Finansial

Gaya Hidup

10 Cara Menjadi Kaya, Harus Mau Kerja Keras Sampai Tuntas

Pretty Angelia Wuisan-

11 Jan 2022

10 Cara Menjadi Kaya, Harus Mau Kerja Keras Sampai Tuntas

Menjadi orang kaya artinya bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan. Setiap orang bisa saja menjadi kaya raya, selama dia mempraktikkan cara menjadi kaya yang benar.

Untuk mendapatkan yang diinginkan, tentu saja Anda wajib kerja keras dan melakukan pengorbanan. Supaya bisa menjadi kaya, di sini akan dijelaskan cara menjadi kaya yang benar.


Baca juga: Inilah 10 Orang Sukses di Dunia karena Bisnis Mereka


Cara Menjadi Kaya intinya Harus Niat Kerja Keras

Sebagian orang di dunia ini beruntung karena sejak usia muda, bahkan ada yang sejak lahir menjadi orang kaya.

Namun, ada juga orang yang bisa kaya sebab kerja keras. Jika Anda bukan orang kaya sejak lahir, Anda tetap bisa berjuang untuk menjadi kaya. Ini dia cara menjadi kaya yang dapat dipraktikkan secara langsung.

  • Jawab pertanyaan: kenapa mau jadi orang kaya?
  • Melakukan perencanaan keuangan yang benar
  • Mengedepankan hidup hemat
  • Putar uang bonus
  • Lakukan pekerjaan tambahan
  • Jangan berutang yang tidak perlu
  • Miliki aset produktif
  • Investasi finansial
  • Persiapkan asuransi
  • Coba berbisnis

1. Jawab pertanyaan: kenapa mau jadi orang kaya?

Dengan menjawab pertanyaan ini, Anda jadi tahu apa tujuan Anda untuk menjadi kaya. Hal ini perlu dilakukan supaya niat menjadi kaya itu terus ada dan Anda tidak lelah untuk melakukannya.

Kalau boleh dibilang jujur, menjadi kaya bukanlah perjuangan yang sebentar. Sangat wajar jika Anda membutuhkan waktu untuk mencapai impian tersebut. Anda harus siap dengan berbagai keraguan terhadap diri sendiri, bahkan kegagalan.

Namun, dengan menetapkan tujuan di awal ini, Anda akan jadi tidak punya alasan untuk gagal. Tujuan ini yang akan membuat Anda bertahan untuk mendapatkan yang didambakan.

2. Melakukan perencanaan keuangan yang benar

Salah satu cara menjadi kaya berikutnya adalah Anda perlu melakukan perencanaan keuangan yang cermat.

Anda mungkin mudah mencari uang karena sudah punya pekerjaan tetap, tapi jika tidak mengelola uang secara cermat, Anda tidak akan pernah bisa menjadi kaya. Alasannya karena uang itu akan cepat hilang jika Anda membelanjakannya tanpa mengontrol diri.

Perencanaan keuangan akan membantu Anda untuk meraih yang diinginkan, bahkan bisa cepat kaya juga.

Rencanakan keuangan bulanan Anda dengan mengontrol pengeluaran sehari-hari, membagi uang ke tabungan, asuransi, dana darurat, bahkan ke investasi.

3. Mengedepankan hidup hemat

Anda harus paham bahwa gaya hidup orang kaya itu berbeda dari yang Anda bayangkan. Mereka tidak menunjukkan terang-terangan bahwa mereka kaya. Mereka bahkan bersedia hidup hemat.

Alasannya karena mindset yang tertanam di pikiran mereka bahwa uang yang dihamburkan secara percuma hanya akan memunculkan kesenangan sebentar.

Hal itu menjadi salah satu alasan mengapa orang kaya lebih senang menggunakan sebagian uang untuk hal penting seperti berinovasi dalam bisnis.

Anda bisa mempraktikkannya dari sekarang. Hidup hemat sama sekali tidak menyiksa. Malah akan mendatangkan manfaat. Anda jadi lebih menghargai uang yang telah Anda hasilkan dari kerja keras.

4. Putar uang bonus

Cara menjadi kaya ini bisa dipraktikkan oleh Anda yang bekerja di sebuah perusahaan. Jika Anda bekerja lama di satu perusahaan, mereka akan bersedia memberikan bonus sesuai dengan kontribusi yang diberikan.

Jumlahnya cukup menggiurkan. Sayangnya selalu cepat habis karena dihabiskan begitu saja.

Coba Anda praktikkan cara baru ini, yaitu memutar uang bonus dengan membuka usaha kecil-kecilan agar jumlahnya bisa bertambah.

Misalnya, Anda menjadi reseller dari produk skincare ternama atau menjadi dropshipper toko online. Modalnya sudah ada, tinggal Anda pikirkan digunakan untuk apa.

5. Lakukan pekerjaan sampingan

Jika Anda ingin meraih penghasilan selain dari pekerjaan utama, Anda bisa mencari pekerjaan sampingan.

Pekerjaan itu bisa apa saja, yang penting sesuai dengan kemampuan. Hasil dari pekerjaan itu bisa Anda tabungkan yang nanti digunakan untuk menambah aset.

Namun, jangan lupa, Anda harus cukup untuk istirahat. Perhatikan kemampuan Anda dalam mengelola dua pekerjaan sekaligus. 

Punya pekerjaan banyak membuat waktu istirahat Anda berkurang, jadi Anda harus pikirkan risiko dan manfaatnya dalam waktu bersamaan. 

6. Jangan berutang yang tidak perlu

Cara menjadi kaya yang harus dicatat baik-baik adalah jangan berutang ketika Anda tidak benar-benar membutuhkannya. 

Meminjam uang akan lebih baik digunakan di kegiatan produktif, misalnya untuk memulai usaha yang ingin serius Anda dirikan. Atau untuk hal yang sifatnya mendesak yang jika tidak segera dipenuhi akan menyulitkan hidup Anda.

Hindari utang yang tujuannya hanya untuk senang-senang. 

7. Miliki aset produktif

Anda bisa menyisihkan sebagian penghasilan untuk membeli aset produktif. Tujuannya apalagi selain untuk mendapatkan keuntungan.

Aset produktif ini maksudnya adalah berinvestasi di investasi riil yang instrumennya berwujud seperti emas dan properti.

Kedua investasi yang Anda beli itu bisa Anda jual kembali di masa nanti ketika harganya naik. Anda pun akan raih keuntungan dari sana.

Properti juga dapat disewakan agar memperoleh passive income. Misalnya, Anda punya rumah yang dikontrakkan dan memperoleh bayaran Rp10 juta per bulan. Hal itu bisa jadi pemasukan yang membuat Anda kaya nantinya.

8. Investasi finansial

Anda juga bisa berinvestasi di instrumen finansial atau keuangan. Investasi jenis ini merupakan investasi yang tidak berwujud. 

Anda bisa menginvestasikan uang ke saham, obligasi, P2P lending, reksa dana, dan lainnya. Instrumen yang memungkinkan Anda bisa meraih keuntungan jangka panjang dan pendek.

Investasi yang cocok untuk jangka panjang umumnya adalah saham. Investasi ini mengharuskan Anda menunggu lebih dari 5 tahun untuk memperoleh keuntungan.

Anda juga bisa memperoleh keuntungan di jangka pendek, contohnya adalah P2P lending Modal Rakyat. Di platform ini Anda bisa pinjamkan dana ke UMKM yang butuh modal.

Nanti Anda bisa memperoleh untung 18% per tahun. Modal perdana yang bisa dipersiapkan pun minim, yaitu Rp25.000.

Modal Rakyat telah memperoleh izin resmi OJK, jadi legal dan aman. Ini adalah cara cepat untuk menaikkan aset Anda dan hasilnya bisa ditabung juga. 



9. Persiapkan asuransi

Asuransi akan sangat dibutuhkan untuk memproteksi diri, keluarga, dan aset-aset yang dimiliki. Cara menjadi kaya juga butuh berbagai persiapan mumpuni.

Umumnya Anda butuh asuransi kesehatan yang membantu Anda untuk berobat dan asuransi jiwa untuk keamanan pemasukan keluarga Anda di masa depan.

Anda juga bisa menambahkan asuransi lain. Jika Anda punya bisnis, sebaiknya punya asuransi bisnis, Jika Anda punya mobil, bisa juga mendaftarkannya ke asuransi kendaraan bermotor.

10. Coba berbisnis

Berbisnis tidak dipungkiri bisa mendatangkan keuntungan besar. Sebagian besar orang terkaya di dunia bisa mencapai hal itu karena berbisnis.

Berbisnis di zaman sekarang tidak sulit karena bisa dengan memanfaatkan teknologi internet. Anda bahkan dapat berbisnis dari rumah. 

Jika belum pernah berbisnis, Anda coba lakukan bisnis yang mudah seperti dropshipper dan reseller. Ketika Anda sudah yakin dengan jalan ini, Anda bisa pilih bisnis Anda sendiri.


Baca juga: 10 Resep Rahasia Jadi Miliarder di Usia 30 Tahun


Kesimpulan

Itulah cara menjadi orang kaya yang bisa Anda terapkan sekarang juga. Untuk menggapainya Anda perlu perencanaan matang dan tentu saja kerja keras.


Pertanyaan Umum

1. Apakah investasi bisa membuat menjadi kaya?

Bisa, selama Anda mengelola investasi secara benar dan sabar menunggu hasil. Warren Buffett bisa kaya dari berinvestasi. 

2. Bagaimana cara menjadi kaya secara halal?

Berbisnis dengan cara yang jujur dan berinvestasi adalah cara menjadi kaya secara halal yang bisa Anda coba.

3. Apa bisnis yang bisa membuat kaya?

Semua jenis bisnis yang dilakukan serius, jujur, dan punya perencanaan bagus bisa membuat pebisnis menjadi kaya raya.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru