Gaya Hidup

Modal Inspirasi

Kisah Sukses Elon Musk, Dulu Di-bully Kini Dipuji

Pretty Angelia Wuisan-

30 Aug 2021

Kisah Sukses Elon Musk, Dulu Di-bully Kini Dipuji

Elon Musk saat ini menjadi salah satu pengusaha yang sering dibicarakan karena sepak terjangnya dalam membangun usaha mobil listrik ternama, Tesla. Ia dikenal sebagai pengusaha eksentrik yang terkadang bikin geleng-geleng kepala, tapi kita semua mengakui bahwa kisah sukses pengusaha ini memang inspiratif.

Bos Tesla ini adalah pengusaha yang berani dan punya gaya bicara yang blak-blakan. Inovasinya yang memproduksi mobil listrik canggih juga adalah bagian dari keberaniannya. 

Kekayaannya juga naik berlipat-lipat setelah masuk ke dunia trading Bitcoin. Anda pasti semakin penasaran kan dengan kisah Elon Musk? Yuk, disimak bahasannya.

 

Baca juga: Mengenal Kisah Sukses Warren Buffet, Sang Oracle of Omaha

 

Kisah Sukses Elon Musk Dimulai dari Masa Kecilnya

Elon lahir 50 tahun lalu, tepatnya tahun 1971 di Afrika Selatan. Ia lahir dari seorang ayah yang sukses berbisnis. Bisnis yang ayahnya dirikan itu berbagai macam.

Ayahnya termasuk konglomerat sukses di Afrika Selatan. Tidak dipungkiri bahwa bakat berbisnis Elon diperoleh dari ayahnya yang pintar mencari peluang.

Elon juga memiliki ibu yang pintar yang menjalankan dua profesi sekaligus, yaitu ahli gizi dan model. Dua adiknya Kimbal dan Tosca punya kesuksesannya masing-masing. Kimbal adalah pengusaha yang mencintai lingkungan, sedangkan Tosca adalah seorang sutradara.

Bisa disimpulkan, Elon lahir di keluarga yang berkecukupan dan berpendidikan. Namun, sebenarnya kehidupan Elon kecil tidak selamanya mulus. Kisah sukses Elon dimulai dengan kenyataan yang harus diterimanya bahwa ayah dan ibunya bercerai.

Kemudian, Elon juga menjadi korban perundungan. Dikenal sebagai murid yang jenius, Elon tidak memiliki banyak teman. Ia lebih sering menghabiskan waktu sendiri karena seorang introvert. Ia menyimpulkan mungkin dari sana ia sering diusili oleh teman-temannya.

 

Kisah Sukses Elon Musk di Bidang Teknologi Sudah Terlihat dari Kecil

Kesukaan Elon pada teknologi sudah terlihat sedari kecil. Ia sudah mahir menggunakan komputer di umur 10 tahun. Ia mampu membuat game sederhana pertamanya di umur 12 tahun. Ibunya membantu Elon menjual game itu pada sebuah majalah untuk dikomersilkan.

Bakatnya dalam teknologi memang sudah tidak dipungkiri lagi. Namun, saat itu ibunya belum tahu anaknya ini akan cenderung ke mana karena bakatnya itu terpendam dan tidak banyak yang tahu.

 

Hijrah ke Amerika Serikat untuk Mencari Kehidupan Baru

Elon Musk tidak begitu betah tinggal di Afrika Selatan semenjak kedua orang tuanya berpisah. Ia pun memutuskan pindah ke Amerika Serikat dengan bantuan ibunya yang merupakan warga negara Kanada.

Elon melanjutkan kuliahnya di Queen’s University, Kanada, sebelum akhirnya pindah ke Pennsylvania, Amerika Serikat untuk masuk ke jurusan ekonomi. Ia memang senang belajar. Setelah lulus menjadi sarjana ekonomi, ia mendaftar strata 1 lagi untuk jurusan fisika.

Sebenarnya Elon sempat bersekolah Ph.d di Stanford University. Namun, hanya sebentar karena ia fokus mengembangkan bisnisnya. Kisah sukses Elon pun mulai terasah dari sini.

 

Elon Musk Memulai Bisnis Pertamanya

Tahun 1995 Elon memulai usaha pertamanya, yaitu Zip2 bersama dengan adiknya yang sama-sama tertarik berbisnis. Di bawah kepemimpinannya, perusahaan Zip2 berhasil meraih dana dari investor besar, yaitu Knight Rider sampai ke The New York Times.

Kemudian, Elon mendirikan layanan keuangan online yang diberi nama X.com. Perusahaan itu kemudian diakuisisi oleh Confinity dan akhirnya berubah nama menjadi PayPal. Kisah sukses Elon semakin terlihat di sini karena PayPal menjadi sangat besar.

 

Terus Berkiprah di Dunia Bisnis dengan Mendirikan Berbagai Macam Bisnis Lainnya

Kemampuan berbisnis Elon memang tidak diragukan lagi. Ia kembali berinovasi untuk membuka bisnis baru yang diberikan nama SpaceX. Perusahaan itu lahir dari kecintaannya terhadap astronomi dan cita-citanya yang ingin tinggal di Mars.

Perusahaan ini menjalankan misi-misi ke luar angkasa dengan membangun teknologi canggihnya sendiri. Bisa dikatakan modal untuk mendirikannya sangat menguras kantong, tapi karena Elon didukung berbagai investor, perusahaan ini pun bisa berdiri juga. Bahkan sekarang bekerja sama dengan NASA untuk misi besar lainnya.

 

Mendirikan Tesla yang Menjadi Kisah Sukses Selanjutnya

Tidak berhenti di SpaceX, Elon kemudian mendirikan Tesla yang memproduksi mobil listrik. Tujuannya adalah untuk menciptakan kendaraan yang ramah lingkungan demi mengurangi emisi.

Perusahaan ini di awal berdirinya mengeluarkan 2.300 mobil langsung di 31 negara. Mobilnya pun sekarang sudah tersebar lebih luas lagi di luar negeri.

 

Berminat di Bidang Investasi

Tidak hanya berbisnis, Elon Musk juga sangat berminat di bidang investasi. Kisah sukses Elon terus berlanjut hingga memutuskan membeli aset kripto Bitcoin. Aksinya ini membuat harga Bitcoin melambung dan mengubah ekosistem uang kripto dunia dengan cepat. Elon memperbolehkan pembelian mobil Tesla dengan Bitcoin.  

Kata-kata Elon juga sangat berpengaruh terhadap pergerakan saham dan kripto dunia. Elon pernah membuat harga Dogecoin naik berkali lipat setelah menyampaikan lewat media sosial Twitter kalau ia tertarik dengan Dogecoin.

Lalu, gara-gara Elon mengirim cuitan emoji patah hati, harga Bitcoin pun sampai anjlok dan menimbulkan kehebohan. Cuitan Elon Musk memang terbilang sakti.

 

Pekerja Keras dan Dukungan Keluarga

Keberhasilan Elon menjadi pengusaha sukses, tidak lepas dari dirinya yang senang bekerja keras. Ia bisa bekerja sepanjang waktu tanpa berhenti. Dari kerja kerasnya, ia menghasilkan banyak terobosan terbaru. Kisah inspiratif Elon memang diawali dengan perjalanan yang panjang.

Kegiatan bisnisnya ini pun didukung oleh ibu dan adiknya. Setelah bercerai, walaupun sempat tinggal dengan ayahnya, Elon dan saudara-saudaranya tinggal bersama ibu mereka yang bekerja keras untuk hidupnya.

Ibunya pun tidak mengatur-ngatur anaknya. Mempersilakan mereka mengambil karier yang mereka sukai. Akhirnya mereka pun sukses di jalannya sendiri, termasuk Elon Musk.

 

Baca juga: Kisah Sukses Co-Founder Alibaba Jack Ma yang Inspiratif

 

Meraih Keuntungan Menarik dengan Menjadi Pendana di Modal Rakyat

Anda juga bisa meraih keuntungan dengan membantu pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk meraih modal.

Dengan modal mulai Rp25.000 saja Anda sudah bisa memberikan akses pinjaman modal bisnis untuk UMKM di Indonesia melalui Modal Rakyat. Selain itu, Anda bisa mendapatkan imbal hasil hingga 18% per tahun.

Gunakan kode promo BLOG25 dan mendapatkan saldo gratis Rp25.000 untuk mulai mendanai. Hubungi customer service kami melalui email di cs@modalrakyat.id  untuk mengetahui syaratnya lebih lanjut. Follow Instagram Modal Rakyat di @modalrakyatid untuk mendapatkan update terbaru dari kami.

 


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru