Bisnis

Gaya Hidup

15 Pekerjaan Sampingan Online yang Mudah Dilakukan

Pretty Angelia Wuisan-

10 Dec 2021

15 Pekerjaan Sampingan Online yang Mudah Dilakukan

Anda yang ingin punya penghasilan lebih untuk bermacam keperluan, tidak ada salahnya melakukan pekerjaan sampingan online

Ada berbagai pekerjaan sampingan online kekinian yang menjanjikan. Anda dapat mengerjakannya dari jarak jauh dan praktiknya mudah selama Anda menyediakan koneksi internet yang bagus. Ini daftarnya.

  • Desain grafis
  • Mendirikan bisnis online
  • Penulis lepas
  • Translator
  • Dropshipper
  • Reseller
  • Tutor online
  • Pembuat konten Youtube
  • Admin media sosial
  • Influencer
  • Fotografer
  • Video editor
  • Editor tulisan
  • Data entry
  • Web developer


Baca juga: Seni Menciptakan Produktivitas Kerja Efektif dan Efisien 


1. Pekerjaan sampingan online, desain grafis

Anda yang memiliki kemampuan oke dalam desain grafis, kesempatan Anda untuk mendapatkan pekerjaan sampingan cukup besar.

Cukup banyak perusahaan besar yang membutuhkan tenaga desainer grafis untuk mengerjakan bahan promosi yang akan dimunculkan di media sosial, situs web, dan platform digital lainnya.

Jenis pekerjaan ini menuntut kreativitas, walaupun nantinya akan ada briefing dari pemilik proyek. Anda juga diwajibkan menguasai berbagai software khusus desain grafis.


2. Mendirikan bisnis online

Pekerjaan sampingan online ini cocok untuk Anda yang berniat jadi wirausahawan. Sangat bisa Anda lakukan di waktu luang.

Anda dapat menjual berbagai produk secara online. Coba saja mulai dari barang-barang bekas yang Anda miliki. Misalnya, pakaian yang masih bagus untuk dikenakan. Anda pun jadi bisa kerja sampingan online tanpa modal.

Supaya dagangan Anda laku keras, andalkan media sosial untuk strategi pemasaran


3. Penulis lepas

Untuk memulai pekerjaan sampingan satu ini, Anda perlu mempunyai kemampuan menulis yang mumpuni mulai dari kemampuan merangkai kata yang baik, punya pengetahuan tentang PUEBI, dan pintar dalam melakukan riset.

Anda bisa menulis konten untuk situs web suatu perusahaan, landing page, email marketing, caption media sosial, dan media lainnya yang membutuhkan tulisan bagus untuk menggaet lebih banyak konsumen.

Lowongan kerja sebagai penulis lepas mudah ditemukan di internet. Anda hanya harus pintar memilih pekerjaan yang sesuai dengan kualitas tulisan Anda karena besaran fee untuk Anda bisa beragam.


4. Translator

Pekerjaan sampingan satu ini juga dibutuhkan banyak perusahaan, terutama yang sering bekerja sama dengan perusahaan asing. 

Umumnya, bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris. Namun, tidak menutup kemungkinan ada bahasa lainnya mulai dari bahasa Arab, bahasa Mandarin, bahasa Korea, dan lainnya.

Untuk menjadi translator Anda harus punya kemampuan bagus dalam bahasa tertentu dengan tingkat kemahiran di atas rata-rata. 

Untuk memulai jadi translator, Anda pun harus belajar bahasa asing yang Anda minati selama beberapa tahun terlebih dulu supaya bisa mendapatkan pekerjaan pertama Anda.


5. Dropshipper

Pekerjaan sampingan online ini tidak memerlukan modal untuk memulai. Anda tinggal memilih produk dari sebuah toko yang sudah punya nama atau laku keras, lalu mengajukan diri sebagai dropshipper.

Banyak toko yang membuka kerja sama dropship untuk membuat produknya cepat terjual. Anda hanya diminta mencari sebanyak-banyaknya konsumen. Semakin banyak konsumen yang berhasil Anda gaet, semakin banyak pula komisi yang Anda raih.

Mencari pekerjaan ini mudah, Anda bisa menemukannya di banyak toko online. Dengan mengandalkan ponsel pintar dan koneksi internet, Anda pun sudah bisa menjadi seorang dropshipper.


6. Reseller

Anda juga bisa menjadi reseller sebagai pekerjaan sampingan online yang menghasilkan. Coba Anda menghubungi toko online dan menawarkan diri untuk menjadi salah satu reseller mereka. 

Toko online yang membuka kesempatan reseller biasanya akan memberikan Anda penawaran menarik.

Menjadi seorang reseller mengharuskan Anda membeli produknya terlebih dulu. Namun, penjual bersedia memberikan Anda diskon secara cuma-cuma. Anda pun bisa menjualnya di harga yang lebih tinggi.


7. Tutor online

Saat ini tutor online menjadi pekerjaan sampingan yang banyak dibutuhkan. Hal itu karena semakin banyak orang yang butuh belajar secara online.

Tidak hanya anak sekolah, mereka yang sudah bekerja pun mengikuti berbagai macam pelatihan yang membutuhkan tutor online handal.

Materi yang saat ini banyak diminati adalah pengembangan diri, kemampuan bahasa asing, belajar mata pelajaran sekolah, dan lainnya.


8. Pembuat konten Youtube

Pekerjaan sampingan ini bisa menghasilkan cuan banyak ketika konten yang Anda suguhkan menjadi viral.

Sekarang lebih banyak orang yang menghabiskan waktunya untuk menonton Youtube. Ini bisa menjadi kesempatan besar untuk Anda.

Untuk memberikan konten terbaik, Anda wajib memiliki kreativitas yang tinggi. Selain itu, Anda juga membutuhkan seseorang yang ahli untuk mengedit video Youtube menjadi enak dilihat.


9. Admin media sosial

Pekerjaan sampingan online ini juga kesempatannya besar karena rata-rata perusahaan memiliki media sosial untuk mempromosikan produknya.

Pekerjaan ini bisa dilakukan di masa saja selama Anda punya koneksi yang memadai. Anda juga diharuskan online di malam hari untuk mempublikasi konten atau berinteraksi dengan para pengikut.

Untuk menjadi admin, Anda perlu memiliki kemampuan menulis caption yang menarik. Ada juga perusahaan yang mengharuskan Anda mampu melakukan desain grafis sederhana.


10. Influencer

Pekerjaan sampingan satu ini bisa dilakukan siapa saja, tidak harus artis. Asalkan Anda punya jumlah pengikut yang banyak dan konten Anda relate dengan perusahaan yang ingin bekerja sama.

Anda hanya perlu fokus pada satu tema. Misalnya Anda adalah influencer kuliner, konten Anda pun tidak jauh dari kuliner. Perusahaan yang bergerak di bidang kuliner yang akan menawarkan kerja sama untuk Anda. 


11. Fotografer

Anda yang punya kemampuan memotret di atas rata-rata bisa memiliki pekerjaan sampingan online sebagai fotografer.

Anda bisa fokus memotret dengan tema tertentu. Misalnya, fotografer khusus hewan peliharaan, fotografer khusus produk makanan, fotografer khusus untuk kegiatan pra nikah dan pernikahan, dan lainnya.


12. Video editor

Video editor adalah pekerjaan sampingan online yang juga banyak dibutuhkan perusahaan. Apalagi materi promosi perusahaan saat ini tidak hanya desain grafis dan tulisan, tapi juga merambah ke video.

Tentunya mereka membutuhkan orang yang mahir membuat video menjadi menarik untuk ditonton. 

Pekerjaan ini cukup luas cakupannya dan sekarang bisa hadir di mana-mana. Anda pun bisa mencari perusahaan yang nyaman untuk bekerja sama.


13. Editor tulisan

Ada lagi pekerjaan sampingan online yang juga banyak dibutuhkan. Bedanya dengan penulis, seorang editor harus paham tulisan yang bagus seperti apa. 

Hal itu karena pekerjaan mereka yang memoles tulisan penulis menjadi lebih enak dibaca dan sesuai aturan PUEBI juga.

Editor tulisan ini bisa sebagai editor buku, editor blog, editor untuk copywriter, dan lainnya.


14. Data entry

Pekerjaan ini mengharuskan Anda mengisi data-data penting suatu perusahaan di spreadsheet atau format lainnya.

Keahlian khusus yang Anda perlukan untuk menjadi data entry yang sukses adalah harus teliti terhadap data-data yang dimasukkan. Jika ada kesalahan data, Anda harus bisa menemukannya, kemudian mengeditnya. Kesalahan pengisian data adalah hal yang perlu Anda hindari.


15. Web developer

Anda yang punya kemampuan membangun situs web bisa juga menjadikan profesi ini sebagai pekerjaan sampingan.

Apalagi rata-rata perusahaan sekarang sudah menyadari pentingnya memiliki situs web. Hal itu menjadikan perusahaan jadi lebih mudah dicari oleh calon konsumen atau klien.

Anda akan dibayar per proyek. Besaran biayanya pun beragam. Semakin lengkap fitur di dalam website, bayaran Anda bisa semakin besar.


Baca juga: Coworking Space, Tempat Kerja Kekinian Favorit Para Milenial


Kesimpulan

Itulah daftar pekerjaan sampingan online kekinian yang menjanjikan. Perhatikan job description dan fee sebelum menerima penawaran kerja. Jangan lupa untuk mengatur jadwal pekerjaan supaya tidak burnout.


Raih Pemasukan Tambahan Sebagai Pendana UMKM di Modal Rakyat

Cara mudah lainnya untuk bisa meraih pemasukan tambahan adalah dengan mendanai UMKM yang membutuhkan modal di Modal Rakyat.

Modal Rakyat adalah platform P2P Lending berizin OJK yang memungkinkan Anda untuk menjadi pendana bagi para pelaku usaha kecil yang membutuhkan.

Modal pertama yang bisa Anda salurkan dimulai dari Rp25.000. Imbal hasilnya pun menjanjikan, yaitu sampai 18% per tahunnya.

Gunakan promo dengan kode BLOG25 supaya Anda meraih saldo gratis Rp25.000



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru