Bisnis

10 Tips Memulai Bisnis Skincare yang Menghasilkan Keuntungan

Pretty Angelia Wuisan-

28 Sep 2021

10 Tips Memulai Bisnis Skincare yang Menghasilkan Keuntungan

Bisnis skincare merupakan bisnis yang punya peluang bagus. Apalagi jika Anda menjual produk skincare yang berkualitas dengan ditambah promosi yang menarik, orang lain akan tertarik membeli. Anda hanya perlu tahu bagaimana caranya memulai usaha ini dengan baik.

Untuk itu, di sini akan dijelaskan mengenai peluang berbisnis di industri kosmetik berupa usaha skincare dan tips untuk memulai bisnis skincare yang menghasilkan keuntungan besar untuk pemula seperti Anda.


Baca juga: Menguntungkan, ini Dia Peluang Bisnis Tas di Indonesia


Peluang Bisnis Skincare

Membuka usaha skincare bisa mendatangkan keuntungan besar jika dipraktikkan secara serius. Saat ini banyak masyarakat yang tertarik untuk memiliki produk perawatan kulit berkualitas demi tujuan membuat mereka makin glowing. Tentunya Anda perlu menyediakan produk skincare yang berkualitas untuk mereka.

Kemudian, untuk membangun bisnis skincare juga bisa dilakukan dari modal yang minim. Apabila belum sanggup membuka toko sendiri, Anda bisa menjual produk skincare yang dijual orang lain. Baru setelah itu, Anda bisa menjual produk sendiri ketika modalnya sudah terkumpul.


10 Tips Memulai Bisnis Skincare untuk Pemula yang Menguntungkan

Untuk berjualan produk skincare bagi pemula, ini tips yang bisa Anda lakukan supaya berhasil di percobaan pertama.

1. Menentukan jenis bisnis

Bisnis seperti apa yang ingin Anda jalankan? Apakah dropship atau ingin membuat produk skincare sendiri? Untuk modal termurah, Anda bisa memulainya dari dropship.

Namun, jika Anda ingin memulainya dengan modal yang cukup besar dan meracik bahan-bahan sendiri, Anda bisa memproduksi skincare dengan nama brand Anda sendiri. 

2. Riset pasar

Anda perlu tahu bahwa sudah banyak yang menjual produk skincare. Anda harus memutar otak supaya produk skincare Anda nanti berbeda dengan yang sudah ada. Untuk itu Anda perlu melakukan riset pasar. 

Riset ini akan membantu Anda untuk menemukan produk skincare jenis apa yang biasanya dipilih oleh masyarakat, siapa saja pesaing Anda, dan supplier mana yang bisa menyediakan Anda produk untuk dijual (untuk Anda yang mau jadi dropshipper).

3. Membuat produk

Anda tidak harus memiliki pengetahuan tentang bahan yang digunakan untuk membuat produk skincare. Yang perlu Anda lakukan adalah bekerja sama dengan orang yang ahli untuk mengerjakannya, misalnya ahli farmasi atau dokter spesialis kecantikan. Dari sini Anda bisa mengembangkan produk yang akan diminati oleh pasar.

4. Menetapkan target pasar

Siapa yang akan menjadi pembeli Anda? Apakah wanita atau pria? Apakah mereka berumur sekitar 20-an atau untuk yang 30 tahun ke atas? 

Dengan menentukan target pasar, Anda bisa menciptakan produk yang sesuai karena bahan-bahan yang diperlukan juga berbeda. Di masing-masing umur, pembeli membutuhkan skincare yang tentunya berbeda. 

Anda juga perlu membedakannya dari tipe jenis kulit seperti kulit kering dan berminyak. Paling bagus jika menyediakan keduanya, sehingga target pasarnya luas.

5. Membuat nama brand

Untuk Anda yang ingin membuat produk sendiri, nama brand di bisnis skincare adalah sebuah keharusan. Semakin terkenal nama brand produk itu, maka semakin banyak peluang keuntungan yang dapat Anda raih.

Pilih nama brand yang mencirikan produk Anda. Pilih kata yang sederhana saja supaya mudah diingat. Sebagai referensi, Anda bisa melihat nama-nama brand produk skincare yang sudah hadir di pasaran.

6. Tentukan kemasannya

Coba Anda perhatikan kemasan untuk produk skincare. Mereka menggunakan kemasan yang sederhana, tapi mencirikan brand mereka. Selain itu, jangan lupa pikirkan juga kualitas dari kemasan tersebut.

Kemasan yang bagus pun akan menjaga kualitas dari produk Anda. Kemasan harus tidak mudah bocor. 

Lalu, produk harus mencantumkan tanggal kadaluarsa di kemasannya. Misalnya, produk hanya bisa digunakan sampai tahun 2020. 

7. Pahami izin edar

Bisnis skincare Anda wajib memiliki izin edar yang dikeluarkan oleh BPOM. Dengan memiliki izin BPOM, produk Anda pun jadi lebih terpercaya. Masyarakat tentunya akan memilih produk yang berizin legal di Indonesia.

8. Jualan secara online

Paling bagus jualan skincare secara online karena Anda jadi bisa menemukan pembeli dengan mudah. Anda pun bisa membuka toko online di situs web atau membuka toko lewat marketplace

Apalagi proses pengiriman juga tidak merepotkan. Anda bisa mengirimkan ke lokasi mana saja karena jasa pengiriman juga banyak pilihannya. Untuk Anda yang ada toko di marketplace, Anda tidak perlu mencari karena bisa menggunakan jasa pengiriman yang disediakan oleh marketplace

9. Promosi di media sosial

Jalankan strategi pemasaran di media sosial karena mudah dilakukan dan budget rendah. Gunakan foto produk yang menarik dan cantik, sesuai dengan image brand

Bentuk promosi ini ada bermacam-macam, jadi Anda bisa menjalankan promosi seperti viral marketing atau bekerja sama dengan influencer.

10. Gandeng influencer

Untuk bekerja sama dengan influencer, Anda bisa memulainya dengan influencer yang sekiranya bisa mewakilkan produk Anda. Kekuatan influencer ini luar biasa lho. Sangat mungkin penjualan produk Anda meningkat drastis. Namun, tentunya Anda perlu menjalankan strategi pemasaran influencer yang tepat.

Pilih influencer yang punya image bagus. Kemudian, padukan dengan konsep yang menarik supaya semakin banyak yang membicarakan produk Anda.


Baca juga: 5 Peluang Bisnis Online di Era Normal Baru


Meraih Pinjaman Modal untuk Memulai Usaha Skincare di P2P Lending Modal Rakyat

Pelaku UMKM yang ingin membangun usaha, tapi terkendala modal, dapat mengajukan pinjaman di Modal Rakyat. P2P Lending Modal Rakyat akan mempertemukan Anda dengan pendana yang bersedia meminjamkan dana untuk Anda. Anda dapat mengajukan pinjaman di Rp500 ribu sampai Rp2 miliar.

Tidak perlu mencemaskan besaran bunga karena bunga yang dibebankan pada Anda akan disesuaikan dengan risiko usaha. Proses pengajuan pinjaman termasuk mudah karena bisa dilakukan secara online, oleh karena itu prosesnya cenderung cepat. Modal Rakyat juga sudah memperoleh izin dari OJK, jadi aman dan terpercaya.

Anda bisa memulai pengajuan pinjaman dengan berkunjung ke tautan ini.


Pertanyaan Umum

1. Bagaimana peluang bisnis skincare?

Membuka usaha skincare bisa mendatangkan keuntungan besar jika dipraktikkan secara serius. Untuk pertama kali, Anda tidak perlu membuat produk sendiri. Anda bisa menjual produk orang lain dulu dengan mencari produsen yang cocok.

2. Apa produk skincare yang bagus?

Produk skincare yang bagus adalah yang berizin BPOM dan memiliki bahan yang tidak berbahaya. Jangan lupa untuk mengurus perizinan di BPOM dan gunakan bahan yang terbaik untuk produk Anda.  

3. Berapa modal usaha skincare?

Modal usaha skincare ini bisa bermacam-macam. Untuk Anda yang ingin menjadi dropship dan reseller, Anda bisa memulainya dari Rp2 juta. Namun, apabila Anda ingin membuat produk skincare sendiri, Anda butuh modal lebih besar. 



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru