Bisnis

Pentingnya Digital Marketing untuk Bisnis Kecil, ini Tipsnya

Brigitta Winasis-

27 Aug 2021

Pentingnya Digital Marketing untuk Bisnis Kecil, ini Tipsnya

Marketing penting dilakukan untuk mendorong penjualan perusahaan. Walaupun bisnis Anda masih berskala kecil, penting untuk melakukan promosi.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah melalui digital marketing. Pemasaran digital ini tidak hanya dilakukan perusahaan besar, tetapi juga bisnis kecil.

Seperti apa digital marketing untuk bisnis kecil? Berikut penjelasannya.


Baca juga: Teknik Experiential Marketing: Pengalaman Pembeli Jadi Kunci


Digital Marketing adalah

Digital marketing merupakan teknik pemasaran suatu brand atau produk secara online. Media yang digunakan adalah media digital atau melalui internet.

Apa tujuannya? Digital marketing mampu menarik perhatian calon konsumen dengan cepat. Hal ini sehubungan dengan penggunaan internet yang sangat masif.

Digital marketing cenderung lebih murah daripada menggunakan media konvensional seperti koran, radio, atau billboard. Akibatnya, pelaku bisnis berlomba-lomba untuk menggaet perhatian konsumen di dunia maya.

Contoh digital marketing adalah menggunakan search engine optimization (SEO), iklan online seperti Facebook Ads, Instagram Ads, YouTube Ads, dan Google Ads, email marketing, billboard elektronik, dan lain-lain.


Pentingnya Digital Marketing untuk Bisnis Kecil

Seperti disinggung sebelumnya, bisnis berskala kecil kini banyak yang terjun ke digital marketing. Cara ini dinilai cukup efektif untuk memasarkan berbagai jenis usaha dan mengembangkan bisnis.

Mengapa digital marketing penting untuk bisnis kecil? Berikut alasannya.

1. Mendatangkan Konsumen

Sebelum era media sosial dan internet, mencari tahu tentang informasi suatu bisnis kecil sangatlah sulit. Informasi baru bisa diperoleh melalui media cetak atau menyambangi langsung tempatnya. Itu pun belum tentu informasi yang didapatkan seluruhnya.

Berbeda halnya di era sekarang, mencari informasi semakin praktis. Termasuk mencari tahu tentang suatu bisnis dapat dilakukan lewat internet.

Sebaiknya pemilik bisnis dapat memanfaatkan kemudahan tersebut dengan melakukan promosi di internet. Dengan demikian, pelaku usaha dapat menjangkau seluruh pengguna internet di berbagai belahan dunia untuk mendatangkan pelanggan.

2. Memperluas Potensi Penjualan

Dengan memasang iklan atau mengoptimasi situs Anda, calon konsumen dari berbagai lapisan masyarakat dapat menjangkau brand Anda. Hal ini merupakan keunggulan digital marketing.

Misalkan ada calon konsumen yang melihat produk Anda di media sosial Instagram. Kemudian mereka tertarik dan membelinya. Lama-kelamaan pembeli tersebut menjadi pelanggan.

Hal itu semua terjadi karena Anda sebelumnya memasang iklan di media sosial Instagram. Jika Anda tidak melakukannya, kemungkinan penjualan tidak akan berkembang.

Poin plus lainya adalah digital marketing akan mampu menjangkau pengguna smartphone. Diketahui saat ini penggunaan smartphone semakin masif di masyarakat. Anda perlu memanfaatkan hal tersebut.

Jika Anda mengunggah produk Anda secara online, pengguna smartphone dapat dengan mudah menjangkaunya. Hal ini juga akan berdampak kepada potensi penjualan.

3. Hemat Biaya Promosi

Umumnya perusahaan memiliki anggaran khusus untuk promosi. Namun mereka harus pintar-pintar memaksimalkan anggaran tersebut agar kembali berupa keuntungan.

Jika Anda memanfaatkan digital marketing, Anda dapat menekan banyak biaya promosi. Pasalnya iklan di internet atau media sosial tidak semahal iklan di media konvensional.

4. Mampu Melayani Pelanggan dengan Cepat

Salah satu strategi digital marketing adalah menggunakan chatbot. Pelanggan dapat memperoleh jawaban atas pertanyaan mereka dengan cepat. Respons yang cepat tentu menjadi nilai tambah yang baik.

Jika pelanggan tidak mendapat jawaban secara cepat, mereka tentu dengan mudah akan beralih ke barang lainnya. Maka dari itu, customer service yang responsif sangatlah penting. Digital marketing menyediakan salah satu strategi ini bagi bisnis Anda.

5. Memudahkan Persaingan dengan Kompetitor

Kompetitor Anda tentu akan berupaya sekreatif mungkin dalam memenangkan persaingan. Cara yang paling baik untuk menang dari kompetitor Anda adalah dengan memunculkan minat konsumen terhadap produk Anda.

Misalnya Anda adalah penjual dessert box. Di luar sana ada banyak penjual dessert box lainnya yang berlomba menggaet perhatian pelanggan.

Anda lalu menerapkan digital marketing. Dengan menggunakan strategi yang sesuai, Anda bisa menambah pelanggan. Misalnya dengan menargetkan pelanggan sesuai demografi tertentu.

Anda dapat menyesuaikan iklan Anda dengan pelanggan Anda. Misalkan berdasarkan hobi, profesi, faktor demografi, dan lain-lain.

Apabila kompetitor melakukan strategi serupa, Anda dapat memantau pergerakan mereka di media sosial atau search engine.

Carilah celah yang bisa Anda manfaatkan. Dengan strategi yang tepat, pemasaran digital Anda akan sukses dan mengalahkan kompetitor.


Baca juga: Trik Jitu Menggaet Konsumen Lewat Viral Marketing


Channel Digital Marketing untuk Bisnis Kecil

Anggaran Anda terbatas untuk melakukan marketing? Anda bisa memfokuskan diri dengan memilih channel yang paling efektif untuk digital marketing, terutama jika bisnis Anda masih berskala kecil. Berikut beberapa channel yang bisa Anda manfaatkan.

Search Engine Optimization (SEO)

Marketing menggunakan SEO dapat dilakukan bahkan jika Anda tidak memiliki anggaran. Terlebih lagi saat ini banyak kursus gratis yang mengajarkan teknik marketing tersebut.

SEO adalah serangkaian teknik yang dilakukan agar suatu situs bisa muncul di halaman pertama mesin pencari atau disebut ranking. Strategi SEO On Page antara lain adalah menggunakan judul yang menarik pada artikel, memasang gambar atau video pada artikel, menggunakan permalink yang ringkas, menggunakan ALT Text pada gambar, merapikan heading, memastikan keyword tepat sasaran, dan lain-lain.

Dengan munculnya situs Anda di halaman pertama bahkan urutan pertama di mesin pencari, semakin besar kemungkinan situs Anda akan dikunjungi. Hal ini akan berpengaruh besar ke penjualan lewat situs Anda.

Media Sosial

Marketing melalui media sosial juga tidak membutuhkan anggaran besar, kecuali jika Anda hendak memasang iklan (ads). Strategi pemasaran di media sosial biasanya berfokus pada penciptaan konten yang unik demi menggaet perhatian pengguna media sosial, seperti di Instagram atau Facebook.

Bahkan kini Instagram maupun Facebook menyediakan laman khusus bagi pemilik bisnis yang bisa Anda manfaatkan. Dampak dari pembagian konten di media sosial sangat tinggi karena adanya konsep word of mouth (dari mulut ke mulut) di platform tersebut.

Namun Anda tetap harus memilih platform media sosial yang paling sesuai dengan audiens Anda.

WA Business

WhatsApp (WA) Business adalah akun khusus WhatsApp yang digunakan pemilik bisnis. Bentuk WA Business ini sedikit berbeda dengan akun biasa, terutama dalam hal pengaturan dan tampilannya.

WA Business akan sangat membantu pemilik usaha dalam berkomunikasi dengan pelanggan. WA Business juga menyediakan berbagai fitur seperti chatbot yang akan membuat pertanyaan pelanggan direspons lebih cepat.

Memiliki WA Business juga akan membuat bisnis Anda tampak lebih profesional dan terpercaya. Hal ini tentu akan meningkatkan loyalitas konsumen.

Email marketing

Email marketing adalah salah satu bentuk pemasaran yang menggunakan surat elektronik atau email. Secara sederhana, bisnis Anda mengirimkan email berisi promosi kepada alamat email pelanggan yang sudah terdaftar.

Melalui email marketing, Anda bisa membangun hubungan personal yang baik dengan pelanggan. Anggaran yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar. Kelebihan lainnya adalah Anda bisa dengan mudah mengukur keberhasilan kampanye melalui email marketing, caranya dengan melihat berapa banyak feedback yang masuk.


Tips Digital Marketing untuk Bisnis Kecil

Agar digital marketing efektif untuk mendorong penjualan, terapkan sejumlah tips berikut.

1. Riset Kompetitor

Setiap bisnis selalu memiliki pesaing. Walaupun Anda selalu berupaya inovatif dalam bisnis, akan muncul inovasi baru yang lebih menarik oleh kompetitor Anda. Oleh karena itu, Anda membutuhkan riset terkait kompetitor Anda dalam bisnis.

Anda bisa memfokuskan riset terkait produk, sistem kerja, serta promosi yang mereka lakukan. Cari tahu juga bagaimana mereka melakukan segmentasi pasar.

Beberapa pertanyaan utama yang penting dalam riset bisnis adalah target pasar dan strategi pemasaran kompetitor. Dalam hal digital marketing, Anda bisa mencari tahu dengan "berpura-pura" menjadi pelanggan yang sedang menggali informasi. Buka situs dan media sosial kompetitor dan cari tahu kelemahan serta kelebihan mereka.

2. Optimalkan Konten Blog

Blog layaknya display pada etalase toko. Terlebih lagi jika barang atau jasa Anda memang dijual secara online. Mengoptimalkan blog patut dipertimbangkan sebagai satu dari sejumlah strategi marketing.

Saat menulis konten blog, Anda tidak perlu harus selalu menjadikan produk Anda sebagai konten utama. Anda juga dapat menulis tema lain yang berhubungan dengan bisnis Anda. Jadikan blog Anda sumber informasi yang bermanfaat bagi konsumen.

Di sinilah digital marketing sangat berperan. Anda dapat memperluas jangkauan target pasar Anda dan tidak terjebak dalam model pemasaran lama.

3. Praktikkan SEO

Search engine optimization (SEO) merupakan teknik yang menampilkan kekuatan digital marketing. Dengan mempraktikkan SEO, terutama untuk situs atau blog, Anda akan masuk daftar teratas di search engine. Dengan menjadi yang teratas, visibilitas brand Anda semakin tinggi.keting

4. Tampilkan Konten Visual yang Profesional

Media sosial dapat menyediakan eksposur yang tinggi bagi produk Anda. Media sosial umumnya menyajikan konten visual, seperti Instagram atau YouTube.

Tipsnya adalah buat konten visual yang menarik bagi konsumen. Anda perlu usaha lebih untuk melakukan hal ini. Pastikan foto atau video yang Anda unggah rapi, fokus, jernih, dan presentable.

Jika tidak, kemungkinan konsumen tidak akan tertarik. Akibatnya pengikut Anda di media sosial akan berkurang, sehingga brand Anda kurang dikenal.

5. Fokuslah pada Platform yang Paling Efektif

Anda dapat memiliki media sosial, email marketing, dan blog sekaligus. Namun manakah yang lebih efektif? Jawabannya bergantung pada hasil yang ditampilkan masing-masing platform.

Bisa jadi bisnis Anda lebih cocok tampil di blog daripada media sosial, begitu juga sebaliknya. Maka dari itu, selaraskan platform digital marketing Anda dengan tipe pasar yang hendak Anda jangkau.


Lakukan Marketing dengan Dana Tambahan dari Modal Rakyat

Anda membutuhkan dana tambahan untuk marketing bisnis Anda? Anda bisa mendapatkannya melalui P2P lending Modal Rakyat.

Layanan ini sudah berizin OJK, sehingga dijamin keamanannya. Bunga yang ditawarkan relatif lebih kompetitif dibandingkan dibandingkan alternatif pinjaman lainnya.

Proses persetujuan cepat. Pinjaman Anda dapat disetujui dalam lima hari kerja jika syarat-syaratnya sudah terpenuhi. Selain itu, proses pengajuan pinjaman dilakukan secara online, sehingga lebih mudah dijangkau.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru