Finansial

Inilah 6 Cara dapat Uang dari TikTok

Kabrina Rian Ferdiani-

03 Sep 2021

Inilah 6 Cara dapat Uang dari TikTok

TikTok menjadi salah satu aplikasi kekinian yang menjanjikan dalam rangka memenuhi cara menghasilkan uang ala millenial. Setelah YouTube dianggap menjanjikan sampai profesi sebagai Youtuber banyak diincar, kini muncul profesi baru sebagai seorang TikToker di internet.

Postingan berdurasi beberapa menit saja tanpa memberikan manfaat besar melalui penyampaian informasi terperinci tanpa basa-basi. Mulai dari konten kuliner, resep masakan, edukasi, informasi terkini, dan banyak lagi ulasan lainnya seputar berbagai hal.


Baca juga: 20+ Cara Mendapatkan Uang dari Internet Tanpa Modal


Cara Menghasilkan Uang dari TikTok

Meskipun terkesan mudah, namun pada faktanya ketika dilakukan, untuk mendapatkan keuntungan dari membuat konten TikTok tidak semudah itu. Durasi akhir yang hanya beberapa menit dibuat melalui berbagai editing dan proses cukup menyita waktu.

Tapi, jika Anda tertarik untuk mendapatkan penghasilan dari aplikasi asal Tiongkok satu ini, dapat mengikuti beberapa cara berikut:

Konten Bersponsor

Konten bersponsor ini tidak sembarang diberikan perusahaan atau pihak tertentu kepada pengguna aplikasi tersebut. Yang pertama kali dilihat adalah berapa jumlah followers pemilik akun. MInimal berjumlah ribuan, maksimal bisa berapa saja bahkan sebanyak mungkin.

Jika jumlah followers sudah sesuai, selanjutnya pihak yang memberikan sponsor akan melihat apakah konten pemilik akun sesuai dengan produk maupun jasa tersebut atau tidak. Sementara menginginkan cara menghasilkan uang dari konten bersponsor, lebih dulu harus fokus menaikkan jumlah followers.

Untuk menaikkan jumlah followers yang dibutuhkan adalah konsistensi membuat konten, mengikuti konten yang sedang viral, fokus pada satu kreativitas, dan optimasi profil. Proses menaikkan followers memang bisa lama, namun hasilnya akan memuaskan kemudian hari.

TikTok Manager

Profesi ini tidak ubahnya seperti sosial media manager, dimana Anda bekerja pada sebuah perusahaan atau pihak pemilik akun sebagai hubungan bisnis. Tugas yang biasanya diberikan adalah meningkatkan jumlah followers, meningkatkan traffic kunjungan, dan mengelola akun.

Hanya orang dengan kompetensi mumpuni yang dapat mengambil alih pekerjaan ini. Bermain media sosial dapat dilakukan oleh semua orang, namun tidak semuanya mampu menghasilkan uang dari gerakan jarinya bermain media sosial tersebut.

Bahkan sekarang ini apabila ingin serius menjalankan cara menghasilkan uang ada kursus atau pelatihannya khusus. Menyadari betapa besar pengaruh media sosial pada zaman sekarang, banyak hal dipasarkan melalui media online dengan target market tertentu.

TikTok Marketing

Jika Facebook, Instagram, dan Google memiliki Ads, demikian juga dengan aplikasi terkini asal Tiongkok satu ini. Pemasaran melalui akun TikTok secara langsung dilakukan oleh pihak pemilik bisnis dengan harapan dapat menggaet pangsa pasar secara lebih luas lagi.

Adapun cara menghasilkan uang dengan pemasaran ini dapat diterima apabila ada orang membeli produk yang diiklankan. Contoh sederhananya, jika dulu orang beriklan di media elektronik, kini perlahan media pemasaran tersebut beralih ke teknologi digital.

Nantinya postingan dari iklan tersebut akan menyasar orang-orang tertentu yang memang sudah disaring sesuai market produk tersebut. Algoritma internet memiliki kecanggihan sehingga dapat memasang iklan tepat sasaran kepada target di manapun mereka berada.

Agensi Influencer

Untuk menjadi sebuah agen, tentu tidak bisa dilakukan oleh sembarang pihak jika tidak mengenal influencenya. Namun, bagi yang ingin mempromosikan bisnisnya, bisa melalui agensi influencer dengan harapan dapat diterima secara lebih mudah oleh sang selebritas.

Apabila Anda berkemungkinan mendirikan sebuah agensi influencer maka penting sekali memperhatikan detail peraturan untuk dipatuhi bersama. Karena bertugas sebagai orang ketiga, maka kemampuan komunikasi amat diperlukan guna menghindari kesalahpahaman.

Jika sudah cukup mapan berdiri sebagai agensi, nantinya tidak perlu Anda yang mencari cara menghasilkan uang dengan mencari orang. Namun, orang lain yang akan mencari Anda, asalkan kiprah dalam dunia agensi tercatat baik serta mampu memuaskan klien.

Jual Beli Akun

Jual beli akun akan menjadi jalan pintas bagi beberapa perusahaan atau bisnis yang ingin instan mendapatkan engagement di pasaran. Sebab, meskipun terkesan simple, faktanya untuk menaikkan followers tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Sebelum sebuah akun dijual, terlebih dahulu harus ada followers sebanyak mungkin, konten sesuai perusahaan target, dan berbagai hal positif lainnya. Dengan membeli akun, perusahaan pembeli memiliki keuntungan tinggal melanjutkan konten sesuai tema.

Sementara pemilik akun pertama memperoleh keuntungan berupa uang. Setelah satu akun dijadikan cara menghasilkan uang, maka selanjutnya pemilik akun tersebut dapat membuat akun lain. Anda harus pintar manajemen media sosial juga untuk meningkatkan engagement.

Donasi

Jenis pemasukan seperti donasi ini selayaknya pada aplikasi Likee dan juga Twitch. Donasi didapatkan dari stiker oleh para viewers ketika Anda melakukan live streaming. Asalkan kontennya menarik maka besar potensi mendapatkan sebanyak mungkin jumlah donasi live.

Namun, kembali lagi untuk dapat sejumlah donasi, orang akan melihat jumlah followers terlebih dahulu. Biasanya dibutuhkan sejumlah ribuan pengikut bahkan akan lebih bagus jika lebih agar konten tersebut bisa mendatangkan banyak donasi.

TikTok sempat ditolak oleh beberapa orang Indonesia pada awal kedatangannya sampai akhirnya diblokir Kominfo. Selang beberapa tahun, kehadiran aplikasi asal Tiongkok ini justru menjadi salah satu media sosial yang ramai digunakan oleh para selebritis dunia.

Terbilang masih sepi pemanfaatan, muncul banyak selebritas TikTok yang viral karena kreativitas karya dari berbagai kontennya. Wajar, sebab aplikasi tersebut tidak hanya menawarkan konten hiburan, namun juga berbagai informasi serius, salah satunya edukasi.

Catatan untuk semua trik mendapatkan penghasilan di atas adalah terlebih dahulu followers dan engagement harus banyak dulu. Ketika keduanya didapatkan maka sangat memungkinkan untuk keenam cara menghasilkan uang di atas dilakukan secara bersamaan pada satu akun.


Baca juga: Apa Itu Passive Income dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?


Cara dapat Uang dari Pendanaan di P2P Lending Modal Rakyat

Ayo bantu pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan modal usaha dan raih keuntungannya.

Dengan modal mulai Rp25.000 saja Anda sudah bisa memberikan akses pinjaman modal bisnis untuk UMKM di Indonesia melalui Modal Rakyat. Selain itu, Anda bisa mendapatkan imbal hasil hingga 18% per tahun.

Gunakan kode promo BLOG25 dan mendapatkan saldo gratis Rp25.000 untuk mulai mendanai. Hubungi customer service kami melalui email di cs@modalrakyat.id  untuk mengetahui syaratnya lebih lanjut. Follow Instagram Modal Rakyat di @modalrakyatid untuk mendapatkan update terbaru dari kami.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru