Finansial

Investasi Bodong: Pengertian, Ciri-ciri, dan Contoh Kasus

Pretty Angelia Wuisan-

04 Apr 2022

Investasi Bodong: Pengertian, Ciri-ciri, dan Contoh Kasus

Investasi bodong merupakan masalah yang sampai sekarang masih terjadi, dan korbannya pun bertambah. Untuk bisa terhindar dari investasi tipu-tipu ini, Anda perlu mengenalnya lebih jauh.

Untuk itu di sini dijabarkan mengenai pengertian, ciri-ciri, contoh kasus, dan hal lainnya yang terkait dengan investasi bodong.


Baca juga: Kriteria P2P Lending OJK yang Terdaftar dan Berizin


Apa itu Investasi Bodong?

Investasi bodong adalah investasi yang menawarkan keuntungan tidak wajar, dan ternyata investasi itu tidak pernah ada, atau menyalahi aturan investasi resmi OJK dan lembaga lain, sehingga merugikan investor yang mengikutinya.

Penipuan investasi ini membuat yang menipu memperoleh keuntungan besar karena mencuri dana yang dipercayakan oleh para investor. Contoh kasusnya sudah banyak di Indonesia. Anda pun perlu waspadai investasi tipu-tipu yang ada di sekitar kita ini.


Ciri-ciri Investasi Bodong

Agar Anda terhindar dari investasi penipuan, ini ciri-cirinya yang patut Anda waspadai.

  • Investasi penipuan biasanya menawarkan profit yang tidak wajar
  • Perusahaan investasi penipuan alamatnya tidak jelas
  • Produk yang diusahakan tidak jelas
  • Anda biasanya diminta untuk mencari investor baru
  • Tidak menjelaskan risiko investasi

1. Investasi penipuan biasanya menawarkan profit yang tidak wajar

Ciri investasi bodong biasanya mengiming-imingi Anda dengan keuntungan yang terlalu tinggi dan waktu yang bisa dicapai pun sebentar. Misalnya, Anda bisa memperoleh keuntungan 100% dalam waktu sebulan.

Ini adalah iming-iming yang jelas menipu karena investasi yang legal pun tidak akan memberikan keuntungan tinggi seperti itu.

2. Perusahaan investasi penipuan alamatnya tidak jelas

Investasi penipuan ini bisa dilakukan individu atau perusahaan. Jika sebuah perusahaan yang menawarkan investasi, biasanya alamat perusahaan tidak jelas, sehingga Anda tidak menemukannya. Bisa jadi sejak awal alamat itu tidak ada.

3. Produk yang diusahakan tidak jelas

Investasi biasanya menawarkan produk atau barang yang bisa mendatangkan keuntungan. Namun, mereka yang menawarkan investasi penipuan ini tidak menjelaskan produk secara rinci. 

4. Anda biasanya diminta untuk mencari investor baru

Anda juga akan diminta mencari investor lainnya untuk bergabung. Mereka menjanjikan bonus pada Anda untuk setiap investor yang Anda datangkan. Ini adalah ciri investasi bodong yang cukup umum. 

Padahal seharusnya yang mencari investor adalah mereka yang menawarkan investasi. Investor hanya menanamkan modal saja.

5. Tidak menjelaskan risiko investasi

Ciri lain yang bisa Anda kenali dari investasi penipuan adalah mereka tidak menjelaskan risiko investasi pada Anda. Yang ada hanya keuntungan, keuntungan, dan keuntungan.

Padahal risiko investasi ini wajib dijelaskan ke calon investor sebagai bentuk dari etika berinvestasi.


Contoh Kasus Investasi Bodong 

Contoh investasi bodong yang terjadi di Indonesia ada banyak, 2 di antaranya yang menghebohkan adalah seperti ini.

  • Investasi bodong Gorontalo
  • Binary Option

1. Investasi bodong Gorontalo

Investasi penipuan satu ini memang parah karena menipu seluruh warga 1 desa yang ada di Gorontalo. Sekitar 95% warga desa tersebut terjerat kasus penipuan di investasi bernama Man 3 Trader.

Investasi penipuan yang ditawarkan adalah mengumpulkan dana dari warga desa tanpa mengantongi izin dari pemerintah. Kemudian, keuntungan yang ditawarkan pada warga tidak pernah ada, sementara pemilik investasi ilegal ini sudah membawa pergi dana sekitar Rp30 miliar.

Saat ini polisi sudah menangkap pemilik investasi ilegal dan sedang memproses kasusnya. Kasus ini sudah ada sejak lama, tapi prosesnya cukup panjang.

2. Binary Option

Binary Option adalah jenis investasi ilegal yang tidak pernah memperoleh izin beroperasi di Indonesia. Investasi ilegal ini mudah untuk dilakukan, tidak seperti investasi pada umumnya. 

Anda diminta menebak dan memilih mana yang benar di antara 2 pilihan, kemudian Anda mempertaruhkan modal untuk mendapatkan profit. Jika Anda benar memilih, modal tersebut akan kembali pada Anda beserta keuntungan. Jika salah, modal Anda langsung habis.

Yang jahat dari praktik Binary Option adalah Anda akan sangat jarang menang. Sudah berkali-kali dicoba pun pengaturan mesinnya memang sudah seperti itu. Sementara, affiliator memperoleh keuntungan dari kekalahan Anda.

Dulu iklannya sempat masif di Youtube, sampai sudah diblokir berkali-kali pun tetap ada. Sekarang polisi Indonesia sedang bertindak tegas pada affiliator yang membuat masyarakat tertipu dengan dengan menangkap mereka. 


Mengapa Bisa Terjadi Investasi Bodong?

Investasi penipuan ini terjadi karena 2 hal, keuntungan yang ditawarkan dan ketidaktahuan masyarakat soal investasi ilegal.

Masih banyak masyarakat yang tergiur dengan keuntungan tinggi dalam waktu yang cepat, dan dikatakan tidak punya risiko juga. Padahal investasi yang legal pun tidak sembarangan menjanjikan keuntungan. 

Investasi legal juga akan menjelaskan risiko investasi, tapi menjabarkan pula bagaimana untuk mengatasi risiko itu.

Pengetahuan masyarakat yang minim tentang investasi ilegal pun yang membuat mereka mudah tertipu. Masyarakat belum tahu betul perbedaan antara investasi legal dan ilegal. Untuk itu diperlukan edukasi secara masif mengenai investasi ilegal.


Cara Mengecek Investasi Bodong

Cara untuk mengecek suatu investasi penipuan atau tidak, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini.

  • Pastikan investasi tersebut terdaftar di OJK
  • Memeriksa alamat perusahaan investasi
  • Tidak mudah tergiur dengan keuntungan dengan pendapatan tetap

1. Pastikan investasi tersebut terdaftar di OJK

Untuk mengetahui suatu investasi penipuan atau legal, bisa diketahui dari situs web milik OJK. Di sana, OJK sering mengumumkan secara berkala, baik investasi legal maupun yang ilegal.  Tentunya investasi yang diawasi OJK yang paling aman untuk Anda.

Kalau tidak ada izin OJK, investasi legal bisa saja memperoleh izin dari Bappebti dan Bank Indonesia. 

2. Memeriksa alamat perusahaan investasi

Perusahaan investasi yang tidak jelas biasanya tidak punya alamat pasti karena mereka tidak mau mudah ditemukan.

Walaupun investasi di zaman sekarang kebanyakan dilakukan secara online, tapi investasi yang legal harus punya alamat pasti untuk bukti nyata bahwa perusahaan itu benar-benar eksis.

3. Tidak mudah tergiur dengan keuntungan dengan pendapatan tetap

Anda yang berinvestasi harus curiga dengan perusahaan investasi yang menjanjikan keuntungan setiap bulan dengan bunga yang sama. 

Hal itu karena keuntungan investasi itu musiman, alias terkadang sukar terprediksi. Apalagi yang namanya usaha itu mengikuti keadaan pasar. Untuk menunggu keuntungan pun Anda harus melewati hari dan bulan. Tidak langsung ada dalam waktu yang cepat.


Apa itu Prinsip Legal Logis?

Prinsip legal dan logis adalah jargon yang dipopulerkan oleh OJK. Prinsip ini memiliki arti bahwa investasi yang baik pertama dilihat dari legalitasnya, yang berarti ketaatannya untuk mengikuti undang-undang di Indonesia.

Sementara itu untuk logis, investasi harus berjalan secara logis, yaitu keuntungannya tidak berlebihan dan dijelaskan juga risiko yang dimilikinya.

Dengan berpegang teguh pada prinsip ini, Anda bisa tidak akan pernah tersandung investasi penipuan.


Daftar Investasi Bodong OJK

Sebagai informasi untuk Anda, ini dia daftar investasi bodong sesuai dengan jenisnya.

  • Investasi ilegal Binary Option
  • Investasi ilegal cryptocurrency
  • Investasi ilegal robot trading

1. Investasi ilegal Binary Option

Investasi ini satu pun tidak ada yang legal di Indonesia karena praktiknya dianggap perjudian. Ini daftarnya.

  • Binomo
  • Olymp Trade
  • IQ Option
  • Octa FX
  • Quotex
  • Urban Fx Trade
  • USG Forex
  • Bravo Fx
  • Exness
  • Weltrade

2. Investasi ilegal cryptocurrency

Aset kripto sebenarnya termasuk legal di Indonesia, tapi penyedia aset kripto di bawah ini tidak punya izin untuk beroperasi.

  • I-DOE
  • Elzio
  • Koperasi Keluarga Goldkoin

3. Investasi ilegal robot trading

Investasi ini katanya membantu Anda mengambil keputusan sesuai dengan keadaan pasar dengan memanfaatkan suatu algoritma, tapi malah mendatangkan kerugian pada investor. Ini dia contohnya di Indonesia.

  • Fin888
  • EA50/PT Sentra Mega Indotek
  • OPAFX
  • DNA Pro
  • Net89/SmartX
  • EA 50
  • Auto Trade Gold
  • Sparta
  • Viral Blast
  • Fsp Akademi Pro
  • Raibot Look


Baca juga: 5 Tips Menghindari Investasi Bodong


Kesimpulan

Itulah investasi bodong yang sudah sepatutnya diwaspadai. Investasi memang bisa menghasilkan keuntungan besar, tapi Anda membutuhkan waktu untuk bisa mendapatkannya. Pilih investasi legal yang pasti-pasti saja.


Mendanai UMKM secara Aman Lewat P2P Lending Legal Modal Rakyat

Anda sangat bisa meraih keuntungan nyata di pendanaan UMKM melalui Modal Rakyat. Modal Rakyat menawarkan program pendanaan aman untuk siapa saja dan sudah berizin legal OJK.

Anda bisa meminjamkan dana ke UMKM dari Rp25.000 dan keuntungannya adalah 18% per tahun.

Pendanaan UMKM di Modal Rakyat dikelola secara profesional dan praktis karena Anda bisa melakukannya secara online.

Pakai promo BLOG25 untuk memperoleh tambahan dana Rp25.000 secara cuma-cuma.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru