger

Anda juga dapat menulis di situs web atau blog milik Anda. Terlebih membuat web khusus blog sekarang cukup mudah. Anda bisa menulis tema apa saja di blog Anda. Anda bisa memulainya dari menulis tema yang Anda sukai.

Nanti Anda bisa mendaftarkan Google Adsense supaya blog Anda menghasilkan uang dari jumlah klik pada iklan yang ditayangkan di blog.

Atau Anda juga bisa meraih untung dari brand-brand yang bekerja sama dengan Anda untuk mempromosikan produknya di blog Anda. Misalnya, Anda adalah seorang blogger gadget, Anda bisa saja diajak kerja sama oleh perusahaan yang meminta Anda mengulas gadget produksinya di blog Anda. Anda pun akan meraih komisi yang menggiurkan.


5. Membuka bisnis makanan

Anda bisa membuka bisnis makanan yang Anda buat sendiri. Makanan homemade biasanya paling disukai karena menyehatkan dan dianggap fresh juga. Anda bisa memasak makanan yang biasanya disukai oleh banyak orang seperti ayam goreng, sate, nasi goreng, dan jenis makanan lainnya.

Untuk membeli makanan Anda, pelanggan bisa melakukannya lewat online, jadi lebih mudah. Anda perlu mempromosikannya lewat online biar bisa mendapatkan pelanggan dengan cakupan luas.


6. Membuka bisnis pakaian

Anda juga bisa bisnis online yang menguntungkan seperti berjualan pakaian. Alasannya karena pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok yang akan selalu dicari. Memulai bisnis pakaian ini, Anda dapat melakukan praktik jual beli. Misalnya, untuk mempunyai produk pakaian, Anda bisa membelinya dulu di toko lain, nanti menjualnya pada pembeli.

Untuk mengetahui pakaian seperti apa yang disukai oleh pelanggan, Anda bisa melakukan riset terlebih dulu. Mau pakaian sederhana atau yang terbuat dari bahan unik pun bisa Anda jual karena keduanya punya pasarnya masing-masing.


7. Menjadi dropshipper

Anda yang ingin berbisnis tapi belum punya modal memadai bisa memulainya dari dropship. Cara memulai bisnis online yang menguntungkan ini adalah Anda perlu menemukan toko online yang membuka kerja sama dropship

Setelah itu, Anda bisa membantunya untuk mendapatkan pelanggan dengan mempromosikan barang dagangannya di media sosial. Ketika ada pembeli, Anda tinggal mengabari toko online tersebut yang berikutnya akan mengirimkan barang pesanan ke pembeli.

 

8. Membuka jasa antar

Akibat pandemi covid-19 yang mengharuskan kita lebih baik di rumah, banyak orang yang belanja dari rumah. Akhirnya mereka pun membutuhkan jasa antar untuk mengantarkan kebutuhan yang dibelinya di luar untuk sampai di rumah.

Anda juga bisa membuka jasa antar seperti ini dengan modal transportasi yang Anda miliki. Misalnya, jika Anda mempunyai motor pribadi, Anda bisa bergabung dengan ojek online. Atau Anda bisa membuka usaha sendiri dengan pelanggan di sekitar Anda.

Nanti apabila pelanggan kian banyak, Anda bisa memperluas jangkauan antar dan menambah alat transportasi yang memadai juga.


9. Mempunyai channel Youtube

Bisnis online yang menguntungkan lainnya adalah membuka channel Youtube. Anda yang senang membuat video, sangat bisa mengandalkan bisnis ini untuk menghasilkan pendapatan. Di Indonesia sudah banyak orang yang menjadikan profesi youtuber sebagai pekerjaan utamanya.

Penghasilan Anda didapatkan dari iklan yang muncul di video Anda. Anda perlu mengajukan adsense dulu pada pihak Youtube supaya iklan tersebut bisa muncul.

Nanti Youtube akan memberikan Anda hasil dari tayangan iklan tersebut. Tentu saja tidak hanya itu, Anda bisa saja diajak bekerja sama dengan brand-brand ternama yang ingin mengiklankan produknya di akun Youtube Anda. Penghasilan Anda pun tidak hanya berasal dari satu sumber.


Baca juga: Gaji YouTuber: Cara Menghitung dan Mendapatkannya


10. Menawarkan jasa desain grafis

Untuk Anda yang mahir desain grafis, Anda bisa memberikan jasa desain. Misalnya, untuk media sosial, untuk situs web, untuk iklan, dan masih banyak lagi karena desain grafis pun punya divisi yang cukup luas.

Anda bisa mendirikan toko sendiri yang menawarkan jasa desain di tempat. Atau dilakukan secara online paling afdol. Jadi, pelanggan akan memberikan brief dari jarak jauh dan Anda tinggal mengikuti permintaan pelanggan itu. Anda pun akan dibayar sesuai dengan kerumitan desain yang Anda buat.


11. Jualan ebook

Jika Anda punya hobi menulis cerita fiksi atau menulis hal yang Anda ahli di dalamnya, misalnya tips investasi pemula, Anda bisa memulai berjualan ebook. Ebook ini perlu Anda tawarkan secara online dan pembaca bisa mendapatkannya jika mereka membayar dengan jumlah tertentu.

Untuk membuat ebook yang diminati, Anda perlu menulis secara rapi dan gunakan layout yang nyaman dilihat, supaya pembaca pun betah membaca ebook Anda itu.

Siapa tahu ketika laku keras, ebook itu ditawarkan oleh penerbit dan Anda pun bisa menjual buku tersebut secara cetak dan dijual di toko-toko buku seluruh Indonesia. 


12. Menawarkan jasa SEO

Anda yang ahli SEO bisa menawarkan jasa ini pada perusahaan yang mempunyai situs web dan ingin mengoptimalkannya supaya menjadi banyak pengunjung. Anda juga dapat membuat suatu situs web di posisi puncak dalam mesin pencarian.

Banyak perusahaan yang membuka kesempatan kerja dengan orang yang punya pengetahuan SEO karena untuk mengoptimalkan SEO cukup sulit. Anda bisa melakukannya dengan menyesuaikan konten yang ramah SEO dan berbagai ketentuan lainnya yang berlaku untuk on page dan off page.


13. Jualan pulsa

Ada lagi bisnis online yang menguntungkan dengan modal minim ini. Jualan pulsa termasuk mudah karena banyak yang membutuhkannya. Semua orang sekarang hidupnya tidak bisa dilepaskan dari internet yang membutuhkan pulsa.

Anda bisa memulai bisnis ini dari rumah. Jadi, bisa ditawarkan secara online.


14. Menjual kerajinan tangan

Bisnis online yang menguntungkan juga dapat dilakukan dengan cara menjual kerajinan tangan. Anda membuat kerajinan tangan dengan ide sendiri. Misalnya, membuat aksesoris rambut, aksesoris jilbab, hiasan rumah, dan bentuk kerajinan tangan lainnya. 

Bisnis ini cocok dilakukan secara online karena Anda bisa meraih lebih banyak konsumen, bukan tidak mungkin berasal dari luar negeri.


15. Menjadi influencer

Anda juga bisa menjadi influencer yang mempengaruhi orang lain untuk menggunakan suatu produk atau membuat suatu kampanye berhasil dengan baik.

Cara untuk memulainya adalah Anda bisa mengumpulkan pengikut asli terlebih dulu dengan cara membuat konten media sosial menarik. Dari sini Anda bisa memulai karier influencer Anda.


Baca juga: Tips Ampuh Menjalankan Bisnis Online Bagi Pemula



Meraih Pinjaman Modal untuk Memulai Usaha Online di P2P Lending Modal Rakyat

Pelaku UMKM yang ingin membangun usaha, tapi terkendala modal, dapat mengajukan pinjaman di Modal Rakyat. P2P Lending Modal Rakyat akan mempertemukan Anda dengan pendana yang bersedia meminjamkan dana untuk Anda. Anda dapat mengajukan pinjaman di Rp500 ribu sampai Rp2 miliar.

Tidak perlu mencemaskan besaran bunga karena bunga yang dibebankan pada Anda akan disesuaikan dengan risiko usaha. Proses pengajuan pinjaman termasuk mudah karena bisa dilakukan secara online, oleh karena itu prosesnya cenderung cepat. Modal Rakyat juga sudah memperoleh izin dari OJK, jadi aman dan terpercaya.

Anda bisa memulai pengajuan pinjaman dengan berkunjung ke tautan ini.


Pertanyaan Umum

1. Bisnis online yang menguntungkan untuk pemula apa saja?

Bisnis online untuk pemula misalnya membuat makanan yang dijual ke secara online, menjual pakaian yang didapat dari seller lain, mengajar pelajaran pada anak-anak sekolah, dan menulis untuk blog perusahaan atau orang lain.

2. Apa saja bisnis online tanpa modal?

Bisnis online tanpa modal bisa Anda lakukan dengan menjadi dropshipper. Caranya Anda bekerja sama dengan suatu toko online, kemudian membantu toko online tersebut mendapatkan pembeli. Anda menginformasikan ke toko online itu ada yang tertarik membeli produknya.

Setelah itu, toko online akan mengirimkan produk pada pembeli yang sudah Anda temukan. Anda pun akan meraih komisi dari sana.

3. Apa saja peluang bisnis online tahun 2021?

Peluang bisnis online 2021 cukup banyak. Anda bisa mengisi blog milik perusahaan dengan tulisan, menjadi admin media sosial, mendirikan toko online, menjadi tutor online, menawarkan jasa desain online, dan lainnya. Banyak sekali peluang bisnis yang dapat Anda lakukan di tahun 2021 ini. 



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru