Finansial

Bisnis

Modal Rakyat Dukung Perencanaan Keuangan untuk Modal Usaha

Kabrina Rian Ferdiani-

04 Jan 2021

Modal Rakyat Dukung Perencanaan Keuangan untuk Modal Usaha

Membuka usaha dengan melakukan perencanaan keuangan secara terperinci dapat dimulai dari pencarian modal usaha. Seringkali ide usaha di kepala sudah banyak, namun terkendala dengan Keterbatasan modal. Untungnya saat ini sudah ada Modal Rakyat.

Tidak dapat dimungkiri bahwa masyarakat Indonesia semakin ke sini semakin dituntut untuk memiliki kemandirian dalam segi ekonomi. Para pekerja dapat melanjutkan profesinya, sementara yang tidak bekerja tidak perlu terpatok harus menjadi karyawan kantoran.

Baca juga: 4 Gaya Hidup ini Bikin Kamu Sengsara di Hari Tua, Mau Diteruskan?

Semua berkesempatan sama mendapatkan kesejahteraan dengan cara berbeda, salah satunya bisa dengan membuka usaha. Bahkan dengan menggunakan modal sebaik-baiknya, usaha dapat berkembang hingga menciptakan lapangan pekerjaan untuk banyak orang.

Langkah awal yang tepat adalah dengan membuat perencanaan keuangan demi modal usaha dari pihak terpercaya. Setelah kerja sama dilakukan maka ke depannya tidak akan ada rintangan berarti dan operasional usaha serta hajat hidup karyawan menjadi lebih jelas.

Peranan pendiri UMKM di Indonesia sangat berperan penting untuk memajukan perekonomian bangsa. Kian banyaknya UMKM berdiri membuat banyak pengangguran mulai berkurang dan kesejahteraan secara ekonomi dapat dirasakan oleh berbagai pihak.


Baca juga: Keluarga Muda, Yuk Intip Perencanaan Keuangan Berikut ini


Tawaran Menarik dari Modal Rakyat

Modal Rakyat menyediakan wadah bagi para pemilik modal dan peminjam atau pelaku UMKM yang membutuhkannya. Nantinya sekian banyak pemodal bisa langsung bertemu secara virtual dengan pemilik UMKM untuk memajukan usaha yang menyangkut hajat hidup banyak orang. 

Jenis pinjaman yang ditawarkan cukup menarik, karena Anda dapat menjalani semua prosedur secara online. Pengembalian dana juga terbilang memudahkan untuk kedua belah pihak, di mana prosesnya mendukung perencanaan keuangan usaha Anda lebih terperinci dan jelas. 

Modal Rakyat menerapkan aturan bersahabat dalam hal pelunasan pinjaman oleh peminjam modal. Langkah pertama apabila terjadi keterlambatan pembayaran maka ada pemberian peringatan, dalam hal ini mengingatkan peminjam modal untuk segera membayar cicilan. 

Berikutnya apabila peringatan pertama tidak digubris maka akan disepakati tanggal lain untuk melakukan pembayaran. Dalam hal ini pihak peminjam memiliki wewenang untuk membawa ke ranah hukum apabila diperlukan. Tujuannya untuk melindungi semua pihak. 

Aturan yang dibuat merupakan dukungan terhadap perencanaan keuangan yang tidak hanya menguntungkan satu sisi. Ke depannya apabila peminjam dapat menepati janji maka sumber modal dari manapun tidak akan sulit diterima karena nama baiknya sudah terjamin.


Baca juga: Apa Pentingnya Perencanaan Keuangan Pribadi di Usia Muda?


Kemudahan Teknologi untuk Dapat Pinjaman

Saat ini teknologi membawa kita untuk melakukan segala hal secara lebih efektif dan praktis. Salah satunya dengan melakukan perencanaan keuangan tanpa harus lagi mencari pinjaman modal. Anda cukup mengunjungi satu situs para pemilik modal. 

Dalam menentukan platform yang menghubungkan antara pemodal dengan pemilik UMKM harus benar-benar diseleksi secara tepat. Adanya kemudahan teknologi memang memberikan keuntungan dalam berbagai hal, namun dibutuhkan juga kebijaksanaan. 

Pemilik UMKM harus terlebih dahulu membekali diri dengan informasi yang akurat untuk mendapatkan kenyamanan dan keamanan bertransaksi. Terlebih lagi proses secara online membutuhkan komunikasi yang jelas antara kedua belah pihak sehingga pelunasan selesai. 

Mengikuti perkembangan zaman dengan mengerti teknologi bukan lagi menjadi kebutuhan kalangan tertentu. Pemanfaatan internet dalam berbagai aspek merupakan salah satu alasan baik muda maupun tua dituntut untuk memahami dan bisa memanfaatkannya secara bijaksana.

Terutama apabila internet dimanfaatkan sebagai perencanaan keuangan demi menjalankan usaha. Saat ini sudah tidak perlu repot mencari peminjam modal secara konvensional karena Anda dapat memanfaatkan media internet untuk mendapatkan pemilik modal terpercaya.


Baca juga: Cara Menghitung Dana Pensiun yang Dibutuhkan


Pentingnya Perencanaan Keuangan

Perencanaan keuangan adalah rencana terstruktur untuk memiliki sesuatu yang sudah jelas targetnya. Istilah ini disebut juga dengan financial planning.

Keinginan yang disertai dengan strategi untuk mendapatkannya adalah realisasi dari financial planning dalam jangka waktu tertentu. 

List tujuan-tujuan pencapaian harus diimbangi dengan dukungan finansial serta action plan secara real. Selain itu apabila tidak bisa mencapai tujuan seorang diri maka Anda bisa mempekerjakan beberapa orang berikut memikirkan risiko atas pekerjaan mereka. 

Misalkan saja Anda membuka usaha kue rumahan dan mempekerjakan ibu-ibu sekitar. Faktor risiko yang dimaksud adalah upah yang harus dikeluarkan atas jasa mereka. Selain itu Anda juga harus memikirkan masalah penyusutan alat serta barang yang membutuhkan biaya rutin. 

Ketika seluruh pertimbangan terkait pengeluaran dipikirkan maka perencanaan keuangan usaha Anda akan lebih terlihat jelas. Untuk selanjutnya maka bukan hal sulit ketika Anda harus melihat berapa keuntungan dalam jangka waktu tertentu dan berapa persen perkembangan usaha tersebut.


Baca juga: Siapkan Rencana daripada Tujuan Finansial


Manfaat Perencanaan Keuangan

Tujuan perencanaan keuangan adalah untuk mencapai kondisi finansial yang lebih baik. Melakukan perencanaan keuangan dapat membawa Anda mewujudkan beberapa hal di bawah ini:

Alokasi Dana Jelas

Ketika membuka suatu usaha melakukan perencanaan keuangan seperti pengeluaran dan pemasukan harus jelas terpakai untuk apa. Dengan begitu akan nampak jelas besaran untung dan rugi setiap waktunya. Rencana tepat membantu Anda memiliki indikator kesuksesan pada kurun waktu tertentu. 

Ada Dana Darurat

Mempersiapkan dana darurat sedari dini adalah keputusan tepat. Tidak mengganggu dana tersebut untuk kepentingan lain merupakan salah satu cara untuk melindungi atau membuat batasan dari keinginan diri berlebih. Dana darurat ini penting untuk disisihkan. 

Tujuan Hidup Tercapai

Suatu tujuan pasti dimiliki setiap orang, namun tidak semua orang sanggup melakukan aksi mencapai tujuan tersebut. Dengan segala sesuatu yang direncanakan maka bukan hal sulit bagi setiap orang untuk mencapai tujuan tersebut. Sebab ada pengingat di setiap tindakan. 


Baca juga: 11 Cara Mengelola Keuangan dengan Baik dan Benar

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru