Gaya Hidup

Bisnis

Memanfaatkan Giveaway untuk Promosi yang Efektif

Pretty Angelia Wuisan-

20 Sep 2021

Memanfaatkan Giveaway untuk Promosi yang Efektif

Pasti Anda sekali saja pernah mengikuti program giveaway  atau bahkan sering mengikuti program pemberian hadiah yang dilakukan bermacam penyelenggara. Hadiahnya bisa apa saja mulai dari uang, voucher, atau produk gratis.

Anda pasti senang-senang saja menerimanya, selama itu gratis. Nah, tidak hanya menjadi peserta, Anda juga bisa lho mengadakan giveaway untuk meningkatkan penjualan. Di sini akan dijabarkan mengenai pengertian pemberian hadiah, manfaat, trik, contohnya, dan kekurangannya.


Baca juga: Penipuan atau Bukan ya? Ini Cara-cara untuk Membedakannya



Pengertian Giveaway

Giveaway adalah strategi pemasaran dengan cara membagikan hadiah pada calon konsumen, sehingga mereka lebih mengenal produk dari sebuah bisnis yang mengadakan pemberian hadiah itu.

Anda pasti sering melihat berbagai macam bisnis yang mengadakan pemberian hadiah lewat media sosial mereka. Biasanya posting-an pemberian hadiah akan lebih banyak memancing orang untuk berkomentar, menambah pengikut, hingga mampu juga untuk meningkatkan penjualan. 

Pemberian hadiah menguntungkan bagi bisnis ketika dilakukan dengan benar. Untuk itu nanti akan dijelaskan bagaimana trik untuk membuat pemberian hadiah yang bisa menambah banyak pengikut.


Manfaat Mengadakan Giveaway

Ada beberapa manfaat yang Anda rasakan ketika mengadakan pemberian hadiah secara rutin. Ini penjelasannya.

1. Menambah pengikut

Anda sangat bisa menambah pengikut di media sosial dengan cara mengadakan pemberian hadiah. Tinggal memberikan syarat harus follow akun Instagram bisnis Anda, mereka pasti akan bersedia jadi pengikut pada saat itu juga.

2. Membentuk pengikut loyal

Pemberian hadiah ini bisa membentuk pengikut loyal. Maksudnya, setelah mengikuti pemberian hadiah, mereka masih akan tetap mengikuti akun bisnis Anda. Terutama untuk Anda yang mengadakan pemberian hadiah secara rutin. 

3. Mengenalkan produk

Walaupun awalnya para pengikut bertujuan untuk mendapatkan hadiah secara gratis, tapi tidak menutup kemungkinan mereka juga jadi penasaran dengan produk yang Anda jual. Mereka pun melakukan pembelian pertama dan berikutnya melakukan pembelian secara rutin, sampai akhirnya menjadi pelanggan yang setia.

4. Strategi promosi murah

Perlu Anda tahu bahwa pemberian hadiah ini merupakan strategi pemasaran termurah karena semua keperluan untuk pemberian hadiah Anda lakukan sendiri. 

Harganya benar-benar jauh lebih murah ketimbang ketika Anda membuat iklan di televisi, Youtube ads, pemasangan billboard, dan jenis pemasaran lainnya. 

Oleh sebab itu, cukup wajar jika perusahaan besar pun selain membuat iklan televisi juga sering mengadakan pemberian hadiah secara rutin di akun media sosial mereka.

5. Mudah untuk dilakukan

Pemberian hadiah ini cenderung mudah dilakukan karena konsepnya yang sederhana. Anda tidak perlu membuat script yang rumit. Cukup membuat aturan yang perlu diikuti oleh peserta dan menyediakan hadiahnya yang sudah Anda rencanakan.

6. Meningkatkan penjualan

Pemberian hadiah ini juga bisa membuat penjualan Anda jadi meningkat. Walaupun membutuhkan waktu, Anda pasti bisa merasakan hal ini nantinya.


Trik Membuat Giveaway

Ada beberapa trik pemberian hadiah yang bisa Anda ikuti dan membuat tujuan pengadaannya tercapai, sesuai yang Anda inginkan. Ini penjelasannya.

1. Tentukan tujuan

Hal pertama yang perlu Anda tetapkan adalah tujuan dari pengadaan hadiah ini. Biasanya akan dilakukan di media sosial, sehingga nanti Anda bisa melakukan pengukuran keberhasilan acara itu dari data-data yang tersedia nantinya.

Tujuannya bisa apa saja mulai dari ingin meningkatkan pengikut, ingin meningkatkan engagement, atau ingin produkmu jadi lebih dikenal banyak orang.

Penentuan tujuan ini akan juga menentukan syarat dan ketentuan yang perlu Anda buat nanti. Jadi, penentuan tujuan ini lebih baik dilakukan di awal.

2. Buatlah syarat yang mudah

Peserta pemberian hadiah biasanya lebih senang dengan syarat yang tidak ribet. Oleh sebab itu, buatlah aturan yang sederhana, seperti meminta para peserta untuk mengikuti akun produk, meminta mereka berkomentar dan mention teman-teman mereka, atau melakukan review produk untuk tujuan pengenalan produk.

Syarat dan ketentuan yang mudah akan membuat peserta jadi lebih banyak. Semakin banyak peserta yang ikut, Anda akan semakin dekat dengan goal yang telah ditentukan.

3. Pilih hadiah yang menarik

Setelah itu Anda perlu menentukan pilihan hadiah. Hadiah ini perlu disebutkan juga. Hadiahnya bisa apa saja. Anda dapat memberikan produk gratis, uang tunai, kode promo, voucher, dan lainnya.

Jangan lupa sebutkan juga bagaimana cara untuk menentukan pemenang. Misalnya Anda memilih secara acak, memilih dari komentar yang paling menarik, memilih dari mereka yang paling banyak berkomentar, dan lain sebagainya.

4. Sertakan influencer

Supaya lebih banyak peserta yang ikut pemberian hadiah ini, Anda bisa menggandeng influencer untuk promosi. Potensi untuk mendatangkan peserta akan lebih bagus. Hanya perlu diingat, Anda perlu menambah budget untuk bekerja sama dengan influencer. 

5. Jangan lupa dengan hashtag

Tetapkan hashtag dalam pemberian hadiah yang diadakan di media sosial. Tujuannya adalah untuk sekalian mengadakan campaign. Anda bisa menetapkan hashtag yang berhubungan dengan produk Anda. Hashtag-nya tidak perlu panjang-panjang, yang penting bisa mencirikan bisnis Anda.

Anda perlu memberikan syarat pada para peserta untuk menuliskan hashtag itu di komentar mereka.

6. Promosikan terus

Biasanya acara ini memiliki periode waktunya sendiri. Selama periode giveaway, Anda perlu untuk mempromosikan pemberian hadiahnya supaya lebih banyak peserta yang bersedia ikut. 


Contoh Giveaway

Ada berbagai contoh pemberian hadiah yang Anda bisa adakan. Ini penjelasannya.

1. Melakukan review produk

Review produk bisa dalam bentuk foto dan caption, tulisan di blog, atau video. Syarat yang diberlakukan di sini berarti peserta harus sudah mencoba produk Anda. 

Karena mereka membeli produk Anda, usahakan memberikan hadiah yang sepadan dengan syarat dan ketentuan itu. 

2. Membuat konten

Ada lagi pemberian hadiah yang dinilai dari konten yang paling menarik. Kontennya boleh dalam bentuk apa saja seperti foto, caption, poster, dan lain sebagainya.

3. Menjawab pertanyaan

Ini merupakan contoh pemberian hadiah yang sering dilakukan juga. Anda memberikan pertanyaan pada peserta. Pemenangnya adalah mereka yang menjawab dengan benar, bisa juga mereka yang menjawab tercepat, atau bisa juga peserta yang menjawab dengan komentar terbanyak.


Kekurangan Giveaway

Pemberian hadiah juga memiliki kekurangan yang tidak bisa Anda hindari. Ini penjelasannya.

1. Pengikut yang tidak setia

Anda akan menemukan peserta yang mengikuti akun Anda pada saat pemberian hadiah saja Setelah itu mereka berhenti mengikuti. Hal ini akan membuat performa media sosial Anda menurun.

2. Tidak banyak peserta yang ikut

Anda perlu mempertimbangkan periode pemberian hadiah, jangan terlalu sebentar karena bisa mengakibatkan peserta yang ikut sedikit.

3. Protes dari peserta yang tidak menang

Setelah pengumuman pemenang, Anda juga bisa mendapatkan protes dari peserta yang tidak menang. Untuk itu, Anda perlu menyebutkan cara pemilihan pemenang, supaya tidak terindikasi curang.


Baca juga: Testimoni Bisa Jadi Strategi Pemasaran Ampuh, Apa Tipsnya?


Membangun Usaha dengan Meraih Pinjaman Modal di P2P Lending Modal Rakyat

Pelaku UMKM yang ingin membangun usaha, tapi terkendala modal, dapat mengajukan pinjaman di Modal Rakyat. P2P Lending Modal Rakyat akan mempertemukan Anda dengan pendana yang bersedia meminjamkan dana untuk Anda. Anda dapat mengajukan pinjaman di Rp500 ribu sampai Rp2 miliar.

Tidak perlu mencemaskan besaran bunga karena bunga yang dibebankan pada Anda akan disesuaikan dengan risiko usaha. Proses pengajuan pinjaman termasuk mudah karena bisa dilakukan secara online, oleh karena itu prosesnya cenderung cepat. Modal Rakyat juga sudah memperoleh izin dari OJK, jadi aman dan terpercaya.

Anda bisa memulai pengajuan pinjaman dengan berkunjung ke tautan ini.


Pertanyaan Umum

1. Apa itu program giveaway?

Giveaway adalah strategi pemasaran dengan cara memberikan hadiah pada calon konsumen, sehingga mereka lebih mengenal produk dari sebuah bisnis yang mengadakan pemberian hadiah itu.

2. Apa untungnya mengadakan giveaway?

Anda bisa menambah pengikut, mendapatkan pengikut yang loyal, untuk mengenalkan produk uang Anda jual, melakukan promosi yang cenderung murah, mudah dilakukan, dan bisa meningkatkan penjualan.

3. Apakah giveaway efektif?

Cukup efektif, tapi memang jangkauannya tidak akan seluas promosi yang Anda lakukan di televisi. Pengadaan hadiah ini biasanya untuk meningkatkan performa media sosial Anda. 

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru