Finansial

Memahami Hedge Fund dan Perbedaannya dengan Mutual Fund

Pretty Angelia Wuisan-

08 Jul 2021

Memahami Hedge Fund dan Perbedaannya dengan Mutual Fund

Hedge fund adalah salah satu istilah yang akan Anda temukan ketika memasuki dunia investasi. Anda perlu mengerti tentang istilah ini lebih jauh karena siapa tahu Anda tertarik untuk terjun ke dalam investasi jenis ini.

Sebenarnya metode investasi hedge fund sudah hadir sejak lama, tapi di Indonesia memang masih kalah pamor dengan reksa dana. Anda yang sedang mengincar keuntungan berkali lipat bisa memanfaatkan salah satu metode investasi itu untuk meraih tujuan Anda.

Namun, sebelum memilih metode investasi itu, tentu saja Anda perlu tahu lebih banyak mengenai hedge fund. Di sini akan dibahas lebih dalam mengenai apa itu hedge fund, ciri, tujuan, dan perbedaannya dengan reksa dana.

 

Baca juga: EBITDA adalah: Komponen, Rumus, dan Cara Menghitungnya

 

Apa itu Hedge Fund?

Hedge fund adalah strategi investasi yang dipraktikkan dengan cara mengumpulkan dana secara kolektif dari beberapa investor yang dikelola secara privat.

Metode ini hanya bisa dilakukan oleh kalangan menengah ke atas yang memiliki modal melimpah karena syarat untuk bergabung adalah mempunyai dana investasi dalam jumlah tertentu.

Anda yang baru memulai investasi dengan modal yang banyak pasti akan terbantu dengan kehadiran metode ini karena investasi Anda dikelola oleh orang yang berpengalaman yang kita sebut sebagai Manajer Investasi.

Pertama kali berinvestasi dengan jumlah modal besar, Anda pasti tidak mau ambil risiko mengelolanya seorang diri, dan akhirnya mencari orang yang bisa membantu Anda.

Sekilas metodenya mirip dengan investasi reksa dana karena ada penjelasan mengenai dana yang dikumpulkan di satu tempat, tapi tentu saja banyak hal yang membedakan hedge fund dengan reksa dana.

Hedge fund bukan hanya berkaitan dengan dunia pasar modal, tapi bisa disalurkan pada investasi lainnya seperti forex, properti, dan jenis investasi lainnya yang tidak kalah menjanjikan.

Metode ini juga dikenal sebagai dana lindung nilai. Inilah yang membuatnya dipilih oleh banyak investor yang berinvestasi dengan dana besar. Metode yang dijalankannya dilansir dapat menekan risiko yang pastinya akan selalu dihadapi oleh investor manapun.

 

Karakteristik Hedge Fund

Supaya Anda mengetahui lebih jelas mengenai metode investasi ini, inilah karakteristik hedge fund yang perlu Anda pahami.

1. Hanya bisa dipraktikkan oleh kalangan tertentu

Hedge fund adalah metode investasi yang dikelola oleh ahlinya yang umumnya berbentuk perusahaan. Perusahaan ini memberikan syarat tertentu untuk investor yang ingin menggunakan jasa mereka.

Salah satu dari syarat itu adalah memiliki kekayaan bersih dalam jumlah tertentu, misalnya adalah $200.000. Apabila harta yang dimiliki lebih dari itu, itu malah lebih bagus karena kemungkinan akan diterima.

Periode kepemilikan harta ditentukan minimal dalam kurun 2 tahun.

2. Jenis investasinya banyak

Hedge fund tidak hanya berkutat pada satu instrumen investasi. Anda bisa memilih investasi saham, properti, mata uang asing, dan lain sebagainya. Anda dapat memilih sesuai dengan investasi yang Anda senangi.

3. Menyediakan leverage

Manajer Investasi di metode dana lindung nilai, membuka dana pinjaman untuk investor yang ingin mengincar keuntungan lebih banyak. Apalagi jika pasar sedang mengalami bullish yang dianggap sebagai waktu yang tepat untuk mendulang profit sebanyak-banyaknya.

Dana pinjaman tersebut akan ikut dikelola oleh Manajer Investasi pada proyek investasi yang Anda pilih. Namun yang perlu diingat, Anda akan dikenai bunga dan tenggat waktu untuk membayar dana pinjaman tersebut.

4. Adanya berbagai macam biaya

Ketika memutuskan menggunakan metode ini, Anda harus paham bahwa Anda akan dibebani berbagai macam biaya. Umumnya adalah biaya rasio dan biaya menggunakan jasa Manajer Investasi.

Manajer Investasi sudah membantu Anda dalam pengelolaan investasi yang baik dan menguntungkan, Anda tentu wajib memberikan bayaran yang layak padanya.

Contoh dari penerapan biaya rasio adalah Anda akan mendapatkan potongan sebesar 20% dari laba yang berhasil Anda peroleh.

 

Tujuan Hedge Fund

Keberadaan metode investasi ini memiliki beberapa tujuan yang baik untuk para investor. Investor tentu akan merasa aman apabila tujuan dari metode ini sama dengan tujuan yang investor tentukan. Seperti ini penjelasannya.

1. Menekan risiko

Hal yang paling ditakuti, tapi harus dihadapi oleh investor adalah kerugian. Sebenarnya hal ini sulit untuk dihindari karena terkadang kita tidak bisa menebak pasar berjalan pada posisi mana. Turun-naiknya tidak bisa diprediksi secara tepat.

Namun, hedge fund meyakinkan pada investor bahwa dengan menggunakan metode itu mereka bisa menekan risiko. Hal ini sangat mungkin dilakukan karena tentunya perusahaan itu akan mempekerjakan Manajer Investasi yang sudah berpengalaman di bidangnya.

2. Memaksimalkan imbal hasil

Hal yang paling disenangi oleh investor adalah mendapatkan keuntungan berkali lipat dari modal yang disetorkan. Karena risiko bisa ditekan, maka keuntungan yang diperoleh pun jumlahnya bisa jadi maksimal.

Keuntungan ini bisa dalam bentuk apa saja. Bisa dalam bentuk bunga yang didapatkan dari investasi yang diendapkan dalam kurun beberapa waktu dan dividen yang akan diperoleh ketika perusahaan membagikan labanya pada investor.

 

Kelebihan dan Kekurangan Hedge Fund

Metode investasi dana lindung nilai memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda pahami. Dengan begitu Anda bisa mempertimbangkan untuk menjadikannya sebagai opsi. Seperti inilah masing-masing kelebihan dan kekurangannya.

1. Kelebihan

  • Bentuk investasinya yang berbagai macam membuat Anda punya banyak pilihan.
  • Keuntungan yang diperoleh bisa maksimal.
  • Mendukung diversifikasi investasi di berbagai instrumen.
  • Anda boleh memilih menanam modal di jangka panjang atau waktu pendek.
  • Dikelola oleh sosok yang sudah punya pengalaman banyak soal investasi.

2. Kekurangan

  • Metode ini hanya bisa diikuti oleh kalangan tertentu yang memiliki harta melimpah.
  • Masih ada risiko yang akan dihadapi oleh pihak investor.
  • Modal yang disetorkan kepada pengelola harus berjumlah besar.

 

Baca juga: Sekuritas adalah: Pengertian, Jenis, dan Tips Memilihnya

 

Perbedaan Hedge Fund dan Mutual Fund

Tadi sudah disebutkan bahwa metode dana lindung nilai sekilas tampak sama dengan mutual fund atau biasa kita kenal dengan sebutan reksa dana. Namun, keduanya punya perbedaan yang cukup signifikan.

Pada hedge fund, tidak semua orang bisa ikut berinvestasi karena hanya diperuntukkan bagi kalangan tertentu yang memiliki aset besar. Sedangkan di reksa dana, dari modal minim pun Anda punya kesempatan yang sama untuk berinvestasi.

Dilihat dari pengelolaannya juga cukup berbeda. Pada metode dana lindung nilai, modal yang disetorkan akan disalurkan pada berbagai macam instrumen investasi. Sedangkan pada mutual fund akan disetorkan pada portofolio efek yang ada di pasar modal saja.

Keuntungan yang didapatkan metode dana lindung termasuk tinggi karena modal yang disetorkan pun besar. Sedangkan di reksa dana, Anda akan mendapatkan keuntungan sesuai dengan modal dan jenis reksa dana yang dipilih. Jika ingin keuntungan yang besar, Anda lebih baik memilih reksa dana berjenis saham.

 

Kesimpulan

Apabila Anda memiliki modal besar dan tidak sanggup mengelolanya sendiri untuk berinvestasi, Anda bisa mengandalkan hedge fund. Namun, Anda perlu memilih pengelola yang tepat dulu yang memiliki performa dan pengalaman banyak dalam mengelola modal investasi itu.

Di Indonesia, mutual funds atau reksa dana lebih populer dibandingkan hedge fund. Tidak mengherankan platform investasi reksa dana tersedia cukup banyak. Namun, Anda tetap bisa memilih sesuai dengan kriteria dan kebutuhan Anda.

 

Yuk, Raih Keuntungan dengan Menjadi Pendana di Modal Rakyat

Untuk Anda yang mengincar keuntungan, bisa mendaftar sebagai pendana di P2P Lending Modal Rakyat. Modal yang Anda salurkan akan dipinjamkan pada pelaku UMKM yang membutuhkan modal. Anda pun bisa sekalian membantu UMKM yang ingin mengembangkan bisnisnya.

Potensi tingkat imbal hasil yang Anda raih bisa mencapai 18% per tahun. Berinvestasi di Modal Rakyat juga aman karena kami sudah memperoleh izin dari OJK. Yuk, mulai mendaftarkan diri Anda sebagai investor di halaman berikut ini. Gunakan kode BLOG25 untuk mendapatkan saldo gratis senilai Rp25.000.

 



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru