Bisnis

25 Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan di Tahun 2022

Pretty Angelia Wuisan-

04 Jan 2022

25 Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan di Tahun 2022

Bisnis online yang menjanjikan saat ini beragam. Anda bisa memulai ide bisnis online yang sesuai dengan keahlian, jadi tidak sulit untuk melakukannya.

Selama ada niat kuat untuk membangun bisnis online yang menjanjikan ini, Anda pasti bisa menjalankannya dengan baik. Yuk, cari tahu bisnis online yang menjanjikan itu.


Baca juga: 25 Ide Jualan Modal Kecil yang mudah dan Menguntungkan


Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan di Tahun 2022

Untuk mendapatkan keuntungan di tahun 2022, bisnis online adalah jawaban yang tepat untuk Anda.

Bisnis online mudah dilakukan dan menjadi salah satu bisnis yang akan terus berjalan ke depannya berkat kemajuan teknologi. 

Jadi apa saja peluang bisnis online yang menjanjikan untuk tahun 2022? Ini dia jawabannya.

  • Menjadi reseller
  • Bisnis dropship
  • Membuat website
  • Menjadi admin media sosial
  • Menjual barang online
  • Menjual produk skincare
  • Menawarkan jasa desain 
  • Tutor online
  • Jasa terjemahan 
  • Menawarkan jasa penulisan
  • Menjadi influencer
  • Menjadi youtuber
  • Bisnis makanan beku
  • Membuka bisnis sabun
  • Membuka bisnis lilin
  • Membuat ebook
  • Jualan pulsa
  • Menjual baju bekas
  • Menjual minuman kekinian
  • Bisnis PPOB
  • Membuka jasa fotografi
  • Bisnis aksesoris
  • Bisnis catering
  • Bisnis tanaman hias
  • Menjual foto

1. Menjadi reseller

Untuk mendapatkan profit tanpa harus membuat produk sendiri, Anda bisa menjadi reseller.

Reseller menjadi salah satu bisnis yang sering dipraktikkan karena banyak toko yang membuka kerja sama reseller bareng orang lain.

Reseller membuka kesempatan untuk Anda membeli produk di harga murah, lalu menjualnya kembali sesuai dengan harga di pasaran.

Untuk menarik banyak pembeli, sebaiknya Anda memilih produk dari brand terkenal. Dari sini Anda pasti akan mudah melakukan promosi.

2. Bisnis dropship

Bisnis online yang menjanjikan salah satunya adalah dropship. Bisnis ini tidak mengharuskan Anda menyediakan modal karena Anda tidak perlu membeli produk.

Anda hanya perlu untuk mendapatkan pelanggan baru toko online yang menggunakan jasa Anda. Anda akan mendapatkan komisi dari banyaknya pelanggan atau jumlah produk yang terjual untuk waktu tertentu.

Untuk menjadi dropshipper sukses, Anda bisa mencari toko yang terbuka dengan sistem dropship ini. Kemudian, menawarkan produk mereka secara online.

3. Membuat website

Bisnis online yang menjanjikan, yang saat ini banyak dibutuhkan adalah membangun situs web. Untuk bisa membuat website, Anda perlu memiliki keahlian khusus di bidang coding.

Untuk membangun situs web juga dibutuhkan waktu yang tidak sedikit. Semakin banyak fitur di dalam situs web, Anda juga akan semakin lama mengerjakannya.

Kabar baiknya Anda bisa mendapatkan uang dalam jumlah besar untuk membuat website. Alasannya karena banyak yang menyadari membuat situs web dari nol itu tidak mudah.

Anda perlu bekerja secara perlahan, tapi pasti dalam membangun situs web yang nyaman untuk dikunjungi.

4. Menjadi admin media sosial

Media sosial sekarang dibutuhkan untuk promosi berbagai macam brand. Promosi di media sosial dianggap lebih murah dan memudahkan brand untuk lebih dekat dengan pelanggan.

Oleh sebab itu, perusahaan mengusahakan media sosial mereka selalu aktif. Mereka pun membutuhkan admin media sosial untuk tujuan itu. Anda bisa menjadikan hal ini sebagai bisnis yang bagus untuk dijalankan. 

Untuk menjadi admin media sosial. Anda harus siap memantau media sosial perusahaan setiap saat dan bersedia bekerja di malam hari.

5. Menjual barang secara online

Bisnis online yang tidak kalah menarik adalah menjual barang secara online. Barang yang bisa Anda jual beragam. Misalnya, Anda menjual buku yang pernah Anda baca untuk mendapatkan keuntungannya.

Ada lagi barang berupa tas yang digandrungi para wanita, dan berbagai barang lain yang sekiranya dibutuhkan oleh masyarakat.

Untuk menggunakan sistem penjualan online, Anda perlu menyiapkan sistem pembayaran yang memudahkan untuk para pelanggan.

6. Menjual produk skincare

Produk kecantikan atau perawatan kulit juga diincar saat ini karena banyak orang yang menyadari pentingnya memiliki kulit yang sehat.

Anda bisa menciptakan produk perawatan kulit sendiri bekerja sama dengan dokter atau mereka yang ahli.

Bisnis skincare yang Anda jual haruslah aman untuk digunakan. Selain mengurus perizinan pendirian usaha, Anda juga perlu mendapatkan izin dari BPOM yang menyatakan bahwa produk Anda aman.

7. Menawarkan jasa desain

Banyak yang menggunakan jasa desain untuk keperluan promosi, konten, dan keperluan lainnya. Anda yang punya keahlian dalam desain bisa memanfaatkan hal ini dengan baik.

Untuk mengetahui jenis desain yang harus dibuat, pihak yang punya kepentingan biasanya akan memberikan briefing pada Anda. 

Anda bisa mengikuti briefing itu dan berkreasi dengan kemampuan Anda sendiri.

8. Tutor online

Anda yang punya kemampuan di salah satu bidang, misalnya bidang fisika, bisa membuka kelas belajar online.

Peluang bisnis online yang menjanjikan ini sekarang juga diincar oleh para pelajar atau orang dewasa yang ingin mengembangkan kemampuan.

Untuk bisa mendapatkan murid, Anda bisa menawarkan jasa ini di media sosial.

9. Jasa terjemahan 

Punya kemampuan bahasa asing yang bagus? Jangan disia-siakan. Anda bisa menjadi penerjemah yang menerjemahkan berbagai jenis dokumen dan raih keuntungan darinya.

Bahasa asing yang dikuasai sangat boleh di luar bahasa Inggris. Bisa bahasa Arab, bahasa Jepang, bahasa Spanyol, dan lainnya.

Kemampuan Anda ini biasanya dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan yang cakupannya sudah global.

10. Menawarkan jasa penulisan

Anda yang punya kemampuan menulis yang bagus, bisa menawarkan jasa kepenulisan. Perusahaan juga banyak yang membutuhkan tulisan untuk situs web yang dimilikinya.

Anda perlu menguasai topik yang diinginkan oleh perusahaan tersebut. Selain itu, harus juga mampu menulis sesuai dengan kaidah ejaan bahasa Indonesia yang sudah ditetapkan.

Ketika Anda punya pengalaman yang panjang, mereka biasanya bersedia membayar dengan jumlah yang sesuai.

11. Menjadi influencer

Menjadi influencer saat ini mendatangkan keuntungan bagi Anda. Dari sini Anda bisa mendapatkan kegiatan endorse brand-brand yang ingin produknya lebih dikenal masyarakat.

Supaya brand tersebut mudah mengenali Anda, sebaiknya Anda fokus endorse pada bidang tertentu. 

Misalnya, Anda menerima endorse khusus untuk produk kecantikan. Anda membuat ulasan rapi tetap produk tersebut. Nanti produk-produk kecantikan lain pun bisa menggunakan jasa Anda. 

12. Menjadi youtuber

Youtuber juga menjadi bisnis online yang menjanjikan di tahun 2022 ini. Caranya adalah Anda memproduksi video sekreatif mungkin, ditonton banyak orang, lalu mendaftarkannya untuk AdSense.

Ketika AdSense Anda diterima, Anda pun bisa mendapatkan uang dari Youtube. Semakin banyak video yang diproduksi, potensi untuk mendapatkan cuan makin besar.

Anda perlu konsisten dalam memproduksi video-video yang menarik. Pihak Youtube pun bersedia membayar Anda untuk itu setiap bulannya.

Peluang lainnya adalah Anda bisa diajak bekerja sama oleh pihak brand yang ingin beriklan di video Anda dengan penempatan produk secara langsung.

13. Bisnis makanan beku

Bisnis online yang layak dicoba adalah menjual makanan beku. Jenis makanan ini diincar oleh para ibu rumah tangga yang ingin menyajikan makanan secara cepat.

Tidak masalah jika Anda belum bisa memproduksi makanan bekunya sendiri. Anda bisa mengambil makanan beku dari produsen lain.

Produsen makanan beku tidak hanya menjual produknya di supermarket, tapi juga ke usaha kecil yang bisa ditemukan di rumah-rumah.

Sediakan lemari pendingin untuk menjaga makanan beku agar tetap fresh. Anda juga membutuhkan listrik yang selalu menyala.

14. Membuka bisnis sabun

Bisnis sabun untuk mandi atau cuci tangan juga semakin menggeliat. Bisnis online yang menjanjikan ini menawarkan sabun asli ramah untuk kulit.

Semakin banyak masyarakat Indonesia yang menyadari pentingnya memilih sabun yang membuat kulitnya bagus dan tidak ada komplikasi apapun.

Anda pun bisa membuatnya sendiri dengan bahan-bahan alami yang bagus untuk kulit. Supaya memahaminya lebih jauh, Anda butuh ikut pelatihan membuat sabun yang sehat.

Sabun-sabun itu ditawarkan melalui internet agar lebih banyak pelanggan yang mengenal produk Anda. 

15. Membuka bisnis lilin

Lilin saat ini tidak hanya menjadi penerang ruangan ketika mati lampu, tapi juga dijadikan sebagai terapi dari wanginya yang segar.

Anda bisa menyediakan paket lilin untuk hadiah yang diadakan di waktu tertentu seperti perayaan Natal dan Tahun Baru. Pasti bisa laku keras.

Sama seperti bisnis sabun, untuk bisa membuat lilin dengan wangi yang khas, Anda bisa mengikuti pelatihan terlebih dulu.

16. Membuat ebook

Anda yang senang menulis bisa membuat ebook dengan berbagai tema dan mendapatkan uang dari penjualannya.

Misalnya, Anda membuat ebook tentang finansial stabil untuk anak muda. Anda menjualnya melalui internet. 

Semakin banyak yang terjual, pemasukan Anda dari ebook itu pun akan kian besar.

17. Jualan pulsa

Cara mudah untuk menjalankan bisnis online yang menjanjikan adalah berjualan pulsa. Saat ini pulsa menjadi kebutuhan banyak orang. 

Anda bisa menjualnya dengan mendirikan ruko, tapi akan lebih praktis lagi jika Anda menyediakan layanan jual pulsa online.

Peluang ini sayang untuk disia-siakan. Anda bisa menawarkannya melalui internet untuk menemukan lebih banyak pelanggan.

18. Menjual baju bekas

Baju bekas yang bagus juga bisa menjadi barang yang membawa keuntungan untuk Anda. Daripada disimpan di lemari karena sudah tidak dipakai, lebih baik dijual.

Jangan lupa untuk mencuci bajunya terlebih dulu sebelum dijual supaya bajunya masih terlihat baru. Pembeli juga ingin membeli baju bekas yang layak untuk dikenakan.

Baju bekas itu bisa Anda jual lewat media sosial atau juga marketplace yang banyak pengunjungnya. 

19. Menjual minuman kekinian

Minuman kekinian saat ini rasanya beragam. Banyak yang mengkonsumsinya untuk menghilangkan penat. 

Anda bisa menjual minuman kekinian secara online. Paling pas bekerja sama dengan jasa antar online yang sekarang banyak diandalkan orang untuk memesan makanan dan minuman.

20. Bisnis PPOB

Walaupun sudah ada aplikasi pembayaran khusus, bisnis PPOB masih dibutuhkan untuk mereka yang belum terbiasa menggunakan pembayaran online.

Anda bisa membuka bisnis PPOB di sekitar rumah Anda. Menawarkannya pada para tetangga. 

Atau menyediakan pembayaran via online untuk tetangga dan pelanggan lain yang lokasinya berada jauh dari Anda.

21. Membuka jasa fotografi

Anda yang senang memotret, bisa membuka jasa fotografi yang keuntungannya menjanjikan.

Misalnya, Anda membuka jasa pemotretan untuk pra nikah, pernikahan, acara–acara resmi, pemotretan keluarga, untuk bayi baru lahir, dan sebagainya.

Untuk bisa menjalankan bisnis ini sebaik-baiknya, Anda memerlukan kamera yang mumpuni. Anda juga butuh alat seperti laptop untuk mengedit foto itu supaya jadi lebih cantik untuk dilihat. 

22. Bisnis aksesoris

Anda yang senang berkreativitas membuat pernak-pernik tertentu bisa membuka bisnis aksesoris.

Produk aksesoris yang biasanya diincar adalah aksesoris untuk jilbab, aksesoris untuk rambut, aksesoris untuk ponsel, dan lainnya.

Dengan membuat aksesoris yang unik, Anda bisa meraih cuan yang sudah lama diincar.

23. Bisnis catering

Bisnis makanan hingga saat ini masih dibutuhkan. Anda bisa menyediakan catering untuk pernikahan, acara resmi, untuk mereka yang butuh makanan sehat, dan lainnya.

Untuk mendirikan bisnis catering, Anda perlu menyediakan modal yang cukup untuk membeli makanan. Biasanya pelanggan bersedia memberikan bayaran untuk DP, dan akan melunasinya setelah acara.

Anda perlu menyediakan bahan makanan yang segar supaya hasil masakan Anda disukai pelanggan. Mereka pun akan bersedia memesan ulang di kemudian hari.

24. Bisnis tanaman hias

Tanaman hias mendatangkan keuntungan sebagai bisnis online yang menjanjikan bagi siapa saja. Banyak orang membeli tanaman hias sebagai hobi.

Anda bisa memulai bisnis ini dengan membeli bibitnya di toko tanaman, kemudian merawatnya dengan benar.

Jika Anda berhasil menumbuhkan tanaman langka, Anda bisa meraih keuntungan yang tidak disangka-sangka.

25. Menjual foto

Anda juga bisa membuka bisnis jualan foto dari karya Anda sendiri. Terlebih banyak perusahaan yang membutuhkan foto untuk konten mereka.

Anda bisa meraih uang dari berapa banyak foto yang diunduh orang lain. Jadi, jangan takut menawarkan foto kreatif Anda di internet.

Anda bisa menawarkannya ke situs web khusus foto yang membuka kerja sama dengan para fotografer profesional.


Baca juga: 10 Cara Membuka Usaha Kecil-kecilan di Rumah dan Idenya


Kesimpulan

Berbagai peluang bisnis online yang menjanjikan tersedia untuk tahun 2022. Anda tinggal langsung memilih dan mempraktikkanya sepenuh hati. Jangan lupa lakukan promosi supaya lebih banyak orang yang mengetahui bisnis Anda.


Raih Pinjaman untuk Mendirikan Bisnis Kecil di Modal Rakyat

Anda yang membutuhkan modal lebih untuk mendirikan bisnis, bisa mengandalkan Modal Rakyat untuk raih pinjaman.

Modal Rakyat akan menghubungkan Anda dengan pendana yang bersedia memberikan pinjaman pada Anda.

Besaran modal yang dipinjam bisa dimulai Rp500 ribu dan limit maksimalnya adalah Rp2 miliar. Besaran bunga yang harus dibayarkan pun kompetitif.

Modal Rakyat sudah meraih izin legal OJK, jadi bisa dipercaya untuk menyediakan pinjaman aman.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru