Gaya Hidup

Menerapkan Creative Thinking untuk Menciptakan Inovasi Baru

Pretty Angelia Wuisan-

26 Aug 2021

Menerapkan Creative Thinking untuk Menciptakan Inovasi Baru

Creative thinking atau berpikir kreatif saat ini menjadi skill yang dicari oleh berbagai perusahaan. Hal itu karena perusahaan membutuhkan orang yang bisa menghasilkan sesuatu yang baru. Di sini kreativitas tidak hanya diperuntukkan bagi mereka yang bekerja di bidang seni. Di bisnis pun kreativitas sangat bisa diterapkan.

Hanya saja kreativitas ini tentu tidak muncul begitu saja. Harus dipikirkan dan digali terus supaya ditemukan ide-ide yang berbeda dari yang lainnya. Untuk mengenal creative thinking, di sini akan dijabarkan mengenai apa itu berpikir kreatif, pentingnya untuk kehidupan, dan tips untuk meningkatkan kemampuannya.

 

Baca juga: Growth Mindset: Pengertian, Ciri-ciri, dan Kelebihannya

 

Apa itu Creative Thinking?

Creative thinking adalah kemampuan seseorang dalam mencari solusi untuk sebuah pertanyaan atau masalah dengan memikirkan cara yang unik dan berbeda dari umumnya. Orang kreatif biasanya tidak akan terpaku pada satu sudut, ia akan mencoba melihat sudut lain untuk menghasilkan sesuatu yang baru.

Untuk dapat menghasilkan pikiran yang kreatif, dibutuhkan cara-cara khusus seperti melakukan analisis masalah, riset, dan sebagainya. Intinya, kreativitas tidak akan muncul begitu saja tanpa diasah dan direncanakan.

Banyak yang mengira bahwa kreativitas hanya dibutuhkan oleh pekerja seni. Padahal tidak demikian karena di dunia ini kreativitas dibutuhkan di mana-mana.

Pada dasarnya manusia sendiri dapat memenuhi kebutuhannya karena memiliki kemampuan berpikir kreatif yang mumpuni. Lihat saja dengan berbagai teknologi yang muncul sekarang. Semuanya dihasilkan dari berpikir kreatif.

 

Pentingnya Creative Thinking dalam Kehidupan

Creative thinking penting dalam segala aspek kehidupan. Ada hal-hal yang bisa Anda raih ketika dapat menerapkan creative thinking dalam kehidupan Anda. Begini penjelasannya.

1. Melakukan inovasi

Untuk pebisnis Anda harus tahu bahwa zaman itu berubah, berikut juga dengan kebiasaan orang-orang. Hal itu membuat Anda perlu menyesuaikan bisnis Anda pada perubahan zaman. Bentuk perubahan ini tentunya perlu Anda pikirkan. Perubahan itu dinamakan inovasi.

Inovasi bisa ditemukan ketika Anda menerapkan berpikir kreatif yang tepat untuk bisnis Anda. Dengan begitu, produk Anda akan selalu dibutuhkan oleh pelanggan.

2. Menemukan solusi dengan cara berbeda

Dengan berpikir kreatif Anda akan melihat sesuatu dengan beberapa perspektif. Hal itu membuat Anda lebih bebas dalam mencari ide.

Inilah yang membuat Anda jadi bisa menemukan solusi yang unik. Solusi unik itu akan membuat Anda punya jalan keluar terbaik. Orang-orang di luar sana pun lebih tertarik pada sesuatu yang unik, dibandingkan dengan yang biasa.

3. Menemukan solusi efektif

Solusi unik juga bisa menjadi solusi efektif, terutama untuk tantangan yang sulit sekalipun. Hal itu karena berpikir kreatif dapat membuat Anda menciptakan sesuatu yang baru. Sesuatu yang baru itu pun mampu menghasilkan output yang mudah diterapkan dan ternyata mampu diikuti oleh masyarakat.

Contohnya adalah kehadiran P2P Lending bagi pelaku UMKM yang kesulitan mendapatkan bantuan modal. P2P Lending untuk UMKM berawal dari pemikiran bagaimana caranya membantu usaha kecil agar bisa mendapatkan pinjaman.

4. Syarat pekerjaan

Anda sebagai pekerja perlu memiliki kemampuan berpikir kreatif karena banyak perusahaan yang membutuhkannya. Orang yang berpikir kreatif dianggap mampu meningkatkan kinerja perusahaan, mampu membuat perusahaan memiliki produk baru, mampu membuat perusahaan berkembang lebih besar, dan lainnya.

Kemampuan ini bisa diterapkan di segala bidang. Hanya saja memang tidak semua orang bisa berpikir kreatif. Namun, tenang saja karena hal ini sangat bisa dilatih.

 

Tips Meningkatkan Creative Thinking

Supaya Anda bisa terus menemukan solusi yang kreatif, Anda perlu melatih berpikir kreatif yang Anda miliki. Inilah caranya.

1. Membuat pertanyaan

Kreativitas muncul karena ada pertanyaan yang mendahuluinya. Dari pertanyaan itu, Anda pun mencoba mencari solusi yang sekiranya tepat dan menjadi jalan keluar yang bagus. Di sini Anda juga bisa menggunakan kemampuan berpikir kritis untuk mencari solusi terbaik.

Pertanyaan hadir dari sebuah masalah yang Anda hadapi. Oleh sebab itu, sebelum bertanya, Anda perlu mengidentifikasi masalahnya dulu. Kemudian mencatat pertanyaan yang ingin Anda temukan jawabannya dari masalah itu.

2. Mencari berbagai referensi

Kreativitas bisa menghasilkan sesuatu yang baru, tapi Anda bisa menemukan inspirasi dari hal-hal yang sudah ada. Cara menemukan inspirasi itu misalnya dengan menonton film, membaca buku, mendengarkan lagu, berkumpul dengan teman, berdiskusi dengan bos, dan lain sebagainya.

Dari kegiatan Anda sehari-hari, Anda pun bisa mendapatkan inspirasi yang dicari. Anda perlu open-minded juga dalam menyerap inspirasi itu.

3. Menulis

Menulis adalah salah satu cara yang bisa diandalkan untuk kreativitas. Anda bisa menulis apa saja yang disukai. Anda bisa menulis tentang pengalaman bekerja hari ini, menulis ide yang baru ditemukan, menulis analisis Anda terhadap sebuah produk, dan lain sebagainya.

Kegiatan menulis tidak hanya membantu Anda dalam berbahasa, tapi juga melatih kreativitas dalam menampilkan tulisan yang enak untuk dibaca. Dengan begitu, bisa menerapkannya juga untuk menciptakan hal-hal yang unik.

4. Keluar zona nyaman

Orang-orang kreatif biasanya mampu menembus batas-batas imajinasi yang membuatnya melakukan sesuatu yang tidak mungkin, ternyata menjadi mungkin.

Hal ini didapatkan dari sikapnya yang berani keluar dari zona yang selama ini membuatnya nyaman. Risikonya memang besar, tapi apabila berhasil melewatinya, keuntungan yang diraih bisa lebih tinggi.

Supaya bisa keluar dari zona ini, Anda perlu memiliki sikap tidak takut gagal. Anda mungkin Anda akan sering dikomentari dengan orang-orang yang meragukan Anda. Namun, Anda tidak perlu cemas karena Anda hanya perlu mendengarkan kata hati Anda.

 

Baca juga: Prinsip Dasar Wirausahawan Sukses di Bidang Kreatif

 

Demikian penjelasan mengenai creative thinking. Kemampuan ini memang perlu diasah dengan serius karena menghasilkan sesuatu yang unik itu tidaklah mudah. Namun, apabila Anda sudah mahir memanfaatkannya, masalah-masalah yang Anda hadapi akan selesai dengan cara yang tepat. Semoga informasinya bermanfaat.

 

Meraih Keuntungan Menarik dengan Menjadi Pendana di Modal Rakyat

Anda juga bisa meraih keuntungan dengan membantu pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk meraih modal.

Dengan modal mulai Rp25.000 saja Anda sudah bisa memberikan akses pinjaman modal bisnis untuk UMKM di Indonesia melalui Modal Rakyat. Selain itu, Anda bisa mendapatkan imbal hasil hingga 18% per tahun.

Gunakan kode promo BLOG25 dan mendapatkan saldo gratis Rp25.000 untuk mulai mendanai. Hubungi customer service kami melalui email di cs@modalrakyat.id  untuk mengetahui syaratnya lebih lanjut. Follow Instagram Modal Rakyat di @modalrakyatid untuk mendapatkan update terbaru dari kami.

 



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru