Bisnis

30 Peluang Usaha Saat ini yang Bagus untuk Tahun 2022

Pretty Angelia Wuisan-

16 Dec 2021

30 Peluang Usaha Saat ini yang Bagus untuk Tahun 2022

Peluang usaha saat ini ada banyak jumlahnya, dan sangat bisa Anda lanjutkan di tahun 2022. Apapun peluang bisnis yang Anda lakukan, selama Anda mengerjakannya secara serius, pasti bisa mendatangkan hasil yang memuaskan.

Inilah daftar 30 peluang usaha saat ini yang menjanjikan dan akan masih eksis di tahun 2022 nanti. 

  • Admin Media Sosial
  • Event Organizer
  • Fotografer Produk
  • Peluang Usaha Saat Ini: Bisnis Online
  • Kursus Online
  • Menjual Akun Netflix
  • Menjual Voucher Game
  • Menjadi Youtuber
  • Influencer
  • Meluncurkan Podcast
  • Dropship
  • Reseller
  • Affiliate Marketer
  • Menjual Foto
  • Desain Grafis
  • Penulis Konten
  • Blogger
  • Tour Guide
  • Translator
  • Mengembangkan Situs Web
  • Mengembangkan Aplikasi
  • Usaha Antar Jasa
  • Agen Asuransi
  • Franchise kuliner
  • Marketer Properti
  • Jualan Pulsa
  • Menjual Aksesoris
  • Usaha PPOB
  • Membuka Usaha Farmasi
  • Usaha Tanaman Hias


Baca juga: Mau Menjual Barang Mahal Tapi Laris? Ini Tips untuk Anda


1. Membangun Media Sosial

Peluang usaha saat ini yang potensial adalah membangun media sosial milik suatu perusahaan. 

Sebagian besar perusahaan mempekerjakan tim eksternal untuk mengurus media sosial mereka. Hal itu karena mereka percaya memanfaatkan media sosial dapat meningkatkan penjualan produk mereka.

Anda perlu tim untuk menjalankan bisnis ini. Tim kecil pun tidak masalah. Anda memerlukan desainer grafis, content strategist, content writer, dan admin media sosial.


2. Event Organizer

EO adalah peluang usaha saat ini yang tidak hanya bisa dilakukan offline, secara online pun bisa jadi pilihan.

Webinar yang diadakan oleh banyak instansi dan lembaga tertentu, memanggil EO khusus webinar online untuk melancarkan acaranya. Untuk menjalankan usahanya, Anda memerlukan alat yang memadai.

Jadi, bukan berarti selama pandemi ini EO sama sekali tidak bekerja. Bahkan pandemi sudah membuat peluang baru untuk usaha EO.


3. Fotografer Produk

Media sosial saat ini menjadi andalan banyak usaha untuk menjual produk. Untuk mengatur media sosial jadi tampak menarik, biasanya pemilik usaha membutuhkan foto-foto produk yang menunjukkan keunggulannya.

Fotografer khusus produk jadi peluang usaha saat ini dan di tahun 2022. Tugasnya adalah membidik produk dengan sudut pandang yang menonjolkan keunggulan produk.

Biasanya hal ini dilakukan untuk produk kuliner, tapi produk lainnya pun bisa. 


4. Peluang Usaha Saat Ini: Bisnis Online

Usaha ini adalah bisnis rumahan yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Anda bisa memulainya dengan bisnis yang mudah, misalnya menjual pakaian yang pernah Anda pakai atau preloved.

Untuk menjadikannya usaha yang menjanjikan, Anda bisa memanfaatkan marketplace. Di sana Anda berpotensi menemukan lebih banyak konsumen.

Usaha ini juga cocok dijalankan sebagai penghasilan kedua. Namun, untuk penghasilan utama pun tetap punya potensi.


5. Kursus Online

Anda yang senang mengajar atau memiliki kemampuan dalam bidang tertentu, bisa membuka usaha kursus online yang peluangnya besar.

Sekarang, lebih banyak orang yang membutuhkan kursus online. Tidak hanya pelajar, para pekerja pun memanfaatkannya untuk menaikkan skill.

Misalnya, Anda punya kemampuan dan pengetahuan dalam bidang SEO, bisa membuka kursus online SEO pada mereka yang tertarik.


6. Menjual Akun Netflix

Peluang usaha saat ini yang siapa sangka mendatangkan banyak konsumen adalah menjual akun Netflix.

Di sini Anda membantu membuatkan akun legal untuk menonton Netflix. Satu akun bisa ditonton oleh 5 pengguna, jadi Anda bisa memasang tarif khusus pada masing-masing pengguna.

Untuk menjalankan bisnis ini Anda perlu memiliki kartu kredit yang aktif yang dibutuhkan untuk proses pembayaran ke pihak Netflix.


7. Menjual Voucher Game

Orang Indonesia hobi bermain game, dan mereka tidak masalah membeli voucher untuk bermain game dengan lancar. Hanya saja mereka banyak yang tidak ada kartu kredit.

Untuk memulai usahanya, Anda bisa menawarkan voucher game yang dibeli dari agen-agen yang menyediakan voucher game asli. Anda sangat bisa menjalankan bisnis ini secara online


8. Menjadi Youtuber

Menjadi Youtuber adalah peluang usaha saat ini dan tahun 2022 yang menjanjikan. Banyak orang yang berhasil menjalankan usaha Youtuber dan akhirnya mendapatkan tawaran untuk mengiklankan brand.

Namun, sebelum itu, Anda harus mengaktifkan Google AdSense terlebih dulu. Supaya pengajuan diterima, video yang Anda buat harus mengikuti guidelines Youtube. Anda juga perlu membuat video yang menarik ditonton. 


9. Influencer

Menjadi influencer mendatangkan pemasukan yang cukup besar untuk Anda. Hanya saja Anda perlu melakukan personal branding yang bagus terlebih dulu supaya dikenal oleh masyarakat luas.

Selain itu, Anda juga perlu fokus pada satu tema supaya brand mudah mengenali Anda. Misalnya, Anda sering mengulas produk kecantikan.

Ketika Anda berhasil meraih banyak pengikut yang asli, brand-brand pun bisa mengajak kerja sama endorse


10. Meluncurkan Podcast

Peluang usaha saat ini dan 2022 nanti pilihannya ada di tangan Anda. Podcast menjadi salah satunya yang dapat dipilih.

Ketika podcast Anda ramai didengarkan orang, Anda bisa menarik para brand untuk bekerja sama. Jika podcast Anda siarkan melalui Youtube, Anda pun akan meraih pemasukan dengan cara monetisasi.


11. Dropship

Sistem bisnis ini tidak mengharuskan Anda untuk membeli barang suatu toko. Anda tinggal mencari calon pembeli untuk toko tersebut dan menghubungi toko supaya mengirimkan produk ke pembeli.

Anda juga bisa memilih jenis bisnisnya sesuka hati. Terlebih berbagai jenis bisnis terbuka dengan program dropship. Paling bagus jika Anda memilih produk yang Anda kenali dengan baik.


12. Reseller

Atau Anda bisa juga menjadi reseller dari produk yang dimiliki brand ternama. Berbeda dengan dropship, menjadi reseller harus mengharuskan Anda membeli dulu produknya, tapi dengan harga yang lebih miring. Anda pun bisa memasarkan produknya dengan harga yang tidak jauh dengan di pasaran. 


13. Affiliate Marketer

Banyak marketplace yang membuka kerja sama program afiliasi marketer untuk membantu memasarkan produk mereka. Nanti Anda akan memperoleh komisi dari jumlah produk yang berhasil terual.

Syaratnya sangat mudah, Anda hanya perlu mempunyai media sosial yang jumlah pengikutnya berapa saja.


14. Menjual Foto

Untuk Anda yang hobi fotografi, coba saja jadikan menjual foto sebagai peluang usaha saat ini. Apalagi banyak perusahaan yang membutuhkan foto berkualitas untuk konten-konten mereka.

Semakin banyak orang mengunduh foto Anda, uang yang mengalir ke rekening pun makin banyak.


15. Desain Grafis

Usaha satu ini juga akan masih dibutuhkan di tahun 2022 dan tahun-tahun berikutnya. Kebutuhan konten yang menarik yang menjadi pemicunya.

Anda bisa menawarkan jasa pembuatan banner, pembuatan konten media sosial, pembuatan kartu ucapan, pembuatan desain situs web, dan lainnya. 


16. Penulis Konten

Jasa pembuatan tulisan juga dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Tulisannya bisa dipublikasikan di situs web atau di media sosial. Anda diwajibkan punya kemampuan menulis mumpuni untuk profesi ini.

Tema tulisan yang harus ditulis bisa apa saja. Akan lebih baik jika Anda fokus di tema khusus dan menjadi penulis ahli di tema itu. 


17. Blogger

Selain menulis di situs web orang lain, Anda bisa juga unggul melalui situs web sendiri. Menjadi blogger adalah peluang usaha saat ini yang mendatangkan penghasilan lumayan. 

Anda harus berusaha dulu menulis konten yang orisinil, lalu mendapatkan banyak pembaca, kemudian mengajukan monetisasi, dan yang terakhir punya kesempatan untuk bekerja sama dengan brand yang butuh review produk.


18. Tour Guide

Tour guide di masa pandemi ini masih terbilang sepi, tapi ketika pandemi sudah berakhir, peluang usaha ini bisa moncer di tahun 2022.

Tugas Anda adalah menjadi pendamping wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata tertentu. Anda harus membuat perjalanan wisatawan itu menyenangkan.

Anda bisa mendapatkan penghasilan dari gaji utama dan tip yang diberikan para wisatawan di akhir perjalanan.


19. Translator

Translator dibutuhkan di berbagai bidang, mulai dari menerjemahkan buku, menerjemahkan dokumen resmi, menjadi interpreter, dan lainnya.

Anda yang mahir berbahasa asing bisa membuka usaha jasa terjemahan dokumen apa saja. Akan lebih bagus lagi jika Anda menjadi penerjemah tersumpah.

 

20. Mengembangkan Situs Web

Membangun situs web sebuah perusahaan bisa Anda jalankan untuk peluang usaha saat ini dan tahun 2022. 

Banyak perusahaan atau lembaga yang menyadari pentingnya memiliki situs web untuk membuat mereka lebih dikenal. Anda pun bisa membangun situs web sesuai dengan arahan klien. 


21. Mengembangkan Aplikasi

Sama seperti membangun situs web, mengembangkan aplikasi untuk ponsel pintar juga jadi peluang usaha yang bagus untuk tahun 2022.

Anda wajib mahir membangun aplikasi yang mudah digunakan oleh pengguna yang awam sekalipun. Inilah tantangannya untuk Anda.

Mengembangkan aplikasi juga tidak sekali jadi, Anda perlu membiarkannya digunakan oleh masyarakat dulu untuk tahu hasilnya. Setelah itu, aplikasi juga perlu dilakukan pembaruan.


22. Usaha Jasa Antar

Usaha antar jasa dapat menjadi peluang usaha yang cemerlang di tahun 2022. Hal ini disebabkan karena banyaknya toko online dan kebiasaan masyarakat yang berbelanja online.

Anda bisa memanfaatkan hal ini dengan membangun usaha jasa antar paket. Untuk pertama, wilayahnya hadir di dekat domisili Anda dulu. Baru setelah berkembang, Anda bisa mendirikan cabang di kota lain.


23. Agen Asuransi

Agen asuransi bisa menjadi peluang usaha saat ini dan tahun 2022 yang dibutuhkan. Masyarakat Indonesia semakin menyadari pentingnya memiliki asuransi yang bisa memproteksinya dari berbagai musibah.

Agen asuransi yang akan membantu nasabah memilih asuransi yang tepat bagi kebutuhan dan kemampuannya dalam membayarkan premi.


24. Franchise kuliner

Usaha franchise kuliner saat ini juga cepat berkembang. Anda bisa memilih menjadi pengusaha yang membeli franchise yang sudah ada atau membangun franchise itu sendiri dari nol. Keduanya sama-sama menguntungkan, hanya perjuangan awalnya saja yang berbeda. 


25. Marketer Properti

Permintaan pembelian rumah selalu ada dari waktu ke waktu. Seorang marketer properti yang membantu developer rumah untuk menjual rumah-rumah yang baru dibangun. Untuk sukses menjalaninya, Anda harus paham keunggulan dari rumah yang Anda jual.


26. Jualan Pulsa

Jualan pulsa adalah usaha yang menjanjikan untuk dilaksanakan dari mana saja. Usaha ini mudah dipraktikkan dengan modal kecil. 

Supaya Anda bisa terus meraih untung, Anda menentukan pulsa di harga yang wajar. Memang keuntungan jual beli pulsa ini tidak seberapa, tapi risikonya pun termasuk minim.


27. Menjual Aksesoris

Anda yang punya kreativitas membuat berbagai macam aksesoris, bisa menjadikan hal itu sebagai usaha.

Jenis aksesorisnya bisa apa saja. Pilih yang tidak jauh dari keseharian. Misalnya, ikat rambut, bros, aksesoris untuk ponsel, dan lainnya. Jualan melalui online akan lebih mudah mendapatkan pelanggan.


28. Usaha PPOB

Jenis usaha PPOB juga masih menjadi peluang usaha saat ini dan tahun 2022 nanti. Usaha ini menyasar pada orang-orang yang belum paham pembayaran online mandiri, sehingga masih membutuhkan bantuan untuk pembayaran. Bisnis PPOB bisa jadi solusi.

Tidak harus mempunyai toko fisik, usaha PPOB pun bisa dilakukan secara online. Anda jadi punya potensi memiliki pelanggan jarak jauh.


29. Membuka Usaha Farmasi

Usaha bidang farmasi juga bisa menjadi solusi terbaik untuk sekarang. Anda bisa menjadi pemilik modal yang membuka usaha apotek.

Syarat utama untuk membuka usaha farmasi ini, Anda perlu bekerja sama dengan apoteker yang punya pendidikan di bidang farmasi.


30. Usaha Tanaman Hias

Masyarakat Indonesia menyukai tanaman hias. Tidak mengherankan hal itu menjadi peluang usaha saat ini dan tahun 2022. 

Anda bisa membeli bibit dan merawatnya hingga tumbuh. Setelah itu Anda tawarkan pada mereka yang senang tanaman hias. Jika berhasil merawat tanaman langka, Anda bisa mematok harga tinggi.


Baca juga: Ritel adalah: Pengertian, Karakteristik, Fungsi, Jenis, dan Contohnya


Peluang usaha saat ini dan tahun 2022 ada banyak. Paling bagus memilih yang sesuai minat. Tidak masalah menjalankannya dari nol. Nanti ketika sudah terbiasa, Anda pasti akan lebih mudah menjalankan usahanya.


Tidak Perlu Khawatir Soal Modal Usaha, Modal Rakyat Siap Membantu Anda

Peluang usaha saat ini dan tahun 2022 yang sudah disebutkan tadi tidak akan bisa berjalan tanpa modal yang cukup. Tidak perlu khawatir soal modal karena ada Modal Rakyat. Bunga yang harus Anda bayarkan sangat kompetitif.

Modal Rakyat aman untuk meraih modal karena telah mendapat izin legal OJK, jadi terpercaya untuk Anda. Modal Rakyat siap menjadi rekan Anda untuk menjalankan bisnis yang sukses.


Pertanyaan Umum

1. Apa peluang usaha yang cocok untuk pemula?

Peluang usaha yang sesuai dengan keinginan dan modal minim yang paling bagus untuk pemula. Contohnya, jualan pulsa, reseller, dropship, usaha kuliner, dan lainnya.

2. Peluang usaha apa yang modal sedikit tapi menguntungkan?

Peluang usaha dropship, usaha PPOB, desain grafis, jasa penulisan, usaha affiliate marketer, usaha jual pulsa, dan lainnya.

3. Apa peluang usaha yang menjanjikan tahun 2022?

Anda punya banyak pilihan untuk usaha tahun 2022. Contohnya, usaha menjadi Youtuber, influencer, blogger, translator bahasa asing, usaha kuliner, dan lainnya.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru