Finansial

6 Rekomendasi Investasi Mudah Cocok untuk Investor Pemula

Pretty Angelia Wuisan-

04 Nov 2021

6 Rekomendasi Investasi Mudah Cocok untuk Investor Pemula

Investasi mudah bagi pemula ada banyak jenisnya, jadi pemula jangan khawatir. Jenis investasi untuk pemula juga mudah ditemukan. 

Salah satu ciri dari investasi mudah untuk pemula adalah bisa dimulai dari modal yang kecil. Ini dia pilihan investasinya untuk Anda.


Baca juga: Berbagai Tujuan Investasi Berdasarkan Usia Para Investor


1. Investasi Saham

Saham adalah surat berharga bukti kepemilikan perusahaan yang dibeli dari emiten yang menerbitkannya. Anda yang memiliki saham, berarti memiliki perusahaan tersebut.

Saat perusahaan meraih laba, Anda akan ikut merasakan keuntungan dari dividen yang dibagikan selama Anda menyimpan saham tersebut.

Untuk berinvestasi saham, Anda sangat boleh memulainya dari modal kecil. Terutama di platform yang memang target pasarnya adalah investor ritel atau investor dengan modal minim.

Anda bisa memilih saham untuk investasi jangka pendek atau panjang. Keduanya sama-sama menguntungkan, tapi tentu yang paling menguntungkan adalah investasi jangka waktu panjang.

Investasi mudah satu ini transaksinya hanya bisa dilakukan di pasar saham. Anda pun akan diminta untuk membuka rekening khusus saham sebelum memulai jual-beli saham di sana.

Anda diharuskan memantau pasar dan kabar dari emiten. Biasanya kebijakan yang dikeluarkan emiten akan berpengaruh terhadap harga saham terkait. 

Sebelum memilih saham, ada baiknya mempelajarinya dulu dari membaca buku tentang saham dan mengikuti seminar investasi saham yang saat ini banyak diselenggarakan secara gratis. Anda akan meraih banyak ilmu dari sana.


2. Investasi Emas

Investasi mudah lainnya adalah investasi emas. Sejak dulu emas dikenal sebagai logam istimewa yang mudah ditukar menjadi uang. Coba saja Anda bawa emas ke Korea Selatan, pasti Anda bisa menukarkannya langsung dengan uang.

Hal itu karena logam mulia dianggap sebagai alat tukar resmi di seluruh dunia. Instrumen investasi emas juga menawarkan keuntungan menarik. Anda bisa memperoleh imbal hasil yang berlipat ketika menyimpannya selama bertahun-tahun.

Emas juga sering dijadikan dana darurat untuk menanggulangi kebutuhan mendesak. Jadi, menjual emas yang Anda simpan juga bisa memperbaiki kondisi keuangan.

Untuk membeli emas pun sekarang mudah. Harga 1 gram emas rata-rata Rp900 ribu. Apabila Anda belum memiliki uang segitu, Anda bisa memilikinya dengan tabungan emas. 

Untuk mendapatkannya, Anda hanya perlu mencicil. Emas itu akan menjadi milik Anda ketika jumlah tabungan sudah cukup.

Supaya aman, Anda bisa menyimpan emas di brankas yang berkualitas atau menitipkannya di lembaga keuangan, tapi ada tarif yang harus Anda bayar untuk setiap tahunnya. 


3. P2P Lending

Investasi mudah yang bisa menjadi pilihan untuk pemula adalah P2P lending. Di sini Anda bisa memberikan pinjaman pada UMKM yang mengajukan modal pinjaman di platform P2P lending.

Jadi, tidak hanya mengajukan pinjaman untuk harian atau usaha, Anda juga bisa berperan sebagai pendana di fintech P2P lending.

Peluang pendanaan di P2P lending sangat bagus karena memungkinkan siapa saja bisa berinvestasi di UMKM yang mendaftar. Proses pemilihan UMKM yang layak dipinjami dana pun cukup ketat, sehingga jauh dari kata investasi bodong.

Prosesnya mudah bagi pemula. Anda tinggal memilih UMKM dengan prospek yang baik. Anda bisa tahu hal itu dari laporan keuangan yang diberikan oleh pihak UMKM. Cek juga kredit score yang dimilikinya. 

Contoh investasi mudah P2P lending adalah Modal Rakyat. Di sini Anda bisa memulai investasi dari Rp25.000 saja. Termasuk murah, bukan? Imbal hasil yang Anda raih pun dapat mencapai 18%. 

Supaya mendapatkan saldo gratis Rp25.000, jangan lupa tambahkan kode BLOG25 ketika melakukan top up.

P2P lending Modal Rakyat juga sudah meraih izin operasional permanen dari OJK, sehingga Anda bisa mengandalkannya dengan baik. 


4. Investasi Reksa dana

Investasi reksadana adalah investasi yang cocok dipraktikkan oleh pemula. Hal itu karena dalam pengelolaan dana, Anda akan dibantu oleh manajer investasi yang sudah paham dengan tugasnya.

Memiliki investasi ini, Anda jadi akan bekerja sama dengan pihak yang bisa diajak berdiskusi. Keputusan yang diambil oleh manajer investasi dapat disesuaikan dengan tujuan Anda.

Sistem reksa dana ini adalah manajer investasi akan mengumpulkan dana yang berasal dari banyak investor. Kemudian, disetor pada efek-efek yang hadir di produk reksa dana.

Efek-efek tersebut ada berbagai macam mulai dari deposito, saham, hingga obligasi. Masing-masing produk reksa dana punya risiko dan keuntungannya tersendiri.

Dibandingkan investasi saham, investasi reksa dana lebih mudah untuk dilakukan karena analisis pun dilakukan bersama-sama dengan manajer investasi. Anda tidak perlu selalu memantau pergerakan pasar. 

Sudah banyak juga platform yang menyediakan reksa dana yang dimulai dari modal yang cukup murah. 

Selain itu, untuk mendapatkan manajer investasi terbaik, Anda bisa menilai dari rekam jejaknya apakah pernah bermasalah serius atau tidak. 

Lalu, pilih juga perusahaan manajer investasi yang berhasil melakukan pengelolaan dana di jumlah yang banyak. Berarti manajer investasi itu dipercaya oleh banyak investor.


5. Simpanan Deposito 

Anda yang ingin berinvestasi di bank, bisa pilih simpanan deposito. Salah satu produk bank ini menawarkan cara berinvestasi yang mudah. Anda tinggal menaruh sejumlah uang dalam beberapa waktu. Uang tersebut pun jumlahnya akan bertambah.

Keuntungan yang bisa diraih di deposito adalah minimal 4% per tahunnya. Bank juga menjadi tempat yang aman karena segala transaksi bisa terekam dengan baik.

Simpanan deposito menjadi salah satu alternatif investasi yang gampang dilakukan karena Anda tinggal menyetor uang di bank terpercaya. Dalam kurun waktu tertentu, Anda akan meraih dana dalam jumlah yang lebih besar sesuai dengan persentase bunga deposito.

Hanya saja ada ketentuan dari bank yang perlu Anda ikuti seperti, tidak mengambil dana yang Anda simpan sampai batas waktu yang telah disepakati. Apabila Anda mengambilnya lebih awal, Anda akan dikenai denda dan tidak meraih bunga yang sudah dijanjikan.

Untuk itu, Anda perlu mengikuti ketentuan yang telah didiskusikan sebelumnya bersama pihak bank.

Selain itu, ketika Anda akan menarik dana setelah jatuh tempo ada pajak 20% yang akan dibebankan pada Anda. Ini sudah menjadi kewajiban yang perlu Anda lakukan.


6. Obligasi Ritel

Satu lagi investasi mudah yang cocok bagi pemula adalah obligasi ritel. Obligasi jenis ini namanya adalah Obligasi Ritel Indonesia yang diterbitkan oleh pemerintah.

Jenis obligasi ini memang diperuntukkan bagi investor ritel yang punya modal minim. Anda bisa memesan obligasi ini mulai dari Rp1 juta. Maksimal obligasi yang bisa dibeli adalah Rp2 miliar. 

Kupon atau bunga yang berlaku menggunakan bunga tetap yang dimulai dari 4,95%. Besaran kupon bisa lebih besar dari itu karena menyesuaikan dengan peraturan pemerintah.

Hasil dari penjualan ORI akan digunakan pemerintah untuk membiayai berbagai macam keperluan negara yang berkaitan dengan kebutuhan masyarakat.

Anda bisa membeli ORI di bank atau platform legal yang ditunjuk secara langsung oleh pemerintah. Lalu, penawarannya juga punya batas waktu. Ketika pemesanan dibuka langsung saja pesan agar tidak kehabisan stok.

Tenor yang berlaku obligasi ini termasuk singkat, sampai 3 tahun. Ketika melakukan penarikan dana juga Anda akan dibebankan pajak 10%.


Baca juga: 6 Investasi Online, Cara Kerja, Keuntungan, dan Risikonya


Demikian rekomendasi investasi mudah yang bisa dicoba oleh pemula. Di awal mungkin Anda akan merasa bingung untuk mengikuti cara kerjanya, tapi jika Anda pelajari terus, Anda pun akan memahami proses dari berinvestasi.

Jangan berpikir bahwa investasi mudah ini bisa menghasilkan untung dalam sehari. Anda perlu bersabar dalam menunggu hasil. Hasil yang baik itu pasti membutuhkan waktu. Semangat berinvestasi ya!



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru