Finansial

Fintech adalah: Jenis, Contoh, dan Manfaatnya

Pretty Angelia Wuisan-

22 Jun 2021

Fintech adalah: Jenis, Contoh, dan Manfaatnya

Fintech adalah teknologi masa kini yang sudah menjadi bagian dari hidup kita. Ini terbukti dengan semakin banyaknya layanan fintech yang tersedia untuk pengguna.

Kemajuan fintech dibarengi kemampuan masyarakat yang cepat beradaptasi dalam memanfaatkan teknologi. Fintech ke depannya pasti akan semakin beragam lagi. Untuk itulah Anda perlu mengenal fintech lebih dekat, mulai dari jenis, contoh, hingga manfaatnya untuk Anda.


Baca juga: Ciri Khusus Fintech Legal yang Aman untuk Investasi Anda


Apa itu Fintech?

Fintech merupakan singkatan dari financial technology. Lebih jelasnya, fintech adalah teknologi yang dibangun untuk membantu urusan finansial Anda. Fintech hadir menjadi inovasi teranyar pada jasa keuangan.

Sistem fintech ini memudahkan orang untuk melakukan pembayaran, mempersingkat waktu transaksi, mempermudah mendapatkan dana, mempermudah pengelolaan aset, dan lain sebagainya.

Kehidupan Anda sekarang pasti tidak bisa lepas dari fintech. Contohnya, ketika Anda mentransfer uang ke orang lain, Anda menggunakan aplikasi perbankan. Transfernya dapat diterima cepat dengan hanya memanfaatkan aplikasi tersebut.

Coba bayangkan saja kehidupan Anda ketika fintech belum berkembang seperti sekarang. Anda harus mentransfer uang dengan mendatangi ATM dulu. Kalau lokasi ATM-nya dekat Anda termasuk beruntung. Lain ceritanya jika di sekitar rumah Anda tidak ada ATM.

Berbeda ketika fintech sudah masuk ke kehidupan Anda. Sekarang untuk transfer uang pun Anda bisa melakukannya di mana saja selama ada internet. Fintech dapat digunakan melalui PC atau melalui ponsel pintar yang sekarang Anda bawa ke mana-mana. 

Bahkan ponsel pintar kini hampir menggantikan posisi dompet Anda. Siapa yang memilih lebih baik ketinggalan dompet atau ketinggalan ponsel? Pasti di antara Anda lebih memilih untuk ketinggalan dompet. Apabila ponsel yang tertinggal, Anda akan mati kutu.

Tidak mengherankan jika keberadaan fintech mudah diterima oleh masyarakat dunia. Dengan beberapa keunggulan yang ditawarkannya, fintech mampu membuat kehidupan masyarakat jadi lebih berkualitas.

 

Jenis-Jenis Fintech

Di Indonesia ada berbagai macam fintech yang hadir untuk Anda. Inilah fintech yang bisa Anda manfaatkan.

1. Fintech Payment

Teknologi finansial jenis ini mempermudah Anda dalam melakukan berbagai macam pembayaran. Mulai dari membayar tagihan sehari-hari, belanja online, hingga membayar untuk transaksi offline.

Transaksi offline adalah transaksi yang Anda lakukan secara langsung. Misalnya, Anda berbelanja di supermarket menggunakan aplikasi fintech payment. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu lagi menyiapkan uang tunai atau memikirkan uang kembalian yang biasanya kembali dalam bentuk permen.

2. Fintech Crowdfunding

Teknologi finansial jenis ini mempertemukan mereka yang membutuhkan dana dan mereka yang memberikan dana. Dengan adanya fintech ini mereka yang membutuhkan dana bisa mendapatkan dana sesuai kebutuhan. 

Sedangkan, mereka yang memberikan dana bisa mendulang keuntungan. Jadi, keduanya sama-sama akan merasakan manfaatnya.

Kehadiran fintech crowdfunding membuat masyarakat bisa berdonasi secara aman dan terpercaya.

3. Fintech Market Aggregator

Ketika Anda bingung ingin memilih produk keuangan yang tepat, Anda bisa mencari tahunya melalui jenis fintech ini. Produk keuangan di luar sana itu banyak jenisnya, jadi mungkin Anda akan bingung. Namun, tidak usah khawatir, Anda bisa memanfaatkan fintech ini untuk mencari informasi produk keuangan yang menarik.

4. Fintech Investment

Fintech ini memudahkan Anda untuk melakukan investasi dengan berbagai macam instrumen. Mulai dari reksa dana, emas, valuta asing, saham, cryptocurrency, dan yang lainnya. Tidak dipungkiri bahwa fintech jenis ini membuat masyarakat lebih melek investasi. Fintech ini membuat siapa saja jadi bisa berinvestasi.

 

Contoh Produk Fintech

Dari jenis-jenis fintech di atas, terciptalah berbagai macam produk fintech yang akan memudahkan kehidupan Anda. Seperti inilah contoh produk fintech tersebut

1. Bank Digital

Bank pun sekarang sudah merambah ke dunia digital. Jadi, untuk membuka rekening bank, Anda tidak perlu mendatangi bank langsung. Anda bisa mengajukan pembukaan rekening melalui internet.

Lalu, buku tabungan dan ATM akan dikirimkan ke alamat Anda. Cara ini tentu Anda sukai karena cepat dan praktis.

2. P2P  Lending

P2P Lending adalah contoh produk fintech yang sedang populer saat ini. Anda bisa menjadi pendana jika ingin meraih keuntungan atau menjadi peminjam ketika membutuhkan modal. Contoh dari P2P Lending adalah Modal Rakyat yang menjadi tempat bertemu antara pelaku UMKM dan para investor.

3. Dompet Digital

Dompet digital juga bukan produk keuangan yang asing bagi kita. Dompet digital ini banyak jenisnya. Anda jadi bisa membayar apa saja dengan dompet digital. Mulai dari membayar ojek online, membayar barang belanjaan, membayar tagihan sehari-hari, membayar untuk kepentingan investasi, dan masih banyak lagi

Ditambah lagi dengan teknologi QRIS yang dibuat oleh Bank Indonesia. Anda jadi tidak perlu mengunduh banyak dompet digital. Walaupun di ponsel Anda hanya ada satu dompet digital, Anda bisa melakukan pembayaran di merchant mana pun yang sudah menggunakan teknologi QRIS ini.

4. Aplikasi Asuransi

Berbagai macam jenis asuransi sekarang juga bisa diajukan secara online. Asuransi membantu Anda menanggulangi risiko yang bisa saja menimpa Anda. Mulai dari risiko kecelakaan, risiko terkena sakit parah, risiko kebakaran, dan masih banyak lagi asuransi yang penting untuk kehidupan Anda.

5. Pinjaman Online

Pinjaman online juga adalah salah satu produk fintech yang sering dimanfaatkan oleh mereka yang membutuhkannya.

Biasanya Anda tidak memerlukan jaminan untuk meminjam karena pinjaman yang diberikan terbatas untuk kebutuhan harian. Tenor pembayarannya pun cenderung sebentar. Pengajuan pinjamannya praktis dan mudah,

 

Baca juga: Modal Usaha: Pinjaman Online VS Investasi


Manfaat Fintech

Inilah manfaat fintech bagi Anda yang menggunakannya.

1. Meningkatkan inklusi keuangan

Manfaat pertama dari fintech adalah masyarakat jadi memiliki banyak pilihan untuk produk keuangan yang dibutuhkannya. Selain itu, lebih banyak lagi masyarakat yang bisa menggunakan jasanya. Contohnya, sekarang untuk meminjam uang tidak harus memanfaatkan produk perbankan karena sudah hadir produk pinjaman lainnya.

2. Membuat hidup masyarakat jadi berkualitas

Hidup masyarakat yang berkualitas ditandai dengan kemudahan yang diterima masyarakat dalam menjalankan kehidupannya. Contohnya, sekarang untuk naik ojek tidak harus mendatangi pangkalannya dulu dan ongkosnya langsung bisa diketahui dengan mengandalkan aplikasi ojek online.

3. Pelaku bisnis mudah mendapatkan modal

Semakin banyak pebisnis yang lahir di Indonesia karena kemudahan untuk mendapatkan modal. Pasalnya, produk pinjaman sekarang tidak hanya tersedia di bank. Pelaku bisnis bisa memanfaatkan produk pinjaman di lembaga keuangan lain dan fintech.

4. Memudahkan layanan finansial

Dulu sebelum kehadiran fintech, setiap bulannya Anda harus berkeliling ke berbagai lokasi untuk membayar tagihan. Ini tentu melelahkan. Terlebih jika Anda punya lebih dari lima tagihan. Anda harus mendatangi lima tempat yang berbeda untuk memenuhi kewajiban Anda.

Namun, sekarang hal itu tidak lagi Anda lakukan karena semua pembayaran bisa dilakukan dengan hanya memanfaatkan ponsel pintar.

 

Kesimpulan

Fintech memang membuat hidup Anda jadi lebih mudah, tapi Anda perlu memilih fintech yang tepat dan aman.

Regulasi fintech di Indonesia termasuk ketat. Fintech tidak bisa sembarangan didirikan, tanpa persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia, dan lembaga berwenang lainnya. Apabila ada pelanggaran, OJK tidak segan memblokir fintech tersebut sehingga tidak aktif.

Anda perlu memilih fintech yang sudah memiliki izin resmi dari pemerintah. Fintech legal lebih jelas kinerjanya dan lebih bertanggung jawab.  

 

UMKM Wujudkan Mimpi Bersama Modal Rakyat

Anda bisa membangun UMKM dengan mengajukan pinjaman di Modal Rakyat. P2P Lending Modal Rakyat akan mempertemukan Anda dengan investor yang bersedia menyalurkan dana untuk Anda. Anda dapat melakukan pengajuan pinjaman sebesar Rp500 ribu hingga Rp2 miliar.

Jangan khawatir soal bunga karena akan disesuaikan dengan risiko usaha Anda. Proses pengajuan pinjaman termasuk mudah karena bisa melalui online. Modal Rakyat juga sudah memperoleh izin dari OJK, jadi aman dan terpercaya. Anda bisa memulai pengajuan pinjaman dengan berkunjung ke halaman berikut ini.

 



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru