Finansial

Apa itu ESOP dan Cara Kerjanya untuk Karyawan Berprestasi

Pretty Angelia Wuisan-

30 Jul 2021

Apa itu ESOP dan Cara Kerjanya untuk Karyawan Berprestasi

Berbagai cara yang dilakukan perusahaan untuk memberikan penghargaan bagi karyawan-karyawannya yang berprestasi. Mulai dari kenaikan gaji, insentif, dan cara lain yang tidak kalah populer adalah mengadakan program saham ESOP.

Sebagian besar investor dari sebuah emiten berasal dari luar. Namun, hal itu tidak menutup kemungkinan karyawan di dalam emiten tersebut mendapatkan kesempatan untuk memiliki saham perusahaannya. Inilah yang dinamakan ESOP. Di sini kita akan mengupas tuntas mengenai ESOP yang cukup menarik untuk diketahui.

 

Baca juga: Kenalan dengan ARA dan ARB dalam Investasi Saham

 

Apa itu ESOP?

ESOP adalah program karyawan sebuah perusahaan yang memberikan kesempatan pada karyawannya untuk dapat memiliki saham perusahaan itu. Program ini dapat juga disebut dengan Employee Stock Ownership Plan.

Bentuknya sebagai remunerasi atau hadiah yang diberikan pada pegawai atas prestasinya yang sudah membawa perusahaan ke posisi saat ini. Program ini memang menarik dan dapat membuat karyawan lebih loyal pada perusahaannya.

Perusahaan juga menggunakan program ini untuk lebih meningkatkan kinerja sahamnya karena dimiliki oleh orang-orang internal. Dengan begitu, karyawan yang memilikinya akan terpacu untuk bekerja lebih baik demi membuat nilai saham perusahaan melejit di masa nanti.

Program kepemilikan saham oleh karyawan bisa ada di perusahaan besar, maupun perusahaan yang masih terbilang baru.

Perusahaan yang mengadakan program ini di Amerika Serikat sana, sering masuk sebagai perusahaan top. Alasannya selain karena kinerja perusahaan yang baik, mereka juga berhasil meningkatkan kesejahteraan hidup karyawan-karyawannya.

Perusahaan besar yang sudah menerapkan program kepemilikan saham untuk karyawan ini adalah Google dan Amazon, dua perusahaan raksasa di dunia, dan kedua pendirinya pun masuk dalam daftar orang terkaya di dunia.

 

Cara Kerja ESOP

Saham yang termasuk ke dalam program kepemilikan ini besaran porsinya ditentukan oleh perusahaan. Perusahaan biasanya akan memberikan sahamnya dengan cara mencicil setiap tahunnya.

Lalu, karyawan tidak bisa langsung menjualnya karena saham yang diberikan itu masih masuk ke dalam masa vesting period. Umumnya saham itu akan disimpan oleh perusahaan secara aman sampai karyawannya resign atau pensiun.

Kemudian saham yang dimiliki oleh karyawan itu akan dibeli kembali oleh perusahaan, sesuai dengan harga yang berlaku secara umum di pasar modal. Hal ini bisa dilakukan setelah vesting period.  

Untuk cara pembayaran saham, perusahaan dapat melunasinya dalam satu kali pembayaran atau pembayaran yang dicicil setiap bulannya, seperti menerima gajian.

Untuk karyawan yang pensiun, program ESOP ini akan menguntungkan baginya karena bisa memiliki saham tanpa harus bingung memilih. Apalagi jika harga sahamnya ketika pensiun melejit dibanding saat pertama kali karyawan itu diberikan saham kepemilikan ini. Karyawan bisa mendapatkan imbal hasil yang melimpah.

 

Bentuk Kepemilikan Saham untuk Karyawan yang Lainnya

Kepemilikan saham ini mempunyai paket yang menjadi tunjangan tambahan. Perusahaan mengeluarkan paket yang beragam untuk menjaga kultur perusahaan yang baik dan mencegah perkelahian antar karyawan karena kecemburuan.

Jadi, selama berprestasi, seluruh karyawan di dalam perusahaan itu punya peluang untuk masuk dalam program ESOP dan mendapatkan tunjangan tambahan lain.

Bentuk kepemilikan saham ini juga ada berbagai macam. Di bawah ini adalah bentuk lain dari kepemilikan saham yang bisa dimanfaatkan oleh karyawan.

1. Saham Bayangan (Phantom Stocks)

Merupakan kepemilikan saham yang membuat karyawan meraih keuntungan tanpa harus melalui pemindahan (transfer) saham yang sebenarnya. Program ini ibarat hadiah yang diperuntukkan bagi karyawan ketika saham perusahaan harganya mengalami kenaikan di masa mendatang.

2. Saham Terbatas

Merupakan kepemilikan saham yang diberikan pada karyawan yang memiliki pencapaian tertentu. Misalnya, karyawan tersebut adalah karyawan terlama yang ada di kantor atau karyawan tersebut berhasil membuat goal besar untuk perusahaan.

3. Pembelian Saham Secara Langsung

Karyawan juga bisa membeli saham perusahaannya secara langsung melalui program ini. Keuntungannya adalah karyawan bisa mendapatkan harga yang lebih miring (harga diskon).

Saat mendapatkan penawaran ini, karyawan bisa saja menolak apabila merasa tidak yakin dengan membeli saham perusahaan, nanti dia akan mendapatkan keuntungan yang diinginkan. Terlebih harga saham memang terkadang sulit tidak diprediksi.

4. Opsi Saham

Merupakan bentuk kepemilikan saham yang membuat karyawan bisa membeli saham dengan harga tertentu dan di waktu yang lebih bebas. Karyawan bisa saja mendapatkan keuntungan di masa depan saat membeli saham perusahaan yang harganya sedang turun.

Selain itu, sifat saham ini juga masih sebagai hak, jadi karyawan bisa saja menolaknya.

5. Hak Apresiasi Saham

Merupakan jenis kepemilikan saham untuk karyawan yang bentuknya uang tunai. Tujuan pemberian sahamnya selain untuk hadiah bagi karyawan, juga untuk menambah nilai saham perusahaan yang bersangkutan.

 

Apakah ESOP Ada di Startup dan UMKM?

Program kepemilikan saham bagi karyawan bisa saja dilakukan oleh perusahaan startup. Apalagi di dunia ini, beberapa startup sudah melakukannya, terutama startup yang valuasinya sudah cukup besar. Namun, biasanya perusahaan startup tidak mempraktikkan Opsi Saham.

Untuk UMKM, program kepemilikan saham untuk karyawan masih jarang ditemukan, tapi bisa saja dipraktikkan apabila para pemilik modal di UMKM itu menyetujui pengadaan program itu.

Para pemilik modal bisa membuat program kepemilikan saham untuk karyawan dari sebagian kecil keuntungan yang mereka raih yang kemudian digabungkan. Hanya saja hal ini sangat bergantung pada laba yang didapatkan oleh UMKM.

 

Baca juga: Investor Saham, Kenali Dividend Trap dan Cara Mengatasinya

 

Seperti itulah penjelasan mengenai program kepemilikan saham bagi karyawan. Walaupun di Indonesia masih jarang dipraktikkan, bukan tidak mungkin di masa depan nanti semakin banyak perusahaan yang memberikan manfaat menarik itu untuk karyawannya.

 

Bantu UMKM Berkembang dengan Mendanai di P2P Lending Modal Rakyat

Ayo bantu pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan modal usaha dan raih keuntungannya.

Dengan modal mulai Rp25.000 saja Anda sudah bisa memberikan akses pinjaman modal bisnis untuk UMKM di Indonesia melalui Modal Rakyat. Selain itu, Anda bisa mendapatkan imbal hasil hingga 18% per tahun.

Gunakan kode promo BLOG25 dan mendapatkan saldo gratis Rp25.000 untuk mulai mendanai. Hubungi customer service kami melalui email di cs@modalrakyat.id  untuk mengetahui syaratnya lebih lanjut. Follow Instagram Modal Rakyat di @modalrakyatid untuk mendapatkan update terbaru dari kami.

 



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru