Finansial

Bisnis

Inilah 8 Cara Menghasilkan Uang saat Liburan

Kabrina Rian Ferdiani-

09 Jul 2021

Inilah 8 Cara Menghasilkan Uang saat Liburan

Ketika musim liburan tiba, ada berbagai cara menghasilkan uang supaya kegiatan Anda tidak hanya menghabiskan uang. Siapa tidak ingin, sudah menikmati liburan, juga masih dibonusi dengan sejumlah penghasilan karena membuat beberapa hal yang memang bisa dibayar.

Zaman sekarang untuk mendapatkan penghasilan tidak berarti tidak bisa liburan, sebaliknya pada saat liburan bukan berarti keuangan tidak mengalir. Anda dapat menjalankan keduanya, namun tidak semua pekerjaan dapat disandingkan dengan kegiatan berlibur.

Menghasilkan uang saat sedang berlibur atau ketika musim liburan tiba bukan hal mustahil. Anda dapat tetap mendapatkan penghasilan melalui berbagai cara berikut ini.


Baca juga: Apa Saja Kerja yang Menghasilkan Uang Banyak? Ini Daftarnya


Menjadi Penulis Lepas

Salah satu pekerjaan menyenangkan yang bisa dilakukan kapan dan di mana saja adalah menjadi penulis lepas. Jika memiliki blog yang sudah memiliki adsense maka Anda dapat menuangkan pengalaman seru selama berlibur, mulai dari wisatanya, penginapan, sampai kuliner.

Selain sebagai penulis blog, Anda juga bisa menerima tawaran kerjasama dari agen wisata maupun pihak pengelola wisatanya. Nantinya tulisan Anda akan tertuang dalam website pihak bersangkutan. Aturan penulisan mesti mengikuti kebijakan pemesan tulisan tersebut.


Menjadi Fotografer Lepas

Selain profesi sebagai penulis, juga dapat membawa kamera yang semula digunakan untuk dokumentasi pribadi menjadi sumber penghasilan. Tangkapan kamera pada beberapa objek menarik dapat dipasarkan ke beberapa platform yang sekiranya akan membeli foto itu.

Untuk teknik fotografi, beberapa orang dapat belajar melalui cara khusus, namun beberapa diantaranya juga dapat belajar melalui internet. Jika cukup mahir, tidak membutuhkan kamera mahal, menggunakan handphone saja sudah dapat dimaksimalkan, asalkan teliti.


Memandu Wisata Turis

Menjadi tuan rumah di kota sendiri akan sangat menguntungkan apabila kota tersebut termasuk sebagai kota wisata. Contohnya saja Bali, dibandingkan dengan pemandu wisata orang luar daerah, tentu warga lokal lebih paham mengenai berbagai destinasi wisata di Bali.

Kesempatan ini dapat dimanfaatkan sebagai cara menghasilkan uang melalui memandu turis asing berkeliling pulau dewata. Mulai dari wisata alam, budaya, kesenian, dan berbagai hal menarik lainnya dapat diinformasikan secara lebih persuasif kepada para wisatawan.

Keuntungan warga lokal menjadi pemandu wisata adalah dapat menunjukkan destinasi wisata yang belum diketahui banyak orang. Tentu akan ada kepuasan tersendiri bagi klien, serta berpotensi besar bagi Anda mendapatkan lebih banyak tip. 


Menawarkan Pre Order

Ketika berlibur ke suatu daerah, hal yang ditunggu ketika kembali ke kota asal adalah oleh-oleh. Namun, pemberian oleh-oleh terbatas karena disesuaikan dengan dana orang yang membawanya. Tidak menutup kemungkinan penerima oleh-oleh menginginkan benda lain. 

Bukan berarti Anda harus memenuhi Keinginan mereka, sebaliknya justru keinginan mereka dapat menjadi sumber penghasilan. Anda dapat membuka jasa pre order makanan, pajangan, pakaian, dan berbagai benda unik lainnya dari suatu daerah ketika liburan tiba. 


Baca juga: 5 Hobi Sederhana yang Bisa Tambah Penghasilan


Menyewakan Rumah

Untuk cara menghasilkan uang yang satu ini dapat berlaku apabila lokasi rumah Anda dekat dengan berbagai destinasi liburan. Apabila memungkinkan rumah dapat disewakan sebagai penginapan tamu dengan tarif lebih murah dan fasilitas lebih banyak dari penginapan lain. 

Namun, tentu saja sebelum menyewakan rumah, Anda harus membuat perjanjian antara kedua belah pihak. Jangan lupa juga untuk membuat peraturan ketat dan jelas supaya tamu tidak melanggar privasi ketika menggunakan rumah Anda sekalipun rumah itu jarang ditempati.


Menyewakan Kamar

Apabila tidak memungkinkan menyewakan rumah, maka Anda dapat melakukan cara menghasilkan uang dengan menyewakan satu atau dua kamar kosong. Sementara Anda dan keluarga tidak perlu meninggalkan rumah tersebut karena yang disewa hanya kamar. 

Membuat aturan jelas juga sangat penting, seperti siapa yang boleh menginap, aturan yang berlaku, dan berbagai hal lainnya agar tidak saling mengganggu. Sebagai daya tarik, Anda dapat menyediakan fasilitas makan bagi para wisatawan supaya mereka lebih nyaman.

Penyewaan kamar biasanya menjadi pilihan para backpacker karena tergolong lebih murah. Selain itu, mereka jadi dapat berinteraksi dengan warga lokal dan bertanya lebih banyak mengenai destinasi wisata terkait. Sebagai orang yang menyewakan, tentunya Anda harus ramah.


Menyewakan Kendaraan

Beberapa destinasi wisata terkadang tidak terjangkau oleh transportasi umum. Ini merupakan kesempatan bagus bagi Anda memanfaatkan kendaraan tidak terpakai sebagai penyewaan bagi para wisatawan. Tentu sebelum dilakukan sewa harus ada perjanjian. 

Biasanya orang-orang yang menggunakan cara menghasilkan uang dengan sewa kendaraan akan meminta KTP penyewa. Nantinya KTP tersebut dapat dikembalikan ketika masa sewa sudah berakhir dan kendaraan telah kembali ke tangan Anda dengan kondisi seperti semula. 

Untuk jenis kendaraan yang disewakan kebanyakan motor, namun tidak menutup kemungkinan juga untuk jenis mobil. Sebelum disewakan kondisi bahan bakar dan mesin harus diperiksa dan dilakukan ceklis sehingga kendaraan dapat kembali seperti semula.

 

Mengirim Tulisan ke Media

Cara menghasilkan uang lainnya yang dapat Anda tiru adalah mengirim tulisan ke media. Tulisan yang dibuat harus sesuai dengan sub bagian pada media tersebut. Dalam hal ini karena tema yang diangkat adalah wisata, maka biasanya ada kolom tersendiri yang membahas perihal travelling.

Ketika mengirim tulisan ke media, Anda harus bersabar jika ini kali pertama Anda melakukan hal tersebut. Sebab media akan melakukan seleksi secara ketat terutama bagi penulis baru. Sebab mereka akan melihat kualitas dari tulisan tersebut yang disesuaikan dengan ciri khas media tersebut. 

Ada banyak sekali cara yang dapat Anda lakukan untuk menambah sumber penghasilan saat hari libur tiba. Dari pekerja kantoran Sampai ibu rumah tangga dapat menghasilkan uang dengan 8 cara menghasilkan uang diatas terus mengembangkan diri pada setiap bidangnya.


Baca juga: 7 Jenis Keterampilan yang Menghasilkan Uang Banyak di Dompet


Dapatkan Modal Tambahan untuk Bisnis Anda

Sebagai pebisnis, Anda pasti ingin mengembangkan usaha agar semakin menambah keuntungan. Untuk melakukannya Anda tentu membutuhkan modal lebih.

Anda dapat mendaftarkan diri sebagai peminjam layanan P2P Lending Modal Rakyat. Dengan pelayanan yang cepat dan praktis, Anda akan memperoleh modal dalam waktu lima hari kerja. P2P Lending ini juga sudah berizin OJK, sehingga keamanannya akan dijamin.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru