Bisnis

15 Tips Jualan Online yang Laris Manis untuk Pemula

Pretty Angelia Wuisan-

24 Sep 2021

15 Tips Jualan Online yang Laris Manis untuk Pemula

Jumlah penjual online sekarang semakin meningkat seiring mudahnya memulai bisnis online. Siapa saja bisa melakukannya dan sukses di percobaan pertama, termasuk Anda. Untuk itu, perlu tahu tips jualan online bagi pemula yang akan dijabarkan di artikel ini.

Tips jualan online ini sangat mudah diikuti. Tujuannya adalah untuk meningkatkan produk yang akan dijual nantinya. Syaratnya,  Anda perlu benar-benar niat untuk jualan online yang bisa menghasilkan keuntungan. Inilah tips jualan online yang penting untuk Anda praktikkan.


Baca juga: 10 Persiapan Sebelum Memulai Bisnis Online



1. Tips Jualan Online Paling Dasar: Menetapkan Tujuan

Tips jualan online pertama yang penting dilakukan adalah menetapkan tujuan.

Apa yang ingin Anda raih dengan jualan online? Ingin punya penghasilan tambahan? Ingin menjadikan kegiatan ini sebagai mata pencaharian utama? Atau tujuan lainnya bisa Anda tentukan sendiri.

Tujuan yang Anda tetapkan di awal ini akan menentukan jalannya bisnis digital Anda ini ke depannya. Dengan tujuan yang kuat, Anda akan tetap bersemangat menjalankan bisnis ini, walaupun banyak tantangan yang akan Anda hadapi. Jadi, persiapkan diri Anda dengan tujuan bisnis yang kuat.


2. Menentukan Produk yang Ingin Dijual

Tips jualan online yang penting berikutnya adalah tentukan produk yang ingin dijual. Apakah produk itu akan Anda buat sendiri atau Anda ambil dari supplier lain. 

Apabila Anda membuat produk sendiri, bisnis Anda jadi terlihat lebih otentik dan mudah dikenali. Namun, ini membutuhkan modal yang cukup. Menjual produk yang dibuat sendiri juga membutuhkan promosi ekstra.

Atau Anda juga bisa mengambil barang dari supplier lain, tapi Anda tidak bisa klaim bahwa barang itu murni kreativitas Anda. Keuntungannya, produk sudah dikenali, sehingga promosi Anda tidak begitu rumit.

Keduanya punya kelebihan dan kekurangan, tapi memiliki kesamaan juga, yaitu sama-sama berpotensi untuk dijual.


3. Mengenali Nilai Jual Produk

Setelah itu, Anda perlu memastikan apakah produk yang ingin Anda jual itu akan diterima baik oleh masyarakat. Anda bisa melihatnya dari produk serupa yang sudah muncul duluan di toko online yang lain. Apabila banyak peminatnya ini bisa menjadi jalan yang bagus untuk Anda.

Kemudian, cari tahu kelebihan dari produk Anda, sehingga Anda bisa menjelaskan kelebihan itu pada pelanggan. Intinya Anda perlu mengenal produk yang Anda jual dengan baik. Tips jualan online ini jangan sampai dilewatkan.


4. Menyusun Rencana

Tips jualan online berikutnya adalah menyusun rencana untuk membuat bisnis online Anda sukses. Tentukan target pasar Anda. Siapa yang Anda inginkan menjadi pembeli? Remaja, orang dewasa, anak-anak, atau malah semua umur juga bisa?

Lebih spesifik akan lebih baik, supaya promosi Anda nanti jadi lebih fokus.

Kemudian, di mana saja Anda akan berjualan. Anda memang ingin menjalankannya secara online, tapi tempat berjualan di internet ini sangat variatif. Anda perlu menentukan tempat yang tepat.

Lalu, kenali pesaing Anda, mulai dari kelebihan dan kekurangannya. Dengan begitu, Anda menyusun strategi untuk membedakan Anda dengan pesaing itu.


5. Membuat Website 

Anda perlu memiliki website e-commerce untuk berjualan, supaya pelanggan yakin bahwa toko online Anda itu sungguhan ada. Sekarang marak penipuan, sehingga orang-orang pun pilih-pilih dulu ketika ingin membeli barang online.

Membuat situs web e-commerce sekarang juga cukup mudah dan murah. Anda tinggal meminta orang lain untuk membuatkannya sesuai yang Anda inginkan.


6. Memanfaatkan Marketplace

Anda juga bisa memanfaatkan marketplace jika belum memiliki budget untuk membuat situs web untuk berjualan. Marketplace yang ada di Indonesia juga cukup beragam dan menyediakan banyak promosi menarik untuk para pembeli. Anda bisa memilih salah satu marketplace yang diandalkan untuk berjualan.

 

7. Tulis deskripsi produk yang menarik

Tips jualan online yang cukup penting adalah menulis deskripsi produk yang bisa menarik pelanggan untuk membelinya. Tidak perlu menggunakan kalimat yang baku dan kaku, Anda bisa menggunakan kata-kata eyecatching yang membuat pembeli mengerti produk apa yang Anda jual.

Anda bisa melihat deskripsi produk yang sudah tersedia di online shop lainnya. Mereka biasanya menuliskan deskripsi yang tidak begitu panjang, tapi lengkap, sehingga pembeli bisa langsung memahami kelebihan dan fungsi produknya. Anda juga perlu memperhatikan hal ini dengan baik.


8. Menentukan harga jual yang pas 

Harga jual adalah tips jualan online yang perlu Anda perhatikan. Pembeli online itu sangat rajin memeriksa harga produk yang diincarnya. Mereka tentu menyukai harga yang murah, tapi mereka juga ada yang mementingkan kualitas.

Mereka juga akan curiga kalau produknya dijual dengan harga yang rendah, ternyata malah zonk. Jadi, pastikan harga yang Anda tetapkan untuk produk yang dijual itu sesuai dengan kualitasnya.

 

9. Membuat promo di media sosial

Promo di media sosial adalah senjata Anda dalam menjalankan jualan online yang baik. Tips jualan online ini akan membuat produk Anda dikenal banyak orang. 

Promosi di media sosial termasuk mudah. Anda bisa menentukan promosi gratis atau berbayar dengan menjangkau pembeli yang lebih banyak. Apalagi media sosial sekarang canggih-canggih, memiliki teknologi yang memudahkan Anda dalam berpromosi dengan budget yang murah. 


10. Manfaatkan word of mouth

Strategi pemasaran satu ini juga bisa Anda coba karena potensi untuk mendatangkan pelanggan baru lebih banyak. Konsepnya sama seperti pemasaran zaman dulu ketika internet belum hadir, jadi pembeli yang mempromosikan produk Anda karena merasa puas. Mereka pun menyebarkannya ke orang lain.

Anda bisa memancing hal itu terjadi dengan bekerja sama bareng influencer. Influencer yang memiliki banyak pengikut bisa tertarik dengan produk Anda dan membicarakannya lebih sering di internet.


11. Pastikan packing aman 

Anda perlu mengatur packing untuk pengiriman produk yang rapi. Hal itu akan membuat produk Anda tetap sama bentuknya, tanpa cacat apapun. Banyak sekali kejadian pelanggan menerima barang pesanan dengan bentuk yang tidak sempurna lagi karena guncangan yang terjadi selama dalam pengiriman.

Apabila produk Anda mudah pecah, Anda wajib melakukan packing yang ekstra seperti menambah busa dan packing kayu. Packing yang rapi juga menjadi penilaian yang diperhatikan oleh pelanggan.


12. Lakukan Manajemen Keuangan

Setelah berhasil meraih penghasilan dari jualan Anda, Anda mungkin akan senang. Namun, jangan menghambur-hamburkannya karena Anda memerlukan uang tersebut untuk proses jualan yang berikutnya. Anda perlu melakukan manajemen keuangan yang bagus, supaya bisnis Anda bertahan dalam keadaan apapun.

Jangan sampai Anda terlalu gembira dengan penghasilan itu dan menggunakannya untuk senang-senang sampai Anda lupa untuk tetap menjalankan usaha Anda.


13. Berikan layanan yang baik untuk pembeli

Tips jualan online yang penting adalah memberikan pelayanan bagus untuk pembeli. Anda harus meresponnya ketika pembeli menemukan masalah di produk yang Anda kirimkan. Apabila kelalaian ada pada Anda, Anda perlu memberikan solusi terbaik supaya pembeli tidak merasa dirugikan.

Pelayanan baik ini bisa membuat pembeli selalu memilih produk Anda. Jangan remehkan hal ini karena pelayanan baik akan mampu membuat bisnis Anda terus bertahan. Bisnis Anda bisa bertahan karena kehadiran pelanggan yang percaya pada Anda.


14. Terus lakukan inovasi

Jangan ragu untuk membuat produk baru alias terus berinovasi. Alasannya karena pembeli juga bisa bosan dan membutuhkan sesuatu yang baru. 

Manfaatkan kreativitas Anda untuk menciptakan sesuatu yang baru dengan melihat keinginan pelanggan. 

Coba saja Anda perhatikan, bisnis yang bertahan selama puluhan tahun adalah yang sering melakukan berbagai perubahan. Contohnya adalah perbankan yang orang dulu hanya bisa ke bank untuk bertransaksi, sekarang bisa dilakukan di mana saja dengan bantuan aplikasi internet. 

Intinya Anda juga perlu mengikuti perkembangan zaman.


15. Evaluasi

Target Anda tercapai atau sebaliknya, Anda perlu melakukan evaluasi secara rutin bersama tim Anda.

Evaluasi ini penting karena akan berpengaruh terhadap kebijakan yang akan Anda tentukan selanjutnya. Bisnis besar maupun usaha kecil perlu melakukannya secara terjadwal untuk memperbarui rencana ke depannya. 


Baca juga: Tips Mengelola Dana Bisnis Online Agar Tepat dan Efisien


Seperti itulah tips jualan online yang dapat Anda ikuti. Jualan online mudah dilakukan selama Anda punya niat yang kuat untuk menjalankannya. Lakukan dari target penjualan yang sederhana dulu, ketika sudah berhasil baru Anda naikkan targetnya. Semoga informasinya bermanfaat.


Meraih Pinjaman Modal untuk Memulai Jualan Online di P2P Lending Modal Rakyat

Pelaku UMKM yang ingin membangun usaha, tapi terkendala modal, dapat mengajukan pinjaman di Modal Rakyat. P2P Lending Modal Rakyat akan mempertemukan Anda dengan pendana yang bersedia meminjamkan dana untuk Anda. Anda dapat mengajukan pinjaman di Rp500 ribu sampai Rp2 miliar.

Tidak perlu mencemaskan besaran bunga karena bunga yang dibebankan pada Anda akan disesuaikan dengan risiko usaha. Proses pengajuan pinjaman termasuk mudah karena bisa dilakukan secara online, oleh karena itu prosesnya cenderung cepat. Modal Rakyat juga sudah memperoleh izin dari OJK, jadi aman dan terpercaya.

Anda bisa memulai pengajuan pinjaman dengan berkunjung ke tautan ini.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru