Finansial

Memahami Sinking Fund dan Perbedaannya dengan Dana Darurat

Pretty Angelia Wuisan-

15 Jul 2021

Memahami Sinking Fund dan Perbedaannya dengan Dana Darurat

Perencanaan keuangan yang matang adalah perencanaan yang penuh dengan persiapan. Perencanaan tersebut tidak hanya memikirkan kebutuhan saat ini, tapi juga demi kebutuhan dan keinginan di masa nanti. Salah satu perencanaan dana yang perlu Anda siapkan adalah sinking fund.

Sinking fund sering disangka sama dengan dana darurat. Padahal keduanya cukup berbeda. Kedua jenis dana itu sebaiknya ada di perencanaan keuangan Anda karena punya manfaatnya masing-masing.

Di sini akan dijelaskan lebih jauh mengenai sinking fund dari pengertian, bedanya dengan dana darurat, manfaat, dan tips untuk menyiapkannya.

 

Baca juga: Financial Freedom: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mencapainya

 

Pengertian Sinking Fund

Sinking fund adalah dana yang dapat membantu Anda dalam memenuhi keinginan masa depan. Beberapa keinginan itu ada yang bisa terpenuhi ketika Anda mempunyai dana berjumlah besar. Anda mungkin tidak bisa memenuhinya sekarang, tapi dengan mengumpulkan dananya secara rutin, suatu saat nanti Anda akan bisa meraih keinginan itu.

Contoh keinginan-keinginan yang paling umum adalah membeli laptop, membeli rumah, membeli mobil, dan lain sebagainya.

Sinking fund berbeda dengan pinjaman. Anda akan memenuhi keinginan itu ketika uangnya sudah berhasil dikumpulkan.

Anda mungkin sering mempraktikkan perencanaan untuk dana di masa depan ini, tapi tidak begitu mengenal istilahnya. Namun, untuk mengumpulkan dana ini perlu disiplin yang kuat karena godaannya akan sangat banyak. Terlebih jika Anda harus melakukannya dalam waktu yang lama, rasa jenuh juga akan menghinggapi Anda.

Di sinilah Anda harus yakin dulu dengan tujuan itu. Kalau tidak, Anda bisa saja berhenti di tengah jalan karena merasa tidak yakin tujuan itu akan tercapai. Padahal jika Anda konsisten, Anda bisa saja meraihnya.

 

Bedanya Sinking Fund dengan Dana Darurat

Dana untuk masa depan dan dana darurat ini tentu saja berbeda. Anda sudah tahu bahwa sinking fund akan digunakan untuk keperluan masa depan. Sedangkan, dana darurat akan dimanfaatkan untuk penggunaan pada hal-hal tidak terduga.

Hal-hal tidak terduga itu adalah hal yang terjadi di luar rencana dan kendali Anda. Misalnya, tiba-tiba saja genteng rumah Anda bocor, Anda tentu harus segera membetulkannya supaya air tidak masuk ke rumah terus.

Hal-hal tidak terduga ini sering membuat Anda terpaksa mengeluarkan dana yang sebenarnya untuk kebutuhan lain. Kalau sudah begini jadinya Anda pun akan terpaksa menunda kebutuhan itu.

Namun, jika dana darurat Anda siapkan, Anda tidak harus menunda pengadaan kebutuhan penting yang lebih dulu Anda tentukan.

Dana darurat bisa Anda kumpulkan secara rutin beriringan dengan sinking fund. Supaya Anda bisa membedakannya, taruh dana darurat terpisah dengan dana untuk masa depan itu. Jumlah dana darurat ini idealnya harus lebih besar ketimbang penghasilan Anda setiap bulannya.

Untuk Anda yang belum menikah, jumlah dana darurat yang aman untuk disiapkan besarannya 3 sampai 6 kali gaji. Sedangkan untuk Anda yang sudah berkeluarga dan memiliki tanggungan, dana darurat yang perlu disediakan besarannya 6 sampai 12 kali gaji.

Ketika dana darurat besarannya terpenuhi, Anda bisa mendiamkannya, kemudian digunakan hanya ketika hal darurat terjadi. Sedangkan, sinking fund harus terus-menerus Anda isi sampai target yang Anda pasang bisa dicapai.


Baca juga: Mengenal Investasi Jangka Panjang Beserta Manfaat dan Jenisnya 

 

Manfaat Menyiapkan Sinking Fund

Ada manfaat yang Anda dapatkan saat memutuskan memasukkan dana untuk masa depan ini dalam perencanaan keuangan Anda. Seperti ini penjelasannya.

1. Membantu Anda menyiapkan dana besar

Ada kalanya Anda membutuhkan dana besar untuk keperluan penting seperti membeli rumah. Harga rumah yang tinggi membuat Anda tidak bisa langsung melunasinya sekarang juga. Untuk itulah Anda bisa memanfaatkan dana untuk masa depan ini.

2. Membantu Anda meraih keinginan

Dana untuk masa depan ini tidak hanya digunakan untuk hal-hal serius, Anda bisa juga memanfaatkannya untuk menciptakan memori yang menyenangkan. Misalnya, Anda ingin liburan ke Jepang selama sebulan. 

Anda perlu merencanakan keuangannya dari jauh hari agar rencana liburan selama sebulan itu berjalan lancar. Bayangkan betapa bahagianya Anda ketika hal tersebut berhasil Anda wujudkan. Jangan ragu melakukan perencanaan keuangan karena tidak hanya untuk kemudahan, Anda juga bisa meraih kebahagiaan darinya.

3. Menciptakan perencanaan keuangan yang sehat

Dengan menyiapkan dana untuk masa depan ini, Anda juga menciptakan keuangan yang sehat. Keuangan yang sehat itu tandanya Anda bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan.

Anda juga jadi bisa menabung secara rutin yang mencegah Anda menggunakan uang secara berlebihan tanpa pikir panjang.

4. Mengurangi utang

Manfaat canggih lainnya dari dana untuk masa depan adalah mengurangi Anda untuk berutang lebih banyak.

Berutang tidak masalah apabila Anda benar-benar menggunakannya untuk keperluan mendesak. Lain halnya apabila semua kebutuhan Anda penuhi dengan cara berutang. Anda tentu akan kerepotan membayar tagihan yang menumpuk itu.

Dengan tersedianya dana untuk masa depan, Anda tentu tidak perlu mengambil lebih banyak pinjaman.

 

Baca juga: Tips Jitu Perencanaan Keuangan Keluarga Muda

 

Tips Mengumpulkan Sinking Fund

Menyiapkan dana ini membutuhkan perencanaan yang cukup matang. Bukan hal yang sulit untuk melakukannya, selama ada niat yang tinggi dari Anda.

Seperti inilah cara menyiapkan dana tersebut.

1. Tentukan tujuan penggunaan serta tanggalnya

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah menyusun list kebutuhan dan keinginan. Paling bagus jika disusun berdasarkan prioritas, tapi jika Anda menyusunnya sesuai dengan keinginan juga tidak masalah.

Setelah itu, jangan lupa cantumkan tanggal kapan waktunya Anda memenuhi keinginan atau kebutuhan itu. Setelah satu kebutuhan atau keinginan tercapai, Anda bisa melanjutkan memenuhi kebutuhan dan keinginan yang lain.

2. Membuka rekening khusus

Dana untuk masa depan ini paling bagus disediakan dalam rekening khusus yang terpisah dari dana darurat dan tabungan utama. Hal itu agar Anda dapat konsisten mengumpulkannya.

3. Gunakan transfer otomatis

Supaya Anda konsisten mengumpulkan jenis dana ini, ada baiknya Anda gunakan transfer otomatis yang langsung masuk ke rekening dana masa depan itu setiap bulannya.

4. Sabar

Agar dana ini berhasil terkumpul Anda juga harus sabar. Di perjalanan, Anda mungkin akan tergoda menggunakan dananya untuk hal lain di luar rencana. Namun, Anda harus berusaha tetap fokus pada rencana.

Menunggu itu terkadang melelahkan, tapi percayalah suatu saat Anda tidak akan perlu menunggu lagi.

5. Menjadi Pendana di Modal Rakyat

Agar sinking fund lebih cepat Anda kumpulkan, Anda bisa mendaftar sebagai pendana di P2P Lending Modal Rakyat. Modal yang Anda salurkan akan dipinjamkan pada pelaku UMKM yang membutuhkan modal. Anda pun bisa sekalian membantu UMKM yang ingin mengembangkan bisnisnya.

Potensi imbal hasil yang Anda raih bisa mencapai 18% per tahun. Mendanai di Modal Rakyat juga aman karena kami sudah memperoleh izin dari OJK. Yuk, mulai mendaftarkan diri Anda sebagai pendana di halaman berikut ini. Gunakan kode BLOG25 untuk mendapatkan saldo gratis senilai Rp25.000.

 



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru