Gaya Hidup

Podcast adalah Siaran Audio Masa Kini, ini Jenisnya

Pretty Angelia Wuisan-

01 Sep 2021

Podcast adalah Siaran Audio Masa Kini, ini Jenisnya

Podcast termasuk konten media digital favorit banyak orang. Podcast bisa didengarkan untuk tujuan apa saja, mulai dari hiburan sampai ke menambah pengetahuan. Terlebih mendengar podcast juga sangat mudah, Anda bisa berkunjung ke berbagai platform untuk mendengarkan podcast secara gratis.

Lalu, sebenarnya apa itu podcast? Bagaimana sejarahnya sampai bisa hadir? Apa saja jenis podcast yang Anda dengar? Di sini Anda akan lebih jauh mengenal podcast.

 

Baca juga: Inilah 8 Cara Menghasilkan Uang Saat Liburan

 

Apa itu Podcast?

Podcast adalah konten yang berisi pembicaraan dengan tema tertentu yang dikemas secara kreatif, sehingga yang mendengarkannya juga akan betah meluangkan waktu untuk menyimak sampai habis.

Tema yang didiskusikan bisa berbagai macam, mulai dari yang santai seperti curhat-curhatan, hingga ke yang serius seperti membahas masalah finansial yang sering dialami milenial. Banyak hal yang bisa dibahas di podcast, sehingga podcast adalah salah satu konten yang paling diburu di masa kini.

Membuat podcast di masa sekarang juga cukup mudah. Selama Anda punya peralatan rekaman yang memadai, Anda dapat melakukan rekaman. Selain itu yang terpenting, tema yang Anda bahas bersama dengan narasumber.

Apabila podcast Anda ramai didengarkan, Anda bisa memasang iklan atau malah mendapatkan penawaran iklan dari berbagai brand yang tertarik bekerja sama.

Oleh karena itu, bisnis membuat podcast pun semakin meningkat di masa kini karena selain proses membuatnya yang mengasyikkan, juga bisa menguntungkan karena menghasilkan pemasukan.

 

Sejarah Podcast

Lalu, bagaimana bisa konten podcast lahir? Istilah podcast adalah konten yang berawal dari playable on demand atau Pod yang istilahnya dikeluarkan oleh Ben Hammersley di artikelnya yang dipublikasi di The Guardian pada 2004.

Pod didesain untuk diputar di aplikasi iOS yang dapat digunakan di iPod dan Macbook. Untuk mendengarkannya, Anda perlu berlangganan dulu.

Tahun 2007, podcast mulai populer, hingga akhirnya kian berkembang. Podcast tidak hanya bisa didengarkan di perangkat milik Apple, tapi juga diakses di mana-mana. Hal ini karena platform podcast juga semakin beragam.

Podcast juga kontennya hampir mirip dengan konten radio, tapi tentu saja podcast berbeda dengan radio dengan melihat aksesnya.

Selain itu, ada beberapa platform podcast yang tidak menyediakan iklan, sehingga Anda bisa mendengarkannya tanpa ada jeda. Berbeda dengan radio yang kontennya ada jeda iklan yang muncul di tengah-tengah siaran audio.

 

Manfaat Podcast

Podcast adalah rekaman audio yang memiliki segudang manfaat. Ini adalah manfaat yang Anda raih ketika rutin mendengarkan Podcast.

1. Hiburan

Podcast adalah siaran online yang menghibur. Bisa didengarkan dalam suasana apa saja. Apalagi kalau sedang kesepian, podcast bisa menjadi teman yang paling setia.

Ditambah dengan kontennya yang menarik, membuat pendengar juga betah mendengarkan sampai habis.

2. Menambah pengetahuan

Anda juga bisa mendapatkan pengetahuan khusus ketika mendengarkan podcast untuk tema tertentu. Misalnya Anda yang sedang membutuhkan ilmu baru terkait dunia investasi, Anda bisa meraihnya dengan mendengarkan podcast bertema investasi. Pembicaranya biasanya yang sudah punya banyak pengalaman dalam berinvestasi.

Podcast ini mungkin pembahasannya lebih serius dari yang bertema hiburan, tapi tetap disuguhkan dengan gaya yang santai, jadi Anda tidak akan bosan mendengarkannya. 

3. Bisa didengarkan di mana saja

Podcast adalah rekaman audio yang dapat Anda dengarkan di mana saja dan kapan saja selama Anda punya gadget dan koneksi. Apalagi saat ini cukup banyak platform yang menyediakan podcast-podcast seru.

4. Tidak ada iklan

Di platform tertentu, Anda bisa mendengarkan podcast kesukaan tanpa dijeda oleh iklan. Anda pun jadi bisa lebih menikmati siaran audionya.

 

Jenis-jenis Podcast

Ada beberapa jenis podcast yang bisa Anda dengarkan. Jenis ini kemungkinan bisa lebih beragam lagi. Inilah jenis podcast-nya.

1. Solo podcast

Ini adalah jenis podcast yang hanya diisi oleh satu orang yang melakukan monolog. Tanpa kehadiran narasumber, podcast bisa jadi menarik lho. Asalkan tema yang dibawakan juga menarik.

Solo podcast tujuannya biasanya untuk menyampaikan informasi menarik atau menyampaikan cerita yang bikin penasaran pendengar.

2. Interview podcast

Podcast ini yang mendominasi konten podcast di luaran sana. Bentuknya adalah mewawancarai narasumber dengan topik apapun, asalkan menarik untuk dibahas. Biasanya ramainya pendengar juga dipengaruhi oleh siapa yang menjadi narasumber. Narasumber punya kekuatan sendiri untuk mendatangkan pendengar.

Namun, sebagai pembawa acara, host perlu mempelajari lebih jauh dulu tentang narasumbernya supaya ketika tanya-jawab bisa nyambung.

3. Multi host podcast

Multi host podcast adalah rekaman audio yang mungkin paling ramai karena menampilkan lebih dari satu host. Hal ini bertujuan untuk menciptakan berbagai macam perspektif dalam pembahasan sehingga tidak berkutat di satu orang saja atau di satu pembahasan saja. Konten ini juga seru karena banyak orang di dalamnya.

 

Aplikasi untuk Mendengarkan Podcast

Anda ingin rutin mendengarkan podcast? Tidak perlu pusing karena Anda bisa mendengarkan podcast di platform mana saja. Ada berbagai aplikasi yang membantu Anda untuk mendengarkan podcast. Inilah aplikasinya.

1. Anchor

Aplikasi ini yang paling banyak digunakan untuk memproduksi podcast. Selain itu, Anda juga punya kesempatan podcast Anda didengarkan oleh orang lain. Sebagai seorang pemula. 

Anda bisa mengawali karier Anda di dunia podcast dari aplikasi ini. Anda pun bisa menghasilkan pendapatan dari podcast yang didengarkan banyak orang.

Aplikasi ini juga mudah digunakan dan dapat Anda unduh gratis di ponsel.

2. Castbox

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk meluncurkan podcast. Selain itu, Anda bisa menemukan podcast lain yang tersedia dalam 70 bahasa yang berbeda. Podcast ini cocok untuk Anda yang ingin belajar bahasa asing dengan cara yang mengasyikkan. 

3. Spotify

Aplikasi ini selain bisa mendengarkan lagu, Anda juga dapat mendengarkan podcast yang disukai. Dengan berlangganan, Anda dapat mendengarkan podcast tanpa iklan.

Ada banyak tema podcast yang bisa ditemukan di sini. Anda akan mudah menemukan tema podcast yang Anda sukai.

4. Youtube

Bedanya dengan aplikasi lain, di Youtube Anda akan melihat wajah host bersama dengan narasumbernya. Banyak konten podcast yang dapat Anda dengarkan di Youtube.

Untuk Anda yang memproduksi podcast di Youtube bisa menjadi pilihan yang tepat. Youtube menyediakan ads yang memungkinkan Anda mendapatkan pemasukan dari iklan yang hadir di konten Anda. Syaratnya adalah podcast Anda perlu banyak memiliki pendengar.

 

Cara Membuat Podcast

Untuk Anda yang ingin memproduksi podcast, ini cara untuk membuat podcast yang bisa Anda ikuti.

1. Tentukan tema

Cara membuatnya yang pertama adalah menentukan tema. Temanya bisa dimulai dari yang Anda sukai atau yang Anda mahir di dalamnya. Semakin spesifik temanya, Anda akan lebih mudah mendapatkan pendengar.

Misalnya, Anda memilih tema gadget. Anda pun mengulas performa berbagai gadget yang ada di Indonesia.

2. Menyiapkan tempat

Tempat untuk podcast tidak perlu luas, Anda bisa menggunakan ruang kecil yang cukup dimasuki beberapa orang. Anda juga perlu memasang kedap suara supaya ketika melakukan rekaman tidak terganggu suara dari luar.

3. Siapkan peralatan

Podcast adalah konten bagus apabila dihasilkan dari peralatan yang memadai. Contohnya adalah mic, perekam suara, PC atau laptop untuk mengedit, dan lain sebagainya.

4. Menyiapkan naskah

Supaya Anda tahu apa yang ingin dibahas, tidak ada salahnya menyiapkan naskah. Naskahnya tidak perlu yang rumit, cukup poin-poin yang perlu Anda ingat dalam pembahasan.

5. Mengedit podcast

Tahapan terakhir podcast adalah mengeditnya. Anda perlu menyajikan podcast yang nyaman untuk didengar dengan mengandalkan software khusus editing. Jika tidak terlalu mahir, Anda bisa mempekerjakan orang yang mahir mengedit.

 

Baca juga: 8 Film Terbaik tentang Entrepreneur Tahun 2020

 

Itulah pembahasan mengenai podcast. Podcast adalah konten audio yang menarik untuk diikuti. Anda juga bisa menjadikannya sebagai sumber penghasilan, tapi tentu Anda perlu menyiapkannya dengan serius.

 

Meraih Keuntungan Menarik dengan Menjadi Pendana di Modal Rakyat

Anda juga bisa meraih keuntungan dengan membantu pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk meraih modal.

Dengan modal mulai Rp25.000 saja Anda sudah bisa memberikan akses pinjaman modal bisnis untuk UMKM di Indonesia melalui Modal Rakyat. Selain itu, Anda dapat meraih imbal hasil hingga 18% per tahun.

Gunakan kode promo BLOG25 dan mendapatkan saldo gratis Rp25.000 untuk mulai mendanai. Hubungi customer service kami melalui email di cs@modalrakyat.id  untuk mengetahui syaratnya lebih lanjut. Follow Instagram Modal Rakyat di @modalrakyatid untuk mendapatkan update terbaru dari kami.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru