Bisnis

Gaya Hidup

CEO adalah Pemimpin Perusahaan, ini Tanggung Jawabnya

Pretty Angelia Wuisan-

03 Sep 2021

CEO adalah Pemimpin Perusahaan, ini Tanggung Jawabnya

CEO adalah jabatan penting di perusahaan. Mungkin banyak dari Anda yang mempunyai impian untuk menjadi CEO. CEO termasuk jabatan yang tinggi, penghasilannya pun tinggi. Itulah yang membuatnya punya tanggung jawab besar terhadap operasional perusahaan, termasuk para pemegang saham.

CEO bertanggung jawab terhadap seluruh lini bisnis yang ada di perusahaan. Oleh sebab itu, mereka yang jadi CEO diharuskan kompeten untuk memimpin perusahaan. Di sini akan dijelaskan apa itu CEO perusahaan, perannya, bedanya dengan direktur, tugas dan tanggung jawabnya, kemampuan yang harus dimiliki, dan cara menjadi CEO.

 

Baca juga: Pentingnya Manajemen Data untuk Kesuksesan Perusahaan

 

Apa itu CEO?

Singkatan CEO artinya Chief Executive Officer. Arti CEO adalah posisi tertinggi di perusahaan yang menjadikannya sebagai pemimpin perusahaan. Keputusan yang CEO ambil akan berpengaruh besar terhadap keberlangsungan seluruh lini perusahaan yang dipimpinnya. Untuk itu, CEO perlu mempertimbangkan keputusannya secara tepat.

CEO juga tidak hanya bertanggung jawab pada internal, mereka juga yang pertama berhadapan dengan publik ketika terjadi sesuatu pada perusahaan atau karena alasan lainnya. Oleh sebab itu, tindakan CEO ini akan dilihat dan mencerminkan perusahaannya.

Tidak mengherankan orang yang ada di jabatan CEO adalah sosok-sosok karismatik. Sebut saja Steve Jobs, Elon Musk, dan yang lain. Mereka adalah sosok yang punya ide brilian dan menjadi salah satu alasan kesuksesan perusahaannya. Mereka  lah yang mewakili perusahaannya.

CEO merupakan jabatan yang bisa hadir di perusahaan skala besar maupun kecil. Yang membedakannya adalah di perusahaan besar cakupan tanggung jawabnya hanya untuk urusan-urusan besar perusahaan.

Untuk usaha kecil, CEO biasanya mengurusi semua hal, misalnya mengoreksi laporan keuangan sampai ke mewawancarai calon karyawan apabila hal itu diperlukan.

Kebanyakan CEO yang memimpin perusahaan adalah mereka yang mendirikan perusahaan secara gigih dari awal. Namun, hal itu tidak selalu karena ada juga pendiri yang menyerahkan jabatan CEO pada orang lain karena berbagai alasan, misalnya ingin pensiun dini dan sebagainya.

 

Peran dalam Perusahaan

Dari penjelasan di atas, Anda pasti jadi paham CEO adalah jabatan yang punya peran penting. Untuk lebih jelasnya, ini adalah peran CEO yang biasanya ada di perusahaan.

1. Menentukan tujuan perusahaan

Perusahaan biasanya memiliki tujuan utama. Tujuan itu ditentukan oleh CEO. Tujuan itu pun perlu diikuti oleh semua bawahannya. Tujuan itu yang menjadi target bisnis perusahaan dalam periode tertentu.

2. Wajah utama perusahaan

CEO adalah wakil perusahaan di depan publik. Ketika sosok itu disebut sebagai CEO dari perusahaan A, maka ia menjadi wajah utama perusahaan A tersebut. Terkadang sebutan itu tampak istimewa, padahal sebenarnya beban yang ditanggungnya cukup besar juga karena seluruh sumber daya di dalam perusahaan bergantung padanya.

3. Menentukan anggaran belanja

Perusahaan membutuhkan dana atau modal untuk bisa terus berjalan. Dana tersebut perlu direncanakan dalam anggaran. Anggaran itulah yang dibuat oleh CEO beserta jajaran pemimpin lainnya. 

Anggaran ini harus dibuat seefisien mungkin dan bisa mencapai keuntungan optimal. Oleh sebab itu, CEO juga harus punya pengetahuan keuangan yang bagus.

 

Perbedaan CEO dan Direktur

CEO adalah posisi yang sering disamakan dengan direktur, padahal sebenarnya CEO dan direktur itu berbeda. CEO justru yang memimpin direktur. D

Direktur yang memimpin departemen yang memiliki banyak divisi yang dipimpin oleh manajer. Direktur adalah mereka yang akan memberikan laporan pada CEO tentang kinerja masing-masing departemennya. Direktur yang menyampaikan kebijakan CEO pada bawahannya.

Sedangkan, CEO adalah posisi tertinggi yang memimpin direktur utama, dan direktur lain atau jajaran direksi (dewan direksi) yang ada di perusahaan. Jadi, perusahaan bisa saja memiliki beberapa direktur, tapi hanya punya satu CEO.

 

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang CEO

Tadi sudah disebutkan bahwa CEO punya tanggung jawab yang besar. Di bagian internal, tugas CEO adalah bertanggung jawab terhadap tujuan, anggaran belanja perusahaan untuk menjalankan bisnis, menciptakan lingkungan kerja yang bagus untuk karyawan, sampai ke menyusun strategi bisnis yang membuat perusahaan sukses.

Di eksternalnya, tugas CEO adalah untuk menjaga nama perusahaan. CEO tidak boleh terkena skandal karena hal itu akan berpengaruh terhadap perusahaannya. Misalnya, skandal yang dilakukannya bisa sampai membuat saham perusahaannya turun. CEO harus bisa menjadi wakil yang bagus untuk perusahaan.

 

Kemampuan yang Harus Dimiliki

CEO adalah sosok multitalenta yang memiliki berbagai macam kemampuan yang membuatnya berhasil duduk di posisi puncak. Dia sebenarnya sosok yang tidak sempurna, tapi dia mampu membawa perusahaannya melangkah lebih ke depan.

Ini kemampuan yang wajib dimiliki CEO.

1. Kemampuan interpersonal

Kemampuan interpersonal contohnya adalah kemampuan berkomunikasi dengan publik, kemampuan mendengarkan pendapat dari bawahan, memiliki empati yang tinggi pada orang di sekitarnya, dan lain sebagainya.

2. Kemampuan manajerial

Kemampuan ini berhubungan dengan mengatur seluruh sumber daya dan sistem kerja yang berlaku di perusahaan.

3. Kemampuan memimpin

Ini adalah kemampuan CEO yang tidak bisa ditawar lagi. Kemampuan memimpin ini perlu dimiliki CEO karena ia yang menjadi pusat perusahaan. CEO harus bisa membuat orang-orang di bawahnya menuruti keputusannya dengan cara yang elegan, bukan dengan paksaan.

Kepemimpinan ini juga dibuktikan dengan memberikan motivasi pada bawahannya untuk terus berusaha. Selain itu, CEO juga harus berani mengambil keputusan strategis yang sulit dan berani menerima konsekuensi atas keputusannya tersebut.

4. Kemampuan menganalisis

Untuk bisa mengambil keputusan, seorang CEO perlu memiliki kemampuan analisis masalah. Apapun metode analisis yang digunakan, CEO harus mampu membuat keputusan terbaik.

 

Cara Menjadi CEO

Untuk menjadi seorang CEO, Anda perlu menjalankan cara-cara berikut ini.

1. Pendidikan yang berkualitas

Sebagian besar CEO yang ada di dunia ini, punya pendidikan yang berkualitas sampai ke jenjang tinggi. Mereka mempunyai pengetahuan yang luas dan membangun jaringan dimulai dari sekolah di mana mereka mendapatkan ilmu.

2. Karakter yang bagus

CEO adalah sosok yang memiliki mimpi dan tidak menyerah untuk mencapainya. Ketika mengalami kegagalan, mereka adalah sosok yang pertama kali bangkit dari keterpurukan. Hal inilah yang membuatnya bisa memotivasi orang lain dengan mudah.

3. Jenjang karier

Untuk menjadi CEO, Anda perlu punya pengalaman karier yang beragam. Berbagai pengalaman ini yang akan mempengaruhi kinerja Anda dalam memimpin perusahaan. Anda akan menjadi sosok yang lebih bijak dan paham apa yang harus dilakukan untuk kebaikan perusahaan.  

 

Baca juga: Untuk Karyawan Baru, Paham 7 Jenis Meeting di Dunia Kerja

 

Itulah penjelasan mengenai istilah CEO. Banyak orang yang ingin menjadi CEO, tapi tidak semuanya bisa mencapai posisi itu. Diperlukan usaha keras, kemampuan mumpuni, dan pengalaman yang melimpah untuk duduk di bangku CEO.

 

Raih Imbal Hasil Menarik dengan Menjadi Pendana di P2P Lending Modal Rakyat

Ayo bantu pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan modal usaha dan raih keuntungannya.

Dengan modal mulai Rp25.000 saja Anda sudah bisa memberikan akses pinjaman modal bisnis untuk UMKM di Indonesia melalui Modal Rakyat. Selain itu, Anda dapat meraih imbal hasil hingga 18% per tahun.

Gunakan kode promo BLOG25 dan mendapatkan saldo gratis Rp25.000 untuk mulai mendanai. Hubungi customer service kami melalui email di cs@modalrakyat.id  untuk mengetahui syaratnya lebih lanjut. Follow Instagram Modal Rakyat di @modalrakyatid untuk mendapatkan update terbaru dari kami.

 



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru