Gaya Hidup

Coworking Space, Tempat Kerja Kekinian Favorit Para Milenial

Pretty Angelia Wuisan-

06 Aug 2021

Coworking Space, Tempat Kerja Kekinian Favorit Para Milenial

Coworking space merupakan tempat yang saat ini difavoritkan oleh para milenial. Coworking space hadir saat kebutuhan tempat kerja bergeser karena adanya kebebasan dalam memilih tempat bekerja. Tempat kerja bersama ini hadir ketika semakin banyak orang yang bekerja sebagai freelancer dan kelahiran bisnis start up yang kian menjamur.

Tempat kerja bersama ini menjadi pilihan perusahaan startup yang belum mampu menyewa tempat sendiri untuk mengembangkan bisnisnya. Di Indonesia sudah semakin banyak lho tempat seperti ini. Untuk itulah di sini akan dibahas tentang pengertian, manfaat, dan coworking space yang bisa Anda temukan di Jakarta.  

 

Baca juga: Strategi Mengendalikan Emosi di Kantor

 

Pengertian Coworking Space

Coworking space adalah satu tempat yang menyediakan ruangan untuk kita melakukan pekerjaan, yang dikunjungi oleh pekerja dari berbagai bidang. Di tempat ini, Anda akan bertemu dengan orang yang bekerja di perusahaan lain. Tempat ini bisa juga dikatakan sebagai tempat kerja bersama.

Fasilitasnya telah hadir di beberapa kota besar di Indonesia. Contohnya di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan lainnya. Yang menyewakan tempat ini biasanya individu atau perusahaan. Bisa dikatakan coworking space adalah jenis bisnis masa kini yang cukup meyakinkan.

Karena tujuannya untuk bekerja, tidak mengherankan jika desain ruang kerja di co working space sendiri dibuat senyaman mungkin untuk mereka yang menyewa.

Untuk dapat bekerja di tempat ini, tentu ada harga sewa yang perlu dibayar. Biasanya Anda harus membayar biaya sewa per jam. Itu belum termasuk dengan biaya penyewaan ruangan khusus untuk meeting dan biaya makan apabila di sana menyediakan makanan.

Walaupun bukan tempat kerja sendiri, tapi kehadiran tempat kerja bersama ini menjawab kebutuhan-kebutuhan anak muda yang sedang merintis bisnis atau bekerja secara bebas tanpa terikat dengan aturan kantor.

Jam buka tempat kerja bersama ini cukup fleksibel. Di luar negeri bahkan ada yang buka sampai 24 jam (sebelum pandemi terjadi). Untuk Anda yang ingin memanfaatkan tempat kerja bersama, perlu mencari informasi dulu tentang jam buka dan biaya yang harus Anda siapkan untuk menyewanya.

 

Manfaat Coworking Space

Ada beberapa alasan mengapa konsep coworking space disukai oleh penyewanya. Hal itu karena ada manfaat yang dapat dirasakan oleh pengguna coworking space. Inilah manfaatnya.

  1. Untuk mereka yang baru merintis bisnis, tempat kerja bersama ini memberikan pilihan sewa yang mudah untuk mereka. Seperti tersedianya tempat untuk meeting dan tersedianya fasilitas tambahan yang dibutuhkan juga.
  2. Para pebisnis bisa bertemu tanpa sengaja di dalam satu ruangan, lalu malah bekerja sama dan menjadi rekan kerja untuk membesarkan bisnis mereka. Tempat ini sangat cocok menjadi tempat memperluas jaringan.
  3. Harga sewanya lebih murah karena dibayar per jam atau harian. Dibandingkan harus menyewa satu tempat yang bisa menghabiskan puluhan juta dalam sebulan.
  4. Freelancer yang bosan bekerja di rumah terus, bisa menjadikan tempat ini sebagai tempat kerja favorit.
  5. Lokasinya biasanya berada di pusat kota atau gedung perkantoran, sehingga mudah dijangkau oleh siapa saja yang memiliki keperluan.
  6. Fasilitas tambahannya cukup lengkap. Mulai dari tersedianya toilet, internet untuk bisa terkoneksi dengan yang lain, meja kerja dan kursi yang nyaman, AC, dan fasilitas lainnya yang biasanya dibutuhkan oleh pekerja.
  7. Desain tempat kerja bersama ini juga biasanya sangat menarik. Membuat orang betah bekerja lama-lama.

 

Contoh Coworking Space

Sebagai informasi untuk Anda, di bawah ini adalah daftar tempat kerja bersama yang hadir di Jakarta. Anda bisa berkunjung ke tempat ini untuk bisa bekerja secara nyaman dan aman.

1. Co-Hive

Merupakan salah satu tempat kerja bersama yang cabangnya ada lebih dari 10 di Jakarta. Harga sewanya cukup murah, mulai dari Rp50.000 dalam sehari. Buka hanya pada waktu hari kerja, yaitu Senin hingga Jumat. Jam bukanya mulai dari pukul 09.00 hingga pukul 20.00.

2. WeWork

Merupakan tempat kerja bersama yang lokasinya berada di pusat bisnis seperti di SCBD dan di Kuningan. Harga sewanya berkisar mulai dari Rp2,84 juta per bulan. Biasanya buka di hari kerja saja, yang dimulai dari pukul 09.00 hingga 18.00.

3. Greenhouse

Merupakan tempat kerja bersama yang cukup unik karena punya konsep seperti penthouse. Lokasinya berada di Kuningan, tepatnya di Multivision Tower Lantai 25. Anda bisa menyewa tempat ini mulai dari Rp150 ribu per harinya atau Rp2 juta per bulan.  

 

Baca juga: Apa Saja Kerja yang Menghasilkan Uang Banyak? Ini Daftarnya

 

Itulah pembahasan mengenai tempat kerja bersama. Anda bisa memanfaatkannya untuk menunjang hari-hari Anda yang sibuk. Namun, Anda jangan lupa untuk memperhatikan keamanan di sekitar tempat kerja bersama. Karena ini tempat untuk publik, jadi Anda bisa bertemu dengan siapa saja. Anda perlu menjaga barang berharga yang Anda bawa.

Anda juga perlu mengikuti aturan yang berlaku di tempat kerja bersama ini. Biasanya aturan yang ada itu seperti tidak berisik, tidak membuang sampah sembarangan, dan menjaga kebersihan di seluruh area kerja bersama. Selain itu, Anda juga perlu menjaga sikap dengan tidak mengganggu yang lain bekerja. Semangat bekerja, ya!

 

Pelaku UMKM Bisa Membesarkan Bisnisnya Bersama Modal Rakyat

Pelaku UMKM yang ingin meningkatkan kinerja bisnisnya, tapi terkendala modal, dapat mengajukan pinjaman di Modal Rakyat. P2P Lending Modal Rakyat akan mempertemukan Anda dengan pendana yang bersedia meminjamkan dana untuk Anda. Anda dapat mengajukan pinjaman di Rp500 ribu sampai Rp2 miliar.

Tidak perlu mencemaskan besaran bunga karena bunga yang dibebankan pada Anda akan disesuaikan dengan risiko usaha. Proses pengajuan pinjaman termasuk mudah karena bisa dilakukan secara online, oleh karena itu prosesnya cenderung cepat. Modal Rakyat juga sudah memperoleh izin dari OJK, jadi aman dan terpercaya.

Anda bisa memulai pengajuan pinjaman dengan berkunjung ke tautan ini.

 



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru