Finansial

Manfaat Memiliki Dana Darurat dan Tips untuk Mengumpulkannya

Pretty Angelia Wuisan-

20 Sep 2021

Manfaat Memiliki Dana Darurat dan Tips untuk Mengumpulkannya

Kita disarankan mengelola keuangan secara rapi, mulai dari membuat anggaran, berinvestasi, menabung, hingga mengumpulkan dana darurat. Mungkin Anda belum begitu mengenal dana darurat, padahal manfaat memiliki dana darurat cukup besar. Dana tersebut akan sangat berguna ketika Anda berhadapan dengan hal tak terduga.

Para ahli finansial menyarankan untuk mempersiapkan dana ini. Supaya Anda lebih semangat untuk mengumpulkan dana itu, di sini akan dijelaskan mengenai apa itu dana darurat, manfaat memiliki dana darurat, cara menentukan atau menghitung dana darurat, dan tips untuk mengumpulkannya.


Baca juga: PPKM Darurat: Alasan Pentingnya Dana Darurat Saat Pandemi


Pengertian Dana Darurat

Pengelolaan keuangan yang biasanya dibicarakan para ahli finansial sebenarnya berhubungan dengan hal-hal yang sering terjadi pada kita. Salah satunya adalah keberadaan dana darurat.

Manfaat memiliki dana darurat cukup jelas, yaitu dana darurat untuk membantu Anda memenuhi kebutuhan yang tiba-tiba harus dipenuhi secara cepat. Tingkat urgensi yang mempengaruhi hal ini.

Dana darurat adalah uang yang Anda kumpulkan hingga jumlah tertentu, yang nanti dapat dimanfaatkan untuk keperluan Anda yang tidak terduga.

Contoh dari hal darurat itu apa? Berbagai hal yang terjadi tanpa Anda rencanakan. Misalnya, rumah Anda mengalami genteng bocor. Sebelumnya Anda tidak punya rencana untuk membetulkan genteng.

Supaya tidak terjadi kebocoran, Anda pun segera membetulkannya dengan uang darurat yang tersedia.


Manfaat Memiliki Dana Darurat

Anda perlu mempersiapkan jenis dana ini karena manfaat memiliki dana darurat akan Anda raih berupa hal-hal sebagai berikut.

1. Sebagai dana cadangan

Terutama ketika Anda mengalami pemutusan kerja secara sepihak dengan berbagai alasan. Manfaat memiliki dana darurat akan sangat Anda rasakan di sini. Dana itu akan bisa mengganti pemasukan Anda selama beberapa bulan.

2. Menghindari utang

Dalam beberapa kasus, berutang bisa membantu Anda. Namun, bagaimana jadinya jika Anda sendiri tidak punya dana cukup untuk membayar utang-utang itu nanti? Maka dari itu, dana darurat menjadi pilihan yang terbaik. Anda jadi tidak perlu berutang.

3. Siap menghadapi hal tak terduga

Hal tak terduga yang terjadi biasanya mampu membuat kepala pusing. Apabila Anda punya dana darurat, Anda tidak akan takut untuk menghadapinya. Dengan cara ini, Anda bisa lebih siap dalam segala situasi.

4. Melindungi aset

Tujuan Anda mengumpulkan aset adalah untuk meraih keuntungan dan keperluan lain di masa depan. Manfaat memiliki dana darurat adalah menghindari Anda menggunakan aset itu untuk keperluan lain. Aset Anda pun tetap menjadi milik Anda dan perencanaannya jadi tidak berubah.

5. Dana untuk aset yang rusak

Tiba-tiba saja benda penting milik Anda rusak seperti ponsel, laptop, mesin cuci, dan lainnya. Untuk membetulkannya, Anda biasanya akan menggunakan dana kebutuhan. Namun, dengan dana darurat, Anda tidak perlu menggunakan uang kebutuhan.

6. Menjaga kesehatan finansial

Manfaat memiliki dana darurat adalah menjaga kesehatan finansial. Finansial yang sehat membuat Anda tidak perlu mengkhawatirkan apapun karena Anda tetap bisa memenuhi kebutuhan, walaupun suatu hari nanti terjadi hal yang membuat Anda harus menggunakan dana darurat.

7. Sebagai bentuk perencanaan keuangan terbaik

Merencanakan keuangan itu memang cukup rumit di awal, tapi apabila Anda berhasil melakukannya, Anda akan terbantu. Dana darurat adalah dana yang menjadi salah satu komponen perencanaan keuangan yang efektif.


Cara Menghitung Dana Darurat yang Dibutuhkan

Ada beberapa cara untuk menghitung dana darurat. Ini penjelasannya.

  1. Untuk lajang yang belum punya tanggungan, dana darurat ideal adalah 4 x pengeluaran bulanan. 
  2. Untuk yang menikah dan belum ada anak, dana darurat ideal adalah 6 x pengeluaran bulanan. 
  3. Untuk yang sudah menikah dan ada 1 anak, dana darurat ideal adalah 9 x pengeluaran bulanan. 
  4. Untuk yang sudah menikah dan ada 2 anak atau lebih, dana darurat ideal adalah 12 x pengeluaran bulanan. 


Tips Mengumpulkan Dana Darurat

Supaya Anda konsisten mengumpulkan dana itu dan merasakan manfaat memiliki dana darurat, Anda dapat melakukan hal di bawah ini.

1. Siapkan rekening khusus

Supaya Anda bisa mengumpulkan dana darurat secara konsisten dan merasakan manfaat memiliki dana darurat, Anda perlu menyediakan rekening khusus.

Sesuai dengan cara menghitung dana darurat di atas, Anda cukup mengumpulkan jumlah uang tersebut di rekening. Tidak harus langsung ada. Anda bisa mengumpulkannya secara bertahap. Anda pasti akan terbantu menggunakan cara ini.

2. Tentukan persentase minimum dana darurat per bulan

Tidak ada ketentuan khusus berapa persentase dana darurat yang harus dikumpulkan dari gaji. Artinya Anda bisa menentukannya sesuai dengan pilihan. Namun, biasanya dana darurat ini dikumpulkan 5% dari gaji per bulannya. Anda akan lebih mudah mengumpulkan dana darurat tanpa harus merasa terbebani.

3. Tingkatkan jumlah dana darurat dengan menjadi pendana di P2P Lending Modal Rakyat

Ayo bantu pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan modal usaha dan raih keuntungannya. Keuntungan tersebut bisa Anda setorkan juga untuk dana darurat.

Dengan modal mulai Rp25.000 saja Anda sudah bisa memberikan akses pinjaman modal bisnis untuk UMKM di Indonesia melalui Modal Rakyat. Selain itu, Anda dapat meraih imbal hasil hingga 18% per tahun.

Gunakan kode promo BLOG25 dan mendapatkan saldo gratis Rp25.000 untuk mulai mendanai. Hubungi customer service kami melalui email di cs@modalrakyat.id  untuk mengetahui syaratnya lebih lanjut. Follow Instagram Modal Rakyat di @modalrakyatid untuk mendapatkan update terbaru dari kami.


Baca juga: Investasi Jangka Pendek untuk Dana Darurat


Pertanyaan Umum

1. Berapa dana darurat ideal?

Untuk lajang yang belum punya tanggungan, dana darurat ideal adalah 4 x pengeluaran bulanan. Untuk yang menikah dan belum ada anak, dana darurat ideal adalah 6 x pengeluaran bulanan. 

Untuk yang sudah menikah dan ada 1 anak, dana darurat ideal adalah 9 x pengeluaran bulanan. Untuk yang sudah menikah dan ada 2 anak atau lebih, dana darurat ideal adalah 12 x pengeluaran bulanan. 

2. Berapa persen dana darurat dari gaji?

Tidak ada ketentuan khusus berapa persentase dana darurat yang harus dikumpulkan dari gaji. Namun, biasanya dana darurat ini dikumpulkan 5% dari gaji per bulannya. Jika ingin lebih dari 5% juga tidak masalah, sesuaikan saja dengan kemampuan. Anda akan lebih mudah mengumpulkan dana darurat tanpa harus merasa terbebani.

3. Dana darurat untuk apa saja?

Dana jenis ini dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan tak terduga. Seperti, terjadi kecelakaan yang membuat Anda harus diobati, sementara itu asuransi kesehatan Anda belum aktif. 

Anda juga bisa menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan setelah resign kerja. Biasanya Anda membutuhkan beberapa bulan untuk memperoleh pekerjaan kembali. Selama tidak mendapatkan gaji, Anda akan sangat terbantu dengan kehadiran dana darurat.

4. Bagaimana cara menabung dana darurat?

Anda bisa mempersiapkan tabungan khusus untuk dana darurat. Kumpulkan dana itu dalam beberapa waktu sampai mencapai jumlah sesuai target.


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru