Finansial

Reksa Dana: Jenis, Kelebihan, dan Di Mana Membelinya

Tristan Putra-

02 Dec 2021

Reksa Dana: Jenis, Kelebihan, dan Di Mana Membelinya

Reksa dana adalah investasi yang sering menarik perhatian pemula yang baru saja memutuskan berinvestasi. Instrumen investasi ini dianggap menguntungkan dan minim risiko jika dibandingkan dengan saham.

Anda yang penasaran tentang produk reksadana, yuk disimak pembahasannya di artikel ini.


Baca juga: NAV adalah Nilai Aktiva Bersih, ini Fungsi dan Rumusnya


Apa itu Reksa Dana?

Reksa dana adalah produk investasi yang menjadi tempat dikumpulkannya modal dari banyak orang yang diatur oleh perusahaan profesional bernama manajer investasi, hingga menyebar modal itu pada efek-efek yang tersedia untuk investasi reksadana.

Efek-efek itu berupa saham, obligasi, dan instrumen yang hadir di pasar uang. Bisa disimpulkan reksa dana merupakan jalan lain yang bagus untuk menuju pasar modal yang dinamis.

Reksa dana disajikan dalam unit penyertaan yang bisa dipilih oleh investor sesuai dengan modal yang dimilikinya. Berapa banyak unit penyertaan akan mempengaruhi keuntungan yang dapat diperoleh investor.

Reksa dana bisa dipilih untuk investasi jangka panjang, terutama untuk reksadana saham. Sedangkan, untuk jangka pendek, Anda bisa memilih reksadana pasar uang.

Bisa disimpulkan bahwa reksa dana punya jangka waktu yang beragam, tergantung pada tujuan Anda dalam berinvestasi. Nanti kita akan membahas satu per satu jenis reksadana.


Jenis-jenis Reksa Dana

Reksa dana adalah instrumen yang paling banyak jenisnya. Masing-masing reksa dana punya keuntungan dan risikonya. Anda pun bisa menyesuaikan dengan profil risiko Anda. Ini penjelasannya.

1. Reksa dana pasar uang

Reksa dana ini memungkinkan dana investor disetorkan pada efek-efek yang hadir di pasar uang seperti deposito berjangka, Surat Berharga Pasar Uang, Sertifikat Bank Indonesia, dan lainnya.

Pengembalian dana dan keuntungan yang dimilikinya punya jatuh tempo kurang dari 1 tahun, untuk itulah jenis reksa dana ini cocok untuk investasi jangka pendek.

Reksa dana ini juga yang paling minim risiko di antara reksa dana lain, tapi tingkat pengembaliannya memang tidak begitu tinggi.

2. Reksadana pendapatan tetap

Secara umum, reksa dana punya ciri khas 80% dari aktiva bersih yang Anda miliki akan disetorkan pada efek obligasi atau surat utang. 

Obligasi merupakan instrumen yang memungkinkan Anda meraih kupon atau bunga yang besarannya di atas bunga deposito. Lebih menguntungkan ketimbang reksa dana pasar uang, tapi tentu risikonya lebih tinggi.

3. Reksadana campuran

Reksa dana ini memungkinkan Anda untuk berinvestasi di 3 efek sekaligus, seperti obligasi, saham, bahkan sampai ke instrumen yang hadir di pasar uang. 

Anda yang ingin diversifikasi di reksa dana, cocok untuk memilih instrumen satu ini. Walaupun ada saham yang punya risiko tinggi, instrumen lainnya bisa membuat risiko itu berhasil ditekan. 

4. Reksa dana saham

Reksa dana ini dianggap paling menguntungkan jika dibandingkan jenis reksa dana lainnya. Modal yang ada 80% akan disetorkan pada produk saham yang tersedia di reksa dana. 

Reksa dana ini yang paling berisiko tinggi. Namun, jika kita bandingkan dengan investasi saham pasar modal, tentu reksa dana saham punya kelebihan lainnya. Untuk mengelolanya, manajer investasi akan selalu siap membantu. Sedangkan, di investasi saham yang mengelola adalah Anda sendiri.


Kelebihan Reksa Dana

Reksa dana merupakan instrumen yang punya banyak kelebihan, sehingga tidak mengherankan dipilih jadi salah satu instrumen investasi ramah pemula. Ini dia kelebihannya yang dapat Anda rasakan.

1. Dimulai dari modal minim

Reksa dana adalah investasi yang bisa dimulai dari modal kecil. Anda jadi tidak perlu mengumpulkan uang dalam jumlah besar. Anda jadi bisa memulai berinvestasi sekarang juga.

2. Fleksibel

Reksa dana adalah investasi yang sangat fleksibel dan mudah. Anda bisa melakukannya kapan saja karena sudah tersedia platform reksa dana di Indonesia yang dapat terpercaya. Anda juga tidak perlu selalu memantau pasar reksa dana setiap saat.

3. Platform di Indonesia sudah tersedia banyak

Anda tidak perlu khawatir tidak bisa menemukan platform reksa dana karena di Indonesia sudah tersedia cukup banyak. Anda bisa memilih yang kebijakannya sesuai dengan pilihan.

Jangan lupa untuk memilih platform yang sudah berizin legal dari OJK. 

4. Dikelola manajer investasi

Kelebihan reksa dana dari yang lainnya adalah perjalanan investasi reksa dana Anda akan diiringi oleh manajer investasi.

Manajer investasi yang akan mengelola modal Anda di berbagai produk reksa dana yang Anda pilih. Mereka adalah sosok profesional yang sudah paham tentang reksa dana.

Anda tinggal memilih manajer investasi terbaik. Salah satu ciri khasnya adalah manajer investasi yang baik, yang mampu mengelola dana dalam jumlah besar. 


Kekurangan Reksa Dana

Reksa dana adalah investasi yang punya kekurangan. Ini dia penjelasannya.

1. Biaya investasi ada banyak

Anda memang bisa mendapatkan keuntungan di reksa dana, tapi Anda harus memikirkan biaya investasi yang dihasilkan dari reksa dana. Kita bisa menyebutnya dengan expense ratio.

Biaya investasi reksa dana biasanya mencakup biaya pembelian, biaya penjualan, biaya pengalihan reksa dana, biaya transfer, dan biaya untuk manajer investasi. 

Biaya-biaya di atas harus Anda hitung agar mengetahui keuntungan bersih yang Anda peroleh.

2. Nilai aktiva bisa turun

Nilai aktiva yang dimiliki reksa dana juga bisa turun karena beberapa alasan. Hal itu pun akan membuat Anda merugi.

Jadi, walaupun sudah dibantu manajer investasi, kerugian bisa tetap terjadi karena pasar modal yang memang cukup dinamis.

3. Risiko kepemilikan

Beda halnya dengan investasi saham, ketika Anda menyetorkan dana ke reksa dana pasar saham, Anda tidak secara otomatis menjadi pemilik perusahaan tersebut.

Jika ingin menjadi pemilik suatu perusahaan, Anda bisa membeli saham perusahaan itu lewat jalur perusahaan sekuritas.


Platform Membeli Reksa Dana

Reksa dana adalah investasi yang bisa dibeli di berbagai macam tempat seperti bank dan beberapa aplikasi reksa dana yang hadir di Indonesia. 

Ini daftar aplikasi reksa dana yang berizin legal OJK.

1. Bareksa

Platform ini sudah cukup lama hadir di Indonesia. Berhasil menjadi agen penjual reksadana berlisensi OJK pada tahun 2016. 

Tahun 2019, platform ini bekerja sama dengan 92 manajer investasi dan berhasil mengelola dana Rp1,8 triliun.

Di sini tersedia reksadana syariah. Anda juga bisa memulai reksa dana di modal minim, yaitu Rp10.000 saja.

2. Bibit

Bibit sudah memperoleh izin legal OJK pada tahun 2018. Di sini Anda dapat berinvestasi sesuai dengan umur, profil risiko, dan keadaan finansial karena ada robo advisor yang membantu.

Di aplikasi ini juga Anda bisa menemukan manajer investasi dalam jumlah banyak. Untuk modal, minimal setoran pertama adalah Rp100 ribu. 

3. Pluang

Merupakan platform yang menyediakan berbagai instrumen investasi mulai dari emas, crypto, dan reksa dana. Anda pun bisa melakukan diversifikasi investasi di satu tempat. Menarik, bukan?

Anda bisa memulai berinvestasi reksa dana di aplikasi ini dari Rp15.000 saja. 


Siapa yang Cocok Berinvestasi Reksa Dana?

Reksa dana adalah investasi ramah bagi siapa saja yang baru memulai. Inilah mereka yang tidak perlu ragu dalam berinvestasi reksa dana.

1. Mereka yang baru berinvestasi

Anda yang pemula sudah memutuskan hal yang benar memilih reksa dana sebagai instrumen. Alasannya karena reksa dana memang mudah untuk dikelola, terutama karena kehadiran manajer investasi yang berisi orang-orang yang ahlinya.

2. Berinvestasi jangka pendek

Reksa dana adalah instrumen tepat untuk Anda yang ingin memperoleh keuntungan cepat atau dalam jangka pendek.

Contohnya adalah reksa dana pasar uang yang umumnya memiliki jatuh tempo kurang 1 tahun. 

3. Ingin berinvestasi saham, tapi ragu

Banyak yang ingin berinvestasi saham, tapi karena risiko yang tinggi jadi mundur duluan. Namun, di reksa dana saham Anda jangan cemas karena manajer investasi dapat diandalkan.

Anda pun bisa menyetor modal ke produk reksa dana saham yang punya kinerja baik. Pemilihan dan pengelolaannya pun menjadi tanggung jawab manajer investasi.


Baca juga: Biaya Investasi adalah: Pengertian dan Contohnya


Reksa dana adalah investasi mudah yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Anda yang ingin meraih untung dengan waktu yang fleksibel, bisa mengandalkannya. Jangan lupa untuk mempelajari reksa dana dari keuntungan hingga risikonya.


Mendanai di Modal Rakyat Mulai dari Rp25.000 dengan Imbal Hasil Menjanjikan


Mau mencari penghasilan tambahan yang aman? Mendanai UMKM yang butuh bantuan dana bisa menjadi opsi yang pas. Anda pun bisa memilih Modal Rakyat sebagai platform p2p lending terpercaya karena sudah berizin OJK.

Anda bisa menyetor dana awal Rp25.000 saja. Imbal hasilnya adalah 18% per tahunnya. Menguntungkan, bukan?

Ada asuransi untuk memproteksi dana Anda dari 70% hingga 95%. Pakai promo BLOG25 ketika top up modal pertama dan Anda pun akan memperoleh Rp25.000 secara cuma-cuma. 



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru