Bisnis

Berbagai Instagram Tools Gratis untuk Bisnis

Brigitta Winasis-

30 Sep 2021

Berbagai Instagram Tools Gratis untuk Bisnis

Instagram tools adalah aplikasi tambahan yang digunakan untuk memaksimalkan keterlihatan sebuah konten di Instagram. Tujuannya beragam, mulai dari melakukan pengenalan produk marketing hingga menaikkan jumlah follower untuk membangun jaringan konsumen.

Apa yang dilakukan Instagram tools bukanlah cara ilegal seperti menambah follower otomatis, like otomatis, atau pun viewer palsu. Hal yang dikerjakan pemilik akun menggunakan Instagram tools adalah mengoptimalkan popularitas sebuah unggahan. Menggunakan Instagram tools, sebuah konten diharapkan menjadi yang dilihat konsumen pertama kali.

Sebenarnya, tanpa tools khusus bisnis, Instagram sudah menyediakan tab untuk berbelanja online. Anda juga bisa mengubah mode akun menjadi akun bisnis sehingga mendapatkan fitur tambahan khusus untuk berbisnis. Akan tetapi, untuk memenangkan persaingan antar toko online, berbagai Instagram tools perlu digunakan.

 

Potensi Penggunaan Instagram untuk Bisnis

Instagram menjadi salah satu platform yang paling sering digunakan untuk memajang portofolio produk. Instagram bahkan menjadi alternatif lain ketika sebuah usaha tidak menggunakan website atau halaman toko online. Apalagi, Instagram juga menyediakan fitur khusus untuk berbelanja dengan mudah.

Di samping itu, Instagram merupakan medium beriniaga yang menjanjikan jika melihat potensi pasarnya di Indonesia. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh We Are Social, Indonesia menjadi negara ketiga dengan pengguna Instagram paling banyak, yaitu lebih dari 50 juta. Angka itu pun terus bertambah setiap waktunya.

Dengan potensi ini, tidak heran jika banyak pelaku bisnis digital yang memanfaatkan berbagai fitur tambahan untuk memaksimalkan potensi Instagram. Apalagi, banyak Instagram tools yang disediakan secara gratis dengan fungsi menganalisis hashtag hingga melakukan perencanaan konten.


Baca Juga: Tips Menjadi Wirausahawan Sukses Melalui Media Sosial


Bentuk-Bentuk Konten Instagram untuk Bisnis

Instagram bukan lagi menjadi platform media sosial yang identik dengan foto. Dikenalnya fitur Instagram Reels membuat potensi aplikasi ini semakin tinggi untuk membangun kesadaran merek sebuah produk. Berikut ini adalah bentuk-bentuk konten dan keunggulannya dalam bidang bisnis.

Unggahan Foto

Instagram menyediakan fitur unggahan foto yang dapat bertumpuk atau dalam bentuk slide. Fitur ini akan optimal digunakan untuk mengunggah deskripsi mengenai sebuah produk. Istilah untuk menyebut unggahan slide foto bersambung yang berisi deskripsi ini adalah mikroblog.

Unggahan Video

Anda bisa mengunggah video pendek satu menit menjadi postingan di Instagram. Isinya dapat berupa review ataupun pengenalan fisik dari produk yang ditawarkan. Untuk kebutuhan video yang lebih panjang, Anda dapat memanfaatkan fitur IG TV.

Instagram Reels

Jika dua fitur unggahan sebelumnya digunakan untuk membangun portofolio brand yang menarik, fitur Instagram Reels digunakan untuk mengundang banyak viewers. Fitur untuk membuat video pendek berdurasi 15 detik ini nyatanya diketahui lebih mudah untuk mendatangkan banyak penonton ketimbang konten foto dan video biasa.

 

Baca Juga: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuat Facebook Pixel


Berbagai Instagram Tools Gratis

Kini Anda dapat memilih berbagai Instagram tools secara gratis. Dengan Instagram tools, Anda dapat menikmati fitur tambahan seperti membaca statistik pengunjung lebih akurat hingga kemudahan melakukan kampanye atau promosi.

Dari banyaknya Instagram tools yang dapat dipilih, beberapa di antaranya menerapkan biaya berlangganan untuk hitungan posting ataupun bulanan. Namun, beberapa Instagram tools berikut ini dapat Anda gunakan secara gratis dengan fitur yang tidak kalah menarik. 

Socialblade

Aplikasi web Socialblade menjadi salah satu yang banyak digunakan para influencer untuk membaca situasi atau traffic yang paling potensial pada waktu tertentu. Aplikasi web ini dapat digunakan untuk meneliti konten dan pengunjung dalam aplikasi populer seperti Youtube hingga Instagram.

Beberapa pelaku bisnis digital akan memulai kampanye atau kegiatan digital marketing dengan cara mengamati kompetitor yang lebih menguasai pasar mayoritas. Nah, aplikasi web Socialblade ini dapat digunakan untuk mengukur pencapaian kompetitor.

Display Purpose

Aplikasi web ini akan membantu Anda menemukan kata atau frasa hashtag yang tepat. Tools ini cocok Anda gunakan ketika sedang melakukan penelitian pada akun kompetitor. Caranya adalah dengan mengambil sampel beberapa hashtag yang banyak memicu viewer untuk selanjutnya diketahui hashtag mana yang berhubungan dengan itu.

Autohash

Aplikasi ini juga merupakan Instagram tools untuk mencari hashtag yang tepat. Namun, berbeda dari beberapa Instagram tools lainnya yang memanfaatkan kata dan kalimat, Autohash akan menganalisis hashtag melalui foto atau gambar yang akan diunggah.

Misalnya, apabila di dalam foto tersebut ada seekor anjing, maka hashtag yang direkomendasikan akan berhubungan dengan binatang peliharaan. Jika foto tersebut menampakkan pantai, maka kemungkinan hashtag yang direkomendasikan adalah #liburan, #summer, dan lainnya.

Later

Salah satu faktor yang membuat akun media sosial menjadi dikenal banyak orang adalah konsistensi dalam mengunggah konten. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengunggah sebuah konten dalam waktu yang sama setiap harinya. Later adalah tools yang dapat digunakan untuk menjadwalkan postingan di media sosial termasuk Instagram. 

Later akan menjadwalkan akun terdaftar untuk mengunggah konten setidaknya satu kali setiap hari selama satu bulan penuh. Anda bisa menjadwalkan pukul berapa konten tersebut akan diunggah secara otomatis.

All-Hastag

Salah satu cara agar konten dapat dijangkau viewer lebih banyak adalah menggunakan hashtag. Pengguna Instagram yang tertarik pada hashtag yang sama berpotensi akan melihat postingan yang Anda buat. Oleh karena itu, Anda harus menentukan hashtag mana yang digunakan supaya ditemukan oleh viewer yang tepat.

Untuk mengetahui kata atau frasa hashtag yang tepat dan dapat terjangkau oleh banyak viewer, Anda memerlukan Instagram tools. Salah satu Instagram tools yang dapat digunakan untuk memaksimalkan penemuan hashtag tersebut adalah All-hastag.

Iconosquare

Iconosquare merupakan salah satu Instagram tools yang memiliki fitur cukup lengkap. Instagram tools ini dapat digunakan untuk membuat balasan otomatis pada komentar, penemuan hashtag  yang relevan, hingga analisis pencapaian pada akun kita sendiri. 

Penggunaannya pun semakin bermanfaat dengan adanya bantuan 20 bahasa lebih. Fitur ini akan sangat penting digunakan ketika Anda mendapatkan pemirsa yang memiliki bahasa asing. Komentar asing akan diterjemahkan otomatis.

Schedugram

Instagram tools ini cocok Anda gunakan untuk kebutuhan content planning. Tools yang dikembangkan oleh perusahaan asal Australia ini akan mengatur unggahan foto dan video secara terencana. Menggunakan tools ini Anda akan seperti memiliki admin Instagram pribadi.


Baca Juga: Cara-Cara Gratis Mengiklankan Situs Web Bisnis Anda


Aplikasi Tambahan untuk Mengedit Konten

Pada dasarnya, faktor utama untuk menarik perhatian para viewer Instagram adalah konten itu sendiri. Oleh karena itu, Anda memerlukan berbagai aplikasi tambahan untuk mengedit foto atau video demi menghasilkan konten yang menarik. Nah, berikut ini adalah deretan tools dan aplikasi tambahan untuk mengedit konten Instagram.

Canva

Canva adalah aplikasi web yang yang banyak digunakan untuk mengedit dan mendesain gambar. Canva memiliki berbagai tools yang dapat digunakan untuk membuat desain gambar, termasuk untuk kebutuhan konten Instagram. Di dalam aplikasi web ini juga sudah tersedia banyak template desain yang bisa dimanfaatkan secara gratis.

VSCO

VSCO menjadi salah satu aplikasi editing foto di smartphone yang paling banyak dipakai. Hal itu karena aplikasi smartphone ini dapat membuat foto menjadi lebih estetik. Walaupun begitu, ada beberapa file dan pengaturan warna yang bisa dinikmati hanya jika Anda berlangganan.

SnapSeed

Aplikasi ini banyak digunakan untuk membuat konten dengan pengaturan warna, pencahayaan, dan lainnya secara seragam. Hal itu dapat dilakukan karena aplikasi smartphone Snapseed ini dapat menyimpan pengaturan editing sebuah foto. Pengaturan tersebut dapat digunakan untuk mengedit foto lain sehingga nuansanya akan serupa.

Hype Type

Bagi pengguna iPhone, Hype Type adalah salah satu aplikasi edit foto dan video yang patut dipertimbangkan. Aplikasi ini menawarkan berbagai font dan animasi yang menarik untuk ditambahkan ke dalam unggahan Instagram. Aplikasi ini juga akan membantu Anda untuk menulis caption yang sesuai dengan konten.

Afterlight

Apabila Anda membutuhkan aplikasi yang menyediakan banyak tekstur dan filter secara otomatis, maka afterlight adalah salah satu aplikasi yang harus dipilih. Aplikasi ini cocok untuk Anda yang ingin mengunggah konten dengan cepat tanpa melakukan banyak pengaturan. Hal itu karena aplikasi ini menyediakan pengeditan secara manual dan otomatis.

 

Memaksimalkan Potensi Instagram untuk Bisnis Menggunakan Dana dari Modal Rakyat

Instagram merupakan salah satu media sosial yang interface-nya sangat mudah dipahami. Namun, untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda membutuhkan pekerja mumpuni dengan tools yang mungkin tidak gratis. Oleh karena itu, dibutuhkan dana yang cukup untuk memaksimalkan potensi Instagram bisnis.

Anda dapat memperoleh modal untuk mengembangkan bisnis melalui Modal Rakyat. Modal Rakyat adalah medium yang akan mempertemukan pelaku bisnis dengan sumber dana terpercaya. Untuk mengetahui lebih banyak tentang Modal Rakyat dan pendanaannya, silakan klik link ini.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru