Bisnis

Mendapatkan Pelanggan Baru dengan Metode Sales Discovery Call

Pretty Angelia Wuisan-

21 Jul 2021

Mendapatkan Pelanggan Baru dengan Metode Sales Discovery Call

Dalam dunia bisnis, sales merupakan salah satu kegiatan yang diandalkan untuk membuat produk terjual sesuai target atau bahkan lebih banyak. Biasanya perusahaan tidak hanya menjual produknya ke perorangan, tapi bisa juga ke perusahaan lain yang sekiranya membutuhkan produk yang Anda keluarkan.

Di sinilah Anda akan mengandalkan sales discovery call. Ini adalah kegiatan yang penting Anda lakukan untuk menyukseskan proyek kerja sama B2B atau antar perusahaan. Sama seperti namanya, Anda akan menggunakan teknologi panggilan telepon untuk melakukan kegiatan ini.

Lalu, apa itu sales discovery call? Apa saja manfaatnya bagi perusahaan yang menerapkannya? Di sini Anda akan tahu lebih banyak mengenai discovery call.

 

Baca juga: Memanfaatkan Cost Plus Pricing untuk Meraih Keuntungan

 

Apa itu Sales Discovery Call?

Diketahui dari laman Zendesk, sales discovery call adalah panggilan pertama antara divisi sales suatu perusahaan dan prospek setelah prospek itu terlihat berminat pada produk milik perusahaan.

Kegiatan ini adalah strategi follow up untuk mengetahui lebih lanjut apakah prospek benar-benar ingin melanjutkan perjanjian transaksi produk atau tidak.

Biasanya dilakukan melalui panggilan telepon karena lebih praktis dan diskusi bisa dilakukan secara langsung. Untuk itu, metode ini tidak dapat begitu saja dikatakan ketinggalan zaman karena masih banyak perusahaan yang mengandalkannya.

Apabila hanya diterapkan melalui email, sebagian besar prospek pasti memberikan balasan yang terlambat. Atau ada juga prospek yang enggan membalas email tersebut karena berbagai macam alasan. Panggilan telepon masih menjadi pilihan yang tepat untuk kegiatan ini.

Kenapa harus dihubungi? Kenapa tidak menunggu perusahaan yang berminat memberikan respons dulu? Inisiatif adalah sebuah keharusan dalam dunia bisnis.

Saingan Anda banyak dan Anda akan berhadapan dengan berbagai macam kemungkinan. Akan lebih baik apabila Anda menjemput bolanya terlebih dahulu.

 

Manfaat Sales Discovery Call

Perusahaan yang mengandalkan metode ini dalam bisnisnya, akan mendapatkan manfaat sebagai berikut.

1. Memberikan informasi lebih detail pada prospek

Umumnya prospek yang sudah menaruh minat pada sebuah produk, belum mengetahui kelebihan produk lebih mendetail. Untuk itulah kesempatan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh tim sales untuk mengenalkan produknya lebih lengkap lagi.

2. Metode ini praktis dilakukan

Beberapa perusahaan ada yang bersedia mendatangi langsung prospeknya satu per satu untuk follow up proses penawaran mereka selanjutnya. Keuntungannya, perusahaan bisa bertemu langsung dengan prospek dan melakukan negosiasi. Kekurangannya, cara ini tidak praktis dan buang-buang waktu.

Belum tentu prospek memiliki waktu yang sama dengan perusahaan yang menawarkan. Mereka juga terkadang enggan kontak langsung seperti itu karena disibukkan dengan pekerjaannya. Sebagian besar dari mereka tidak masalah diskusi dilanjutkan melalui telepon. Hal itu lebih baik daripada dikunjungi secara langsung.

3. Menciptakan peluang yang lebih bagus

Perusahaan yang melakukan inisiatif ini akan memberikan peluang yang besar untuk kemajuan bisnisnya. Perusahaan sudah berusaha mengenalkan produknya lebih jauh, sehingga prospek pun akan mempertimbangkannya. Terlebih jika produk yang perusahaan tawarkan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh prospek, prospek akan bersedia membelinya.

4. Menciptakan hubungan yang baik

Dalam bisnis, hubungan yang baik antara perusahaan dan prospek bisa terjaga dengan kehadiran metode ini. Walaupun prospek belum tertarik membeli produk karena alasan tertentu, tapi itu tidak menutup kemungkinan kerja sama berikutnya akan terjadi. Tentunya perusahaan harus terus melakukan penawaran.

 

Strategi Melakukan Sales Discovery Call

Supaya berhasil melakukan sales discovery call, ini adalah strategi yang bisa dipraktikkan oleh tim sales.

1. Tim sales melakukan riset tentang prospek

Sebelum melakukan panggilan pertama, tim sales harus tahu lebih banyak tentang prospek. Dengan begitu, tim sales akan lebih bisa menyampaikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan kebutuhan prospek. Lalu, memberikan solusi yang berhubungan dengan produk perusahaan.

Apabila tim sales tidak riset, nanti malah memberikan pertanyaan yang tidak nyambung dan prospek pun tidak tertarik untuk mengikutinya.

2. Tim sales berlatih percakapan yang benar dan baik

Percakapan yang baik dan pas adalah senjata tim sales dalam menawarkan produk perusahaan. Tim sales harus mampu menjelaskan produk perusahaannya dengan benar. Sampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti agar prospek pun paham apa yang sedang dibicarakan.

Untuk memiliki kecakapan yang bagus, diperlukan latihan secara rutin. Tim sales bisa berlatih bersama dengan rekan-rekannya atau berlatih secara mandiri.

3. Perlu menelepon di waktu yang tepat

Tim sales jangan menelepon secara mendadak untuk menyampaikan penawaran produk karena kebanyakan prospek akan menyudahi panggilan ini lebih cepat. Prospek juga memiliki kesibukan tersendiri dan sudah punya jadwal yang tidak bisa diganggu.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menghubungi prospek dan menanyakan kapan waktu yang tepat untuk kalian berdiskusi. Prospek biasanya bersedia menyediakan waktu lain untuk tim sales yang menghubunginya. Di sinilah tim sales perlu menyusun jadwal untuk metode sales discovery call.

4. Manfaatkan minat prospek

Tadi sudah disebutkan bahwa minat prospek adalah hal yang perlu tim sales ketahui. Ini adalah cara yang tepat untuk membuat prospek lebih tertarik dan akhirnya mau membeli produk perusahaan.

Minat ini biasanya hadir karena masalah yang dialami oleh prospek. Lalu, prospek membutuhkan jalan keluar untuk mengatasi hal tersebut.

Tim sales bisa memulainya dari masalah itu, menanyakan kesulitan apa saja yang dialami prospek, berapa banyak dana yang sudah prospek keluarkan untuk mengatasi masalah tersebut, apakah pengaruh masalah itu pada kinerja bisnis prospek.

Termasuk pertanyaan-pertanyaan lain yang membuat prospek akhirnya mengatakan dia membutuhkan bantuan.


Baca juga: Menerapkan Online Reputation Management untuk Reputasi Brand


Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai sales discovery call. Metode ini sangat bisa diandalkan untuk memperoleh pelanggan baru. Dari sana perusahaan pun bisa meningkatkan penjualan produk-produknya

Cara ini tidak dilakukan sekali, tapi perlu dilakukan terus-menerus. Perusahaan pun harus memiliki tim sales yang handal.

 

UMKM Raih Pinjaman Modal untuk Mengembangkan Bisnisnya di Modal Rakyat

Pelaku UMKM yang ingin meningkatkan kinerja bisnisnya, tapi terkendala modal, dapat mengajukan pinjaman di Modal Rakyat. P2P Lending Modal Rakyat akan mempertemukan Anda dengan pendana yang bersedia meminjamkan dana untuk Anda. Anda dapat mengajukan pinjaman di Rp500 ribu sampai Rp2 miliar.

Tidak perlu mencemaskan besaran bunga karena bunga yang dibebankan pada Anda akan disesuaikan dengan risiko usaha. Proses pengajuan pinjaman termasuk mudah karena bisa dilakukan secara online, oleh karena itu prosesnya cenderung cepat. Modal Rakyat juga sudah memperoleh izin dari OJK, jadi aman dan terpercaya.

Anda bisa memulai pengajuan pinjaman dengan berkunjung ke tautan ini.

 



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru