Bisnis

Ini Dia Cara Jualan hingga Kelebihan Jadi Bukalapak Seller

Brigitta Winasis-

23 Sep 2021

Ini Dia Cara Jualan hingga Kelebihan Jadi Bukalapak Seller

Bukalapak seller dapat menjadi salah satu opsi bagi pemilik usaha yang ingin mempromosikan jualannya secara online. Ditambah lagi penggunaan internet semakin masif di Indonesia, membuat dunia bisnis online bertumbuh subur.

Bagi Anda yang ingin mengetahui cara menjadi Bukalapak seller, simak penjelasan berikut ini.


Baca juga: Dynamic Pricing adalah Rahasia Sukses E-Commerce, Mengapa?


Apa itu Bukalapak?

Bukalapak adalah satu di antara banyak e-Commerce Tanah Air. E-Commerce ini didirikan oleh Achmad Zaky, Muhammad Fajrin Rasyid, dan Nugroho Herucahyono pada 2010.

Bukalapak memiliki visi membantu bisnis berskala UMKM agar dapat merambah ke internet. Perusahaan ini kini sudah mengekspansi lini bisnisnya dengan berupaya meningkatkan penjualan warung tradisional melalui layanan Mitra Bukalapak. Pada 2017, Bukalapak menjadi satu di antara berbagai startup unicorn di Indonesia.


Keuntungan Menjadi Seller di Bukalapak

Sebagai satu di antara perusahaan e-Commerce paling besar di Indonesia, Bukalapak menawarkan keunggulannya tersendiri bagi para penjual (seller). Berikut penjelasannya.

1. Banyak Pembeli Potensial

Bukalapak memberikan akses gratis kepada lebih dari 100 juta penggunanya. Hal ini tentu akan meningkatkan potensi penjualan Anda.

2. Komunitas Pelapak

Adanya komunitas pelapak membantu Anda saling berbagi informasi terkait penjualan. Saat ini ada lebih dari 30 ribu pelapak yang bergabung dalam komunitas Bukalapak.

3. Logistik Lengkap

Anda dapat berjualan dengan mudah, karena Bukalapak sudah bekerja sama dengan berbagai layanan ekspedisi yang menjangkau seluruh wilayah Tanah Air.

4. Channel Jualan

Anda bisa berjualan atau membuka lapak di beberapa channel jualan sekaligus. Hal ini akan memperbesar peluang pendapatan Anda.

Selain itu, Bukalapak memiliki program Super Seller bagi penggunanya yang berjualan. Berikut beberapa keuntungan menjadi Super Seller di platform e-Commerce tersebut.

1. Biaya layanan aplikasi hanya 0,5 persen.

2. Adanya kesempatan menaikkan transaksi sampai 15 kali lipat.

3. Kepercayaan pembeli bertambah saat melihat logo Super Seller.

4. Adanya bonus gratis ongkir sepuasnya.

5. Adanya cashback voucher eksklusif.

6. Pelapak memperoleh bonus 5 persen dari anggaran promosi, sehingga dapat mengikuti kampanye dan flash deal tanpa biaya ekstra.


Cara Menjadi Bukalapak Seller

Bagaimana, apakah Anda sudah tertarik menjadi pelapak di e-Commerce yang identik dengan warna merah ini? Cara berjualan di Bukalapak cukup mudah.

Anda cukup mendaftar di bagian pendaftaran dengan membuka akun Bukalapak. Syarat-syarat utama yang harus Anda punya adalah alamat email, nomor telepon, akun Facebook, dan akun Google+.

Daftar dengan Email atau Nomor Telepon

1. Klik tombol Daftar.

2. Masukkan alamat email dan nomor telepon Anda pada kolomnya, lalu isi data pribadi Anda sesuai dengan faktanya. Tekan tombol Daftar pada bagian bawah.

3. Bukalapak akan mengirimkan email aktivasi. Anda dapat mengeceknya di kotak masuk email. Pada email tersebut, klik tautan Konfirmasi Email.

Daftar dengan Akun Facebook

1. Klik tombol Daftar.

2. Tekan pilihan Daftar dengan Facebook.

3. Masuk ke halaman Facebook Anda.

4. Buka situs Bukalapak.

5. Tekan tombol Login pada pojok kanan atas di halaman utama, kemudian pilih Login dengan Facebook.

6. Tekan tombol Lanjutkan sebagai (Nama Akun Facebook Anda).

7. Bukalapak akan meminta izin untuk mengakses beberapa informasi yang terdapat di akun Facebook Anda. Di bagian kanan bawah Anda akan melihat pilihan OK, klik tombol tersebut.

8. Isi data pribadi Anda sesuai dengan faktanya, lalu klik Daftar di bawahnya.

Daftar dengan Akun Google

1. Klik tombol Daftar.

2. Tekan pilihan Daftar dengan Google.

3. Masuk ke halaman Google Anda.

4. Bukalapak akan meminta izin untuk mengakses beberapa informasi yang terdapat di akun Google Anda. Di bagian kanan bawah Anda akan melihat pilihan Izinkan, klik tombol tersebut.

5. Isi data pribadi Anda sesuai dengan fakta, lalu klik Daftar di bawahnya.

Selanjutnya Anda dapat menggunakan akun Bukalapak yang sudah diaktifkan. Anda diwajibkan mengisi alamat lengkap, nomor telepon, dan mengonfirmasi nomor telepon di halaman Pengaturan.

Setelah semua data sudah lengkap, pilih ikon Lapak Saya, lalu tekan tombol Mulai Jualan. Pertama, Anda akan diminta memilih nama toko. Selanjutnya, setujui syarat dan ketentuan yang berlaku di Bukalapak.

Setelah toko Anda berhasil dibuat, Anda bisa melengkapi profil toko agar lebih mudah mendatangkan pembeli. Caranya adalah membuka halaman Pengaturan. Jika Anda sudah siap berjualan, unggah foto produk Anda dan lengkapi deskripsi seperti syarat pembayaran, pengiriman, harga, dan lain-lain.


Baca juga: Cara Mudah Atur Keuangan Bisnis Online


Apa itu Seller Center Bukalapak?

Bukalapak memiliki fitur Seller Center. Platform ini dibuat secara terpadu dengan berbagai fitur yang tersedia. Fitur ini akan mempermudah pelapak dalam mengawasi dan mengatur kegiatan penjualan di akunnya.

Keberadaan fitur ini diharapkan dapat membuat pelapak lebih efektif berdagang. Sementara ini Seller Center hanya tersedia dalam versi web dan dapat diakses melalui tautan seller.bukalapak.com.

Berikut fungsi dari berbagai submenu yang ada.

a. Jual Barang

Digunakan untuk mengunggah produk di Bukalapak.

a. Jual Barang

Digunakan untuk mengunggah produk di Bukalapak. Di dalam fitur barang terdapat Daftar Barang dan Etalase. Anda dapat menjual barang secara eceran, grosir, serta mengimpor dari Instagram.

b. Statistik Lapak

Berisi keunggulan serta informasi yang diperoleh sebagai Super Seller. Status Lapak menampilkan informasi jika lapak Super Seller melakukan pelanggaran.

c. Manajemen Pelanggan

Berisi informasi daftar pelanggan. Melalui halaman ini, penjual dapat mempromosikan melalui pesan kepada pelanggan.

d. Fitur Promosi

Bagian ini memiliki tiga fitur utama, yaitu Promoted Push, Push, dan Promoted Keywords.

e. Channel Jualan

Fitur terbaru ini mempermudah penjual meraih pembeli yang tidak menggunakan Bukalapak. Beberapa fitur yang ada yaitu Kumpulink, Website Jualan, dan Link Jual Beli.

f. Tampilan Lapak

Fitur ini memungkinkan penjual mendekorasi halaman lapak untuk menarik minat pelanggan, serta mempermudah pelanggan dalam berbelanja barang unggulan di lapak tersebut.

g. Penilaian Pembeli

Fitur ini menampilkan Ulasan Pembeli dan Feedback Lapak.

h. Pengembangan Bisnis

Fitur ini memberikan pengetahuan dalam bisnis bagi penjual.

i. Pengaturan

Fitur ini membantu penjual mengatur Lapak, termasuk Karyawan Lapak dan Pengiriman.


Tips Menjadi Super Seller Bukalapak

Persaingan di e-Commerce ini memang terbilang tinggi. Namun jangan cemas, berikut sejumlah tips yang dapat Anda terapkan agar bisa laris berjualan di Bukalapak.

1. Unggah Produk Sebanyak Mungkin

Semakin banyak produk yang Anda unggah, semakin banyak pilihan bagi pelanggan. Dengan demikian, toko Anda memiliki peluang lebih tinggi menjadi top seller.

2. Jelaskan Deskripsi Produk dengan Lengkap

Anda wajib menjelaskan deskripsi produk. Saat berbelanja online, orang cenderung sulit membayangkan produk yang akan dibelinya.

Masukkan juga syarat dan ketentuan yang Anda tetapkan. Contohnya, toko Anda tidak menerima penukaran barang, barang akan dikirimkan sehari setelah pembayaran, serta penerapan asuransi pengiriman.

3. Aktif Menjawab Pertanyaan

Secara aktif Anda wajib merespons pertanyaan calon pelanggan. Dengan demikian, pelanggan merasa dilayani dengan baik.

4. Pelayanan After Sales

Anda disarankan tetap memberikan pelayanan after sales setelah transaksi pembelian. Sama seperti tips sebelumnya, pelanggan akan merasa dilayani dengan baik.

5. Gunakan Fitur Push

Fitur ini sangat bermanfaat untuk mempromosikan produk dagangan, sehingga berada di daftar teratas pencarian produk. Anda dapat membeli push secara eceran, yakni Rp2.000 per push.

6. Aktif di Forum

Forum akan membantu Anda dalam menambah pengetahuan berjual-beli online. Anda dapat memperoleh perkembangan terbaru dalam tren belanja online terkini.


Baca juga: Memulai Bisnis Online, Kenali 5 Tantangan yang Harus Dihadapi


Kembangkan Usaha Anda dengan Dana dari Modal Rakyat

Anda yang ingin memulai bisnis online mungkin membutuhkan biaya modal. Anda bisa mendapatkannya melalui P2P lending Modal Rakyat. Apa saja keunggulannya?

Layanan ini sudah berizin OJK, sehingga dijamin keamanannya. Bunga yang ditawarkan relatif lebih kompetitif dibandingkan dibandingkan alternatif pinjaman lainnya.

Proses persetujuan cepat. Pinjaman Anda dapat disetujui dalam lima hari kerja jika syarat-syaratnya sudah terpenuhi. Selain itu, proses pengajuan pinjaman dilakukan secara online, sehingga lebih mudah dijangkau.


Pertanyaan Umum Tentang Bukalapak Seller

1. Bagaimana cara buka toko di Bukalapak?

Caranya adalah dengan membuat akun terlebih dahulu di Bukalapak. Lalu Anda diwajibkan mengisi alamat lengkap, nomor telepon, dan mengonfirmasi nomor telepon di halaman Pengaturan.

Setelah semua data sudah lengkap, pilih ikon Lapak Saya, lalu tekan tombol Mulai Jualan.

2. Berapa potongan Super Seller di Bukalapak?

Potongan Super Seller di Bukalapak yaitu 0,5 persen.

3. Apa itu Seller Center Bukalapak?

Fitur Seller Center bertujuan mempermudah pelapak dalam mengawasi dan mengatur kegiatan penjualan di akunnya.

4. Apa itu biaya Super Seller?

Biaya Super Seller adalah potongan yang dikenakan kepada penjual untuk setiap transaksi penjualan.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru