Finansial

5 Produk Investasi untuk Persiapan Masa Pensiun yang Indah

Pretty Angelia Wuisan-

09 Nov 2021

5 Produk Investasi untuk Persiapan Masa Pensiun yang Indah

Dana pensiun sudah selayaknya dipersiapkan dari sekarang supaya hasilnya sesuai dengan yang dibutuhkan Anda nantinya. Cara mempersiapkannya yang paling tepat adalah dengan mulai berinvestasi di produk investasi yang tersedia di Indonesia. 

Ada pilihan instrumen investasi yang bagus untuk tujuan tersedianya dana di masa pensiun. Ini penjelasannya dan alasan mengapa Anda harus menyiapkannya.


Baca juga: 5 Tips Menentukan Tempat Investasi untuk Jangka Panjang


5 Produk Investasi untuk Persiapan Masa Pensiun

Persiapan pensiun bisa dilakukan dengan memilih instrumen investasi jangka waktu panjang. Alasannya karena masa pensiun memang membutuhkan waktu yang panjang.

Semakin lama Anda berinvestasi pada produk investasi, potensi keuntungan akan ikut besar juga. Instrumen investasi khusus untuk jangka panjang juga ada beragam. Anda perlu memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

Ini dia jenis investasi untuk mempersiapkan masa pensiun yang dapat Anda andalkan. 

  • Reksa dana saham
  • Investasi saham
  • Emas
  • P2P lending
  • Properti

1. Reksa dana saham

Salah satu produk investasi yang dapat diandalkan untuk mempersiapkan masa tua nanti adalah reksa dana saham. 

Reksadana saham merupakan produk yang dananya berasal dari masyarakat luas yang digabung dan disetorkan pada efek saham yang tersedia dalam bentuk reksa dana.

Reksa dana jenis ini merupakan yang paling mendatangkan keuntungan tinggi pada investor. Namun, risikonya juga paling besar juga jika dibandingkan dengan reksa dana lain seperti jenis investasi reksadana pasar uang.

Berbeda dengan saham pada umumnya, di reksa dana saham, dana Anda akan diproses oleh manajer investasi. Anda jadi tidak perlu takut untuk memulai karena ada ahli profesional yang mengiringi jalan Anda dalam setiap keputusan. 

2. Investasi Saham

Saham adalah produk investasi yang bagus juga untuk masa pensiun. Memiliki saham akan membuat Anda jadi bagian perusahaan juga. 

Sebagai jasa pembelian saham yang Anda lakukan, emiten yang menerbitkan saham akan  bersedia membagikan laba usahanya untuk Anda berupa dividen. Jadi, selama Anda hold saham tersebut, Anda akan terus meraih dividen.

Kabar baiknya, harga saham emiten yang perkembangannya bagus juga biasanya naik. Apabila Anda ingin mendapatkan keuntungan lebih besar, Anda bisa menjualnya untuk meraih capital gain.

Hanya saja saham merupakan instrumen yang risikonya tinggi karena harganya yang cenderung fluktuatif. Anda perlu punya kemampuan analisis yang mumpuni untuk menghadapi hal ini.

3. Emas

Untuk mulai berinvestasi demi persiapan hari tua, Anda bisa memilih produk investasi berupa emas batangan.

Emas batangan bisa Anda simpan di waktu yang cukup lama. Ketika harganya naik, baru Anda jual untuk meraih untung.

Investasi emas mudah dilakukan karena emas batangan sekarang dijual secara umum. Anda juga bisa membelinya secara cicilan dengan tabungan emas. 

Saat sudah memiliki emas, Anda perlu menyediakan tempat khusus untuk menyimpan emas. Emas juga kualitasnya bisa menurun apabila disimpan di tempat yang tidak sesuai. 

4. P2P lending

P2P lending juga adalah produk investasi yang bisa diandalkan untuk masa pensiun nanti. Di P2P lending Anda akan menyetorkan modal yang diperuntukkan bagi peminjam. Nanti peminjam melakukan pengembalian dana sesuai dengan ketentuan di awal.

Anda bisa menjadi pendana di Modal Rakyat dan bantu UMKM Indonesia untuk mengembangkan bisnisnya dengan baik.

Dengan modal Rp25.000 saja Anda bisa membantu UMKM yang membutuhkan uluran dana. Potensi keuntungan bisa mencapai 18% untuk setiap tahun.

Pakai promo dengan BLOG25 ketika akan top up, Anda pun akan mendapatkan saldo Rp25.000.

5. Properti

Properti adalah produk investasi yang sering diandalkan untuk tujuan jangka panjang. Kenaikan harganya setiap tahun memang cukup stabil. Selain itu, masih banyak orang yang memerlukan tempat tinggal.

Properti ini bisa Anda jual setelah beberapa tahun memilikinya. Atau bisa juga menjadi sumber dana teratur Anda dari sistem penyewaan properti yang Anda lakukan.

Untuk melancarkan proses jual-beli, Anda perlu melengkapi berkas properti mulai dari sertifikat tanah, surat izin mendirikan bangunannya, pajak yang selalu dibayar, dan lainnya. 


Mengapa Persiapan Masa Tua Sedini Mungkin itu Penting?

Masa tua penting dipersiapkan secepatnya karena beberapa manfaat yang akan dirasakan berikut ini.

1. Menghentikan rantai generasi sandwich

Fenomena generasi sandwich adalah salah satu masalah yang menjadi pengalaman banyak orang. Generasi ini tidak hanya harus memenuhi kebutuhannya sendiri, tapi juga kebutuhan keluarganya.

Hal itu membuat sandwich generation kesulitan menabung dan kelelahan karena bekerja. Mereka juga rentan terkena stres. Di masa tua mereka tidak mempunyai simpanan dana karena semuanya telah digunakan untuk berbagai keperluan di masa muda. 

Tidak mudah untuk keluar dari posisi ini. Mereka juga tidak akan mampu meninggalkan keluarganya.

Generasi sandwich ini pun perlu berusaha untuk menyediakan uang masa pensiun, supaya kejadian ini tidak terulang pada keturunannya.

2. Biaya hidup akan kian besar

Di masa tua nanti bukan tidak mungkin biaya untuk keseharian Anda semakin besar. Harga barang kebutuhan harian akan naik akibat inflasi yang biasanya terjadi tanpa ada yang banyak menyadari.

Coba saja Anda perhatikan harga permen tahun ini dibandingkan 10 tahun lalu. Perbedaannya saja sudah cukup signifikan. 

Anda tentu tidak ingin lebih membebani keturunan Anda yang pada saat itu sedang mencoba meningkatkan taraf hidup mereka.

Untuk itu langkah paling tepat memang berinvestasi untuk masa pensiun. Hasilnya di awal mungkin tidak kelihatan, tapi seiring waktu hasilnya akan terlihat juga. 

3. Mencapai hal yang belum sempat dilakukan

Masa tua adalah waktu di mana Anda sudah tidak produktif untuk bekerja lagi. Namun, bukan berarti segalanya berhenti di sini. Anda bisa melanjutkan hal yang tertunda karena tidak sempat dilakukan dulu.

Misalnya, Anda ingin melanjutkan hobi Anda, ingin jalan-jalan ke tempat indah yang menjadi impian Anda, ingin membeli sesuatu yang sudah lama Anda inginkan, dan kegiatan lainnya yang Anda sukai.

Anda akan memiliki banyak waktu, jadi rencanakan dengan baik kegiatan apa saja yang ingin Anda capai di masa ini. Dana pensiun yang sudah lama disiapkan pasti akan bisa membantu Anda.

4. Perencanaan keuangan yang baik

Daripada uang Anda dihabiskan untuk hal-hal tidak penting, Anda sebaiknya berinvestasi sebagai perencanaan keuangan untuk menghindari pemborosan.

Perencanaan keuangan yang baik akan membuat Anda mengeluarkan uang sesuai dengan porsinya. 

Memang di awal perencanaan keuangan ini terasa menyiksa karena Anda harus banyak menahan diri untuk tidak membeli berbagai macam keinginan Anda. 

Namun, Anda akan merasa efek bagus dari menunda kesenangan sesaat karena Anda bisa mendapatkan kesenangan yang lebih besar.


Baca juga: Hedging adalah Lindung Nilai yang Bermanfaat, ini Caranya


Itulah produk investasi untuk Anda mempersiapkan masa tua yang lebih indah. Masa tua adalah masa istirahat karena Anda sudah bertahun-tahun berjuang. Di masa ini sangat tepat untuk melakukan berbagai macam hal yang tertunda. Semoga rencana Anda bisa terlaksana dengan baik ya.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru