08 Aug 2022
Strategi bisnis di era digital memang berbeda dibandingkan era dulu. Namun, banyak kelebihan yang dimiliki teknologi internet, seperti Anda akan lebih mudah berhadapan dengan calon konsumen tanpa harus bertatap muka. Proses penjualan pun bisa dilakukan dari jarak yang jauh.
Kehadiran internet membuat strategi bisnis yang sekarang jadi lebih mudah diatur. Anda perlu tahu strategi bisnis digital apa saja yang perlu dilakukan untuk bisa menjual produk secara sukses!
Baca juga: 7 Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Bisnis Digital
Strategi bisnis di era digital ada bermacam-macam. Anda perlu menyiapkan cara yang tepat untuk berhasil menjalankan strategi pemasaran di era digital. Di bawah ini adalah cara-cara yang bisa dipraktikkan.
Tujuan pemasaran digital adalah untuk mengenalkan produk Anda ke publik. Cara pertama untuk strategi awal adalah membuat brand yang kuat.
Brand berkaitan dengan nama usaha dan logo. Pembuatannya harus dipikirkan dengan baik agar sesuai dengan ciri khas dari usaha Anda. Bahkan Anda perlu mempekerjakan seseorang yang ahli dalam membuat logo.
Ada berbagai jenis pemasaran digital yang dapat dipilih. Untuk tahu bagaimana bentuk dan strategi masing-masing pemasaran tersebut, Anda perlu mempelajari digital marketing secara luas.
Menguasai pemasaran digital adalah cara menghadapi era digital saat ini. Tidak sulit untuk mempelajarinya. Anda bisa memulainya dari konten-konten edukasi gratis yang tersedia di internet.
Jika ingin yang lebih serius, Anda bisa mengikuti program course digital marketing berbayar yang sekarang mudah ditemukan di internet.
Sebelum mengeksekusi strategi bisnis di era digital, Anda perlu tahu dulu siapa target pasar usaha. Hal ini agar pemasaran yang Anda lakukan bisa tepat sasaran. Apalagi pemasaran digital ini bisa dispesifikan secara manual dengan teknologi sekarang.
Sebenarnya tidak sulit untuk menentukan target pasar. Anda tinggal menyesuaikannya dengan produk yang dijual. Misalnya, Anda menentukan target pasar ibu yang akan memiliki bayi karena Anda memproduksi baju bayi untuk laki-laki dan perempuan
Strategi bisnis di era digital berikutnya adalah jangan lupa memanfaatkan media sosial. Ada banyak jenis media sosial yang dimanfaatkan agar bisa lebih dekat dengan calon konsumen.
Masing-masing media sosial itu punya ciri khas audiens dengan persona atau tone brand yang berbeda, Anda harus memahaminya.
Selain itu, Anda tentu harus mengenal fitur-fitur yang ada di media sosial tersebut agar bisa memaksimalkan penggunaannya. Jika ada update fitur baru, Anda harus segera mempelajari fitur tersebut.
Jika ingin cepat mengenalkan produk, strategi bisnis di era digital yang bisa diandalkan adalah memanfaatkan iklan digital berbayar. Iklan berbayar ini membuat jangkauan ke audiens lebih luas dalam waktu singkat. Cocok digunakan untuk target jangka pendek.
Anda juga bisa menyesuaikan dengan budget yang disediakan sendiri. Strategi ini sangat cocok untuk Anda yang memulai bisnis online pertama kali.
Sebelum memilih cara ini, pelajari dulu sistem iklan digital berbayar di platform seperti Google dan media sosial yang tersedia di Indonesia. Hal itu karena cara mengaktifkan iklannya berbeda-beda.
Strategi bisnis di era digital lain yang bisa Anda jalankan adalah bekerja sama dengan affiliate marketer untuk melakukan bisnis afiliasi. Mereka adalah sosok yang membantu Anda memasarkan produk. Anda pun bisa membagikan komisi ketika ada produk yang terjual.
Anda tinggal membuka kerja sama affiliate marketer dan memberikan ketentuan yang jelas pada mereka yang akan membantu memasarkan barang jualan. Semakin banyak yang berminat ikut, produk Anda jadi semakin bisa dikenal oleh konsumen.
Pelayanan terbaik adalah salah satu strategi bisnis di era digital yang jangan diabaikan. Anda memang tidak bertemu dengan pelanggan, tapi Anda perlu membuat pelanggan nyaman membeli produk Anda.
Caranya adalah dengan menyediakan layanan ganti produk apabila ada produk yang cacat. Dari sini Anda bisa mendapatkan ulasan yang bagus, sehingga memancing konsumen lain bersedia membeli produk Anda.
Anda perlu melakukan evaluasi secara rutin yang berguna untuk melihat adanya perkembangan dari bisnis atau sebaliknya. Dari sini Anda bisa melakukan perbaikan atau mendapatkan ide inovasi yang membuat bisnis semakin berkembang.
Evaluasi ini sebaiknya dilakukan minimal seminggu sekali atau paling sedikit satu bulan sekali.
Baca juga: Ekonomi Digital: Contoh dan Dampaknya bagi Masyarakat
Itu dia penjelasan strategi bisnis di era digital yang bisa dimanfaatkan. Pada dasarnya sekarang berbisnis itu lebih mudah. Namun, kembali lagi pada Anda apakah mau menjalaninya secara serius atau sebaliknya. Bisnis digital punya banyak peluang, tapi tentu peluang itu harus Anda cari.
Anda bisa memperoleh penambahan dana dari dana yang Anda pinjamkan untuk UMKM di Modal Rakyat. UMKM tersebut bisa berkembang dan mengembalikan pinjaman, sehingga Anda memperoleh imbal hasil yang diharapkan.
Jumlah dana yang bisa Anda siapkan dari Rp500 ribu dan keuntungannya adalah 18% per tahun. Tersedia asuransi juga untuk proteksi dana Anda sampai 95%.
Modal Rakyat sudah berizin legal OJK dan diawasi langsung, keamanannya pun sudah terjamin. Ayo, lakukan pendanaan aman Anda sekarang di Modal Rakyat!
Bisnis era digital adalah jenis bisnis yang mengandalkan internet dalam penawarannya kepada konsumen. Untuk itu Anda yang ingin melakukan bisnis ini membutuhkan koneksi yang selalu on dan memahami cara kerja berbagai macam teknologi yang berhubungan dengannya.
Strategi bisnis digital adalah cara-cara menjalankan bisnis digital dengan ide tertentu, sehingga berhasil mencapai target. Anda perlu mengenal ciri khas bisnis digital terlebih dulu agar bisa menjalankannya dengan baik.
Pemasaran digital merupakan cara promosi yang dilakukan melalui platform digital. Dikenal juga sebagai digital marketing. Di bawah ini hal-hal yang termasuk sebagai pemasaran digital.
Tantangan untuk menjalankan bisnis di era digital itu nyata. Ini dia tantangan yang harus siap Anda hadapi.