Finansial

Bagaimana Cara Menentukan Tujuan Investasi? ini Tipsnya

Kabrina Rian Ferdiani-

09 Jul 2021

Bagaimana Cara Menentukan Tujuan Investasi? ini Tipsnya

Banyak orang melakukan investasi dengan berbagai tujuan investasi untuk masa depan. Langkah ini merupakan menabung, namun memiliki perencanaan jangka panjang serta ada peluang keuntungan di kemudian hari sehingga nilainya diharapkan ada peningkatan.

Investasi pada umumnya digunakan sebagai istilah meraup keuntungan oleh para pebisnis. Namun, kian kemari, banyak juga segi non-bisnis yang turut menyimpan tabungan untuk masa depan. Misalnya, dalam bidang pendidikan, liburan, atau juga penanaman modal usaha.


Baca juga: Daftar 7 Orang Terkaya di Indonesia [Update 2021]


Investasi Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Investasi terbagi menjadi dua jenis, pertama ada investasi jangka pendek dan kedua ada investasi jangka panjang. Untuk jangka pendek, jangkauan waktu biasanya tidak lebih dari 3 tahun. Berbeda dengan jangka panjang yang biasanya lama waktu dari penanaman modal awal sampai diambil lebih dari 3 tahun.

Sebelum masuk ke apa saja tujuan investasi, kita ulas sedikit mengenai jenis-jenis invest. Diantaranya ada deposito, saham, cryptocurrency yang saat ini sedang marak, obligasi, emas, properti, dan termasuk juga di dalamnya reksa dana, terbagi menjadi syariah dan konvensional.

Setiap jenis invest di atas memiliki risiko berbeda-beda dengan keuntungan yang juga tidak sama. Tips sebelum Anda terjun ke salah satu atau beberapa jenisnya, sebaiknya memberikan pemahaman secara menyeluruh dulu bagi diri sendiri.


Baca juga: 5 Langkah Mengurangi Risiko Investasi


Jenis-jenis Investasi dan Contoh Riilnya

Di atas kami sudah menyinggung sedikit tentang apa saja jenis-jenis invest yang bisa Anda jadikan pilihan. Saat ini kami akan mencoba membahasnya secara agak lebih terperinci melalui poin pembahasan di bawah ini:

Emas

Investasi emas yang dimaksud bukan mengarah pada emas berbentuk perhiasan, namun lebih ke emas batangan yang tidak akan digunakan. Perhiasan memiliki potensi turun harga sebab fungsinya menurun setelah seringkali digunakan, berbeda halnya dengan emas batangan.

Reksa Dana

Reksa dana tergolong sebagai jenis invest aman serta mudah dilakukan sekalipun oleh pemula. TIngkat risiko kecil, asalkan sedari awal investor sudah menemukan tempat terpercaya dan tepat untuk menanam modal. RIset dan belajar diperlukan dalam hal ini.

Properti

Properti juga tidak kalah menjadi pilihan menanam tabungan agar mendapatkan keuntungan besar kemudian hari. Biasanya pilihan jatuh kepada tanah, gedung apartemen, dan rumah tinggal. Kecuali tanah, apartemen dan rumah membutuhkan perawatan setidaknya satu tahun sekali.

Saham

Investasi saham sudah banyak dilakukan oleh masyarakat di kota-kota besar, termasuk di dalamnya masyarakat Jakarta. Kesadaran tinggi bahwa menabung saja tidak memberikan keuntungan besar membuat investor mulai berani membeli saham bisnis tertentu.

Setiap orang memiliki cara masing-masing dalam menyusun tujuan investasi, ada yang menetapkan tujuan dahulu baru memilih jenisnya. Ada juga yang sebaliknya, memilih jenisnya terlebih dahulu kemudian menyesuaikan dengan tujuan tabungan masa depan.


Baca juga: Pensiun Dini dengan Investasi Jangka Panjang? Bisa Dong!


Tips untuk Menentukan Tujuan Investasi

Jika ini kali pertama Anda terjun ke dunia investasi, mari sama-sama belajar menyusun tujuan supaya aliran uang saat ini dapat memberi keuntungan di masa depan. Dalam menyusun berbagai tujuan, terdapat beberapa hal untuk diperhatikan, seperti:

Rajin Mencari Tahu

Rajin menambah ilmu bukan hanya harus dilakukan oleh pemula, namun untuk semua investor, meskipun merasa sudah andal. Dunia bisnis itu dinamis sehingga ketika diri sendiri terbentengi rasa tidak mau belajar maka sulit mencapai tujuan yang dirancang sebelumnya.

Menyusun Strategi

Membuat target ke depannya merupakan salah satu langkah penting, namun di balik itu semua peranan strategi juga tidak kalah berpengaruh. Untuk menyusun strategi secara baik dan tepat dibutuhkan konsultasi dengan ahlinya atau orang lebih profesional pada bidangnya.

Disiplin dan Bertanggung Jawab

Ketika strategi sudah disusun sedemikian rupa, tidak akan ada artinya tanpa disiplin dalam menjalankannya. Sementara itu, rasa tanggung jawab akan target yang dibuat juga penting guna menghindarkan hal-hal pengganggu, seperti godaan menggunakan dana tabungan.

Realistis

Realistis dalam artian setiap jenis investasi memiliki risiko, di samping keuntungan berlipat ganda jika Anda pintar mengelolanya. Sikap realistis seperti ini dibutuhkan untuk kondisi baik maupun buruk pada kemudian hari sehingga Anda siap menghadapi segala situasinya.

Dengan berbagai tips menentukan tujuan investasi di atas, Anda dapat mengukur apakah upaya selama ini sudah tepat atau belum. Untuk mendapatkan masa depan terbaik, setiap perencanaan tidak semudah teori, dibutuhkan mental kuat saat menghadapi realita.


Baca juga: Penjelasan dan Cara Menambah Kemampuan Komunikasi Verbal


Tujuan Investasi yang Perlu Diketahui

Bicara mengenai tujuan, masing-masing investor pasti memiliki target pencapaian masing-masing. Namun, jika hendak mengambil beberapa contohnya maka dapat diulas mengenai beberapa maksud berinvestasi berikut ini:

Membiayai Masa Senja

Tidak semua orang setelah berhenti bekerja memiliki tabungan masa tua sehingga dapat hidup layak sampai masa senja tiba. Bagi beberapa orang yang bahkan tidak tergantung pada gaji bulanan, investasi adalah pilihan terbaik mempersiapkan tabungan masa senja.

Untuk Liburan

Liburan merupakan kebutuhan tambahan, namun ketika tidak dipenuhi maka batin terasa tidak sehat. Meskipun jarang, setidaknya mengapresiasi diri dengan hal-hal menyenangkan itu perlu. Barangkali dari menabung, bisa mendatangi negara favorit di kemudian hari.

Persiapan Rumah Tangga

Generasi Z harus melek akan hal ini sebab kebutuhan setelah berumah tangga amat tinggi, terutama di kota-kota besar. Berbagai langkah menabung untuk masa depan akan sangat membantu supaya setelah menikah tidak terlalu lama tergantung pada orang tua.

Untuk Pendidikan Anak

Hal yang perlu disadari juga oleh para orang tua adalah biaya pendidikan anak semakin tinggi. Sementara anak membutuhkan pendidikan layak sampai masa kuliah nanti.

Di luar keempat target di atas, masing-masing orang berhak menyusun target pencapaiannya masing-masing. Tentunya demi mencapai berbagai tujuan investasi tersebut, dibutuhkan disiplin terhadap diri sendiri serta berbagai upaya positif sebelum maupun setelah sukses.


Baca juga: Tax Amnesty: Pengertian dan Pelaksanaannya di Indonesia


Pendanaan di P2P Lending Modal Rakyat dan Dapatkan Keuntungan hingga 18% per tahun

Dalam berinvestasi atau mengembangkan dana, Anda bisa memilih P2P Lending Modal Rakyat. Dana yang Anda pinjamkan akan disalurkan untuk para pelaku UMKM di Indonesia yang ingin mengembangkan usahanya tersebut. Anda bisa memulai berinvestasi di modal yang minim, yaitu Rp25.000.

Anda dapat meraih imbal balik 15% hingga 18% setiap tahunnya. Kami telah meraih izin dari OJK secara resmi. Gunakan kode BLOG25 untuk mendapatkan bonus saldo Rp25.000. Anda bisa langsung mendaftar menjadi pendana melalui halaman berikut ini. 

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru