Bisnis

Konsultan Bisnis: Pengertian, Tugas dan Besaran Gajinya

Pretty Angelia Wuisan-

08 Aug 2022

Konsultan Bisnis: Pengertian, Tugas dan Besaran Gajinya

Konsultan bisnis adalah profesi yang dibutuhkan saat ini. Sesuai dengan namanya, bisnis konsultan ini berhubungan dengan kegiatan bisnis. Lalu, sebenarnya apa itu bisnis konsultan?

Anda yang memiliki bisnis akan sangat terbantu dengan kehadiran konsultan bisnis. Di bawah ini adalah pengerti bisnis konsultan, tugas, gaji, dan cara untuk menjadi bisnis konsultan.


Baca juga: Manajer Keuangan: Pengertian, Tujuan, dan Kualifikasi


Apa itu Konsultan Bisnis?

Bisnis konsultan adalah profesi yang membantu pebisnis dalam memberikan saran atau insight tentang perencanaan usaha yang dimilikinya. Ada dalam bentuk bisnis konsultan perusahaan atau menjalankannya secara individu.

Tidak hanya memberikan saran, tapi juga ikut berperan memberikan berbagai macam solusi untuk menyelesaikan masalah yang terjadi dalam suatu bisnis.

Anda yang ingin sukses berbisnis bisa memanfaatkan jasa bisnis konsultan untuk mendapatkan pengetahuan dan saran yang dibutuhkan.


Apa Tugas Konsultan Bisnis?

Konsultan manajemen bisnis memiliki tugas untuk mengiringi pebisnis yang menggunakan jasanya. Ini dia tugas lengkapnya yang bisa Anda ketahui.

  • Memberikan jasa konsultasi pada para pebisnis
  • Mencari tahu masalah-masalah yang ada pada bisnis klien
  • Menilai perencanaan bisnis dan menyarankan peluang
  • Berkomunikasi yang baik dengan klien

1. Memberikan jasa konsultasi pada para pebisnis

Jasa konsultasi bisnis adalah salah satu solusi yang bisa ditawarkan oleh konsultan bisnis. Di sini Anda harus mempelajari bisnis klien secara menyeluruh, sampai Anda paham betul apa yang klien lakukan. Alasannya agar Anda bisa memberikan solusi yang tepat pada mereka.

2. Mencari tahu masalah-masalah yang ada pada bisnis klien

Klien yang mendatangi bisnis konsultan sebagian merasa ada masalah pada bisnisnya, sehingga membutuhkan bantuan. Anda bisa melakukannya pada perusahaan baru atau perusahaan yang sudah lama berdiri.

Di sini Anda harus bisa mencari tahu masalah apa saja yang ada pada bisnis klien. Anda harus mempelajarinya terlebih dulu. Baru setelah itu memberikan solusi yang dibutuhkan klien.

Dengan berhasil memberikan solusi bagus untuk menyelesaikan masalah bisnis yang kompleks, reputasi Anda pun akan naik.

3. Menilai perencanaan bisnis dan menyarankan peluang

Anda juga bisa memberikan saran peluang bisnis yang bisa dilakukan oleh klien Anda. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menilai perencanaan bisnis klien terlebih dulu.

Dari sana Anda bisa memberikan peluang yang berhubungan dengan bisnis. Tentu untuk peluang ini Anda harus punya pengetahuan dasar mengenai bisnis klien atau memang sudah terbiasa menangani jenis bisnis yang klien jalankan.

Peluang bisnis yang bisnis konsultan berikan diharapkan dapat membantu klien memajukan bisnisnya.

4. Berkomunikasi yang baik dengan klien

Anda juga punya tugas untuk berkomunikasi dengan cara yang baik pada klien. Memberikan informasi penting yang dibutuhkannya. 

Setelah konsultasi selesai pun Anda perlu memastikan bahwa klien bisa melaksanakan rencana-rencana bisnisnya dengan baik. Di sini klien akan merasa diperhatikan dan siapa tahu bersedia menggunakan jasa Anda kembali suatu saat nanti,


Di Mana Bisnis Konsultan Bekerja?

Anda bisa bekerja sebagai bisnis konsultan di 2 pilihan yang punya kelebihan dan kekurangannya sendiri. Ini dia penjelasannya.

  • Bekerja di sebuah perusahaan konsultan
  • Bekerja dengan membuka jasa sendiri atau freelancer 

1. Bekerja di sebuah perusahaan konsultan

Untuk bisnis konsultan sebuah perusahaan, Anda harus mengikuti arahan dari atasan dan memiliki aturan pekerjaan yang lebih ketat. Namun, Anda termasuk mudah mendapatkan klien. Apalagi jika perusahaan di mana Anda bekerja sudah memiliki nama.

Networking yang dimiliki perusahaan business consultant juga cukup luas. Anda akan bertemu dengan banyak orang. Anda mudah berkembang apabila memanfaatkan kesempatan di sini sebaik-baiknya.

2. Bekerja dengan membuka jasa sendiri atau freelancer 

Untuk bisnis konsultan yang dibuka sendiri atau freelance, Anda lebih fleksibel dalam menentukan waktu bekerja. Anda juga dapat menentukan gaji sendiri. 

Namun, Anda butuh usaha ekstra untuk menemukan klien yang mau memakai jasa Anda. Anda harus membuktikan bahwa Anda capable dalam menjawab kebutuhan klien. Untuk itu Anda harus membangun semuanya dari bawah dan mau bekerja sama dengan siapa saja.


Berapa Gaji Seorang Konsultan Bisnis?

Gaji seorang konsultan bisnis ditentukan dari pengalamannya dalam memberikan jasa konsultan pada seseorang. Untuk lulusan baru gaji awalnya adalah Rp4 juta hingga Rp5 juta.

Untuk bisnis konsultan yang sudah punya pengalaman 3 tahun ke atas, gajinya bisa lebih besar. Dimulai dari Rp7 juta hingga Rp14 juta, tergantung dari kerumitan bisnis yang Anda tangani. Semakin mumpuni Anda, tentu gaji yang didapatkan akan besar.


Bagaimana Cara Menjadi Konsultan Bisnis?

Untuk menjadi konsultan bisnis, Anda perlu kemampuan dan pengalaman berikut ini. Dijamin Anda bisa sukses menjalankan tugas.

  • Punya pengalaman dan pengetahuan tentang bisnis
  • Memfokuskan diri pada bisnis tertentu
  • Punya kemampuan menggunakan software manajemen bisnis
  • Memahami strategi pemasaran
  • Punya kemampuan komunikasi yang baik
  • Bersikap positif terhadap semua masalah
  • Punya kemampuan negosiasi yang bagus

1. Punya pengalaman dan pengetahuan tentang bisnis

Syarat menjadi konsultan bisnis adalah Anda harus punya pengalaman dan pengetahuan tentang bisnis. Misalnya, di kuliah dulu Anda belajar di jurusan manajemen bisnis. Dari sini Anda bisa membuktikan punya pengetahuan dasar tentang bisnis.

Kemudian Anda bisa menambah pengalaman dari berbagai proyek dan pekerjaan berkaitan dengan bisnis konsultan yang pernah dijalankan. 

2. Memfokuskan diri pada bisnis tertentu

Anda juga bisa punya fokus atau niche tersendiri untuk bidang bisnis tertentu. Misalnya, Anda fokus menjadi konsultan bisnis untuk fintech, kuliner, dan lainnya.

Dengan memfokuskan diri, Anda jadi lebih mudah mendapatkan klien karena klien akan mencari orang yang memahami cara kerja bisnisnya. 

3. Punya kemampuan menggunakan software manajemen bisnis

Anda juga perlu punya kemampuan menggunakan perangkat lunak yang berkaitan dengan bisnis. Perangkat lunak itu bisa membantu Anda melakukan analisis pada suatu bisnis. Contoh perangkat lunaknya adalah Microsoft Excel, CRM, ERP, dan lainnya.

Anda bisa mempelajari ini di berbagai kursus yang ada di luaran sana untuk bisa lebih aktif menggunakannya. 

4. Memahami strategi pemasaran

Anda juga harus paham mengenai strategi pemasaran. Alasannya karena bisa jadi klien akan meminta solusi pada Anda. Strategi pemasaran juga termasuk langkah penting untuk meraih laba, jadi bisnis konsultan perlu punya ilmu tentang pemasaran yang baik.

5. Punya kemampuan komunikasi yang baik

Bisnis konsultan pasti akan sering bertemu orang. Untuk berhadapan dengan klien juga Anda akan sering berbicara dengan mereka. Pastikan Anda menyampaikan sesuatu sesuai dengan tujuan dan tentunya dimengerti oleh klien. 

Di sini Anda harus mampu menyederhanakan penjelasan agar mudah ditangkap oleh klien. Kemampuan komunikasi ini juga akan membantu Anda mendapatkan klien baru karena klien lama yang merekomendasikan Anda.

6. Bersikap positif terhadap semua masalah

Anda juga perlu memiliki attitude yang positif agar klien pun merasa nyaman bekerja sama dengan Anda. Di setiap masalah yang Anda tangani, Anda tidak perlu terburu-buru dalam memberikan keputusan. 

Walaupun terasa berat, Anda pasti bisa menyelesaikan masalah klien dengan melakukan analisis terhadap kebutuhan bisnis klien yang sudah Anda pahami sebaik-baiknya.

7. Punya kemampuan negosiasi yang bagus

Anda juga perlu memiliki kemampuan negosiasi yang mumpuni. Hal ini akan sangat berguna ketika Anda memberikan solusi pada klien, menghadapi perbedaan pandangan, kemudian menyamakannya untuk rencana bisnis yang sukses. Dari sini pun Anda jadi bisa memberikan keputusan yang cepat.


Baca juga: Apa itu Komisaris? Simak Bedanya dengan Jajaran C-Level


Kesimpulan

Itu dia tentang profesi konsultan bisnis yang bisa Anda ketahui. Tugasnya sekilas tampak ringan, tapi sebenarnya tidak begitu karena Anda harus paham mengenai bisnis yang dijalankan klien. Anda juga harus punya pengetahuan yang luas terhadap bisnis.


Jalankan Pendanaan di Modal Rakyat, hingga Raih Keuntungan yang Didambakan

Anda punya kesempatan mendapatkan keuntungan menarik di pendanaan Modal Rakyat. Caranya pun cukup mudah, Anda memilih UMKM yang terbaik dan meminjamkan dana pada pemiliknya.

Keuntungan untuk Anda bisa mencapai 18% untuk per tahun. Keamanan di Modal Rakyat terjamin karena sudah berizin OJK, sehingga legal dan diawasi. Ayo kembangkan dana Anda di Modal Rakyat untuk memperoleh keuntungannya!



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru