Bisnis

Cara Menaikkan Image Brand dengan Testimonial Marketing

Pretty Angelia Wuisan-

19 Aug 2021

Cara Menaikkan Image Brand dengan Testimonial Marketing

Saat ini ada berbagai strategi marketing yang dapat Anda andalkan untuk membuat brand Anda dikenal banyak orang. Salah satu strateginya adalah testimonial marketing. Strategi ini cukup populer di kalangan pebisnis karena terbilang ampuh mendatangkan pelanggan baru.

Testimonial marketing merupakan strategi promosi yang mengandalkan ulasan pelanggan. Untuk bisa menjalankan strategi ini dengan benar, Anda perlu mengetahui lebih jauh tentang testimonial marketing dari pengertian, tipe, strategi yang bisa dilakukan untuk menjalankannya, dan ide testimoni untuk inspirasi Anda.

 

Baca juga: Peran Penting Analisis SWOT dalam Bisnis Perusahaan

 

Pengertian Testimonial Marketing

Jenis strategi pemasaran ini sekarang sering diandalkan juga oleh para pebisnis. Bisnis besar atau kecil sangat bisa melakukannya. Termasuk mudah juga untuk dilakukan karena Anda tidak perlu memikirkan cara-cara ribet untuk menyampaikan testimoni.

Testimonial marketing adalah strategi dengan mengandalkan ulasan dari pelanggan atau influencer. Pelanggan menyampaikan ulasannya secara sukarela atau Anda minta, sedangkan influencer adalah orang yang bekerja sama dengan Anda untuk menghasilkan ulasan yang bagus.

Keduanya punya kekuatan masing-masing untuk menghasilkan hal yang positif untuk bisnis Anda. Testimonial marketing sangat penting lho di zaman sekarang.

Ketika belanja produk lewat online, Anda pasti akan melihat dulu apakah ulasannya bagus-bagus atau tidak. Jika ulasannya bagus, Anda pasti punya kepercayaan diri untuk membelinya. Sebaliknya, apabila ulasannya kebanyakan buruk, Anda pasti akan mencari produk lain yang ulasannya lebih bagus.

Di sinilah Anda sebagai pebisnis perlu memanfaatkan sebaik-baiknya ulasan yang bagus dari pembeli yang sudah mencoba produk Anda. Ulasan bagus itu bisa Anda rencanakan juga lewat influencer.

Beberapa ulasan juga tidak hanya berisi mengenai kualitas produk Anda, tapi juga berisi bagaimana pemilik toko melayani pelanggan, bentuk kemasan yang rapi atau tidak, sampai ke kecepatan pengiriman. Semuanya bisa menjadi satu. Oleh karena itu, Anda perlu memberikan pelayanan secara maksimal untuk memperoleh ulasan bagus.

 

Tipe Testimoni untuk Marketing

Ada beberapa jenis testimonial marketing yang dapat Anda pilih sebagai strategi pemasaran. Masing-masing jenis testimonial ini punya manfaat yang membantu Anda menaikkan image brand. Begini penjelasannya.

1. Quote testimonial

Jenis testimonial ini dikeluarkan oleh konsumen yang sudah menggunakan produk Anda. Mereka biasanya akan memberikan testimoni secara sukarela dan jujur. Apabila mereka menyukai produk dari Anda, mereka pastinya tidak akan segan memberikan ulasan yang bagus tanpa Anda minta.

Anda dapat menjadikan testimoni seperti ini untuk menggaet pelanggan lainnya. Namun, Anda tidak bisa mengatur mereka untuk memberikan ulasan apabila dari awal Anda memang tidak menggunakan jasa mereka. Itu artinya, Anda memberikan kebebasan pada mereka menggunakan gaya bahasa khasnya dalam menyampaikan ulasan.

2. Influencer testimonial

Jenis pemasaran ini juga dapat Anda andalkan. Kita bisa mengenalnya dengan endorsement. Anda memilih influencer dengan jumlah pengikut tertentu untuk memberikan testimoni tentang produk Anda.

Namun, Anda jangan salah pilih influencer. Anda perlu mencari influencer yang sesuai dengan ciri khas produk Anda karena influencer juga hanya ingin mempromosikan produk atau jasa yang sesuai dengan personanya.

Misalnya, Anda memiliki produk game, akan tidak nyambung jika Anda bekerja sama dengan influencer yang terbiasa memberikan ulasan untuk produk kuliner. Influencer yang seharusnya Anda pilih adalah mereka yang terbiasa memberikan ulasan untuk game.

Anda tidak perlu pusing memilih influencer yang sesuai dengan produk Anda karena Indonesia memiliki berbagai macam influencer yang dapat Anda andalkan.

3. Peer testimonial

Anda juga bisa mengandalkan testimoni yang dibuat oleh orang terdekat seperti keluarga, tetangga, teman kantor yang Anda berikan produk secara gratis atau bersedia membeli dengan uang sendiri.

Mereka bisa memberikan ulasan yang bagus ketika menyukai produk Anda, lalu menyebarkannya pada orang lain. Jenis testimonial ini biasanya berkaitan dengan word of mouth.

Cara ini mungkin bagi beberapa orang dianggap ketinggalan zaman, tapi sebenarnya Anda tidak bisa meremehkan kekuatannya.

Peer testimonial sangat bisa Anda andalkan ketika Anda baru membangun bisnis. Hal itu karena biasanya Anda akan menawarkan produk pada orang-orang terdekat Anda terlebih dulu.

4. Social media testimonial

Seperti namanya, jenis testimonial marketing ini bisa Anda temukan di media sosial. Mereka benar-benar bebas memberikan ulasan sesuai dengan pengalaman. Oleh karena itu, cukup wajar apabila bentuk ulasannya berbagai macam. Mereka juga melakukan review karena sukarela.

Anda bisa menggunakan review mereka untuk promosi. Tentunya yang Anda pilih adalah ulasan yang bernada positif.  

Kemudian apabila ada review negatif, Anda tidak bisa memaksa pengulas mengganti ulasannya jadi positif. Anda dapat memanfaatkan online reputation management untuk perbaikan reputasi brand.

Atau Anda juga bisa bekerja sama dengan mengadakan lomba review di blog atau media sosial lainnya dan memberikan hadiah menarik untuk pemenang. Dengan mengadakan lomba seperti ini, Anda bisa mendapatkan banyak ulasan dalam waktu tertentu.

 

Strategi dalam Melaksanakan Testimonial Marketing

Ada beberapa strategi yang perlu Anda laksanakan supaya testimonial marketing Anda berhasil. Ini penjelasannya.

1. Menghubungi pelanggan secara acak

Di sini Anda perlu meminta testimoni pada mereka yang sudah menggunakan produk Anda. Cara menentukan pelanggannya tidak ada strategi khusus, Anda bisa menghubungi mereka secara acak.

2. Membuat sistem testimoni berskala besar

Jenis strategi ini bisa Anda temukan di marketplace. Setiap Anda selesai berbelanja, Anda pasti akan memberikan ulasan untuk produk itu.

Tidak harus di marketplace, Anda bisa juga menerapkan sistem testimonial marketing ini di situs web bisnis Anda sendiri. Anda pun akan lebih banyak memperoleh testimoni dari pelanggan. Anda tinggal memilih ulasan yang bagus yang akan Anda sebarkan di media promosi Anda.

3. Manfaatkan email marketing

Anda bisa menanyakan langsung kepuasan pelanggan dengan mengirimkan mereka email marketing. Tambahkan juga apa yang harus diperbaiki apabila pelanggan itu tidak puas. Ini bisa Anda lakukan pada pelanggan yang baru membeli produk Anda.

Anda pun bisa menunjukkan kepada publik data bahwa sebagian besar pelanggan puas dengan produk Anda. Sementara itu jika ada ulasan untuk perbaikan kualitas, Anda jadikan catatan internal saja demi peningkatan kualitas produk.

4. Memasukkan beberapa elemen pada testimoni

Ada beberapa elemen pada testimoni yang sangat bagus Anda hadirkan pada testimoni. Anda bisa memasukkan nama dan foto pemberi ulasan yang asli. Tentunya elemen ini dapat dipakai apabila pelanggan bersedia nama dan foto mereka dipajang.

Untuk format testimoni ini, Anda bisa juga bekerja sama dengan influencer. Hal itu biasanya akan lebih meyakinkan karena calon pelanggan Anda akan langsung mengenalinya.

Format testimoni ini bisa Anda pasang di situs web resmi bisnis Anda, media sosial, atau di media manapun yang bisa diakses oleh banyak orang

 

Ide untuk Melakukan Testimonial Marketing

Anda mungkin akan kebingungan menempatkan testimoni di media mana. Ini adalah ide-ide yang bisa menjadi inspirasi Anda untuk melakukan testimonial marketing secara tepat.

1. Tempatkan testimoni lewat email

Anda perlu tahu bahwa di zaman ini orang akan mengecek email mereka selama 6 jam per harinya. Waktu yang banyak ini bisa Anda manfaatkan untuk mengirimkan email memperkenalkan produk Anda yang ditambah dengan ulasan dari pelanggan sebelumnya atau dari influencer yang fotonya ikut Anda munculkan.

2. Membuat desain testimonial unik untuk media sosial

Anda juga bisa mempromosikan brand lewat testimoni yang Anda pasang di media sosial. Media sosialnya terserah Anda.

Gunakan desain menarik agar testimonial itu langsung menarik perhatian pengikut Anda. Hal itu karena media sosial yang punya desain unik lebih disukai oleh audiens. Ini bisa menjadi cara efektif untuk memperlihatkan testimonial dengan cara yang berbeda.

3. Membuat tempat khusus testimonial di situs web Anda

Sebelum memutuskan membeli sesuatu, pelanggan biasanya akan melakukan riset terlebih dulu. Riset itu mereka lakukan dengan berselancar di internet. Mereka bisa saja berkunjung ke situs web Anda untuk meraih informasi.

Di sinilah Anda perlu memasang testimoni pelanggan sebelumnya di situs web Anda. Paling bagus apabila Anda menyertakan foto para pelanggan itu beserta namanya.

Namun, Anda perlu mengingat testimoni yang ditunjukkan isinya tidak begitu panjang, dapat dibaca, dan langsung dipahami. Hal itu karena pelanggan juga hanya akan melihat sekilas testimoni tersebut.

4. Membuat video khusus testimonial

Sekarang banyak orang yang senang menonton video, Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk memaparkan testimonial yang Anda punya. Anda bisa mengundang satu atau beberapa influencer untuk muncul di video.

Anda dapat membuat konsep video yang unik untuk menyampaikan testimonial itu. Durasinya yang pendek saja karena calon pembeli juga hanya bersedia menonton sebentar.

 

Baca juga: Trik Jitu Menggaet Konsumen Lewat Viral Marketing

 

Seperti itulah penjelasan mengenai testimonial marketing. Strategi ini perlu Anda terapkan pada bisnis Anda. Apabila Anda berhasil menerapkannya dengan rapi, Anda bisa mendapatkan pelanggan baru dan meningkatkan jumlah penjualan.

 

UMKM Bisa Mengembangkan Bisnisnya dengan Pendanaan di Modal Rakyat

Pelaku UMKM yang ingin meningkatkan kinerja bisnisnya secara signifikan, tapi terkendala modal, dapat mengajukan pinjaman di Modal Rakyat. P2P Lending Modal Rakyat akan mempertemukan Anda dengan pendana yang bersedia meminjamkan dana untuk Anda. Anda dapat mengajukan pinjaman di Rp500 ribu sampai Rp2 miliar.

Tidak perlu mencemaskan besaran bunga karena bunga yang dibebankan pada Anda akan disesuaikan dengan risiko usaha. Proses pengajuan pinjaman termasuk mudah karena bisa dilakukan secara online, oleh karena itu prosesnya cenderung cepat. Modal Rakyat juga sudah memperoleh izin dari OJK, jadi aman dan terpercaya.

Anda bisa memulai pengajuan pinjaman dengan berkunjung ke tautan ini.

 



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru