Gaya Hidup

10 Pengusaha Sukses Wanita Indonesia yang Inspiratif

Pretty Angelia Wuisan-

24 Aug 2021

10 Pengusaha Sukses Wanita Indonesia yang Inspiratif

Pebisnis tidak identik dengan pria karena wanita pun mampu melakukannya. Hal ini terbukti dari banyaknya kemunculan pengusaha sukses wanita. Memang masih ada perbankan dan lembaga keuangan yang mempersulit wanita untuk mendapatkan pinjaman modal, tapi hal itu tidak menghalangi mereka untuk mendirikan usaha sendiri.

Pengusaha sukses wanita ini membuktikan bahwa wanita mampu berbisnis dan mewujudkan mimpinya sendiri. Yuk, disimak siapa saja mereka yang berhasil mengembangkan usahanya.

 

Baca juga: Womenpreneur Pemula, ini Tips Sukses untuk Anda

 

1. Aulia Halimatussadiah

Pengusaha sukses wanita pertama adalah Aulia yang memulai bisnis dari hal yang disukainya, yaitu menulis dan teknologi. Pernah menerbitkan buku, ia tahu bagaimana sulitnya penulis pemula menerbitkan bukunya di penerbit tertentu karena ada berbagai syarat yang harus dipenuhi.

Hal itu pun membuatnya mendirikan nulisbuku.com yang dikenal sebagai platform self-publishing online pertama di Indonesia. Para penulis bisa menerbitkan bukunya sendiri, tanpa harus melewati proses seleksi.

Selain itu, ia juga mendirikan toko online untuk buku, platform untuk menulis, menulis buku fiksi dan non fiksi, dan lainnya.


2. Diajeng Lestari

Diajeng Lestari adalah pengusaha sukses wanita yang wajib Anda tahu. Sejak tahun 2011, ia sudah mendirikan usaha fashion yang fokus di busana muslim, bernama Hijup.

Pertama kali mendirikannya, ia kesulitan mendapatkan investor karena banyak yang meragukan dirinya yang sudah menikah dan menjadi ibu. Namun, istri dari Achmad Zaky, pendiri Bukalapak ini membuktikan bahwa wanita pun bisa bekerja secara fokus, tanpa meninggalkan keluarganya.


3. Martha Tilaar

Martha Tilaar menjadi pengusaha sukses wanita yang berhasil membangun kerajaan bisnis kosmetiknya, Martha Tilaar. Walaupun semakin banyak usaha kosmetik yang bermunculan, Martha Tilaar tetap memiliki tempatnya sendiri di Indonesia.

Martha Tilaar mengawali bisnis dari hal yang disukainya. Sebagai lulusan pendidikan kecantikan di Amerika Serikat, sepulang dari sana ia mendirikan bisnis kecantikan di garasi rumahnya sendiri. Hingga kemudian dari garasi itu lahir produk-produk kosmetik yang menjadi andalannya.


4. Nurhayati Subakat

Nurhayati Subakat adalah salah satu pebisnis kosmetik besar di Indonesia. Bisnis kosmetiknya berbagai macam mulai dari Wardah, Putri, Make Over, dan lainnya.

Sebagai lulusan farmasi, ia berkarir di perusahaan kosmetik. Namun, hanya sebentar, ia berniat mendirikan usaha dengan memproduksi kosmetik sendiri. Perjalanan usahanya tidak mulus karena pernah mengalami kerugian akibat pabriknya yang kebakaran.

Namun, ia adalah pebisnis yang tahan banting. Apabila ia tidak berusaha untuk bangkit, Wardah mungkin tidak akan sebesar sekarang.


5. Nabilah Alsagoff

Nabilah awalnya adalah seorang PNS yang bekerja di Kemenparekraf. Namun, jiwa pebisnisnya membuat ia berani keluar dari zona nyaman dengan mendirikan usaha sendiri, yaitu DOKU.

DOKU merupakan startup yang bergerak di bidang fintech. Platform yang didominasi warna merah ini membuat Sinar Mas tertarik untuk berinvestasi. Ini membuktikan bahwa investor pun bisa tertarik menanam modal di bisnis Anda tanpa memandang gender, selama bisnis Anda menarik.

DOKU memfokuskan diri menjadi perantara antara perusahaan yang melakukan transaksi pembayaran online. Walaupun sekarang banyak saingannya, DOKU bisa bertahan dengan kegiatan bisnis yang berbeda dari yang lainnya itu.


6. Veronika Linardi

Berkat usaha unik yang Veronika cetuskan, banyak calon karyawan yang bisa melihat nilai perusahaan dan perkiraan gaji yang bisa didapatkannya. Ide usaha itu adalah platform bernama Qerja. Para karyawan bisa berbagi informasi dan Anda pun akan mendapatkan informasi tentang pekerjaan yang Anda butuhkan.

Berangkat dari pengalamannya di bidang sumber daya manusia, Veronika mendirikan platform Qerja untuk menjawab kesulitan yang pernah dialaminya waktu dulu.


7. Hanifa Ambadar

Ada lagi yang pengusaha sukses wanita yang mendirikan usaha dari hobi menulis. Dia adalah Hanifa Ambadar pemilik Female Daily Network. Berawal dari blog pribadi, ia pun mendirikan situs web yang memuat berbagai informasi yang berkaitan dengan perempuan.

Selain itu, para anggotanya juga bisa berbagi informasi. Situs yang dimilikinya itu informatif dan edukatif untuk perempuan, sehingga anggotanya pun semakin ke sini bertambah banyak. Ia sudah mendirikan bisnis ini sejak 2005 lalu.


8. Grace Tahir

Grace Tahir menjadi salah satu pengusaha sukses wanita Indonesia. Sebagai direktur RS Mayapada, ia berinisiatif mengembangkan bisnisnya, yaitu platform kesehatan bernama Pilihdokter yang baru hadir di tahun 2014.

Platform ini memudahkan pasien berkonsultasi dengan dokter sesuai dengan keluhan kesehatan yang dimilikinya. Idenya ini membuat dokter jadi bisa lebih dekat dengan pasien dan memudahkan pasien berkonsultasi tanpa harus bertemu dengan dokter.


9. Catherine Hindra Sutjahyo

Pengusaha sukses wanita ini mendirikan situs web e-commerce Zalora yang berfokus pada bisnis fashion. Situs web tersebut diluncurkan tahun 2012. Kehadiran situs ini membuat siapa saja jadi lebih mudah belanja secara online.

Untuk mendirikan bisnis Zalora, pengusaha wanita sukses sampai berani resign dari perusahaan bonafid.

Saat ini Zalora menjadi e-commerce fashion yang diperhitungkan di Indonesia karena berhasil menawarkan barang fashion yang beragam. Walaupun persaingan dengan platform lain semakin ketat, berkat positioning yang jelas, Zalora menjadi e-commerce fashion terpercaya di Indonesia.


10.  Susi Pudjiastuti

Salah satu pengusaha sukses wanita yang menjadi panutan banyak orang adalah Susi Pudjiastuti. Ia sudah berbisnis dari remaja. Kesibukannya berbisnis pun membuatnya hanya mengenyam pendidikan formal sampai SMP.

Ia kemudian mendirikan usaha Susi Air dari nol. Susi Air dikenal sebagai maskapai yang fokusnya pada daerah terpencil di Indonesia.

Nama maskapainya pertama kali terkenal saat berhasil tiba pertama kali di Aceh setelah bencana tsunami menerjang. Saat itu Susi Air membawa banyak bantuan yang dibutuhkan para korban.   

 

Baca juga: 10 Tips Agar Womenpreneur Berhasil Meningkatkan Modal Usaha

 

Dari daftar pengusaha sukses wanita di atas dapat kita simpulkan, siapa saja, selama ada kemauan yang kuat bisa menjadi pebisnis sukses tanpa memandang gender. Anda yang sedang berusaha jadi pebisnis sukses, tetap semangat, dan semoga Anda meraih yang Anda impikan.

 

Pelaku UMKM Bisa Mengembangkan Bisnisnya dengan Pengajuan Dana di Modal Rakyat

Pelaku UMKM yang ingin meningkatkan kinerja bisnisnya secara signifikan, tapi terkendala modal, dapat mengajukan pinjaman di Modal Rakyat. P2P Lending Modal Rakyat akan mempertemukan Anda dengan pendana yang bersedia meminjamkan dana untuk Anda. Anda dapat mengajukan pinjaman di Rp500 ribu sampai Rp2 miliar.

Tidak perlu mencemaskan besaran bunga karena bunga yang dibebankan pada Anda akan disesuaikan dengan risiko usaha. Proses pengajuan pinjaman termasuk mudah karena bisa dilakukan secara online, oleh karena itu prosesnya cenderung cepat. Modal Rakyat juga sudah memperoleh izin dari OJK, jadi aman dan terpercaya.

Anda bisa memulai pengajuan pinjaman dengan berkunjung ke tautan ini.

 


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru