Bisnis

Finansial

7 Jenis Pinjaman Modal Usaha Kecil yang Terpercaya

Pretty Angelia Wuisan-

06 Dec 2021

7 Jenis Pinjaman Modal Usaha Kecil yang Terpercaya

Usaha kecil seringkali terkendala modal usaha agar bisa terus berlanjut. Ini juga yang membuat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kesulitan berekspansi. Hal ini seharusnya tidak perlu dikhawatirkan lagi karena pelaku usaha bisa mendapat pinjaman modal usaha kecil dari berbagai tempat.

Jenis pinjaman modal usaha kecil ini sekarang ada beragam. Masing-masing memberikan kemudahan pada Anda. Penasaran apa saja jenis pinjaman modal usaha kecil? Ini dia pilihannya untuk Anda. 

  • Koperasi.
  • Kredit Usaha Rakyat (KUR).
  • P2P Lending.
  • Pinjaman KTA.
  • Kredit Multiguna.
  • Ventura.
  • Kredit Modal Kerja.


Baca juga: Cara Cerdas Kelola Modal Usaha dari Pinjaman



1. Koperasi

Salah satu jenis pinjaman modal usaha kecil yang dapat diandalkan merupakan koperasi. Jenis koperasi yang biasanya mengurus pinjam-meminjam ini adalah koperasi simpan pinjam

Pihak koperasi akan bersedia memberikan pinjaman, apabila Anda bersedia menjadi anggotanya terlebih dulu. Anda bisa mencari tahu apa saja syarat yang diberikan oleh mereka. Syaratnya tidak sulit.

Untuk mendapatkan pinjaman, Anda tentunya perlu mengikuti aturan-aturan yang dibuat oleh pihak koperasi.

Anda akan bisa meraih pinjaman dengan suku bunga cukup rendah di sini dan pembayaran pinjaman yang tentunya lebih mudah.

Untuk terhindar dari pinjaman koperasi bodong, Anda perlu memeriksa nama koperasi tersebut di situs web koperasi Indonesia yang resmi. 


2. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Lembaga keuangan lain yang bisa Anda andalkan untuk pinjaman modal usaha kecil ada KUR yang berasal dari pemerintah. Anda bisa ajukan pinjaman modal ke bank-bank yang dinaungi oleh pemerintah seperti Bank Mandiri, BNI, BTN, dan lainnya.

Untuk melakukan pinjaman, Anda perlu mendatangi langsung bank-bank di bawah pemerintah tersebut untuk mengetahui prosesnya. Masing-masing bank punya ketentuan yang berbeda.

Umumnya, Proses pengajuannya mempunyai syarat sebagai berikut:

  • Anda harus mempunyai usaha yang beroperasi minimal 1 tahun.
  • Bersedia mengembalikan dana dengan bunga 6% per tahunnya.
  • Mengajukan dana usaha dengan limit hingga Rp50 juta.
  • Pinjaman ini dapat diakses oleh pengusaha yang bergerak di berbagai bidang.
  • Jangka waktu pinjaman dari 2 tahun sampai ke 5 tahun. 

Program ini disediakan pemerintah untuk membantu para pelaku usaha kecil. Pemerintah menyadari bahwa usaha kecil ini punya manfaat yang besar untuk Indonesia, sehingga turun tangan langsung mengatasi usaha kecil yang terkendala dalam modal usahanya.


3. Pinjaman Modal Usaha Kecil, P2P Lending

Jenis pinjaman modal usaha kecil yang dapat dimanfaatkan selanjutnya adalah P2P lending. Platform ini menyediakan pinjaman produktif bagi pelaku usaha. Sangat mudah diakses karena Anda bisa melakukan pengajuan pinjaman jarak jauh.

Sekarang, sudah banyak platform P2P lending yang tersedia di Indonesia. Namun, tentunya hanya P2P lending legal dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang patut dipilih. P2P lending legal melayani secara profesional dan sesuai aturan yang diberikan pemerintah.

Untuk mengembangkan usaha, P2P lending Modal Rakyat bisa jadi pilihan. Mengajukan pinjaman di Modal Rakyat termasuk mudah karena dapat Anda lakukan melalui online. Anda pun jadi tidak perlu mendatangi kantornya langsung.

Dana pinjaman yang dapat Anda ajukan adalah Rp500 ribu hingga ke modal maksimal Rp2 miliar. Bunga yang akan dibebankan pada Anda pun kompetitif.

Anda juga dapat mengajukan pinjaman dengan jaminan invoice usaha. Syarat yang perlu Anda penuhi untuk pinjaman adalah:

  • Anda perlu mendaftarkan diri dan terverifikasi sebagai Peminjam di Modal Rakyat.
  • Usaha Anda beroperasi minimal 1 tahun.
  • Melampirkan mutasi rekening selama 6 bulan yang menunjukkan omzet bisnis Anda.
  • Laporan keuangan tahunan.
  • Laporan transaksi jual-beli per bulannya.
  • Apabila ada pinjaman di lembaga keuangan lain, perlu melampirkan bukti adanya pinjaman tersebut.
  • Melampirkan pembeli dan penjual yang berkaitan dengan usaha Anda, beserta nomor telepon yang bisa dihubungi untuk mengecek transaksi usaha.

Tenor untuk pinjaman jaminan invoice berlaku sesuai dengan tenor yang ada pada invoice. Pinjaman yang akan diterima Anda sebesar 70% hingga 80% dari nilai invoice yang Anda jaminkan.

Syarat-syaratnya termasuk mudah dipenuhi, bukan? Anda tidak perlu ragu ajukan pinjaman Modal Rakyat.


4. Pinjaman KTA 

Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah pinjaman modal usaha kecil yang syaratnya termasuk mudah. Alasannya karena Anda tidak membutuhkan agunan.

Selain itu, produk KTA ini hadir di berbagai lembaga keuangan, tidak hanya bank. Informasi produk KTA akan mudah Anda temukan di dekat Anda. Anda juga tidak perlu mengajukan kepemilikan kartu kredit.

Namun, karena tidak ada jaminan, jumlah pinjaman pun tidak bisa banyak. Kemudian tenor pinjaman juga cenderung sebentar. Untuk itu, Anda perlu perhitungan ketika memilih produk ini.

Umumnya, syarat pengajuan KTA adalah:

  • Melampirkan kartu identitas atau kartu tanda penduduk (KTP).
  • Melampirkan kartu keluarga.
  • Surat izin usaha Anda.
  • NPWP usaha Anda.
  • Rekening bank yang Anda gunakan untuk transfer dana pinjaman nanti.

Biasanya ada pihak bank yang mengharuskan Anda membuka produk tabungannya dulu. Namun, jika bagi Anda hal itu merepotkan, Anda juga bisa memilih KTA di lembaga keuangan lain yang bisa menggunakan bank mana saja.


5. Kredit Multiguna

Jika Anda ingin mengajukan modal pinjaman yang jumlahnya cukup besar, Anda bisa menjaminkan harta atau aset yang Anda miliki. Kredit multiguna ini biasanya dimiliki oleh bank. 

Anda bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp50 juta hingga Rp5 miliar, tergantung  nilai aset yang Anda jaminkan karena akan disesuaikan. 

Uang itu pun bisa Anda gunakan untuk membuka cabang baru atau membeli bangunan toko yang bisa menunjang kegiatan berbisnis Anda di lokasi yang lebih ramai.

Karena jumlah pinjaman yang cukup besar, tenor pinjaman pun cukup lama, yaitu maksimal 10 tahun. Namun, jika Anda bisa melunasi pinjaman sebelum itu pun tidak masalah. 

Bunga yang dibebankan pada Anda antara 10% hingga 15%. Biasanya akan lebih rendah dibandingkan KTA. Namun, bunga bisa lebih rendah dari itu jika pemerintah menurunkan suku bunga. 


6. Ventura

Ada lagi jenis pinjaman modal usaha kecil dari perusahaan yang menyediakan modal khusus para pengusaha atau disebut juga dengan perusahaan ventura. 

Anda sebagai pemilik usaha biasanya akan diminta timbal balik dalam berbagai bentuk. Umumnya adalah kepemilikan saham, tapi bisa juga dengan memberikan uang tunai.

Untuk bisa meraih pinjaman modal usaha dari perusahaan ventura, Anda perlu membuat proposal bisnis yang menarik bagi mereka.

Selain itu, perusahaan ventura ini punya ketertarikan terhadap bidang usaha tertentu, Misalnya, ada perusahaan ventura yang hanya tertarik mendanai usaha di bidang keuangan, usaha di bidang fashion, atau usaha di bidang teknologi.

Sebelum pergi ke perusahaan ventura, Anda perlu riset dulu kira-kira perusahaan ventura mana yang tertarik untuk bekerja sama dengan pihak Anda.

Apabila pengajuan proposal Anda ditolak, bukan berarti usaha Anda tidak bagus. Anda perlu mencari perusahaan ventura lain karena kesempatan akan selalu ada untuk mereka yang mau mencoba.


7. Kredit Modal Kerja

Pinjaman jenis ini biasanya memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan operasional perusahaan seperti menyewa alat, pembayaran upah para tenaga kerja, menyewa pabrik, dan lainnya.

Produk pinjaman ini bisa Anda temukan di bank terdekat. Biasanya bank tidak akan sepenuhnya memberikan pinjaman yang Anda ajukan. Hanya sekitar 70% modal yang akan Anda raih dari total pengajuan.

Pinjaman ini bisa Anda andalkan untuk kebutuhan mendesak dalam jangka waktu pendek. Perhatikan juga syarat-syarat pengajuannya agar pengajuan Anda prosesnya mudah dan diterima.


Baca juga: Cari Tahu Sumber Modal Bisnis Efektif bagi Pemula di Sini


Kesimpulan

Pinjaman modal usaha kecil sekarang ada banyak pilihan, sehingga pelaku usaha tidak kebingungan lagi untuk meminjam modal usaha. Ajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan. Lalu, jangan lupa meminjam ke lembaga yang terpercaya dan legal. Jangan meminjam ke rentenir atau perusahaan bodong lainnya.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru