Bisnis

10 Jenis Bidang Usaha Menguntungkan untuk Pebisnis Pemula

Pretty Angelia Wuisan-

30 Nov 2021

10 Jenis Bidang Usaha Menguntungkan untuk Pebisnis Pemula

Pebisnis pemula biasanya bingung ingin menjalankan bisnis yang seperti apa. Padahal sebenarnya ada banyak jenis bidang usaha yang cukup menjanjikan. Anda tinggal memilih yang sesuai keinginan dan yang Anda kenali.

Sebagai informasi untuk para pelaku bisnis, di sini akan dijabarkan apa saja jenis usaha yang bisa Anda jajal. Yuk, disimak. 


Baca juga: Usaha Sampingan Modal Internet, Kantong Aman Hidup Lebih Nyaman


1. Jenis Bidang Usaha Kuliner

Banyak pemula yang memulai usaha di bidang kuliner karena termasuk mudah dilakukan. Apalagi makanan adalah salah satu kebutuhan utama, jadi pasti akan selalu diincar oleh siapa saja.

Namun, sudah banyak yang membuat bisnis kuliner, sehingga Anda perlu membuat kuliner otentik yang lezat dan tentunya punya keunikan tersendiri. Intinya, Anda harus bisa membuat usaha kuliner yang berbeda.

Contoh usaha kuliner ini ada banyak, Anda bisa mendirikan catering khusus pernikahan, kafe, menjual nasi uduk di pagi hari pada orang-orang yang lewat, dan lainnya.


2. Bidang Fashion

Anda juga bisa membuka bisnis fashion yang tidak hanya menjadi kebutuhan, tapi juga tren. Bisnis fashion pun tidak harus dimulai dari modal yang wah, Anda bisa memulainya dari modal yang minim.

Misalnya dengan menjadi dropship. Anda pun tidak perlu memproduksi barang fashion, Anda tinggal membantu menjual barang fashion yang dijual orang lain.

Anda pun akan mendapatkan keuntungan dari produk fashion yang berhasil terjual. Setelah punya modal cukup, Anda bisa memulai produksi fashion.

Contoh produk fashion adalah baju, sepatu, tas, topi, dompet, dan lainnya.


3. Bidang Kecantikan

Usaha yang dijalankan untuk pemula selanjutnya adalah menjual produk kecantikan. Produk kecantikan cukup laku keras, apalagi di kalangan wanita. Anda tinggal memilih produk yang pas untuk jual-beli.

Misalnya, Anda ingin mendirikan salon yang melayani berbagai macam perawatan kecantikan. Untuk mendirikannya, Anda perlu mengurus izin untuk menjadi badan usaha. 

Atau memulai bisnis skincare untuk menyehatkan kulit konsumen. Produk ini juga menjadi incaran karena semakin banyak orang yang menyadari pentingnya memiliki kulit yang sehat.

Untuk mendirikan usaha ini, Anda juga perlu mengurus izin pada BPOM untuk meraih sertifikasi produk yang aman digunakan.


4. Bidang Kerajinan Tangan

Salah satu bisnis yang tidak kalah menarik adalah jenis bidang usaha kerajinan tangan. Tidak hanya punya fungsi estetika, tapi ada juga kegunaannya.

Kerajinan tangan yang paling kental akan budaya, yang paling diminati. Terutama oleh konsumen dari luar negeri. 

Tidak mengherankan jenis bidang usaha ini yang paling sering melakukan ekspor karena pasar di luar negeri yang luas untuk produk kerajinan khas Indonesia.

Anda bisa melihat contoh kerajinan tangan asli Bali yang mendapatkan perhatian dari dunia. Atau Anda bisa menjual kerajinan tangan yang berasal dari daerah Anda. 


5. Bidang Otomotif

Ada juga jenis bidang usaha otomotif untuk Anda yang benar-benar menyukai kendaraan bermotor.

Pelaku UMKM sangat bisa membuka jasa ini karena dibutuhkan banyak orang. Salah satunya adalah jasa cuci kendaraan bermotor. Apalagi masyarakat Indonesia cukup banyak yang memiliki kendaraan bermotor.

Selain itu, Anda bisa menawarkan kendaraan bermotor bekas. Banyak orang yang memilih kendaraan bermotor bekas, asalkan masih bisa digunakan.

Opsi mendirikan bengkel juga bagus untuk Anda. Kebanyakan bengkel yang ada di Indonesia justru dilakukan oleh pelaku UMKM. Mereka sangat dibutuhkan karena tidak semua orang yang memiliki kendaraan bermotor bisa reparasi kendaraannya sendiri. 


6. Bidang Pendidikan

Jenis bidang usaha yang layak dicoba adalah pendidikan. Anda bisa memulainya sendiri dan tidak membutuhkan modal besar.

Misalnya, Anda membuka les privat mata pelajaran sekolah untuk para siswa. Atau jika Anda mahir berbahasa asing, Anda juga bisa mengajari mereka yang berminat belajar bahasa asing.

Saat ini minat belajar para anak muda termasuk tinggi. Anda dapat memanfaatkan peluang ini dengan membuka kelas belajar online. Tidak masalah murid Anda masih sedikit, asalkan dimulai dengan serius.

Anda bisa juga membangun aplikasi khusus pendidikan. Siapa tahu nanti bisa menjadi besar dengan mengundang investor. 


7. Bidang Traveling

Jenis bidang usaha traveling sebenarnya punya peluang yang besar, apalagi sebelum pandemi kemarin.

Walaupun pandemi masih membuat usaha bidang traveling belum bisa berjalan maksimal, bidang usaha ini tetap punya peluang yang besar di masa nanti.

Anda bisa mendirikan usaha tour guide untuk wisatawan asing. Atau mendirikan travel agent sederhana yang membantu klien liburan ke suatu tempat.

Supaya bisa menjalankan usaha ini dengan lancar, Anda perlu menghadirkan promosi yang wajar. Jangan menggunakan skema ponzi untuk usaha ini agar usaha Anda tidak terganggu.

Banyak usaha traveling yang gagal di tengah jalan karena menggunakan promosi yang tidak wajar.


8. Bidang Produk Kreatif

Produk kreatif adalah jenis bidang usaha yang menguntungkan lainnya. Pembeli tidak hanya memikirkan kegunaan, tapi juga keunikannya.

Misalnya, Anda membuat aksesoris ponsel yang difavoritkan oleh para anak muda. Anda bisa mendesain aksesoris sesuai dengan ide sendiri. Pasti bisa dihargai lebih tinggi.

Atau produk kreatif perabotan rumah. Misalnya, Anda menyediakan piring kayu. Piring tersebut bukan hanya tidak mudah pecah, tapi juga akan menghasilkan pengalaman yang unik bagi pengguna. Jenis bidang usaha ini punya potensi besar.

Untuk mencari produk kreatif apa yang sebaiknya dibuat, Anda bisa melihat produk kreatif yang ada di sekitar. Biasanya tidak jauh dari benda-benda yang kita gunakan sehari-hari, tapi dikemas secara berbeda.


9. Bidang Event Organizer

Anda yang berjiwa kreatif dan senang mengurus ini dan itu, bisa mendirikan event organizer. Tim yang bekerja dengan Anda tidak perlu banyak, tapi punya keahlian yang mumpuni dan kompak.

Tugas Anda di sini memastikan bahwa sebuah acara berjalan lancar dan menyenangkan.

Anda bisa menjadi event organizer acara pernikahan. Peluangnya cukup besar karena pernikahan adalah hal yang sering terjadi di Indonesia

Acara-acara musik yang hadir di kafe atau lokasi yang lebih luas juga diatur oleh mereka. Namun, Anda perlu mengatur jadwal agar tidak mengalami bentrok.

Ketika mengerjakan satu event, Anda sebaiknya fokus dulu ke sana dibandingkan mengerjakan event yang berdekatan.


10. Bidang Agribisnis

Indonesia sudah lama dikenal sebagai negara agraris. Cukup banyak mereka yang berprofesi sebagai petani. Untuk menunjang kegiatan petani, Anda bisa menyediakan produk pupuk, pestisida, peralatan bertani, dan lainnya.


Usaha jenis ini paling laku di wilayah pertanian. Produk Anda pasti dicari oleh para petani. Namun, Anda perlu memasang harga yang wajar. 

Contoh lainnya, apabila Anda mahir berternak, Anda bisa juga menjadi peternak ayam. Ayam masih menjadi produk konsumsi nomor satu di Indonesia, jadi Anda punya kesempatan untuk meraih untung besar.


Baca juga: Peluang dan Tips Memulai Usaha Konveksi


Itulah berbagai jenis bidang usaha yang bisa dijalankan pebisnis pemula. Beberapa bisnis di atas sangat mungkin dijalankan dari modal kecil. Apabila Anda sudah mantap berbisnis, jangan ragu untuk melakukan eksekusi. Eksekusi yang baik akan membantu Anda lebih mengenal bisnis yang dijalankan.


Ingin Mendirikan Usaha yang Sudah Lama Diimpikan? Yuk, Mulai Bersama Modal Rakyat

Mendirikan usaha akan lebih mudah jika punya modal yang cukup. Tidak perlu pusing, dengan mengajukan pinjaman mudah di Modal Rakyat, Anda pasti bisa melaksanakan impian itu.

Anda bisa menentukan modal pinjaman di Rp500 ribu, sampai ke modal besar Rp2 miliar. Bunga yang ditetapkan termasuk kompetitif, jadi Anda tidak perlu khawatir. Semua prosesnya dilakukan online, jadi mudah dan praktis.

Pinjaman Modal Rakyat terjamin keamanannya karena sudah berizin resmi OJK. Raih modal pertama Anda bersama Modal Rakyat.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru