Gaya Hidup

10 Pengusaha Muda Indonesia yang Sukses Berbisnis dari Nol

Pretty Angelia Wuisan-

24 Aug 2021

10 Pengusaha Muda Indonesia yang Sukses Berbisnis dari Nol

Menjadi pengusaha berhasil tidak harus menunggu tua. Seperti para pengusaha muda Indonesia ini yang mampu membuktikan bisa sukses di usia muda. Mereka semua mendirikan usaha dari nol dengan jatuh-bangunnya masing-masing.

Mendirikan usaha di usia muda memang tidak mudah karena membutuhkan kerja keras serta tekad yang kuat, apalagi pengalaman masih minim. Namun, pengusaha muda ini terus belajar dan berinovasi, supaya bisnis yang didirikannya dapat dinikmati oleh masyarakat. Inilah daftar pengusaha muda Indonesia yang sukses.

 

Baca juga: 8 Kunci Sukses Meniti Karier untuk Lulusan Baru

 

1. Belva Devara

Belva Devara merupakan salah satu pengusaha muda Indonesia pendiri Ruangguru, platform pendidikan online besar di Indonesia. Ia mendirikan Ruangguru bersama Iman Usman.

Belva Devara sudah berencana memulai usahanya di bangku kuliah. Untuk pendidikan S1, ia berkesempatan kuliah di NTU bidang ilmu komputer. Ia lalu berhasil meraih beasiswa S2 dan mengambil dua jurusan sekaligus di Harvard dan Stanford, di jurusan manajemen dan kebijakan publik.

Dari ilmu yang didapatkannya, ia mendirikan bisnis pendidikan online. Awalnya, ia hanya punya karyawan tidak lebih dari sepuluh orang. Namun, sekarang ia memimpin ribuan karyawan di Indonesia dan Vietnam.


2. Ali Muharam

Ali merupakan pengusaha muda Indonesia sukses pemilik brand Makaroni Ngehe. Sebelum berhasil mendirikan usaha kulinernya ini, ia sudah mengalami pahit-manisnya hidup. Ia memang hanya lulusan SMA, tapi ia ingin menjadi orang sukses.

Oleh sebab itu, ia memberanikan diri pergi ke Jakarta dari kampung halamannya. Tiba di Jakarta, ia tidak langsung sukses. Ia bekerja di berbagai macam tempat asalkan halal.

Sampai akhirnya ia mendirikan Makaroni Ngehe yang terinspirasi dari resep makaroni goreng yang biasa dibuat oleh ibunya.

Makaroni yang dijualnya ini pun cabangnya sekarang ada di mana-mana. Menjadi camilan yang difavoritkan milenial, terutama mereka yang senang masakan pedas.


3. Hamzah Izzulhaq

Pengusaha muda Indonesia ini mampu mendirikan kursus pendidikan di usia terbilang muda. Pria kelahiran tahun 1993 ini, memiliki usaha kursus pendidikan Bintang Solusi Mandiri. Usahanya ini termasuk sukses sampai bisa bertambah 3 cabang dengan 200 murid di setiap cabangnya.

Dari usahanya ini, ia pernah mendapatkan keuntungan hingga Rp180 juta dan pendapatan mencapai Rp360 juta.

Hamzah tidak hanya mengandalkan satu usaha, ia melihat peluang bisnis di bidang lain. Oleh karena itu, sekarang ia juga menjalankan bisnis sofabed.


4. Hendy Setiono

Hendy Setiono adalah pengusaha muda Indonesia yang berhasil membawa kebab dari Turki ke Indonesia. Ia adalah pendiri bisnis Kebab Turki Baba Rafi yang cabangnya ada di mana-mana, bahkan sampai ke luar negeri.

Hendy sempat berkuliah, tapi memutuskan keluar dari kampus untuk fokus pada kegiatan bisnisnya. Dibantu temannya, ia mendirikan Baba Rafi dengan modal Rp4 juta. Tahun 2008 bisnisnya itu berhasil berkembang. Ia memiliki lebih dari 300 kedai yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sekarang kedai yang dimilikinya sudah lebih dari 1.300 dan tersedia di 10 negara. Hal itu karena resep kebabnya yang cukup otentik dan difavoritkan oleh siapa saja yang menikmatinya.


5. Nadiem Makarim

Pengusaha muda Indonesia ini merupakan founder dari Gojek, yang menjadi aplikasi super di Indonesia dengan berbagai macam lini bisnis.

Kehadiran Gojek diawali dari pengalaman Nadiem yang sering menggunakan jasa ojek pangkalan supaya bisa tiba tepat waktu di kantornya. Ia  mendengarkan curhatan para ojek yang kesulitan mendapatkan penumpang, selain itu ojek ini juga sering menaikkan harga sesukanya.

Berkat kehadiran Gojek, siapa saja sekarang jadi mudah menggunakan jasa ojek. Biaya perjalanan juga sudah ketahuan di awal, jadi penumpang tidak akan mengalami masalah soal itu.


6. William Tanuwijaya

William merupakan pengusaha muda Indonesia yang mendirikan Tokopedia tahun 2007. Marketplace ini termasuk sebagai situs web yang paling ramai dikunjungi.

Perjalanan yang harus dilalui Tokopedia hingga menjadi sebesar sekarang termasuk panjang. Awalnya William kesulitan mendapatkan pendanaan untuk Tokopedia. Namun, akhirnya ia berhasil mendapatkan dana pada tahun 2009 karena pada saat itu situs web marketplace di Indonesia masih terbilang jarang.

Sekarang semakin banyak kompetitor yang bergerak di bidang yang sama dengan Tokopedia. Namun, berkat promosi yang menarik, Tokopedia sampai sekarang menjadi salah satu marketplace yang difavoritkan.


7. Yasa Singgih

Awalnya pengusaha muda Indonesia bernama Yasa ini tidak pernah berencana menjadi pebisnis. Ia terjun ke bisnis karena keadaan yang membuatnya harus mencari uang di umur 15 tahun untuk membantu ayahnya yang saat itu sakit berat.

Yasa awalnya bekerja apa saja untuk menghasilkan uang. Ia pernah menjadi MC, kemudian menjadi distributor kaos yang cukup sukses. Dari modal yang diraihnya itu, ia mencoba mendirikan bisnis minuman kopi. Namun ternyata gagal, sampai membuatnya rugi ratusan juta.

Namun, Yasa tidak kapok berbisnis. Ia mencoba membuka usahanya, yaitu sepatu khusus pria, mengikuti ayahnya yang punya usaha sepatu sederhana. Awalnya sepatu yang dibuat tidak lebih dari 10 pasang. Hingga akhirnya bisnis sepatu ini terus berkembang dan lahirlah Men’s Republic.

Men’s Republic pun semakin besar dan memproduksi produk fashion pria lainnya seperti kaos, dompet, dan berbagai aksesoris lainnya.


8. M. Alfatih Timur

Pengusaha muda Indonesia ini mendirikan platform Kitabisa.com untuk mempermudah orang yang memerlukan mendapatkan bantuan. Tidak hanya situs web, pengguna juga bisa mengunduh aplikasi ini untuk mempermudah urusannya.

Alfatih mendirikan bisnis ini dengan melihat kenyataan di sekitarnya. Banyak orang yang membutuhkan bantuan dengan berbagai macam masalah dan sulit mendapatkan bantuan itu. Ia pun bertekad mendirikan platform untuk memberikan bantuan bagi yang memerlukan.

Sudah banyak donasi yang dikumpulkan oleh Kitabisa.com. Membuat orang-orang tidak ragu untuk berdonasi karena dikelola oleh perusahaan yang bisa dipercaya.


9. James Prananto

Bersama dengan Edward dan Cynthia, ia mendirikan Kopi Kenangan yang memiliki produk kopi yang disenangi milenial.

Ia mendirikan bisnis ini karena melihat orang Indonesia yang gemar meminum kopi susu. Dari sana, ia membuat minuman kopi dengan pendekatan marketing yang menarik, yaitu menamakan produk kopinya dengan nama-nama unik.

Strategi pemasaran itu berhasil karena membuat Kopi Kenangan mudah dikenali. Sekarang kedai Kopi Kenangan ada lebih dari 400 dan akan bertambah seiring waktu.


10.  Amanda Cole

Sekarang jika ingin membeli sayur, Anda tidak perlu datang ke supermarket karena bisa mengandalkan aplikasi Sayurbox yang didirikan oleh Amanda Cole.

Tujuannya mendirikan Sayurbox adalah untuk membuat pendek rantai distribusi sayuran dan buah-buahan dari petani ke konsumen, supaya petani bisa mendapatkan keuntungan lebih.

Bisnisnya ini pernah nyaris bangkrut di tahun 2017 karena tidak mendapatkan pendanaan. Namun, masa pandemi kemarin membuat Sayurbox semakin diandalkan oleh konsumen dan akhirnya bisa berlanjut hingga saat ini.

 

Baca juga: Mengapa Orang Bisa Sukses? Ini 7 Rahasianya

 

Pengusaha muda Indonesia di atas membuktikan bahwa di umur muda pun mereka bisa menjadi sukses selama ada kemauan dan usaha yang keras. Mereka juga adalah sosok yang pantang menyerah, yang bangkit kembali setelah mengalami kegagalan.

 

Pelaku UMKM Bisa Mengembangkan Bisnisnya dengan Pendanaan di Modal Rakyat

Pelaku UMKM yang ingin meningkatkan kinerja bisnisnya secara signifikan, tapi terkendala modal, dapat mengajukan pinjaman di Modal Rakyat. P2P Lending Modal Rakyat akan mempertemukan Anda dengan pendana yang bersedia meminjamkan dana untuk Anda. Anda dapat mengajukan pinjaman di Rp500 ribu sampai Rp2 miliar.

Tidak perlu mencemaskan besaran bunga karena bunga yang dibebankan pada Anda akan disesuaikan dengan risiko usaha. Proses pengajuan pinjaman termasuk mudah karena bisa dilakukan secara online, oleh karena itu prosesnya cenderung cepat. Modal Rakyat juga sudah memperoleh izin dari OJK, jadi aman dan terpercaya.

Anda bisa memulai pengajuan pinjaman dengan berkunjung ke tautan ini.

 


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru