Bisnis

Buzz Marketing adalah Metode Promosi Masa Kini, ini Tipsnya

Pretty Angelia Wuisan-

19 Aug 2021

Buzz Marketing adalah Metode Promosi Masa Kini, ini Tipsnya

Buzz marketing adalah bentuk promosi yang saat ini sering diandalkan oleh pemilik brand. Buzz marketing cukup efektif membuat orang-orang lebih mengenal sebuah brand dengan memanfaatkan internet. Jenis promosi ini juga dikatakan lebih murah dibandingkan promosi yang dilakukan secara konvensional.

Pelaku bisnis besar dan kecil bisa menggunakan buzz marketing sebagai strategi pemasaran terbaik masa kini. Anda yang memiliki bisnis juga memanfaatkan strategi pemasaran yang oke ini. Anda perlu tahu tentang buzz marketing adalah, cara kerja, kelebihan dan kekurangan, tips, dan contohnya yang bisa menjadi inspirasi.

 

Baca juga: 5 Cara Memperbaiki Reputasi Brand Saat Sedang Buruk

 

Buzz Marketing adalah

Buzz marketing adalah strategi pemasaran kekinian dengan teknik word of mouth yang memanfaatkan media sosial untuk penyelenggaraannya.

Anda pasti sudah tahu tentang word of mouth yang menjadi salah satu strategi promosi paling konvensional. Promosi ini tidak hanya dilakukan sendiri oleh pebisnis, tapi juga pelanggan yang merasa puas dengan produk yang digunakannya. Ketika merasa puas, pelanggan pun melakukan promosi sendiri ke orang lain.

Sedangkan buzz marketing adalah word of mouth yang diatur sedemikian rupa hingga menjadi bagian dari viral marketing. Di buzz marketing Anda tidak mengandalkan pelanggan, tapi memanfaatkan buzzer untuk menaikkan kampanye yang berkaitan dengan brand atau produk Anda hingga jadi viral di media sosial tertentu.

Sehingga, orang lain yang tidak ikut dalam pembicaraan bisa melihat produk brand yang menjadi trending dan menjadi penasaran dengannya.

Buzzer sekarang identik dengan pengikut dalam dunia perpolitikan, padahal sebenarnya buzzer lahir dari proses marketing yang mengikuti perkembangan zaman. Strategi buzz marketing sering dimanfaatkan di masa sekarang karena target audiens-nya pun mendukung hal itu.

Biasanya, buzz marketing dilakukan melalui  Twitter. Di sana Anda akan lebih mudah melihat topik apa yang sedang sering dibicarakan. Namun, sekarang buzz marketing juga bisa diselenggarakan di Facebook dan Instagram. Yang membedakannya adalah kemudahan melihat topik yang sedang viral dari kata kunci tertentu.

 

Cara Kerja Buzz Marketing

Cara kerja buzz marketing adalah Anda akan mengajak pengguna media sosial bekerja sama dan menjadi buzzer untuk Anda. Anda bisa mendapatkannya dengan mendatangi komunitasnya langsung.

Buzzer-buzzer tersebut juga bisa Anda pilih sesuai jumlah pengikut tertentu. Anda bisa memilih buzzer yang pengikutnya banyak atau yang biasa saja.

Anda bisa juga bekerja sama dengan beberapa buzzer sekaligus. Lalu, Anda sendiri yang menentukan waktu kapan mereka akan menyampaikan cuitan dengan tagar tertentu. Para buzzer itu nanti akan mengirimkan pesan sesuai dengan petunjuk dari Anda.

Mereka juga akan berinteraksi dengan buzzer lain dengan tugas sama untuk menaikkan kata kuncinya.

Intinya para buzzer itu bertugas untuk membuat kehebohan dan pembicaraan di media sosial pun semakin sering dilakukan hingga membuat kata kunci brand menjadi trending. Orang-orang biasanya akan sangat penasaran dengan topik yang sedang hangat dibicarakan itu dan mengecek hasil trending.

Dengan begitu, target audiens di media sosial juga bisa tertarik untuk tahu lebih banyak tentang produk Anda, bahkan bisa juga tertarik untuk membeli. Dampaknya memang cukup besar untuk usaha yang Anda miliki.

 

Kelebihan dan Kekurangan Buzz Marketing adalah

Buzz marketing adalah strategi pemasaran masa kini karena punya kelebihan yang akan menguntungkan Anda. Namun, ada juga kekurangan dari buzz marketing yang perlu Anda pertimbangkan untuk menerapkan strategi ini secara tepat. Begini penjelasannya.

1. Kelebihan

  • Buzz marketing biayanya murah ketimbang promosi yang Anda lakukan di televisi.
  • Buzz marketing bisa menjangkau lebih banyak audiens karena pengguna media sosial di Indonesia itu sangat banyak.
  • Brand Anda jadi semakin terkenal karena banyak yang membicarakannya.
  • Anda bisa meningkatkan penjualan dengan strategi pemasaran ini.
  • Sangat cocok digunakan untuk strategi marketing mengenalkan produk ataupun jasa yang baru diluncurkan. Audiens pun akan langsung mengenal produk Anda.
  • Memperoleh feedback bagus dari pelanggan yang tanpa sengaja ikut dalam topik. Cara ini bisa membuat orang di luar buzzer ikut berbicara.

2. Kekurangan

Walaupun ada banyak kelebihan, buzz marketing adalah strategi yang ada kekurangannya juga. Kekurangannya adalah Anda perlu merencanakan proses promosi di media sosial secara rapi. Pasalnya untuk menciptakan kampanye yang viral tidak mudah karena Anda bersaing dengan topik lainnya. Apalagi ketika ada topik hangat lain yang menyita perhatian.

Untuk masuk ke bagian trending itu sulit. Anda perlu mengalahkan ribuan topik lainnya yang sedang dibicarakan di waktu yang sama. Di sini Anda perlu bersabar menunggu sampai topik yang Anda tentukan masuk barisan viral.

 

Tips Melakukan Buzz Marketing

Supaya buzz marketing berhasil, Anda bisa melakukan perencanaan terlebih dulu. Caranya adalah seperti ini.

1. Menyusun konsep kampanye menarik

Hal yang mudah menjadi viral di internet biasanya yang menarik, kontroversial, dan punya konsep yang berbeda. Tentunya untuk kebaikan brand Anda, Anda akan menjauhi hal yang berbau kontroversial. Untuk menggunakan itu, Anda perlu memikirkan konsep kampanye lain dari yang lain.

Masukkan unsur emosional yang bisa membuat audiens jadi ikut terbawa untuk ikut membicarakannya.

Di sini juga Anda dapat menentukan topik tertentu yang akan menjadi pembicaraan oleh buzzer di media sosial.

2. Gunakan media sosial yang ada

Anda juga dapat memanfaatkan media sosial yang tersedia, tidak hanya Twitter saja yang bisa digunakan untuk buzz marketing. Ketika kampanye sedang berlangsung, Anda bisa menyebarkan kampanye itu melalui Facebook, Instagram, dan email marketing pada pelanggan Anda.

Semakin sering Anda mempromosikan kampanye, semakin banyak orang yang ikut membicarakan kampanye itu.

3. Tingkatkan kualitas produk

Tidak hanya memikirkan bagaimana caranya membuat viral kampanye, Anda juga harus membarenginya dengan menyediakan produk yang berkualitas. Anda harus bisa memastikan produk yang Anda jual itu punya kualitas yang sesuai dengan yang dibicarakannya di media sosial.

Untuk meningkatkan kualitas, bisa Anda lakukan juga dengan memperbaiki sistem customer service yang membuat Anda jadi lebih dekat dengan pelanggan lama maupun yang baru.

4. Memilih influencer berkualitas

Tidak hanya produk, influencer yang Anda pilih juga harus punya kualitas yang oke dan memiliki pengaruh besar. Anda bisa saja memilihnya dari jumlah pengikut. Namun, Anda jangan lupa menilai bahwa influencer itu tidak pernah melakukan hal-hal di luar batas norma. Artinya, namanya harus bersih dari berbagai macam kontroversi.

Buzz marketing adalah strategi yang bisa berjalan bagus dengan kehadiran influencer bagus. Influencer yang berkualitas akan menjadi gambaran utama dari kampanye yang akan Anda selenggarakan. Anda perlu menentukannya dengan penuh pertimbangan, jangan hanya memikirkan jumlah pengikutnya.

5. Evaluasi kampanye

Buzz marketing adalah strategi yang cukup jitu jika ditambahkan dengan evaluasi. Di bagian akhir, cobalah untuk mengevaluasi kampanye itu. Anda bisa menilainya sendiri apakah kampanye itu berhasil atau tidak, apakah kampanye itu sudah berjalan sesuai dengan rencana atau tidak, dan penilaian lainnya yang sesuai dengan KPI yang telah Anda susun.

Di sini juga Anda akan tahu apakah kampanye Anda itu memakan budget terlalu besar atau tidak.

 

Contoh Buzz Marketing

Buzz marketing adalah kampanye yang bisa Anda temukan di sekitar Anda. Salah satu strategi buzz marketing yang sempat bikin heboh jagad Twitter di tahun 2014 lalu, ketika perhelatan Oscar berlangsung di Amerika Serikat sana.

Ellen DeGeneres menggunakan ponsel dari Samsung (karena memang disponsori oleh Samsung) untuk selfie dengan para aktor dan aktris ternama seperti Jennifer Lawrence, Bradley Cooper, Brad Pitt, dan yang lainnya secara spontan.

Hasil fotonya, Ellen posting di akun Twitter-nya. Hal itu pun langsung dibicarakan dan menjadi salah satu foto yang banyak di-retweet di dunia yang mencapai 3 juta retweet, 2,1 juta likes, dan lebih dari 200 ribu komentar. Gara-gara kehebohan itu, Twitter sempat mengalami down.

Ini adalah salah satu contoh keberhasilan dalam menciptakan buzz marketing. Audiens ikut bereaksi karena aktor dan aktris ber-selfie spontan itu jarang terjadi.

 

Baca juga: Tips Branding yang Bisa Dilakukan Meskipun Minim Budget

 

Seperti itulah penjelasan mengenai buzz marketing. Buzz marketing adalah strategi yang sangat bisa Anda andalkan di masa kini. Anda perlu melakukan persiapan matang untuk bisa mencapai target.

Jangan lupa untuk memilih influencer yang tepat. Semoga informasinya bermanfaat.

 

UMKM Bisa Mengembangkan Bisnisnya dengan Meraih Pendanaan di Modal Rakyat

Pelaku UMKM yang ingin meningkatkan kinerja bisnisnya secara signifikan, tapi terkendala modal, dapat mengajukan pinjaman di Modal Rakyat. P2P Lending Modal Rakyat akan mempertemukan Anda dengan pendana yang bersedia meminjamkan dana untuk Anda. Anda dapat mengajukan pinjaman di Rp500 ribu sampai Rp2 miliar.

Tidak perlu mencemaskan besaran bunga karena bunga yang dibebankan pada Anda akan disesuaikan dengan risiko usaha. Proses pengajuan pinjaman termasuk mudah karena bisa dilakukan secara online, oleh karena itu prosesnya cenderung cepat. Modal Rakyat juga sudah memperoleh izin dari OJK, jadi aman dan terpercaya.

Anda bisa memulai pengajuan pinjaman dengan berkunjung ke tautan ini.

 

 



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru