Finansial

Gaya Hidup

Fenomena Selingkuh Keuangan, Bikin Pernikahan Ambyar

Kabrina Rian Ferdiani-

17 Dec 2020

Fenomena Selingkuh Keuangan, Bikin Pernikahan Ambyar

Perselingkuhan identik dengan pengkhianatan terhadap pasangan. Namun, rupanya ada perluasan makna dari kosakata tersebut, salah satunya selingkuh keuangan. Hal yang satu ini masih awam di telinga masyarakat umum, padahal termasuk sesuatu yang kerap terjadi dan memiliki dampak serius. Apa definisi, dampak, dan cara untuk mengatasi hal tersebut agar tidak terjadi?


Baca juga: Keluarga Muda, Yuk Intip Perencanaan Keuangan Berikut ini


Mengenal Financial Cheating dalam Pernikahan

Cheating atau selingkuh jika diuraikan mempunyai arti menyimpan rahasia atau ketidakjujuran akan sesuatu dalam sebuah hubungan. Jadi, definisi sederhana dari perselingkuhan finansial yaitu tindakan-tindakan terkait keuangan yang disembunyikan dari pasangan. Beberapa contoh sederhana dari hal ini antara lain :

  • Tidak terbuka tentang jumlah pemasukan sebenarnya.
  • Berbohong terkait nominal asli dalam hal pengeluaran.
  • Tidak berdiskusi atau memberi tahu pasangan saat membeli sesuatu.

Sering terjadi dalam sebuah pernikahan, bukan? Padahal, ketika kamu memutuskan untuk berkeluarga dengan seseorang, keterbukaan dan kejujuran merupakan kunci utama. Bila dalam hal-hal yang dianggap sepele seperti di atas tidak ada kesepakatan dan cenderung menutupi, dapat berakibat fatal ke dalam perkawinan.


Baca juga: Menghadapi Sulitnya Menjadi Sandwich Generation


Pemicu Selingkuh Finansial Selama Perkawinan

Namun, ketika seseorang sampai mengambil langkah-langkah seperti di atas, tidak serta merta dapat dipersalahkan. Harus diketahui dulu pemicu perselingkuhan keuangan sampai terjadi. Ada beberapa faktor yang membuat pasangan suami – istri menjadi tidak terbuka terkait aktivitas finansial satu sama lain :

  1. Pasangan memiliki prinsip ‘tidak ada uang bersama’ sehingga tidak ada pembagian pos-pos pengeluaran bersama.
  2. Salah satu memiliki sikap yang terlalu menekan sehingga yang lain merasa takut untuk mengungkapkan.
  3. Barang-barang yang dibeli hanya untuk kepuasan pribadi dengan nominal terlalu tinggi sehingga berpotensi memicu perdebatan.
  4. Pernikahan yang dijalani tidak sehat di mana tidak ada keterbukaan dalam hal apa pun, termasuk soal finansial.

Problematika di atas merupakan masalah-masalah yang acap terjadi namun seringnya tidak dianggap sebagai sesuatu yang serius. Faktanya, membiarkan situasi tersebut terus terjadi justru akan berujung ambyar alias negatif terhadap pernikahan.


Baca juga: Kamu Mudah Lelah Bekerja Saat di Rumah Karena 6 Hal ini!


Dampak Perselingkuhan Keuangan pada Pernikahan

Apa saja dampak negatif financial cheating terhadap pernikahan yang dijalani? Cukup banyak efek yang perlu diwaspadai, yaitu :

  • Defisit hingga kebangkrutan finansial karena dalam perkawinan kedua belah pihak seharusnya saling menopang.
  • Munculnya prasangka terhadap kesetiaan pasangan akibat kondisi keuangan yang tidak sehat.
  • Gangguan stabilitas emosional akibat perekonomian keluarga yang bermasalah.
  • Ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan pokok dalam rumah tangga.
  • Tidak adanya persiapan untuk masa depan – baik untuk musibah tidak terduga maupun keperluan buah hati.


Tips Menghindari dan Mengatasi Selingkuh Finansial

Kamu tentu tidak mengharapkan hal-hal buruk sebagaimana dijabarkan di atas terjadi dalam hubunganmu, ‘kan?  Sebab itu, kamu wajib mempraktikkan beberapa tips sederhana berikut guna mencegah serta mengatasi masalah perselingkuhan keuangan tersebut :

Selalu Terbuka dan Jujur Soal Finansial Bersama Pasangan

Kunci utama untuk menghindari hingga menjadi jalan keluar dari masalah di atas tidak lain keterbukaan soal keuangan dengan pasangan. Kejujuran ini meliputi total pendapatanmu, pengeluaran yang bersifat wajib, hingga external outcome. Semuanya harus didiskusikan dan mencapai kesepakatan agar terhindar dari praktik perselingkuhan keuangan itu.

Menyusun Pos Pengeluaran Bersama

Selain membicarakan tentang kebutuhan-kebutuhan pokok dan pengeluaran yang bersifat sekunder untuk pribadi, alangkah baiknya bila kamu mengaturnya bersama pasangan. Buat pos-pos untuk pengeluaran berdua, mulai dari yang primer hingga alokasi dana untuk simpanan. Jadi, satu sama lain saling tahu jumlah biaya yang dibutuhkan selama pernikahan.

Melakukan Investasi Bersama

Salah satu kunci menghindari financial cheating yang jarang dilakukan adalah berinvestasi bersama. Padahal, selain membuat keuangan lebih terarah, investasi berdua dengan pasangan – ketika sudah menikah, juga menghasilkan profit yang menguntungkan untuk masa depan. Berlatih jujur soal keuangan sekaligus mempersiapkan masa tua. Keren, kan?


Baca juga: Lindungi Keluarga dari Kemiskinan dengan 5 Cara Berikut ini


Investasi Bersama Pasangan dalam Pernikahan untuk Menghindari Selingkuh Keuangan

Tertarik untuk mencoba melakukan investasi berdua bersama dengan pasangan? Disebut berpasangan, artinya bukan uangmu atau uang pasanganmu yang dipakai, namun benar-benar dana berdua sebagai modal. Investasi pribadi memiliki risiko kerugian lebih kecil dibandingkan bersama pasangan, sebab itulah meningkatkan standar dalam berinvestasi menjadi keharusan.

Jangan sembarangan memilih objek investasi untuk menanam modal bersama pasanganmu. Pilih investasi dengan potensi risiko terendah tetapi memiliki tren positif dengan nilai stabil hingga terus meningkat. Pusing mencari objek investasi yang memenuhi deskripsi tersebut? Tidak perlu bingung, kamu dan pasanganmu bisa mencoba investasi tabungan emas dari IndoGold.

Investasi Emas Kekinian dari IndoGold

Tabungan emas? Ketika mendengarnya, kamu mungkin memikirkan metode konvensional, yaitu membeli perhiasan atau emas batangan kemudian menyimpannya. Padahal cara tersebut terlalu ribet, membutuhkan dana besar, serta kurang aman. IndoGold sebagai perusahaan fintech terkemuka menawarkan solusi yang lebih praktis, modal kecil, dan sekuritas terjamin.

Menabung emas di IndoGold, kamu bisa memulai dengan setoran hanya Rp500,- saja, lho! Cukup dengan mengunduh aplikasinya di Play Store dan App Store lalu mendaftar sebagai anggota, kamu otomatis memiliki akun tabungan emas di IndoGold. Beli logam mulia kapan saja, di mana saja, berapa saja, cuma IndoGold yang bisa.

Jika ingin mengunci harga emas yang menurut kamu sedang baik tetapi dana terbatas, kamu bisa memilih opsi cicilan emas. Jadi, borong logam mulia dengan harga terbaik di mana pembayaran dapat dilunasi sesuai tenor yang kamu pilih sendiri. Tabungan emasmu juga bisa ditarik kapanpun atau dijual secara real time di aplikasi.

Daripada membeli sesuatu diam-diam sehingga menyebabkan perselingkuhan finansial yang membuat pernikahan ambyar, lebih baik ajak pasanganmu untuk berinvestasi bersama. Tambah terus saldo emasmu di IndoGold, ikuti berbagai event menarik dan manfaatkan promosi serunya agar meraih profit semaksimal mungkin. Investasi bikin happy? IndoGold pastinya.


Baca juga: Alasan Investasi Emas Lebih Menguntungkan dari Logam yang Lain

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru