Bisnis

Wholesale adalah Grosir, ini Keuntungannya bagi Pebisnis

Pretty Angelia Wuisan-

12 Aug 2021

Wholesale adalah Grosir, ini Keuntungannya bagi Pebisnis

Wholesale adalah salah satu bentuk bisnis yang dipraktikkan banyak pedagang. Ada keuntungan dari sistem wholesale yang bisa didapatkan oleh mereka yang mengandalkannya. Untuk itulah bisnis ini hingga sekarang masih sering dipraktikkan.

Wholesale merupakan bisnis yang bisa dipraktikkan oleh pengusaha besar atau usaha kecil sekalipun. Sebagai informasi untuk Anda, di sini akan dibahas mengenai wholesale, manfaat, fungsi, keuntungan, dan cara mendapatkan keuntungan dari bisnis ini.

 

Baca juga: Konsinyasi adalah: Kelebihan dan Kekurangannya

 

Wholesale adalah

Wholesale adalah bisnis yang Anda lakukan dengan membeli produk dalam jumlah yang banyak dari suatu produsen, kemudian Anda menjual kembali produk tersebut pada pebisnis lainnya dalam jumlah yang banyak juga.

Dalam bahasa Indonesia, wholesale adalah grosir. Penjualan dalam bentuk grosir saat ini juga dimanfaatkan oleh banyak usaha kecil atau UMKM.

Wholesale adalah bisnis yang menguntungkan karena bisa membuat produk yang Anda jual jadi cepat laku. Pebisnis lain juga mendapatkan harga murah ketika membeli produknya.

Dari cara penjualannya, wholesale seakan-akan mirip dengan distributor. Namun, tentu saja keduanya punya perbedaan yang signifikan. Distributor tugasnya hanya menyalurkan barang dan jasa. Distributor bekerja sama dengan beberapa produsen dalam jangka waktu tertentu. Untuk itulah kita mengenal istilah distributor resmi.

Sedangkan, wholesale adalah bisnis yang terjadi tanpa ada pihak yang bekerja sama secara khusus. Anda bisa saja menjual produk dari beberapa produsen. Produsen itu bisa juga menyalurkan produknya ke beberapa bisnis lain. Lalu, untuk mendistribusikan produk itu dapat dilakukan sendiri, tanpa ada campur tangan di produsen.

 

Manfaat Wholesale adalah

Anda yang menerapkan bisnis wholesale, akan meraih manfaat seperti di bawah ini.

  1. Anda bebas menentukan produk yang dijual secara grosir.
  2. Harga yang Anda dapatkan ketika membeli produk wholesale akan sangat murah dibandingkan harga satuannya. Disebut juga produk dengan harga grosir.
  3. Anda bisa menjual produk secara cepat.
  4. Mendapatkan informasi mudah dari produk yang Anda beli di produsen.
  5. Anda bisa berbisnis dengan lebih efisien karena mendapatkan harga beli lebih murah dan menjual lebih cepat.

 

Fungsi Wholesale

Beberapa fungsi wholesale adalah membawa keuntungan bagi penyedia barang dan pebisnis yang membeli barang tersebut. Seperti ini fungsinya.

1. Promosi

Bagi produsen, wholesale adalah bisnis yang membantu promosi produk mereka secara efektif, tanpa harus mengeluarkan biaya lebih. Promosi langsung dilakukan oleh para pedagang yang bekerja sama dengannya.

2. Menjual

Bagi produsen dan penjual, bisnis wholesale membantu mereka berjualan tanpa harus bertemu dengan konsumen secara langsung.

3. Mengurangi biaya penyimpanan

Mereka yang menerapkan wholesale juga mampu mengurangi biaya penyimpanan karena produk biasanya cepat berpindah tangan ke penjual lain.

4. Membantu keuangan

Wholesale adalah bisnis yang membantu keuangan pebisnis yang melakukannya. Mereka bisa mendapatkan barang lebih awal, bisa menawarkan produk kepada pebisnis lain dengan cara cicilan, dan pembayaran bisa tetap dilakukan tepat waktu juga.

5. Distribusi yang cepat

Tanpa bantuan distribusi resmi, produsen yang menerapkan bisnis ini akan lebih cepat menyalurkan barang ke konsumen. Hal itu karena penjual yang ada di bawahnya berhubungan langsung dengan konsumen.

6. Bersedia menanggung risiko

Apabila terjadi cacat atau kerusakan barang sebelum sampai ke konsumen, produsen biasanya bersedia bertanggung jawab untuk membayar hal tersebut.

 

Jenis Bisnis Wholesale

Grosir memiliki berbagai macam bisnis yang dapat Anda pilih. Ini penjelasannya.

1. Merchant Wholesaler

Merupakan jenis wholesale yang dapat Anda andalkan ketika membeli produk dalam jumlah besar. Jenis wholesale ini juga menawarkan harga yang murah pada Anda.

Lalu, Anda menjualnya kembali dengan bentuk grosir atau bisa dengan cara satuan. Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan menjual lagi barang itu dengan harga yang lebih tinggi.

2. Agen

Anda juga bisa menjadi agen yang membantu penjual mencari produsen yang bersedia menjual barang dengan harga rendah, tapi kualitasnya tetap tinggi. Biasanya agen akan mencari beberapa produsen untuk disurvei. Setelah itu Anda sebagai agen bisa memberikan informasi pada penjual lainnya.

Nanti Anda akan meraih keuntungan dari jumlah barang yang berhasil terjual. Sekilas jenis wholesale ini mirip dengan dropship, tapi tentu saja berbeda. Agen di wholesale mempunyai akses untuk mengontrol penjualan barang.

3. Distribusi Manufaktur

Perusahaan manufaktur biasanya menyediakan distribusi yang akan membantunya menyalurkan barang kepada para penjual atau wholesaler lainnya. Apabila tidak punya ikatan kuat dengan perusahaan manufaktur, disebut dengan wholesaler. Sebaliknya, apabila punya ikatan kuat dengan adanya regulasi, maka dikatakan sebagai distributor.

Wholesaler yang langsung berhubungan dengan produsen dan biasanya akan menghubungi wholesaler lainnya untuk menjual barang.

 

Keuntungan Bisnis Wholesale

Ada beberapa keuntungan yang akan diraih oleh mereka yang menerapkan bisnis ini. Inilah keuntungannya

1. Harga barang murah

Bagi penjual yang membeli barang dari wholesale, Anda akan mendapatkan harga yang lebih  miring. Hal itu tentu saja menguntungkan karena setelah itu Anda bisa menaikkan harganya saat menawarkan ke konsumen. Semakin banyak Anda membeli barang dari produsen, produsen akan bersedia memberikan diskon yang lebih banyak.

2. Pedagang kecil terbantu

Pedagang kecil sangat bisa mengandalkan bisnis ini. Dengan modal yang dimilikinya, pedagang kecil membeli barang grosir dengan harga yang lebih murah. Kemudian produk itu dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi. Pedagang grosir juga bisa melakukan mark up untuk menentukan harga jualnya.

3. Keuntungan yang besar

Keuntungan besar adalah yang utama dalam bisnis ini. Apalagi jika Anda langsung berhadapan dengan konsumen, Anda langsung bisa menerapkan harga terakhirnya. Namun, dalam menentukan harga jangan lupa untuk membandingkannya dengan pesaing agar konsumen tidak berpaling ke pesaing.

4. Akses pada produk

Wholesale adalah bisnis yang akan membuat Anda bekerja sama dengan berbagai produsen. Supaya bisnis terus berjalan, Anda memang tidak bisa mengandalkan satu produsen. Jika beberapa produsen sudah mempercayai Anda, Anda pun bisa menjual jenis produk apa saja. Diversifikasi ini membuat bisnis Anda akan semakin maju.

 

Cara Mendapatkan Keuntungan Bisnis Wholesaler

Wholesale adalah bentuk bisnis yang punya potensi keuntungan besar. Tadi sudah disebutkan bahwa cara meraih keuntungan di bisnis ini adalah dengan menaikkan harga yang cukup tinggi. Namun, hal ini harus diperhitungkan juga dari biaya distribusi yang Anda gunakan untuk membawa barang ke tempat Anda.

Apabila distribusinya cukup mahal, Anda bisa menyesuaikan dengan harga jualnya. Intinya biaya distribusi tetap harus Anda perhatikan.

 

Baca juga: Retailer adalah Bisnis yang Menguntungkan, ini Strateginya

 

UMKM Kembangkan Bisnisnya dengan Meraih Pendanaan di Modal Rakyat

Pelaku UMKM yang ingin meningkatkan kinerja bisnisnya secara signifikan, tapi terkendala modal, dapat mengajukan pinjaman di Modal Rakyat. P2P Lending Modal Rakyat akan mempertemukan Anda dengan pendana yang bersedia meminjamkan dana untuk Anda. Anda dapat mengajukan pinjaman di Rp500 ribu sampai Rp2 miliar.

Tidak perlu mencemaskan besaran bunga karena bunga yang dibebankan pada Anda akan disesuaikan dengan risiko usaha. Proses pengajuan pinjaman termasuk mudah karena bisa dilakukan secara online, oleh karena itu prosesnya cenderung cepat. Modal Rakyat juga sudah memperoleh izin dari OJK, jadi aman dan terpercaya.

Anda bisa memulai pengajuan pinjaman dengan berkunjung ke tautan ini.

 



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru