Bisnis

Memahami Scarcity atau Kelangkaan dan Faktor Penyebabnya

Pretty Angelia Wuisan-

18 Aug 2021

Memahami Scarcity atau Kelangkaan dan Faktor Penyebabnya

Scarcity atau kelangkaan merupakan hal yang bisa terjadi dalam keseharian kita. Scarcity dapat mempengaruhi jalannya perekonomian suatu negara. Hal itu karena kita semua berharap bahwa kebutuhan kita dapat selalu terpenuhi. Namun, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan keterbatasan itu terjadi.

Hal ini pun akan mempengaruhi jalannya bisnis. Supaya Anda bisa menghadapi keterbatasan itu, Anda perlu tahu lebih banyak tentang langka mulai dari pengertian, jenis, faktor penyebab, pentingnya hal itu dalam kehidupan kita, dan hubungannya dengan bisnis.

 

Baca juga: Mengenal Sistem Laissez Faire dalam Perekonomian

 

Pengertian Scarcity atau Kelangkaan

Scarcity adalah terbatasnya sumber daya yang menjadi kebutuhan kita, sementara permintaan akan sumber daya itu terus ada, dan kita kesulitan untuk menemukan penggantinya. Di sini terjadi ketidakseimbangan antara penawaran dan permintaan yang terjadi di masyarakat.

Anda pasti pernah melihat kejadian ini di sekitar Anda. Misalnya, keterbatasan pasokan BBM yang membuat orang-orang mengantri panjang di SPBU. Atau keterbatasan tabung gas yang di daerah tertentu yang membuat penduduk di sana kesulitan memasak.

Kejadian lainnya yang terjadi tahun lalu, ketika masker menjadi langka karena maraknya penimbunan yang dilakukan mereka yang tidak bertanggung jawab. Padahal banyak orang yang membutuhkan masker. Akhirnya pemerintah menyarankan pemakaian masker kain untuk mengganti fungsi masker pada umumnya.

Keterbatasan sumber daya itu bisa disebabkan berbagai macam hal. Tentu harus segera diatasi. Keterbatasan membuat orang kerepotan untuk memenuhi kebutuhan. Apalagi jika sumber daya itu termasuk kebutuhan utama.

Kelangkaan ini juga bisa memicu orang untuk tidak bertanggung jawab dalam membeli sumber daya tersebut, kemudian untuk menjualnya diberlakukan harga yang tidak masuk akal. Akibatnya, yang mampu membelinya hanya kalangan tertentu. Sementara kalangan di bawah akan merasakan kesenjangan yang begitu besar.

Namun, keterbatasan sumber daya alam juga bisa memberikan keuntungan pada kita. Nanti akan dibahas tentang pentingnya scarcity dalam kehidupan keseharian kita.

Yang jelas, kita harus bisa menghadapi keterbatasan dengan lapang dada. Kemudian mencari solusi yang sekiranya tepat untuk mengganti keterbatasan itu.

 

Jenis-Jenis dari Kelangkaan

Ada berbagai macam keterbatasan yang perlu Anda pahami. Ini penjelasannya.

1. Keterbatasan yang penyebabnya adalah permintaan

Keterbatasan dapat terjadi ketika permintaan membludak atau keinginan yang tidak terbatas, sementara sumber daya yang bisa menyediakan kebutuhan itu tidak mampu memproduksi sesuai dengan permintaan.

2. Kelangkaan disebabkan keterbatasan sumber daya

Keterbatasan ini juga bisa saja terjadi dan disebabkan karena sumber daya yang terbatas, padahal jumlah permintaannya pun masih dalam jumlah yang normal. Keterbatasan ini bisa disebabkan beberapa hal seperti pencurian, kerusakan alam, dan lain sebagainya.

3. Keterbatasan struktural

Keterbatasan ini terjadi karena akses yang tidak merata terhadap sumber daya atau kesenjangan antara sumber daya. Hanya mengalokasikan sumber daya pada kalangan tertentu karena faktor majunya wilayah, ekonomi, politik, dan lainnya.

 

Faktor Penyebab Scarcity atau Kelangkaan

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan scarcity pada ekonomi. Hal-hal ini juga pasti pernah kita rasakan sebelumnya. Ini penjelasannya.

1. Pasokan berkurang

Sumber daya yang pasokannya berkurang dapat memicu keterbatasan bahan baku. Padahal tanpa kehadiran bahan baku, kita pasti akan kesulitan mengolah kebutuhan.

Banyak hal yang bisa membuat pasokan untuk bahan baku berkurang. Bisa terjadi karena embargo yang disebabkan masalah politik, konflik yang terjadi di suatu daerah, bencana alam, atau memang pasokannya yang mendekati habis, sehingga perlu digunakan secara efisien.

2. Permintaan yang meningkat

Meningkatnya permintaan bisa disebabkan oleh beberapa hal. Contoh mudahnya adalah permintaan untuk masker yang meningkat selama pandemi ini. Semua orang membutuhkan masker ketika berada di luar rumah. Sebelum pandemi, masker umumnya digunakan oleh mereka yang bekerja di dunia medis.

Ketika di awal pandemi, saking banyaknya permintaan masker, membuat masker menjadi langka. Kalaupun ada, harganya tidak masuk akal, sehingga hal ini pun menyebabkan protes besar. Hingga masker kain disarankan menjadi pengganti masker medis.

3. Faktor perubahan alam

Alam di sekitar kita ini tidak dipungkiri semakin rusak. Sayangnya kita tidak menyadari bahwa sebagian besar kerusakan itu disebabkan oleh kita. Contohnya banjir yang disebabkan iklim yang ekstrim. Iklim ekstrim disebabkan pemakaian karbon monoksida berlebihan.

Kemudian, kebakaran hutan yang menghanguskan ribuan pepohonan. Kebakaran hutan disebabkan oleh pembukaan lahan yang dibakar oleh oknum tertentu. Hal ini juga benar-benar perlu diperhatikan dengan baik karena kebakaran hutan adalah masalah serius yang setiap tahun menghantui kita.

 

Pentingnya Kelangkaan

Kelangkaan penting dalam kehidupan keseharian kita. Dalam ilmu ekonomi, scarcity menentukan harga yang membuatnya bisa bersaing di luar sana. Misalnya, ada barang tertentu yang memang dibuat dengan jumlah yang terbatas, sehingga harganya termasuk mahal. Konsumen akan membelinya karena merasa memiliki barang itu adalah hal yang istimewa.

Kelangkaan juga dapat membuat kita menyadari bahwa semua sumber daya yang ada di sekitar ini suatu hari akan hilang. Untuk itu kita wajib menjaga dengan menggunakan sumber daya itu secukupnya saja. 

Kita akan terpacu untuk hidup hemat energi, merawat alam dengan sebaik-baiknya, dan membatasi diri untuk tidak mengeksploitasinya secara berlebihan.

 

Hubungan Scarcity dengan Bisnis

Keterbatasan juga akan membuat pebisnis jadi lebih kreatif. Alasannya karena bahan baku harus terus ada, sementara itu pasokannya terbatas. Pebisnis pun akan memutar otak untuk dapat mengganti ketersediaan bahan baku tersebut dengan yang lain. Pebisnis memang harus memikirkan berbagai solusi supaya bisnisnya tetap bisa berjalan.

Dari sini pebisnis bisa menyadari bahwa ia tidak bisa mengandalkan satu sumber daya saja. Ia harus bisa berpikir ke depan untuk mencari pengganti bahan bakunya. Ketika berhasil menemukan bahan baku pengganti, bisa saja pebisnis masuk ke lini bisnis baru yang membuat usahanya kian berkembang.

 

Baca juga: Ancaman di Bidang Ekonomi yang Perlu Diwaspadai

 

Seperti itulah penjelasan tentang scarcity atau konsep kelangkaan yang menjadi salah satu teori di ekonomi. Namun, hal itu tidak hanya sebagai teori karena praktiknya pun terjadi di kehidupan kita.

Hal ini memang bisa terjadi secara tiba-tiba, tapi apabila kita bisa mencari solusi terbaik, kita juga akan bisa mengatasi hal itu. Untuk itu kita pun perlu melakukan efisiensi dalam pemakaian sumber daya dan menjaga sumber daya di sekitar kita untuk tetap berfungsi dengan baik.

 

Membantu UMKM Berkembang Berarti Membantu Kebangkitan Perekonomian Nasional, Yuk Jadi Pendana di Modal Rakyat

Ayo bantu pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan modal usaha dan raih keuntungannya.

Dengan modal mulai Rp25.000 saja Anda sudah bisa memberikan akses pinjaman modal bisnis untuk UMKM di Indonesia melalui Modal Rakyat. Selain itu, Anda bisa mendapatkan imbal hasil hingga 18% per tahun.

Gunakan kode promo BLOG25 dan mendapatkan saldo gratis Rp25.000 untuk mulai mendanai. Hubungi customer service kami melalui email di cs@modalrakyat.id  untuk mengetahui syaratnya lebih lanjut. Follow Instagram Modal Rakyat di @modalrakyatid untuk mendapatkan update terbaru dari kami.

 



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru