Gaya Hidup

Negara Paling Kaya di Dunia [Update 2021]

Brigitta Winasis-

12 Aug 2021

Negara Paling Kaya di Dunia [Update 2021]

Negara paling kaya di dunia didaftar dan dihitung berdasarkan nilai Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita. PDB dihitung dengan membagi PDB total negara dengan jumlah populasi. Dari penghitungan itu akan didapatkan nilai PDB per kapita suatu negara.

Dengan mengambil PDB suatu negara dan membandingkannya dengan PDB negara lain, akan didapatkan secara akurat perbandingan negara mana yang lebih makmur daripada negara lain. Tentunya dengan beberapa faktor lain yang juga dipertimbangkan.

Nah, berdasarkan data yang dikeluarkan Visual Capitalist, berikut ini adalah 10 negara terkaya di dunia yang dihitung dari pendapatan per kapitanya. 


10. Swedia

Swedia adalah negara yang mengandalkan ekspor kayu, biji besi, dan pemanfaatan hasil tenaga air. Industri rekayasa negara ini menjadi 50% produk yang diekspor ke berbagai negara besar. Hal itu juga didukung dengan persentase penduduk Swedia yang lebih banyak telah mendapatkan gelar pendidikan tinggi. 

Beberapa perusahaan yang berasal dari Swedia berhasil mendunia, seperti Volvo, Sony Ericsson, IKEA, dan masih banyak lainnya. Tahun ini, Swedia memiliki PDB 57.660 Dolar AS per kapita.


9. Belanda

Belanda adalah negara dengan ekonomi terbuka dan cukup bergantung pada perdagangan internasional. Ekonomi negara ini tumbuh cukup lancar selama beberapa tahun terakhir. Di dunia, Belanda menjadi pendiri lembaga penting seperti Uni Eropa dan OECD.  

Mitra dagang Belanda adalah negara-negara besar seperti Amerika Serikat, Jerman, Britania Raya, dan RRC. Kepada negara-negara tersebut, Belanda mengirim berbagai berang di bidang mesin, bahan baku makanan, dan bahan kimia. Tahun ini, Belanda memiliki PDB US$58.029 per kapita.


Baca Juga: 10 Mindset yang Dimiliki Orang Kaya


8. Islandia

Iceland atau Islandia adalah salah satu negara kepulauan Nordik yang punya potensi dengan kenampakan alam seperti ladang lava, gunung berapi, geyser, dan mata air panas. Namun, pada dasarnya negara ini makmur karena tingginya tingkat perdagangan bebas. Pengaruh oleh pemerintah yang tinggi juga sangat tepat. 

Ekonomi Islandia telah berkembang karena industri pariwisata, ekspor, dan investasinya. Ada prediksi bahwa ekonomi Islandia akan terus tumbuh berdasarkan industri peleburan aluminium, perikanan, dan pariwisata. Tahun ini, Islandia memiliki PDB US$ 58.029 PDB per kapita.


7. Singapura

Ketika Singapura merdeka pada tahun 1965, negara ini belum makmur seperti sekarang. Diberitakan bahwa setengah dari penduduknya merupakan golongan buta huruf. Ketika itu, negara ini juga dinilai tanpa sumber daya alam. 

Namun, dengan berbagai kebijakan yang cerdas, negara ini telah melangkah jauh. Bahkan, kini Singapura memiliki ekonomi yang berkembang pesat. Singapura dianggap sebagai pusat manufaktur dan keuangan Asia Tenggara. 

Walaupun ekonomi Singapura terkena dampak wabah Covid-19, Singapura tetap menjadi salah satu negara terkaya di Asia dan dunia. Tahun ini, negara dengan standar hidup tinggi ini memiliki PDB US$ 62.113 per kapita.


6. Denmark

Bangsa yang jumlah penduduknya sekitar 6 juta orang ini memiliki Pendapatan Domestik Bruto PDB per kapita US$ 63.645. Sumber pendapatan utama penduduk Denmark adalah kegiatan manufaktur, pariwisata, dan ekspor produk minyak bumi. Berbeda dengan kebanyakan negara lain, Denmark memiliki fenomena ekonomi langka yang tidak terpengaruh oleh pandemi Covid-19.


Baca Juga: Daftar 10 Orang Terkaya di Dunia [Update 2021]


5. Amerika Serikat

Dengan segala konflik politik belakangan ini, Amerika Serikat (AS) masih termasuk sepuluh besar negara super kaya di dunia. Salah satu penyebabnya adalah karena Amerika Serikat merupakan rumah bagi banyak perusahaan raksasa teknologi yang menguasai pasar di seluruh dunia seperti Apple dan Microsoft. 

Harus diakui bahwa hal tersebut yang membuat Amerika Serikat memiliki daya tarik investasi besar bagi miliarder di seluruh dunia. Selain itu, AS juga memiliki banyak sumber daya alam yang cukup untuk diekspor, seperti minyak dan gas alam. Tahun ini, Amerika Serikat memiliki PDB US $ 66.144 per kapita.


4. Norwegia

Norwegia juga merupakan salah satu negara terkaya di Eropa. Kuatnya ekonomi negara ini disokong oleh minyak. Bahkan, negara ini menjadi negara penghasil minyak terbesar di daerah Eropa Barat. 

Sebenarnya, dalam beberapa tahun terakhir, ekonomi Norwegia sedikit mengalami penurunan. Namun, hal itu tidak membuat negara ini keluar dari 10 negara termakmur pada tahun 2021. Tahun ini, Norwegia memiliki PDB US$76.408 per kapita.


3. Swiss

Swiss adalah negara Eropa lain yang memiliki kekayaan dan terkenal dengan produk penemuannya. Daftar produk khas Swizz sangat banyak, seperti coklat putih, bobsleigh, dan pisau tentara swiss. 

Swiss memiliki populasi kecil namun didukung dengan industri yang mapan. Negara ini mengekspor barang vital seperti obat-obatan, permata, logam mulia, instrumen, komputer, jam tangan, peralatan medis, dll. Swiss juga menjadi negeri yang kaya karena memiliki banyak individu jutawan di dunia.

Tahun ini, PDB Swiss mencapai US $90.358 per kapita.


2. Irlandia

Perekonomian Irlandia adalah salah satu perekonomian yang paling cepat berkembang di Eropa setelah sempat menjadi yang paling terpuruk selama krisis keuangan 2008. Dengan manajemen yang tepat dan reformasi revolusioner yang didukung beberapa negara besar, kini PDB Swiss mencapai US$ 90.478 per kapita.


1. Luksemburg

Luksemburg adalah negara yang terletak di jantung Eropa dengan populasi sekitar 625.000. Dengan letak dan kondisi alamnya, negara ini menjadi salah satu tujuan paling menarik untuk investasi. Perusahaan seperti Skype dan Amazon bahkan berani memindahkan kantor pusat regional mereka ke Luksemburg. 

Negara yang terkenal dengan kastil dan pemandangannya yang indah ini memiliki industri produksi baja yang cukup mapan. Luksemburg juga menjadi salah satu negara yang menangani pandemi Covid-19 dengan sangat efektif, sehingga perekonomian negara masih berkembang bahkan setelah pandemi. Tahun ini, PDB Luksemburg mencapai US $121.923 dan menjadi negara terkaya tahun 2021.


Baca Juga: 8 Cara Menjadi Kaya Sebelum Umur 30


Melakukan Pendanaan Menguntungkan di Modal Rakyat 

Meskipun dalam data yang ditampilkan Visual Capital Indonesia menempati posisi 114 PDB terbaik dunia tahun 2021, pengolahan dana di dalam negeri bukan hal yang keliru untuk dilakukan. Apalagi, jika pengelolaan dana tersebut dilakukan melalui medium terpercaya seperti modal rakyat. 

Modal Rakyat adalah medium yang mempertemukan pendana dengan pebisnis. Dengan semangat gotong royong, Modal Rakyat memediasi kerjasama antara sumber dana dengan pihak yang membutuhkan suntikan dana. Untuk mengetahui lebih banyak tentang Modal Rakyat, klik ini.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru