Finansial

6 Cara Investasi Uang Efektif untuk Imbal Hasil Menggiurkan

Pretty Angelia Wuisan-

08 Nov 2021

6 Cara Investasi Uang Efektif untuk Imbal Hasil Menggiurkan

Cara investasi uang sekarang pilihannya beragam karena kemunculan berbagai macam investasi yang mudah Anda jangkau. Untuk memilih investasi yang tepat, Anda perlu tahu cara untuk investasi yang tepat juga.

Di bawah ini akan dijelaskan 6 cara investasi uang yang efektif agar bisa menghasilkan keuntungan yang diharapkan.


Baca juga: Banjir Cuan! Ini Dia 7 Investasi Terbaik untuk Tahun 2022


1. Menentukan Tujuan Investasi

Untuk berinvestasi, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan tujuan. Tujuan merupakan pondasi utama yang membuat cara investasi uang Anda jadi terarah.

Tujuan ini harus jelas dan bisa diukur. Misalnya, Anda menentukan tujuannya adalah untuk membeli rumah, Anda pun menghitung kira-kira kapan rumah itu akan bisa dibeli dengan hasil investasi sekian persen per tahunnya.

Dari sini Anda akan bisa menemukan jenis investasi yang sesuai. Seperti menentukan instrumen investasi sesuai jangka waktu. 

Baru kemudian pilihlah investasi dengan aplikasi yang sesuai yang bisa membantu Anda memenuhi target itu. Misalnya, investasi yang bagus untuk jangka panjang adalah investasi saham, dan pilihan lainnya adalah investasi emas.

Tidak masalah menentukan tujuan apa saja selama Anda menyukainya. Kalau perlu catat tujuan tersebut agar Anda mengingatnya terus. Dengan mengingatnya, Anda akan mampu naik lagi ketika ingin menyerah saat mengalami kegagalan.


2. Memahami Profil Risiko

Cara investasi uang yang perlu ditentukan selanjutnya adalah memahami profil risiko Anda. Sebelum memulai investasi, Anda perlu mengenal diri Anda sendiri terkait dengan reaksi Anda terhadap risiko. Alasannya karena berinvestasi tidak akan jauh dari menghadapi risiko. 

Jika Anda berpikir bahwa risiko tidak perlu dipikirkan saja karena membuat investor bisa down, rasanya itu kurang tepat. Risiko tentu harus dipikirkan dengan mindset Anda akan mampu berhadapan dengan risiko itu.

Ada 3 profil risiko yang wajib dipahami. Ini penjelasannya.

  • Konservatif: merupakan investor yang lebih memilih instrumen investasi dengan risiko rendah. Alasannya karena mereka ingin menjalankan investasinya dengan aman tanpa ada halangan berarti. Biasanya mereka adalah para investor pemula yang masih belajar.
  • Moderat: merupakan investor yang menerima investasi dengan risiko sedang. Artinya, mereka belum berani terjun langsung untuk investasi yang risikonya tinggi. Misalnya, Anda memilih investasi reksadana campuran yang risikonya sedang.
  • Agresif: merupakan investor yang berani mengambil risiko karena berharap untuk mendapatkan keuntungan tinggi. Mereka biasanya adalah investor yang sudah ahli dan yakin dengan kegiatan investasinya. Biasanya instrumen yang dipilih adalah saham yang ditransaksikan di pasar saham.

Dari sini Anda akan lebih mudah menentukan instrumen investasi yang sesuai. 


3. Menentukan Anggaran Investasi

Cara investasi uang lainnya yang penting adalah Anda perlu menentukan anggaran untuk berinvestasi.

Jangan terlalu pikirkan apabila modal Anda tidak begitu besar, Anda tetap bisa menyetornya karena sekarang banyak platform yang menyediakan syarat mudah pada investor. Modal yang kecil ini seharusnya membuat Anda tidak menunda kegiatan investasi ini.

Untuk membuat investasi yang tidak merepotkan di awal, Anda perlu menyediakan dana untuk investasi dari uang dingin atau bisa disebut juga dengan idle money.

Uang dingin merupakan jenis uang yang disimpan begitu saja tanpa ada tujuan penggunaan apapun alias uang yang menganggur. Uang ini paling aman untuk investasi karena tidak ada beban pada Anda yang menggunakannya.

Bayangkan saja jika Anda menggunakan uang kebutuhan harian atau uang panas untuk investasi. Ketika mengalami kerugian, Anda akan kerepotan karena dana untuk kebutuhan lenyap.

Namun, saat sudah menggunakan uang dingin, jangan berpikiran bahwa Anda tidak apa-apa merugi. Anda harus tetap memasang strategi agar keuntungan tetap didapatkan. Jadi, menggunakan idle money itu hanya sarana supaya Anda lebih rileks dalam berinvestasi.

Tentukan juga apakah Anda ingin langsung menyetorkan seluruh dana atau menyetor dana secara mencicil. Masing-masing teknik penyetoran dana itu punya kelebihan dan risikonya sendiri.


4. Memahami Jenis Investasi

Cara investasi uang berikutnya yang tidak kalah penting adalah mengenal jenis investasi yang ditawarkan untuk Anda. 

Sekarang informasi begitu cepat menyebar. Informasi tentang instrumen investasi jadi mudah didapatkan. Namun, orang juga jadi cepat terpengaruh untuk ikut-ikutan berinvestasi tanpa mau mengenali medan yang akan mereka lalui.

Mengenal jenis investasi ini penting karena masing-masing investasi punya cara kerja dan strategi yang berbeda ketika menjalankannya. Apabila Anda tidak memahaminya di awal, yang ada Anda langsung gagal di langkah yang pertama.

Ada banyak pilihannya, sesuai dengan tujuan investasi yang ditentukan dari jangka waktu. Seperti, investasi jangka panjang dan yang jangka waktunya pendek.

Atau Anda bisa juga melihat dari cara kerjanya yang paling mudah dipahami. Ada investasi yang mudah, ada juga investasi yang harus dilakukan dengan cara melakukan berbagai analisis.


5. Pahami Kelebihan dan Risiko Investasi

Cara investasi uang yang tidak bisa disepelekan adalah memahami kelebihan dan risikonya.

Kelebihan investasi tidak jauh dari keuntungan yang diperoleh dan cara kerjanya yang mudah dipahami. Kelebihan ini mungkin akan membuat Anda bersemangat untuk berinvestasi. 

Nah, mengenal risiko jangan sampai membuat Anda langsung menjauh dari kegiatan berinvestasi. Alasannya karena setiap investasi memang punya risiko yang tidak bisa dihindari. 

Anda hanya perlu memahaminya dan menyediakan strategi tepat untuk mengurangi risiko itu. 

Para investor di luar sana yang berhasil pun pasti pernah melewati risiko yang sulit. Namun, karena berhasil menanggulanginya secara tepat, mereka pun pada akhirnya tetap berhasil.

Intinya risiko itu pasti bisa dihadapi, walaupun jalannya memang termasuk sulit. Dengan lebih mengenal jenis investasinya, Anda jadi lebih siap dalam menghadapi tantangan.


6. Melakukan Diversifikasi untuk Mengurangi Risiko

Cara investasi uang yang tepat untuk mengurangi kerugian atau risiko adalah diversifikasi modal ke berbagai instrumen yang saling melengkapi.

Diversifikasi ini paling sering disebutkan para ahli, tapi diabaikan karena investor merasa cukup dengan hanya satu jenis investasi. Padahal maksud dari diversifikasi bukan hanya untuk menambah cuan, tapi untuk menjaga aset Anda agar tidak anjlok ke nilai yang mengkhawatirkan.

Contoh dari diversifikasi adalah menggabungkan dua investasi dengan sifat bertolak belakang. Misalnya, investasi saham dan emas.

Investasi saham ketika terjadi krisis biasanya yang paling cepat memberikan respons. Harganya akan turun karena banyak investor yang memilih menyelamatkan dana mereka dibandingkan harus bertahan di situasi yang penuh ketidakpastian.

Berbeda halnya dengan emas yang punya sifat unik, emas biasanya harganya akan melambung ketika terjadi krisis saking banyaknya orang yang bertransaksi dengannya.

Itulah yang membuat saham dan emas cocok untuk digabungkan, walaupun punya sifat yang berbeda. Walaupun sebenarnya emas tidak punya potensi keuntungan tinggi seperti saham, tapi emas bisa diandalkan di hal yang paling sulit sekalipun.

Anda bisa mencari instrumen dengan sifat bertolak-belakang lainnya yang menarik perhatian Anda.


Baca juga: 9 Aplikasi Investasi Terpercaya Berdasarkan Jenisnya


Seperti itulah cara investasi uang yang bisa membawa Anda pada imbal hasil yang menggiurkan. Untuk berinvestasi yang baik, jangan lupa memilih platform yang secara resmi mendapatkan izin beroperasi dari lembaga berwenang.

Anda juga perlu bersabar untuk mendapatkan yang diinginkan. Tidak ada hasil bagus yang instan di dunia, termasuk dalam berinvestasi. 


Bantu Pelaku UMKM dengan Mendanai di Modal Rakyat dan Dapatkan Keuntungan Menariknya

Untuk Anda yang mau mendapatkan imbal hasil 18% setiap tahunnya, coba saja mendanai para pelaku UMKM di Modal Rakyat.

Anda tinggal menyetor dana mulai dari Rp25.000 saja sudah membantu pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnisnya. Modal Rakyat juga sudah meraih izin permanen dari OJK, sehingga terjamin aman.

Pakai promo BLOG25 untuk mendapatkan saldo gratis Rp25.000 ketika melakukan top up. Yuk, kunjungi Modal Rakyat untuk mulai mendanai.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru