Gaya Hidup

10 Tips Adaptasi Kerja di Tempat Baru untuk Karyawan

Pretty Angelia Wuisan-

22 Jul 2021

10 Tips Adaptasi Kerja di Tempat Baru untuk Karyawan

Kerja di tempat baru tidak akan langsung membuat Anda mengenalinya. Sebagai karyawan baru, Anda harus melakukan adaptasi terlebih dahulu yang membutuhkan waktu. Biasanya masing-masing kantor memiliki kulturnya sendiri yang mungkin akan membuat Anda merasakan perbedaan yang signifikan dengan kantor lama.

Namun, waktu adaptasi ini juga jangan terlalu lama karena akan berpengaruh juga terhadap kinerja Anda. Anda harus mampu menyesuaikan diri dengan kebiasaan-kebiasaan yang ada di kantor baru.

Anda bisa saja canggung di hari pertama. Namun, Anda jangan menunggu sampai teman kantor baru Anda yang mendatangi Anda terus. Tidak ada salahnya langsung memperkenalkan diri dan lebih akrab dengan mereka.

Supaya Anda lebih cepat beradaptasi kerja di tempat baru, inilah tips yang perlu Anda lakukan.


Baca juga: 5 Ciri-ciri Pekerja Keras, Apakah Anda Memilikinya?


1. Perkenalkan diri Anda pada rekan kerja

Biasanya ada tempat kerja yang meminta karyawan baru keliling kantornya untuk berkenalan dengan seluruh karyawan satu per satu. Anda bisa memanfaatkan hal ini sebaik-baiknya di hari pertama masuk ke kantor.  

Tidak perlu malu-malu. Sebut nama Anda dengan suara yang jelas. Sapa rekan kerja baru Anda dengan ramah. Lalu, perhatikan baik-baik nama rekan kerja Anda.

Walaupun Anda tidak langsung mengingatnya, tapi setidaknya Anda memberikan fokus yang bagus di awal.


2. Kerja di tempat baru perlu bersikap sopan

Sebenarnya tidak hanya di hari pertama saja, di mana pun Anda berada, Anda harus bersikap sopan. Sikap ini perlu Anda perlihatkan juga pada masa adaptasi. Misalnya, jika ingin meminjam barang rekan kerja, Anda harus izin dulu.

Pasalnya ada saja orang yang menganggap karena satu ruangan, semua barang yang ada di ruangan itu bisa digunakan olehnya tanpa harus meminta izin. Lalu, ketika selesai menggunakan barangnya, tidak ditaruh di tempat semula atau ada juga yang berani mengambilnya. Anda jangan bersikap seperti ini.

 

3. Ketika diajak berkumpul ikut saja

Rekan kerja baru Anda bisa jadi mengajak Anda berkumpul untuk makan siang atau sekadar mengobrol. Ikuti saja ajakan itu karena di sanalah kesempatan Anda untuk lebih akrab dengan mereka. 

Mempunyai hubungan yang baik dengan rekan kerja bisa membuat Anda betah bekerja di kantor baru. Anda juga pasti jadi lebih cepat beradaptasi.


4. Pelajari kantor dengan sebaik-baiknya

Minggu pertama kerja di tempat baru merupakan waktu yang pas untuk mempelajari kantor Anda sebaik-baiknya. Dibandingkan harus berbicara, tidak masalah jika Anda menjadi seorang pengamat dulu. Dengan begitu Anda tahu bagaimana siklus kehidupan kantor Anda.

Apa yang biasanya bisa membuat bos Anda marah, sehingga Anda bisa menghindari hal itu. Apa yang membuat rekan kerja Anda berkonflik, sehingga kalau terjadi pada Anda, Anda bisa mengatasinya dengan baik. Dan masalah-masalah lainnya yang tidak sengaja tertangkap oleh Anda.  

 

5. Tata meja kerja Anda sesuai dengan yang Anda senangi

Di hari pertama, suasana meja kerja Anda pasti akan berbeda dengan ekspektasi Anda. Namun, tidak perlu kecewa karena biasanya Anda boleh mengaturnya sesuai dengan keinginan.

Hari pertama kerja biasanya pekerjaan Anda masih santai, jadi Anda bisa menggunakan kesempatan itu untuk menata meja kerja Anda sebaik-baiknya. Apabila Anda merasa ada yang perlu ditambahkan, Anda bawa saja barang-barang yang Anda butuhkan keesokan harinya.

Meja kerja yang nyaman, yang sesuai dengan kriteria biasanya mampu membuat Anda fokus dan nyaman bekerja.

 

6. Bertanya tentang hal yang tidak dimengerti

Kerja di tempat baru biasanya akan membuat Anda kebingungan dalam berbagai hal. Misalnya, laporan pekerjaan harus diserahkan pada supervisor atau langsung saja ke kepala bagian. Atau pertanyaan lainnya yang tidak jauh dari kantor dan pekerjaan baru Anda.

Anda jangan malu untuk bertanya. Karena Anda adalah karyawan baru, rekan kerja baru Anda pasti akan menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda. Di sinilah waktu yang tepat untuk bertanya sebanyak-banyaknya.

Apabila Anda malu untuk bertanya, nanti Anda bisa melakukan kesalahan dalam memulai pekerjaan. Rekan kerja Anda mungkin tidak akan menghampiri Anda dulu dan menawarkan bantuan karena mereka juga sibuk dengan pekerjaannya. Anda lah yang perlu mendekati mereka lebih dulu.  

 

7. Hindari membanding-bandingkan

Kerja di tempat baru tentunya akan berbeda dengan kantor yang lama. Di sinilah Anda jangan membanding-bandingkannya.

Apalagi jika omongan Anda itu didengar oleh rekan kerja atau atasan Anda. 

Hal itu tidak etis, walaupun kantor Anda sebelumnya tidak sebagus kantor yang sekarang. Karena Anda masih baru, Anda tidak perlu melakukan pembicaraan yang aneh-aneh. Fokus saja dulu dengan adaptasi Anda.

 

8. Lakukan pekerjaan dengan sebaik-baiknya

Walaupun Anda masih dalam masa adaptasi, Anda perlu bekerja dengan sebaik-baiknya. Jangan langsung memberikan impresi yang tidak baik. Misalnya, datang ke kantor di waktu yang tepat. Kebanyakan kantor memiliki aturan ketat soal ini, jadi jangan sampai Anda ditegur karena melanggar aturan kantor.

Saat pihak HR menjelaskan aturan-aturan kantor, Anda perlu mengingatnya baik-baik dan menaati aturan itu langsung di hari pertama. Jangan sampai timbul kesan bahwa Anda adalah orang yang keras kepala. Karena Anda bekerja di bawah sebuah badan usaha, sudah seharusnya Anda mengikuti aturan-aturan yang berlaku di sana.


9. Jangan Komplain yang Tidak Penting

Komplain yang tidak penting ini berkaitan dengan hal-hal yang tidak Anda terima di kantor baru, sedangkan di kantor lama Anda mendapatkan fasilitasnya. Misalnya, pekerjaan terlalu menumpuk, meja kerja yang sempit, toilet yang sempit, dan sebagainya.

Anda boleh saja menyampaikan komplain, tapi nanti di waktu yang tepat. Bukan di waktu Anda baru masuk kerja di kantor tersebut. Tantangan kerja di tempat baru memang seperti itu. Ada hal-hal yang mungkin membuat Anda tidak nyaman, tapi sebenarnya Anda bisa melewatinya selama Anda mampu untuk beradaptasi dengan baik.


10. Tunjukkan bahwa Anda adalah karyawan yang memegang tanggung jawab

Dari awal kerja di tempat baru, sudah seharusnya Anda bekerja dengan benar dan melaksanakan proyek yang langsung diberikan pada Anda. Tunjukkan Anda memegang tanggung jawab itu dengan rutin mengikut meeting, ikut diskusi saat meeting, membuat laporan secara rutin, dan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan pekerjaan.

 

Baca juga: Bangun Kepercayaan di Perusahaan Lewat Town Hall Meeting

 

Seperti itulah hal perlu Anda lakukan untuk adaptasi kerja di tempat baru. Tidak perlu panik untuk kerja di tempat baru, dibawa santai saja dan percaya diri. Anda pasti bisa melewatinya dengan baik. Semoga Anda semakin sukses di kantor baru, ya.

 

Pendanaan di P2P Lending Modal Rakyat dan Dapatkan Keuntungan hingga 18% per tahun

Ayo bantu pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan modal usaha dan raih keuntungannya.

Dengan modal mulai Rp25.000 saja Anda sudah bisa memberikan akses pinjaman modal bisnis untuk UMKM di Indonesia melalui Modal Rakyat. Selain itu, Anda bisa mendapatkan imbal hasil hingga 18% per tahun.

Gunakan kode promo BLOG25 dan mendapatkan saldo gratis Rp25.000 untuk mulai mendanai. Hubungi customer service kami melalui email di cs@modalrakyat.id  untuk mengetahui syaratnya lebih lanjut. Follow Instagram Modal Rakyat di @modalrakyatid untuk mendapatkan update terbaru dari kami.


 



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru