Bisnis

Cara Jualan di Shopee, Tips, dan Kelebihannya

Pretty Angelia Wuisan-

22 Sep 2021

Cara Jualan di Shopee, Tips, dan Kelebihannya

Berjualan online saat ini dipraktikkan siapa saja. Selain mudah dilakukan, jualan online juga bisa mendatangkan keuntungan menarik. Ditambah lagi dengan kehadiran berbagai marketplace di Indonesia, salah satunya adalah situs Shopee. Shopee menjadi salah satu situs yang ramai dikunjungi para pembeli.

Banyak yang penasaran cara jualan di Shopee. Di sini akan dijabarkan mengenai apa itu Shopee, kelebihan jualan di sana, bedanya seller dan dropship, bedanya Star seller dan Star+, cara buka toko di Shopee, dan tips berjualan di Shopee. 


Baca juga: Memaksimalkan Modal dengan Membuat Website Bisnis E-Commerce

 

Sekilas Tentang Shopee

Shopee adalah marketplace asal Singapura yang termasuk sebagai situs web e-commerce yang paling ramai dikunjungi di Indonesia. Shopee menjadi tempat berjualan berbagai macam toko, mulai perusahaan besar yang punya brand ternama, sampai ke usaha kecil.

Shopee diandalkan oleh mereka yang ingin mendapatkan calon pembeli secara online dengan menjual produk andalan. Shopee pun menawarkan berbagai macam promosi menarik kepada pembeli di bermacam kesempatan. Promosinya juga tidak main-main untuk menarik pembeli baru juga memang luar biasa.

Cukup wajar jika Shopee selalu dikunjungi oleh ratusan juta pengunjung tiap bulannya. Alasan ini juga yang membuat semakin banyak orang yang membuka toko di Shopee. Terlebih, cara jualan di Shopee juga cukup mudah.


Kelebihan Berjualan di Shopee

Shopee memiliki berbagai kelebihan yang membuatnya menjadi salah satu pilihan untuk membuka toko. Ini penjelasannya.

1. Pengunjungnya ramai

Aplikasi Shopee menjadi salah satu aplikasi yang banyak diunduh. Selain itu, Shopee menjadi marketplace yang bisa meraih ratusan juta pengunjung per bulannya. Potensi yang dimiliki para penjual untuk meraih pelanggan baru pun jadi besar. Tidak mengherankan mereka mengambil kesempatan baik ini.

2. Banyak promosi menarik

Promosi Shopee juga termasuk beragam. Coba saja Anda perhatikan iklan-iklan Shopee yang sering berseliweran di Youtube ads atau di televisi. Hampir setiap bulan mereka mengadakan bentuk promo yang berbeda. Sering juga bagi-bagi hadiah dengan hadiah yang fantastis.

Promosi ini tidak hanya berlaku pada pembeli, tapi juga penjual. Salah satu cara Shopee memanjakan penjual adalah dengan subsidi ongkos kirim dari program gratis ongkir. Penjual pun jadi sering kebanjiran pesanan karena program ini.

3. Sistem pengiriman paket yang mudah

Penting untuk para calon penjual di Shopee tahu, Shopee memiliki sistem pengiriman paket yang sudah terintegrasi. Penjual tidak perlu takut salah mencatat alamat dan nomor ponsel pembeli karena semuanya akan disediakan oleh sistem Shopee. Penjual hanya perlu masukkan nomor kode pengiriman saja.

Ini juga memudahkan pencatatan pada jasa pengiriman. Ketika mereka memasukkan kode pengiriman itu, data milik pembeli pun akan langsung muncul di sistem mereka. Inilah yang membuat proses pembelian terasa cepat didata. 

4. Setiap toko dapat hadir di halaman awal

Cara jualan di Shopee termasuk menarik karena setiap toko bisa mendapatkan kesempatan untuk berada di halaman utama. Ini yang membuatnya jadi mudah ditemukan oleh calon pembeli. 

Promosi ini tidak berbayar lho, alias gratis! Setiap toko diberikan kesempatan 4 jam sekali untuk menayangkan 5 produknya di halaman pertama. Dengan begitu, tokonya akan semakin dikenal. Ini yang membuat para pemilik toko mendapatkan kesempatan yang sama untuk meraih pelanggan baru.

5. Penghargaan Star Seller

Jika Anda ingin produknya sering menjadi perhatian di Shopee, Anda perlu bisa meraih penghargaan Star Seller. Salah satu cara untuk meraih penghargaan itu adalah dengan melayani pembeli dan punya kriteria sesuai yang Shopee mau. Cara jualan di Shopee memang semenyenangkan itu.


Ingin Jadi Seller atau Dropship

Cara jualan di Shopee ada dua. Anda bisa jadi seller yang merupakan penjual yang mempersiapkan produknya sendiri, mengirimkan produknya pada konsumen sendiri, dan mempromosikan nya juga. Pekerjaan penjual memang banyak, tapi semua keuntungannya akan diterima olehnya sendiri. Untuk menjadi seller juga diperlukan modal yang cukup.

Shopee membuka program dropshipper untuk para user Shopee yang berniat menjual produk yang dimiliki penjual Shopee yang membuka sistem dropship. Ini adalah cara jualan di Shopee yang tidak membutuhkan modal dan lebih sederhana dibandingkan jadi seller.

Caranya sangat mudah. Anda tinggal menemukan siapa yang berminat untuk membeli produk. Kemudian membuat pesanan di toko Shopee yang membuka sistem dropship, mengisi alamat sesuai dengan alamat pembeli, dan jangan lupa untuk mencentang bagian kirim sebagai dropshipper. Dari sana Anda akan mendapatkan komisi.


Apa itu Star Seller dan Star+?

Shopee membuat penghargaan untuk lebih menyemangati para penjual agar meningkatkan pelayanannya kepada pembeli. Program penghargaan itu dikenal sebagai Star. Ada dua program Star yang diberikan pada para penjual, yaitu Star dan Star+.

1. Program Star

Program Star diberikan Shopee untuk penjual yang berhasil meningkatkan penjualan dan pelayanan yang sesuai kriteria Shopee. Ini kriterianya.

  • Memiliki rating 4,5 ke atas.
  • Performa chat yang dibalas 80% ke atas.
  • Mempunyai jumlah pembeli unik sebanyak minimal 10 per 30 hari.
  • Mempunyai jumlah pesanan yang masuk sebanyak minimal 30 pesanan per 30 hari.
  • Berhasil meraih pemasukan sebesar minimal Rp100 juta per 30 hari.

2. Program Star+ 

Program Star+ adalah program lanjutan Star yang diberikan Shopee untuk penjual yang berhasil mempertahankan penghargaan Star yang sudah dimilikinya, sesuai dengan kriteria Shopee. Ini kriterianya.

  • Memiliki rating 4,8 ke atas.
  • Performa chat yang dibalas 90% ke atas.
  • Mempunyai jumlah pembeli unik sebanyak minimal 9 per 30 hari.
  • Mempunyai jumlah pesanan yang masuk sebanyak minimal 30 pesanan per 30 hari.
  • Berhasil meraih pemasukan sebesar minimal Rp50 juta per 30 hari.


Cara Jualan di Shopee, Buka Toko Terlebih Dulu

Untuk Anda yang tertarik dengan cara jualan di Shopee, harus membuka toko di Shopee terlebih dulu. Berikut cara membuka tokonya.

1. Membuat akun

Ini dilakukan oleh Anda yang belum punya akun Shopee. Cara untuk mendaftar termasuk mudah. Ini penjelasannya. 

  • Kunjungi situs web Shopee atau download aplikasi Shopee di ponsel Anda.
  • Klik Daftar.
  • Input nomor ponsel, kode khusus captcha, dan verifikasi, pilih Daftar.
  • Lakukan verifikasi nomor ponsel dan masukkan email.
  • Akun Shopee Anda sudah dapat digunakan.

2. Mengatur Toko

Cara jualan di Shopee bisa dilakukan dengan mengatur toko terlebih dulu. Langkah berikut ini bisa dicoba.

  • Melengkapi profil toko lewat Seller Centre atau bisa juga memanfaatkan aplikasi Shopee.
  • Tentukan nama toko yang sesuai keinginan.
  • Anda sudah bisa mulai mengunggah foto produk, menambahkan deskripsi produk, dan menentukan jasa kirim yang akan bekerja sama dengan Anda. Anda perlu mengingat, produk yang Anda jual tidak termasuk ke barang terlarang untuk dijual di Shopee.
  • Anda bisa langsung melakukan promosi dengan berbagai program dan fitur yang disediakan oleh Shopee.
  • Anda lakukan pengemasan ketika mendapatkan pelanggan pertama.

 

Tips Berjualan di Shopee

Cara jualan di Shopee sudah Anda ketahui. Sekarang, untuk membuat cara jualan di Shopee Anda berhasil, Anda perlu mengikuti tips di bawah ini.

1. Menentukan nama toko yang bagus

Cara jualan di Shopee yang pertama memilih nama toko yang berkesan, mencirikan produk, dan singkat. Jangan sampai panjang-panjang, supaya pembeli mudah mengingatnya. Terkadang pembeli juga mencari toko lewat namanya apabila sudah tertarik dengan toko itu.

2. Pasang logo dan deskripsikan toko dengan apik

Cara jualan di Shopee selanjutnya, pasang logo yang mencirikan usaha Anda. Anda bisa meminta bantuan desainer grafis untuk membuatnya.

Tambahkan juga deskripsi foto toko dengan memajang produk-produk andalan Anda. Sertakan, deskripsi dalam bentuk tulisan mengenai toko Anda, misalnya Anda buka dari Senin hingga Sabtu, dan informasi penting lainnya yang perlu diketahui pembeli.

3. Ikut program gratis ongkir

Cara jualan di Shopee yang lainnya adalah Anda bisa ikut program gratis ongkir. Ongkir ini disubsidi oleh Shopee, jadi penjual tidak usah khawatir. Shopee dan pembeli yang tetap menanggung ongkir. Anda juga akan meraih lebih banyak pembeli dengan program ini.

4. Menentukan harga kompetitif

Di Shopee para pembeli bisa membandingkan harga jual produk dengan mudah, pastikan Anda memasang harga yang bisa bersaing.

5. Rajin promosi

Anda perlu rajin promosi untuk memancing para pembeli datang ke toko Anda. Coba saja memanfaatkan media sosial seperti Instagram sebagai media sosial resmi toko Anda.


Baca juga: 10 Persiapan Sebelum Memulai Bisnis Online


Membangun Usaha dengan Meraih Pinjaman Modal di P2P Lending Modal Rakyat

Pelaku UMKM yang ingin membangun usaha tapi terkendala modal, dapat mengajukan pinjaman di Modal Rakyat. P2P Lending Modal Rakyat akan mempertemukan Anda dengan pendana yang bersedia meminjamkan dana untuk Anda. Anda dapat mengajukan pinjaman di Rp500 ribu sampai Rp2 miliar.

Tidak perlu mencemaskan besaran bunga karena bunga yang dibebankan pada Anda akan disesuaikan dengan risiko usaha. Proses pengajuan pinjaman termasuk mudah karena bisa dilakukan secara online, oleh karena itu prosesnya cenderung cepat. Modal Rakyat juga sudah memperoleh izin dari OJK, jadi aman dan terpercaya.

Anda bisa memulai pengajuan pinjaman dengan berkunjung ke tautan ini.


Pertanyaan Umum

1. Apakah buka toko di Shopee bayar?

Cara jualan di Shopee pertama kali tidak perlu membayar. Anda hanya perlu mendaftar sesuai dengan ketentuan. Harus memiliki akun di Shopee dulu. 

2. Jualan di Shopee ongkir ditanggung siapa?

Ongkir ditanggung pembeli dan Shopee. Shopee memberikan subsidi ongkir untuk pembeli, sehingga mereka bisa membayar ongkir sebagian hingga gratis, apabila memenuhi syarat jumlah belanja tertentu.  

3. Apa beda Star Seller dan Star+?

Star seller merupakan program penghargaan dari Shopee untuk para penjual yang berhasil memenuhi kriteria tertentu. Star+ adalah program lanjutan dari Star untuk penjual yang dapat mempertahankan penghargaan Star miliknya dalam kurun waktu tertentu.

4. Apakah bisa menjadi dropship di Shopee?

Sangat bisa. Anda tinggal menghubungi toko yang membuka kerja sama dropship. Nanti Anda menemukan pembeli dan memproses pesanannya di toko tersebut. Alamatnya akan dikirimkan pada pembeli, dan Anda jangan lupa untuk mencentang kolom kirim sebagai dropshipper.

5. Apa maksud kirim sebagai dropshipper di Shopee?

Shopee membuka program dropshipper untuk para user Shopee yang berniat menjual produk yang dimiliki penjual Shopee yang membuka sistem dropship. Jadi, Anda membantu toko tersebut untuk lebih banyak mendapatkan pembeli dengan cara kirim sebagai dropshipper


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru