Finansial

7 Manfaat Investasi Sejak Dini, Tidak Hanya Soal Profit

Pretty Angelia Wuisan-

27 Dec 2021

7 Manfaat Investasi Sejak Dini, Tidak Hanya Soal Profit

Anak muda yang masih ragu untuk berinvestasi perlu tahu manfaat investasi sejak dini. Pilihan investasi Anda saat ini, akan berpengaruh besar di jalan hidup Anda.

Manfaat itu tidak hanya berkaitan dengan mendapatkan keuntungan. Manfaat investasi sejak dini bisa Anda rasakan di setiap sendi kehidupan Anda.


Baca juga: Lakukan Perencanaan Keuangan dalam Keluarga Mulai Sekarang


Manfaat Investasi Sejak Dini, Tidak Hanya Keuntungan Semata

Pilihan investasi ada banyak, Anda tidak perlu khawatir sulit untuk memilihnya. Untuk investasi, Anda bisa membuat pilihan di instrumen investasi saham, reksa dana, P2P lending, pasar uang dan lainnya.

Yang perlu Anda kumpulkan pertama kali adalah niat untuk memulai. Jika niat itu belum ada, Anda perlu tahu apa saja manfaat investasi sejak dini yang bisa mengubah hidup Anda.

  • Perencanaan keuangan yang bagus
  • Menyiapkan dana darurat
  • Membiasakan diri hidup hemat
  • Kebebasan finansial
  • Memutus rantai sandwich generation
  • Pensiun dini
  • Memudahkan mengejar mimpi

1. Perencanaan keuangan yang bagus

Investasi sejak dini menjadikan Anda sebagai perencana keuangan yang baik. Uang yang penggunaannya tidak direncanakan sering berakhir sia-sia.

Itulah yang menyebabkan sebagian orang tidak memiliki simpanan karena uang mereka digunakan untuk kesenangan semata. 

Penting untuk dipahami bahwa perencanaan keuangan yang tertata rapi akan membuat rencana-rencana lain Anda berjalan mudah, terutama yang mengharuskan Anda menggunakan uang.

Hal ini tidak hanya berlaku pada bisnis, tapi juga di kehidupan sehari-hari.

2. Menyiapkan dana darurat

Investasi sejak dini menjadi salah satu cara untuk Anda mudah menyiapkan dana darurat. Perlu dipahami bahwa dana darurat harus dibedakan dengan uang kebutuhan, investasi, dan tabungan Anda.

Dana darurat membantu Anda menghadapi masalah yang tiba-tiba datang, misalnya genteng rumah bocor, kendaraan yang rusak, dan lainnya.

Hal-hal darurat tersebut harus diselesaikan dengan uang. Akan jadi masalah ketika Anda tidak punya uang cukup untuk mengatasinya. 

Untuk masalah yang tiba-tiba datang, dana darurat ini harus Anda siapkan di rekening khusus yang hanya akan digunakan ketika Anda membutuhkannya.

Besaran dana darurat bisa beragam, tergantung pengeluaran Anda per bulannya. Besaran dana darurat biasanya dikalikan 2 atau 5 kali pengeluaran Anda.

3. Membiasakan diri hidup hemat

Uang mudah habis jika Anda tidak mengontrol penggunaannya dan investasi adalah kegiatan yang bisa mengontrol penggunaan uang itu.

Dari gaya hidup yang senang foya-foya, investasi akan mengubah mindset Anda bahwa hidup hemat itu sama sekali tidak merugikan. 

Apalagi jika Anda merasa uang Anda cepat habis berapapun penghasilan Anda. Di sinilah Anda perlu memulainya dengan membiasakan diri hidup hemat. Salah satu caranya adalah berinvestasi secara berkala. 

Hidup hemat seharusnya tidak menyiksa Anda karena bukan berarti gerakan Anda jadi terbatas.

Hidup hemat yang sebenarnya adalah Anda menunda sesuatu yang diinginkan dengan mengumpulkan uang untuk membuat rencana itu berjalan lebih rapi di waktu nanti.

4. Kebebasan finansial

Manfaat investasi sejak dini salah satunya adalah membawa Anda pada kebebasan finansial.

Kebebasan finansial membuat Anda lebih santai dalam mengarungi hidup. Anda tinggal duduk manis, uang pun masuk ke rekening Anda. Itulah cara kerja investasi yang sesungguhnya. 

Kebebasan finansial bisa diraih tanpa harus menjadi orang kaya, tapi menjadi orang yang cukup.

Untuk membuka kesempatan bagus itu, Anda memang perlu mengusahakannya dulu. Investasi sedini mungkin akan membantu perencanaan keuangan jangka panjang Anda ini.

Anda bisa menghasilkan uang dari aset produktif seperti menyewakan rumah atau mendapatkan dividen dari saham yang Anda simpan dalam jangka waktu lama.

5. Memutus rantai sandwich generation

Generasi sandwich sedang menjadi hal yang dikhawatirkan. Terjadi pada kaum muda yang sedang merintis karir, yang harus menyiapkan kebutuhan keuangan untuk diri sendiri dan keluarganya.

Generasi ini seperti daging yang terhimpit dua roti, itulah gambaran tentangnya. Generasi sandwich rentan mengalami stres dan kelelahan karena harus bekerja keras sepanjang waktu.

Untuk menghentikan terbentuknya sandwich generation berikutnya, investasi sejak dini bisa jadi jalan yang bagus.

Hal itu karena investasi hasilnya bisa dipetik di masa tua nanti. Ketika masa pensiun sudah tiba Anda jadi punya uang untuk membiayai kehidupan sendiri. Anda pun tidak perlu membebani anak-anak Anda.

Investasi sejak muda yang Anda lakukan ini memang cocok untuk dijadikan sumber uang di masa depan. Untuk mencairkannya, Anda hanya menunggu waktu.

Investasi bisa menyelamatkan satu generasi keluarga dari beban hidup yang berat dan stres berlebihan yang sekarang banyak menimpa para anak muda.

6. Pensiun dini

Manfaat lainnya dari investasi sedini mungkin adalah Anda jadi punya kesempatan untuk pensiun lebih awal.

Jika sebagian orang biasanya pensiun di umur 55 tahun, dengan investasi yang sudah disiapkan, Anda bisa pensiun dini di umur 45 tahun.

Setelah itu Anda bisa melanjutkan berbagai kegiatan yang Anda inginkan, tanpa harus terikat pekerjaan. 

Bekerja itu memang melelahkan dan Anda butuh istirahat. Dengan pensiun dini, Anda jadi punya lebih banyak waktu untuk beristirahat.

7. Memudahkan mengejar mimpi

Investasi sejak dini juga akan memudahkan Anda mengejar mimpi yang awalnya Anda pikir tidak akan terjadi.

Anda mungkin terlalu tenggelam dalam keisbukan. Atau untuk mewujudkan mimpi itu, membutuhkan uang yang tidak sedikit, jadi Anda tidak sanggup untuk melakukannya sekarang.

Namun, kesabaran Anda dalam menunggu pun akhirnya bisa terbayar di waktu yang Anda pilih. 

Misalnya, Anda ingin membeli rumah impian. Dengan investasi yang Anda lakukan secara rutin, rumah itu pun akhirnya menjadi atas nama Anda di kemudian hari.

Tidak masalah Anda menunggu untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik di masa nanti. 


Baca juga: Cara Mempersiapkan Investasi yang Menguntungkan


Kesimpulan

Manfaat investasi yang dilakukan sejak dini bisa menghadirkan hal-hal yang Anda perlu dan inginkan. Jangan ragu berinvestasi demi kehidupan stabil yang sudah lama diimpikan.


Menjadi Pendana UMKM Sejak Dini, dan Raih Keuntungannya di Modal Rakyat

Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, jangan ragu melakukan pendanaan sedini mungkin melalui Modal Rakyat.

Di Modal Rakyat Anda bisa meminjamkan modal untuk pelaku UMKM yang membutuhkannya. 

Mendanai di Modal Rakyat bisa dimulai di modal Rp25.000 dan keuntungannya adalah 18%.

Modal Rakyat aman sebagai platform pendanaan karena sudah memperoleh predikat legal dari OJK. Masukkan promo dengan kode BLOG25 ketika top up dan dapatkan Rp25.000 gratis.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru