Finansial

Kasbon adalah Pinjaman dari Perusahaan, ini Prosedurnya

Pretty Angelia Wuisan-

20 Aug 2021

Kasbon adalah Pinjaman dari Perusahaan, ini Prosedurnya

Kasbon merupakan salah satu fasilitas yang bisa dinikmati karyawan dari perusahaan yang menyediakannya. Sebagai perusahaan yang baik, tentu perusahaan mau memberikan bantuan bagi karyawan yang memerlukannya. Pihak perusahaan biasanya akan mengajukan syarat tertentu untuk karyawannya.

Para karyawan dapat memanfaatkan kesempatan yang ada dengan baik. Untuk itu karyawan perlu tahu lebih banyak mengenai kasbon dari pengertian, fungsi, dan faktor mengapa karyawan membutuhkannya.

 

Baca juga: Memanfaatkan Koperasi Simpan Pinjam untuk Meraih Pinjaman

 

Pengertian Kasbon

Kasbon merupakan fasilitas pinjaman dari perusahaan untuk karyawannya. Karyawan bisa meraih pinjaman itu ketika mengajukannya secara resmi pada perusahaan.

Biasanya perusahaan menyediakan fasilitas khusus seperti koperasi yang mau memberikan pinjaman kasbon bagi karyawan yang mengajukan sesuai kebutuhan.

Mungkin sebagai karyawan beberapa dari Anda tidak terlalu mengenal jenis fasilitas ini karena lebih sering memanfaatkan pinjaman di bank atau online. Padahal untuk mendapatkan pinjaman ini, tidak begitu rumit. Karyawan tidak akan dikenai bunga juga karena perusahaan pun tidak mengambil keuntungan.

Perusahaan menyediakan fasilitas ini murni karena ingin memberikan bantuan untuk karyawan. Perusahaan pasti paham bahwa karyawan sudah bekerja keras demi menaikkan performa perusahaan, jadi perusahaan tentu akan melaksanakan kewajibannya untuk mensejahterakan karyawannya.

Kemudian bagaimana cara pembayarannya? Perusahaan biasanya akan langsung memotong gaji bulanan karyawan sesuai dengan jumlah pinjaman. Pemotongan gaji dapat dilakukan berbulan-bulan tergantung banyaknya pinjaman yang karyawan dapatkan.

Di sinilah mungkin karyawan juga akan merasa berat karena gajinya harus dipotong. Padahal pemotongan gaji ini tidak akan dilakukan selamanya, hanya beberapa waktu saat sampai pembayarannya lunas.

Besarnya uang yang dapat dipinjam karyawan memiliki batasan. Hal itu lagi-lagi tergantung dari kebijakan perusahaan. Perusahaan tidak akan meminta jaminan berupa aset karyawan. 

Oleh karena itu, dana pinjaman pun tidak sampai sangat besar. Namun, tenang saja karena berapapun batasan dananya, karyawan tetap dapat memanfaatkannya.

Namun, fasilitas ini bukanlah fasilitas yang harus ada di perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan juga dapat menolak pengajuan kasbon dengan alasan tertentu yang akan dijelaskan pada karyawan.

Apabila karyawan mengalami penolakan seperti ini, bukan berarti perusahaan tidak melakukan kewajiban. Hanya saja waktu pengajuannya yang mungkin kurang tepat. Tenang saja, karyawan masih bisa mencari pinjaman di tempat lain karena sekarang platform pinjaman legal sudah tersedia banyak.

 

Fungsi Kasbon untuk Karyawan dan Perusahaan

Adanya pinjaman dari perusahaan akan mendatangkan manfaat bagi karyawan dan perusahaan. Ini penjelasannya.

1. Karyawan

  • Karyawan bisa mendapatkan bantuan dana darurat yang dibutuhkannya dalam waktu cepat, tanpa syarat yang rumit juga. Biasanya perusahaan hanya akan menanyakan tentang tujuan pinjaman.
  • Karyawan tidak akan terbebani dengan bunga yang biasanya ada di pinjaman lainnya karena perusahaan tidak mengambil keuntungan.

  • Karyawan tidak perlu kebingungan mencari uang untuk mengganti pinjaman itu karena langsung diambil dari gajinya per bulan.
  • Karyawan bisa lebih tenang karena mendapatkan pinjaman dari tempat terpercaya yang tidak melakukan penipuan padanya.

2. Perusahaan

  • Perusahaan mendapatkan loyalitas lebih dari karyawan yang sudah dibantunya. Tidak mudah mendapatkan loyalitas karyawan, perusahaan biasanya perlu mengusahakannya dalam bertahun-tahun. Perusahaan yang mendapatkan kepercayaan dari karyawannya, tentu tidak akan kehilangan karyawannya.
  • Perusahaan juga akan mendapatkan produktivitas karyawan yang meningkat. Sebagai ungkapan terima kasih, karyawan akan meningkatkan kinerjanya. Perusahaan pun akan bisa meningkatkan performanya ketika karyawan bekerja keras untuknya.
  • Perusahaan menunjukkan kualitasnya tidak hanya untuk konsumen, tapi juga untuk kesejahteraan bagian internalnya. Ketika bagian internal perusahaan bagus, tentu akan menjadi citra yang bagus juga untuk perusahaan di mata publik.

 

Faktor Kasbon Dibutuhkan oleh Karyawan

Ada beberapa faktor yang membuat karyawan membutuhkan pengajuan pinjaman ke kantor. Ini penjelasannya.

1. Biaya pengobatan

Karyawan biasanya mengajukan pinjaman karena harus membayar biaya pengobatan untuk dirinya atau keluarganya. Walaupun sudah tersedia asuransi, biasanya ada sakit dan obat tertentu yang tidak bisa dibiayai oleh asuransi. Sayangnya uang yang dimiliki karyawan tidak cukup untuk membayar seluruh pengobatan.

Ketika terdesak seperti ini, karyawan dapat mengandalkan perusahaan yang menyediakan pinjaman bagi karyawan. Apabila karyawan yang sakit, biasanya perusahaan akan bersedia memberikan pinjaman secara cepat.

2. Biaya persalinan

Biaya persalinan sekarang sangat mahal. Dioperasi atau tidak dioperasi, biaya penginapan dan perawatan selama menginap saja sudah cukup mahal. Biasanya karyawan sudah mempersiapkan biaya untuk persalinan istri atau dirinya sendiri dari jauh hari, tapi bukan tidak mungkin ada hal mendesak lainnya yang harus dipenuhi untuk menutup biayanya.

3. Biaya pendidikan

Untuk keperluan pendidikan anak, orang tua biasanya bersedia melakukan apa saja, termasuk meminjam uang.

Biaya pendidikan ini semakin tinggi tingkatannya akan semakin mahal. Untuk dapat memenuhi kebutuhan anak dalam belajar, karyawan dapat memanfaatkan pinjaman dari kantor.

4. Uang muka membeli rumah

Mempunyai rumah adalah impian banyak orang. Harganya yang mahal membuat kebanyakan orang harus membayarnya dengan cicilan melalui KPR. Namun, bagi beberapa orang uang muka yang diberlakukan masih terlalu tinggi. Di sinilah karyawan bisa memanfaatkan pinjaman kasbon dari perusahaan.

Biasanya perusahaan bersedia meminjamkan uang untuk membantu karyawan yang kesulitan. Untuk itulah ketika ada yang dibutuhkan secara mendesak, karyawan tidak perlu ragu untuk menghubungi perusahaan terlebih dulu.

5. Biaya pernikahan

Karyawan yang membutuhkan dana untuk naik ke pelaminan bisa juga memanfaatkan fasilitas ini. Karyawan biasanya mengharapkan pernikahan yang terjadi hanya sekali, sehingga acaranya akan diselenggarakan dengan serius. Tentunya karyawan membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk hal ini demi menyenangkan keluarga sendiri dan keluarga calon pasangannya.

6. Perbaikan kendaraan

Ketika terjadi kecelakaan yang menyebabkan kendaraan rusak, karyawan juga dapat mengajukan fasilitas pinjaman ini. Apalagi jika kendaraan itu digunakan untuk keperluan kerja, biasanya perusahaan akan bersedia memberikan dana untuk perbaikan. Karyawan tidak perlu mengkhawatirkannya.

 

Prosedur Pengajuan Kasbon ke Perusahaan

Masing-masing perusahaan punya kebijakan berbeda untuk karyawan yang ingin meminjam padanya. Namun, umumnya inilah prosedur yang perlu karyawan lewati untuk mendapatkan pinjaman.

1. Menyerahkan formulir khusus kasbon karyawan

Biasanya perusahaan sudah menyediakan formulir khusus pinjaman untuk karyawan. Karyawan tinggal mengisi sesuai yang diminta. Datanya harus diisi secara lengkap dari nama, nomor karyawan, sampai ke jumlah pinjaman. Tujuan pinjaman juga perlu ditulis secara jelas untuk kebutuhan apa.

2. Mencari persetujuan

Setelah itu, karyawan perlu menyampaikannya pada pihak HR untuk ditanda tangani. Namun, ini belum selesai. Karyawan mungkin akan diminta memperoleh tanda tangan para petinggi lainnya. Karyawan harus mengikuti prosedur yang berlaku di perusahaannya.

Yang terakhir, biasanya karyawan perlu persetujuan dari kepala divisi keuangan. Apabila sudah disetujui oleh pihak keuangan, mereka yang akan mengurus pinjaman itu.

3. Dana pinjaman cair

Apabila pengajuan pinjaman diperbolehkan, karyawan akan mendapatkan dana pinjaman. Dana tersebut akan disampaikan secara tunai atau dikirimkan langsung ke rekening karyawan.

Biasanya divisi keuangan yang akan menginformasikannya pada karyawan. Karyawan diharuskan menandatangani pengeluaran di jurnal pengeluaran mereka yang nantinya akan dimasukkan ke laporan keuangan. Alasannya karena dana pinjaman didapatkan dari kas perusahaan.

Setelah uang pinjamannya diterima, karyawan langsung bisa menggunakannya untuk kebutuhan.

 

Baca juga: Ketahui Perbedaan Peer-to-Peer Lending dan Payday Loan

 

Seperti itulah penjelasan mengenai kasbon yang dapat dimanfaatkan oleh karyawan. Hal ini termasuk lumrah dan menjadi salah satu fasilitas yang perusahaan berikan pada karyawannya. Sebelum mengajukannya, karyawan perlu mencari tahu lebih jelas mengenai prosedurnya. Semoga informasinya bermanfaat.

 

UMKM Bisa Meningkatkan Bisnisnya dengan Pendanaan di Modal Rakyat

Pelaku UMKM yang ingin meningkatkan kinerja bisnisnya secara signifikan, tapi terkendala modal, dapat mengajukan pinjaman di Modal Rakyat. P2P Lending Modal Rakyat akan mempertemukan Anda dengan pendana yang bersedia meminjamkan dana untuk Anda. Anda dapat mengajukan pinjaman di Rp500 ribu sampai Rp2 miliar.

Tidak perlu mencemaskan besaran bunga karena bunga yang dibebankan pada Anda akan disesuaikan dengan risiko usaha. Proses pengajuan pinjaman termasuk mudah karena bisa dilakukan secara online, oleh karena itu prosesnya cenderung cepat. Modal Rakyat juga sudah memperoleh izin dari OJK, jadi aman dan terpercaya.

Anda bisa memulai pengajuan pinjaman dengan berkunjung ke tautan ini.

 


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru